[Test Your Brain] Hebat! Misteri & Manipulasi Otak Saat Relax

Hack Your Brain: Misteri dan Manipulasi Otak Saat Relax, Ternyata Otak Tetap Canggih!

Otak adalah pusat kendali tubuh kita yang mengatur bagaimana anggota dan organ tubuh kita bekerja.

Namun, apakah kita bisa mengerjai otak kita sendiri, sehingga otak akan menuruti kemauan kita dengan beberapa teknik yang mungkin berbahaya? Mari saling berbagi info bersama.

!!! PERINGATAN !!!
PENDERITA EPILEPSI, JANTUNG ATAU PENYAKIT SARAF LAINNYA JANGAN MENCOBA TRIK-TRIK INI.
KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS PENYALAHGUNAAN TRIK-TRIK INI!

Berikut ada beberapa cara buat nge-hack otak kita sendiri:

1. TIDUR HANYA 2 JAM SEHARI, TAPI TETAP MERASA SEGAR BUGAR!

Ternyata ada cara nya bagaimana kita cukup tidur hanya 2 jam sehari, tapi tetap merasa segar bugar seakan-akan kita baru aja tidur nyenyak 12 jam!

Metode ini dikenal dengan the Uberman Sleep Schedule. (Polyphasic sleep)
Polyphasic sleep adalah sebuah cara untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup untuk tubuh kita, tanpa harus membuang waktu 6-8 jam, yang
sebenarnya bisa kita gunain buat hal-hal lain, seperti mengurus pekerjaan dan lain-lain

“Bagaimana caranya ????”

Jadwalkan waktu tidur selama 20-30 menit, setiap 4 jam dalam 1 hari. Tentu saja kebiasaan tidur baru ini akan sangat sulit waktu pertama kali mempraktekkannya, tapi itu pengorbanan yang harus dilakukan untuk jadi manusia “super kalong”.

Contoh: Anda coba mulai praktekan trik ini pada hari libur, misal Sabtu/Minggu, caranya:
Jumat malam tidur normal, bangun jam 8:00 pagi, set alarm pada pukul 08:30 AM lalu bangun dan beraktifitas.
Jam 12:00 siang tidur lagi, set alarm jam 12:30 PM, lalu bangun dan beraktifitas.

Jika terus-menerus anda lakukan siklus ini, maka intinya: Anda harus tidur 30 menit setiap 4 jam. That’s it!

Anda harus bersabar sampai otak anda bisa menerima kebiasaan tidur anda ini. Dan biasanya butuh waktu beberapa hari baru otak akan bisa beradaptasi. Kesabaran dan tekad, itu kuncinya.

“Kok bisa sih ????”

Berikut penjelasan ilmiahnya:
Ketika anda tertidur secara normal, otak sebenarnya hanya mendapat sekitar 1 jam waktu yang benar-benar digunakannya untuk beristirahat (sebutannya REM Sleep) sisa jam lainnya digunakan tubuh untuk proses pertumbuhan dan detoksifikasi.

Hari-hari awal anda mempraktekkan Uberman Sleep Method ini, otak tidak mendapatkan REM Sleep yang dibutuhkannya dan ini akan membuatnya tersiksa. Namun setelah hari ke-3, otak akan mulai menyesuaikan.

Setiap anda melakukan Uberman Sleep, pastikan 30 menit tersebut adalah 30 menit yang berkualitas (sambil denger musik slow, berbaring ditempat empuk, atur napas, santai…..)

Jadi kalau anda lakukan ini 4 kali sehari, berarti otak mendapat total 2 jam waktu tidur berkualitas (REM Sleep) yang benar-benar dibutuhkannya, lebih banyak ketimbang ketika anda tidur secara normal..!!! (sources)


2. BERHALUSINASI SEPERTI SEDANG MEMAKAI NARKOBA, PADAHAL TIDAK!

Semua orang tahu narkoba itu tidak baik, jadi JAUHILAH NARKOBA!

