Manusia Jawa Purba Pernah Mendiami Eropa 700.000 Tahun Lalu

Manusia Jawa Purba Pernah Mendiami Eropa

Hanover, Jerman – Pecahan tulang tengkorak yang ditemukan di sebuah tambang Jerman ternyata berasal dari Manusia Jawa, manusia purba yang sebelumnya diyakini merupakan penduduk asli Asia, sehingga memicu spekulasi bahwa manusia purba Asia pernah menjajah Eropa.

Alfred Czarnetzki, seorang profesor di Universitas Tuebingen, mengumumkan pada tahun 2008 bahwa kerangka tersebut, yang ditemukan pada 2002, “usianya paling tidak 700.000 tahun” dan begitu mirip Manusia Jawa “sehingga boleh jadi merupakan kembarannya”.

Fosil Tengkorak Manusia Jawa (Pithecanthropus Erectus) yang ditemukan di Solo

Fosil Tengkorak Manusia Purba yang pertama kali ditemukan di dunia, Manusia Jawa (Homo erectus paleojavanicus) adalah anak jenis Homo erectus. Pada awal penemuan, diberi nama ilmiah Pithecanthropus erectus oleh Eugène Dubois, yang menemukan fosil tengkoraknya di Trinil pada tahun 1891.

Tulang tengkorak itu berasal dari spesies Homo erectus, di mana manusia modern dikenal sebagai Homo sapiens, yakni manusia yang sudah berbudaya.

Manusia Jawa adalah nama yang diberikan kepada fosil yang ditemukan pada 1891 di Trinil, tepian sungai Bengawan Solo. Fosil ini merupakan salah satu spesimen Homo erectus atau manusia purba berjalan tegak yang paling pertama dikenal.

Penemunya, Eugene Dubois (baca: Yujin Duboa), pada awalnya memberikan nama ilmiah Pithecanthropus erectus, sebuah nama yang berasal dari akar Yunani dan Latin yang berarti manusia kera berjalan tegak“.

Sedangkan penemuan tulang tengkorak di Jerman ini adalah Karl-Werner Frangenberg, seorang pemburu fosil, menemukan bagian atas tengkorak pada tahun 2002 di sebuah lubang batu di Leinetal dekat Hanover. Istrinya, yang memiliki hobi sama, menemukan bagian pelipis dua tahun kemudian.

Sama dengan fosil Trinil

Fosil Tengkorak Manusia Jawa (Pithecanthropus Erectus) yang ditemukan di Solo

Replika Muka dari Fosil Tengkorak Manusia Jawa (Pithecanthropus Erectus) yang ditemukan di Solo

Tulang belulang itu, yang kini diyakini merupakan kerangka manusia tertua yang pernah ditemukan di Jerman, saat ini dipamerkan di Museum Hanover.

Kerangka tertua Jerman sebelumnya adalah spesies lain, yakni Homo Heidelbergensis, yang ditemukan pada 1907 dan berusia sekitar 600.000 tahun.

Czarnetzki mengakui kesulitan mengukur usia fosil secara tepat, namun dirinya merasa yakin dengan kesamaan pada penemuan fosil manusia purba di Jawa pada 1891.

“Penemuan ini mengindikasikan bahwa manusia purba Asia pernah menyebar ke Eropa,” katanya, seraya menambahkan artikelnya mengenai penemuan tersebut telah diakui Journal of Human Evolution.

Ia mengemukakan tak ditemukan DNA dalam pecahan tulang itu, namun ada jejak protein. (AntaraNews)

Peta penyebaran Homo Erectus di Dunia

*

((( IndoCropCircles.wordpress.com )))

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Arkeologi Indonesia, Misteri Indonesia. Tandai permalink.

9 Balasan ke Manusia Jawa Purba Pernah Mendiami Eropa 700.000 Tahun Lalu

  1. Rohimah berkata:

    Orang-orang Jawa perilakunya baik. Kami orang Riau, Palembang dan Padang juga baik.

  2. Kang ndemen berkata:

    Wah jan koyo ketemu nenek Moyangku.

  3. markus berkata:

    hehehehe manusia kaya hulk

  4. Alvi Alghifari berkata:

    jangan jangan nenek moyang sluruh bangsa di dunia ini dari jawa

  5. deq berkata:

    foto nya sangat membantu makalah ku,,,,,,
    thanks,,,,, :)

  6. satrio piningit berkata:

    Indonesia adalah tanah para raja, tanah surga, dan tanah yg di janjikan. Pusat peradaban dunia yg tak terbantahkan lagi (yang beberapa tahun lagi pasti akan terbukti kebenarannya). Di tanah inilah peradaban tinggi suatu bangsa dimulai, dan tanah inilah peradaban manusia akan di akhiri (dan akan diselesaikan di tanah Arab). Anak cucu kita kelak akan merasakan kebenaran dari kisah ini, semoga..

  7. Yoyok berkata:

    Saya Bangga jd suku Jawa…

  8. MIKO MALIOBORO berkata:

    Manusia Jawa dlm kontek diatas adl Jawa sbg benua dimana pulau Sumatra, Sulawesi dll masih nyatu dalam Benua Jawa sebelun terjadinya Banjir besar Suekali shg terpecah2 seperti sekarang,.

  9. abdul sani berkata:

    Pas acara halal b halal di balai pemuda sby, 6 sep 2012 dengan pembicara seorang ustadz yang juga seorang peniliti, banyak berbicara tentang Orang Jawa Purba, sebagai cikal bakal manusia di dunia sekarang, dengan adaptasi lingkungan dan perubahan genetiknya menjadi berbagai ras di dunia ini. akhir saya browsing di internet untuk membuktikannya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s