Stephen Hawking: Dengan Kecepatan Cahaya, Hanya Bisa Menjelajah Masa Depan Saja

Stephen Hawking: Dengan Kecepatan Cahaya, Manusia  Hanya Bisa Menjelajah Ke Masa Depan Saja!

Menurut Stephen Hawking, manusia bisa menjelajah waktu hingga jutaan tahun ke masa depan untuk mengisi dan memulai lagi peradaban Planet Bumi yang telah hancur lebur.

Hingga kini, kendaraan tercepat yang mampu dibuat manusia adalah roket Apollo 10, yang mampu berjalan di kecepatan 25.000 mil per jam.

Namun untuk menjelajah waktu dibutuhkan 2.000 kali lipat dari kecepatan Apollo.

Manusia Bisa Kemasa Depan
Suatu saat nanti, ucap Hawking, akan ada pesawat penjelajahan luar angkasa yang bisa terbang lebih cepat dari kecepatan cahaya. Satu hari penjelajahan di luar angkasa sama dengan satu tahun di Bumi.

Film Sci-fi “The Time Machine“, ilustrasi saat manusia menempuh perjalanan ke masa depan, film dapat diunduh disini

Sebagai landasan teorinya, Hawking memakai pendekatan ilmuwan, Albert Einstein yang mengatakan:

“Ketika sebuah obyek mempercepat geraknya di sebuah ruang, maka waktu akan melambat di sekitar obyek tersebut.”

Ini juga berarti, teori Hawking hanya bisa diaplikasikan untuk menjelajah masa depan. Sementara, pergi ke masa lalu adalah sesuatu yang tak masuk akal.

Sebab, kata Hawking, itu merusak aturan fundamental yakni, ‘sebab datang lebih dulu sebelum akibat’. Jika orang bisa kembali ke belakang, berarti dia bisa menembak dirinya di masa lalu.

Dia menjelaskan, ketika pesawat luar angkasa mendekati kecepatan cahaya, kru pesawat bisa memulai melompati tahun-tahun bumi dalam hitungan hari. Ini memberi kesempatan pada manusia untuk kembali mengawali peradabannya.

Hanya 6 Tahun Untuk Teknologi Kecepatan Cahaya
“Butuh waktu enam tahun dalam energi maksimal untuk mencapai kecepatan ini,” kata Hawking, seperti dimuat laman News.com.au, Senin 3 Mei 2010.

Dua tahun pertama, jelas dia, pesawat luar angkasa akan mencapai setengah dari kekuatan cahaya yang ditargetkan dan jauh di luar tata surya.  “Setelah dua tahun, pesawat akan melaju pada 90 persen kecepatan cahaya,” tambah dia.

Dua tahun  berikutnya, dengan dorongan penuh, pesawat luar angkasa akan mencapai kecepatan penuh, 98 persen dari kecepatan cahaya. “Saat itu, satu hari di pesawat setara dengan setahun di Bumi.”

“Dalam kecepatan seperti itu, perjalanan ke tepi galaksi akan hanya butuh 80 tahun di angkasa.”

Film Sci-fi Star Trek, ilustrasi menggunakan kecepatan cahaya yang dikenal sebagai Warp Speed:

Hawking mengakui bahwa ia terobsesi dengan perjalanan waktu. Kepada Daily Mail, jika bisa ke masa lalu dia mengaku ingin mengunjungi Marilyn Monroe atau di masa kehidupan Galileo saat dia mengarahkan teleskopnya ke ‘surga’ angkasa.

Hawking mengatakan semakin tua, ia peduli tentang apa yang dipikirkan orang-orang tentang teori. Bahkan tak khawatir disebut gila.

“Penjelajahan waktu yang dulunya dianggap bid’ah ilmiah, aku sudah terbiasa menghindari pembicaraan itu karena takut disebut pengrusak.”Hari ini aku tidak merasa perlu begitu hati-hati,” kata Hawking.