Jangan sembarangan menggunakan trik ini.

Ini adalah trik untuk menghindari narkoba karena memberi efek halusinasi pada otak kita, dengan efek yang mirip dengan LSD.

“Bagaimana caranya ????”

Siapkan benda-benda berikut:
– Bola PingPong
– Radio AM/FM dengan headset-nya
– Senter/lampu meja berwarna merah (bisa dengan senter biasa, yang lampunya dicat atau ditutup kertas krep merah, cahayanya harus terang, merah menyala).

Langkah-langkahnya:
– Pastikan anda sendiri dikamar, keadaan lampu mati lalu rileks…..
– Nyalakan radio, namun jangan yang ada siarannya, disarankan gelombang AM, jadi cukup suara statis-nya aja (seperti suara mendesis).
– Pasang headset
– Belah dua bola pingpong nya, dan tutupi kedua mata dengan masing-masing belahan bola pingpong itu. Agar tak jatuh, diselotip saja.
– Nyalakan senter dengan lampu merah tadi, sorotkan ke mata.
– Duduk santai, atur napas, kosongkan pikiran dan nikmati selama 30 menit!
– SAKSIKAN SENDIRI APA YANG TERJADI ……

“Kok bisa sih ????”

Berikut penjelasan ilmiahnya:
Ganzfeld Effect ping pongIni disebut Ganzfeld Effect, efek ini bekerja dengan membendung semua sinyal-sinyal rangsangan ke otak yang datang dari lingkungan sekitar kita.

Suara radio statis dan cahaya merah dari lampu secara perlahan akhirnya akan diacuhkan oleh otak kita.

Dan ketika kedua sinyal rangsangan itu hilang dari otak kita (butuh waktu 30 menitan), otak akhirnya akan menciptakan sinyal rangsangannya sendiri, dari sinilah halusinasi itu dimulai.

Mereka yang suka punya imajinasi Horor dan Seram, disarankan jangan mencoba trik ini! serius gue. (source)

3. MIMPIKAN APAPUN YANG MAU ANDA MIMPIKAN

Pernah dengar Lucid Dream? Suatu mimpi dimana kita sadar bahwa itu mimpi. Dan dalam Lucid Dream atau Mimpi Sadar maka mimpi kita bisa dikendalikan…!

Dengan trik ini, Semua fantasi liar anda bisa terwujud ketika anda tertidur.

Anda ingin punya kekuatan super? bisa terbang? punya selusin mobil sport? uang trilyunan? atau malah mau merasakan bagaimana jika menjadi tukang tepung? hee…

“Bagaimana caranya????”

Konsep dasarnya adalah Lucid Dream tadi.
Langkah-langkah memanipulasi Lucid Dream agar terjadi sesuai kemauan agan, adalah sbb:

1. BUAT LAH CATATAN MIMPI ANDA
Tiap hari, begitu bangun tidur, segera catat apa saja yang anda mimpikan tadi malam, bahkan yang basah sekalipun! :p
Catat dengan teliti bagaimana mimpi itu dari awal hingga akhir. Ini akan membuat otak anda mengenali “pola” dari mimpi-mimpi anda tiap malam.

2. PIKIRKAN DAN BAYANGKAN APA YANG ANDA INGIN MIMPIKAN
Menghayallah sebelum tidur tentang kekuatan super, bisa terbang! punya selusin mobil sport! uang trilyunan, atau jadi tukang tepung 🙂

3. WAKTU TERBAIK UNTUK MENGALAMI LUCID DREAM
Adalah ketika anda terbangun dari tidur, dan tidur kembali… (kaya lagunya Mbah Surip).

Yup, menurut hasil penelitan, ketika anda terbangun pagi-pagi, dan anda tertidur kembali, nah itulah waktunya. Atau kalau mau sedikit usaha, bisa tidur agak larut sekitar jam 8-9 PM, pasang alarm jam 2-3 pagi. Begitu anda bangun, lakukan langkah nomor 2, paksa tidur lagi.

“Kok bisa sih ????”

Berikut penjelasan ilmiahnya:
Dalam keadaan tertidur, otak kita kehilangan kemampuan untuk menganalisa dengan kritis apapun yang terjadi.

Karena bermimpi adalah suatu kegiatan dimana pusat nalar otak tidak terlibat.

Dalam mimpi, anda tidak akan kaget ketika tiba-tiba bermimpi anda terwujud.

Tapi dengan trik manipulasi otak seperti diatas, bagian nalar kritis dari otak anda akan tetap berfungsi, bahkan ketika anda tertidur.

Jadi kalau anda berhasil menyempurnakan teknik tidur Lucid Dream, maka setiap malam anda akan punya kekuatan super, bisa terbang! punya selusin mobil sport! uang trilyunan, atau bisa merasakan bagaimana menjadi tukang tepung. (sources)

4. BELAJAR SAMBIL TIDUR

Normalnya jika anda coba belajar sambil tidur dikelas, atau dikampus, trik itu akan berakhir dengan kapur atau penghapus melayang ke kepala anda.

Tapi sebenarnya kalau kita tahu bagaimana caranya, otak kita justru akan belajar lebih baik ketika tertidur..!

“Bagimana caranya????”

Ini adalah trik dengan nama yang sama, yaitu BST = Belajar Sambil Tidur atau bahasa slank-nya, SKS “Sistem Kebut Semalam”, hehe…

Contoh: Sebelum ujian, belajarlah semua materi ujian 24 jam sebelum ujian dimulai, dan tidur dengan cukup. Percaya atau tidak, trik ini pernah di uji cobakan di Universitas Harvard.

Dimana sekelompok orang dibagi menjadi 3 bagian, dan mereka diminta untuk mengingat/menghapal gambar-gambar.
Kelompok pertama diuji daya ingatnya setelah 20 menit, kelompok kedua setelah 12 jam, kelompok ketiga setelah 24 jam.
Dan tebak mana yang hasil nya paling akurat?
Yup, kelompok ketiga..!!! ^_^

“Kok bisa sih ????”

Berikut penjelasan ilmiahnya:
Menurut ilmuwan, kemampuan otak untuk mempertahankan informasi bekerja melalui 3 cara:

Acquisition, Consolidation and Recall.

Acquisition dan Recall bekerja dalam keadaan anda tersadar. Tapi yang kedua, yaitu CONSOLIDATION, adalah hal terpenting yang dilakukan otak ketika anda tertidur.

Waktu kita tertidur, otak kita memproses berbagai informasi yang belum sempat di proses oleh otak ketika kita terjaga. Consolidation ini berfungsi untuk memperkuat ikatan saraf-saraf di otak. (source)

Makanya kalo kita maen game seharian dan game-nya itu-itu aja, suka kebawa mimpi kan? 😀 Ini bukan isapan jempol, hehehe… Suka info ini? Klik Suka 😀

!!! PERINGATAN !!!
PENDERITA EPILEPSI, JANTUNG ATAU PENYAKIT SARAF LAINNYA JANGAN MENCOBA TRIK-TRIK INI.
KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS PENYALAHGUNAAN TRIK-TRIK INI!

*

-= Test Your Brain =-

Perhatikan gambar Wanita Berputar (Spinning Lady) dibawah ini. Jika anda melihatnya berputar searah jarum jam, maka otak bagian kanan anda sedang digunakan lebih dominan.

Dan jika anda berusaha melihat dan mengubah arah gambar Wanita Berputar (Spinning Lady) dibawah ini yaitu: bergerak berlawanan dengan arah jarum jam, maka anda sudah menguasai otak bagian kiri. Cobalah berkali-kali.

Dapatkah anda mengendalikan otak anda? Tentu bisa, hanya dalam hitungan detik atau  hitungan menit atau beberapa menit?