“Meski aku tak bisa bergerak dan hanya bisa bicara melalui komputerku. Tapi, pikiranku bebas, bebas untuk mengekplorasi alam semesta dan mempertanyakan pertanyaan besar, apakah penjelajahan waktu itu mungkin? Bisakah kita membuka portal ke masa lalu atau menerobos ke masa depan.”

Profesor Universitas Manchester, Brian Cox mengatakan kepada The Times bahwa teori Hawking dilandasi basis ilmiah yang teruji dalam penelitian oleh Large Hadron Collider di Jenewa.

Partikel Neutrino Bergerak Melebihi Kecepatan Cahaya
Sedangkan para fisikawan di Laboratorium Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) di Geneva, Swiss, Jumat (23/9/2011) waktu setempat, mengumumkan keberhasilan mereka menemukan keberadaan partikel yang bisa bergerak lebih cepat daripada kecepatan cahaya.

Partikel yang disebut sebagai neutrino ini memiliki kecepatan 20 per 1 juta di atas kecepatan cahaya. Berdasarkan teori relativitas khusus yang dikemukakan Albert Einstein pada 1905, kecepatan cahaya mencapai 299.792 kilometer per detik atau yang sering dibulatkan menjadi 300.000 kilometer per detik.

Ini merupakan kecepatan tertinggi di alam semesta. Neutrino merupakan partikel elementer yang memiliki massa sangat kecil, nyaris mendekati nol.

Eksperimen untuk menguji kecepatan neutrino ini dinamai Oscillation Project with Emulsion-tRacking Apparatus (OPERA) yang dilakukan di Gran Sasso National Laboratory, Italia, pada kedalaman 1.400 meter. Tujuan penelitian adalah menguji neutrino yang ditembakkan dari CERN.

Film Sci-fi Contact, ilustrasi saat manusia menempuh kecepatan cahaya:

Juru Bicara OPERA, Antonio Ereditato, dari Universitas Bern, Swiss, mengatakan, temuan ini sebagai kejutan yang sempurna. Para peneliti mengakui, hasil penelitian ini akan menimbulkan pro-kontra karena melawan hukum fisika yang sudah mapan selama lebih dari 100 tahun..!

Untuk itu, pengukuran lain yang independen diperlukan guna menguji temuan ini. Direktur Penelitian CERN Sergio Bertolucci mengatakan, jika hasil pengukuran mereka bisa dikonfirmasi oleh ilmuwan lain, maka akan menjadi langkah besar buta umat manusia.

Temuan ini akan mengubah pandangan umat manusia tentang fisika. Dan ramalan Stephen Hawkings bahwa manusia bisa “bertamasya” kemasa depan, bisa menjadi kenyataan. (edited, LiveScience, Viva, Kompas Sains dan berbagai sumber)

*

Stephen Hawking – Train Ride to the Future 

SPEED OF LIGHT Part-1:

SPEED OF LIGHT Part-2:

*****

http://wp.me/p1jIGd-Dj

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Ilmu & Teknologi dan tag . Tandai permalink.

16 Balasan ke Stephen Hawking: Dengan Kecepatan Cahaya, Hanya Bisa Menjelajah Masa Depan Saja

  1. 87654321 berkata:

    berusaHa membuat yang baik, dan bersatulah dan jadikanlah yang terbaik.

  2. eko berkata:

    ga usah mengkhayal kejauhan, selama 40 tahun proyek antariksa cuma jalan ditempat, bayangin tahun 1969 sudah mendarat dibulan, setelah 43 tahun malah cuma sampai orbit bumi doang, ibarat kata wright bersaudara bikin pesawat tahun 1903 + 43 tahun = 1946, bisa diibaratkan seandainya dunia penerbangan mandeg seperti penjelajahan antariksa ya pesawat terbang cuma bisa terbang 50 meter + kecepatan paling top 100 km/jam, sangat menyedihkan

  3. Antonov berkata:

    kalah maju sama 9 pemuda ashabul kahfi,ribuan tahun yang lalu mereka sudah bisa menjelajah masa depan walau akhirnya harus mati juga.