LEFT BRAIN FUNCTIONS
uses logic
detail oriented
facts rule
words and language
present and past
math and science
can comprehend
knowing
acknowledges
order/pattern perception
knows object name
reality based
forms strategies
practical
safe

RIGHT BRAIN FUNCTIONS
uses feeling
“big picture” oriented
imagination rules
symbols and images
present and future
philosophy & religion
can “get it” (i.e. meaning)
believes
appreciates
spatial perception
knows object function
fantasy based
presents possibilities
impetuous
risk taking

SEMUA INFO DIATAS DAPAT ANDA GOOGLING SENDIRI

*****

((( IndoCropCircles.wordpress.com )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Ilmu & Teknologi, Penyakit & Kesehatan dan tag , , . Tandai permalink.

17 Balasan ke [Test Your Brain] Hebat! Misteri & Manipulasi Otak Saat Relax

  1. yoga ananta berkata:

    kalo TIDUR HANYA 2 JAM SEHARI, TAPI TETAP MERASA SEGAR BUGAR tu ad efek sampingnya gak ?

  2. pantjaputra berkata:

    nice info…izin praktek & copas…:-)

  3. Dogey'z berkata:

    ijin nyontek,,,,,
    hehehe
    nice article

  4. Zaaap berkata:

    Izin Copas ya Mas Bro

  5. ali berkata:

    the girl…….. how it can be manipulated???? aku merasa ane gan

  6. Andika Yudantara berkata:

    saya cuma bisa liat gambarnya berputar berlawanan arah jarum jan kalo liat bayangan / kaki nya,,,,,,,,,,, kalo fokus ama kepala, tangan, atau badannya susah,,,,,,

    Thnk,,,,,,

    • Orang Indonesia berkata:

      Caranya lihat secar terbalik kaki diatas kepala dibawah sekitar 1-2 menit atau sampai berputar balik…terus lihat secara normal lagi

  7. anjar berkata:

    sialan otak kiri gw macet

  8. ino tigana berkata:

    klo gambar wanita yg saya liat ga mutar,cuman kakinya aja goyang2…apa artinya tu?

  9. Wong Ndesowetan berkata:

    dalam hitungan 5 detik

    • ayu kiiara berkata:

      Saya lihat dari awal lihat gambar wanita diatas kok berputarnya langsung berlawanan arah jarum jam yaa ?! Justru sebaliknya, saya berusaha untuk lihatvarah perputarannya searah jarum jam, tapi sulit. Apa saya cenderung menggunakan otak kiri , ketimbang otak kanan dalam keseharian ?

  10. aldo92izman berkata:

    wow asik tuh mimpi bareng neymar.

  11. bayu berkata:

    pernah nyobain lucid dream, awalnya sulit sampe seminggu nyoba, tapi tiap hari nyoba merhatiin batas sadar dan tidur, akhirnya bisa, awalnya agak kaget kaya mimpi jatuh , tapi lama kelamaan asik juga…
    efek samping ? awalnya nyoba agak pusing

  12. berbagi itu indah,apalagi berbagi artikel..ijin copas..

  13. Suryanti berkata:

    menurutku ini mah tidak hubungannya dgn cara krj otak.. Perhatikan Baik-Baik!!
    saat gambar di buka/di play pertama kali si lady akan berputar melawan arah jarum jam
    selang beberapa wkt sekitar 300ms gambar secara mendadak berubah searah dgn jarum jam
    nnt skitar 400ms atau lbh lama dari start pertama, gambar akan kembali lg melawan arah jarum jam

  14. Link berkata:

    Ini sih gambarnya yang di balik2 bukan otaknya wkwkwk

  15. Modr berkata:

    Awalnya gambarnya searah jarum jam trus ane itungin tuh perputaran nya sekitar 22x baru pindah ke kiri trus ane itungin lagi sampai brp putaran pindah kekanan, siklusnya sampai hampir 10 menit ane perhatiin.
    Nah kok setelah 10mnt ane liat bisa sesuka ane mau kenanan atau kekiri tinggal ngomong dalem hati..

    Kok gitu ya???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s