    • Solehokok berkata:

      Kisah Ashabul Kahfi seharusnya membuat kita manusia jadi sadar. Karena dalam kasus ini sebenarnya Allah SWT telah secara jelas memberikan petunjuk bahwa……

      Kalian manusia BISA menembus waktu (ke masa depan) dengan kekuatan TAPI kalian TIDAK bisa membalik waktu (ke masa silam) dengan apapun juga. Jadi kita TIDAK BISA merubah sejarah….karena sejarah = HIS story….His (kata ganti kepunyaan), Story (cerita). His story…History = cerita kepunyaan dia. Dia siapa? Dia = Allah SWT.

  4. Pangeran Farisi berkata:

    Masih jauh lebih hebat Mukjizat MUHAMMAD SAW saat menerima misi Mikraj ke 7 Petala Langit… yang menurut ukuran waktu bumi setara dengan 50.000 tahun, namun dengan izin ALLAH SWT, beliau mampu menempuhnya pulang pergi hanya dalam waktu setengan malam saja…!!

    • r3x berkata:

      Nabi Muhammad itu Mukjizat, bukan Usahanya sendiri. Manusia ini sedang berusaha, jadi sampai kapan membandingkan sesuatu yang tidak harus dibandingkan?

  5. rudy berkata:

    everything is possible…..nice blog

  6. mado berkata:

    sya percya mnusia akn mncapai kcepatan lbh dri cahaya.. krna hal itu sdh ad dlm kitab suci al-quran…in bkn hayalan.. apakah isra’ dan mi’rajnya nabi besar Muhammad Saw itu khayalan ? Jelas tidak, manusia diberikan 2 kekuatan, yaitu akal yg ad di dalam ruh, dan pikiran yg ad didalam otak manusia, nah dgn 2 kekuatan itulah, manusia akn menjelajah penjuru angkasa raya… jd jgn sekali-kali meremehkan 2 kekuatan tsb. karena hny manusialah yg dapat menerima risalah Tuhan berupa wahyu… lain dri manusia tidak ada yg sanggup…

  7. Fawwaz berkata:

    penggemar star trek ya sama dong

  8. abdul gafur is the best on berkata:

    bisa pesawat itu bergerak melebihi kecepatan cahaya kalau allah mengkhendaki untuk membuatnya tapi hal itu tidak mudah..

  9. iran berkata:

    bagus deh.
    aku percaya kok suatu saat nanti kecepatan WARP(diatas kecepatan cahaya)bakal terjadi.
    walauun aku blm prnah tau tapi aku ykin dimasa depan bakalan terjadi.
    umpamakan aja jaman dulu blm ada kapal,mobil,pesawat,
    handphone,gadget,
    iphone,komputer.

    bayngkan jaman sblm peralatan&angkutan itu ada.
    betapa sulitnya memecahkan teori itu.
    padahal sblm itu ada didunia org gak tau dan gak prcaya apa itu pesawat,kapal,mobil,hanphone,gadget,komputer.tahun ke tahun ahkirnya manusia bisa mnciptkannya.
    hebat..

  10. Kakbayu berkata:

    Tuhannya orang Islam pernah berkata “satu hari disisi Ku sama dengan seribu tahun menurut perhitungan kalian” berarti bukti teori relativitas.
    Saya percaya Al Quran itu berasal dari luar angkasa, yang disampaikan melalui cahaya yang menembus ruang dan waktu kedalam akal pikiran Muhammad, berasal dari sebuah tempat yang memiliki “peradaban” dan ilmu pengetahuan yang sangat maju.
    Banyak rahasia dari kitab “luar angkasa” ini, sayang Hawking gak bisa baca.

  11. kevinboyg berkata:

    untuk pemikiran manusia abad sekarang mungkin sangat impossible buat bergerak secepat cahaya sama halnya pemikiran orang abad terdahulu untuk membuat manusia terbang sangat mustahil adanya. its about time dan semuanya tentang waktu emang bener necessity is the mother of invention. bener sih kalo ingin bergerak secepat cahaya kita membutuhkan energi sejumlah tak hingga dan mass kita harus nol hampir mustahil memang tapi ini tantangan buat manusia lagian Allah tidak menciptkan langit dan seisinya hanya untuk penghias malam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s