Bumi Situbondo Pernah Bergetar Hebat, Asal Getaran Masih Misterius!

Situbondo, Jatim – Ketenangan warga Situbondo mendadak berubah panik setelah mendengar suara gemuruh dan terjadi getaran. Getaran berlangsung sekitar 2 detik itu terjadi Jumat sore 6 April 2012 lalu, membuat warga sekitar panik dan berhamburan keluar rumah.

Warga juga sempat ketakutan setelah melihat benda-benda ikut tergera. Seperti kopi dalam gelas yang terjatuh, hingga genting terjatuh. Tak hanya di perkampungan, di kawasan Kota Situbondo maupun Kecamatan Panji, di pusat perbelanjaan Karunia Darma Sentosa (KDS) Jalan A Yani Situbondo, juga membuat pengunjung berlarian keluar gedung.

“Kita sedang asyik ngobrol di dalam rumah sambil minum kopi. Tiba-tiba merasakan getaran dan mendengar suara seperti ledakan. Kopi yang di dalam gelas sampai terjatuh karena terkena getaran itu,” kata Bambang, warga Kelurahan Dawuhan Kecamatan Situbondo, Jumat (6/4/2012).

Bambang menambahkan, saat kejadian langsung meminta anak dan istrinya segera keluar dari dalam rumahnya. Kekhwitaran itu menjadi kenyataan, karena genting rumahnya di bagian depan juga ikut terjatuh.

Sementara suasana kepanikan juga terlihat di kawasan perbelanjaan di Jalan Ahmad Yani. Para pengunjung berhamburan keluar setelah merasakan getaran maupun suara gemuruh dari dalam tanah.

Kabupaten Situbondo

“Saya di KDS. Orang-orang pada keluar semua. orang-orang takut ada bangunan yang ambruk sehingga berdiri di pinggir jalan,” kata Sanusi.

Setelah dirasakan tidak ada getaran lagi, warga maupun pengunjung di pusat perbelanjaan, kembali melakukan aktivitasnya. Termasuk ada yang membetulkan genting yang terjatuh.

Suara gemuruh dan getaran juga diakui oleh BPBD Kabupaten Situbondo. Bahkan, petugas jaga BPBD itu juga menerima kabar dari rekan BPBD dari Kabupaten Bondowoso, juga merasakan hal yang sama.

“Sejauh ini baru dua kecamatan yang merasakan getaran, di Kecamatan Panji dan Kota. Tadi petugas dari BPBD Bondowoso juga mengabarkan, merasakan getaran dan mendengar suara gemuruh yang sama,” ujar salah satu petugas BPBD.

Kepala BPBD Kab Situbondo, Zainul Arifin mengatakan, hingga pukul 18.30 WIB, belum menerima laporan kerusakan. “Kami belum menerima ada kerusakan,” ujarnya.

Saat ditanya lebih lanjut tentang penyebab getaran dan suara gemuruh itu, Zainul mengaku belum mengetahuinya.

Dari catatan Kantor Stasiun Geofisika Kelas II Tretes, tidak ada gerakan gempa yang melanda kawasan Situbondo.

“Mohon maaf. Peralatan seismograf kami tidak ada catatan adanya gerakan. Nanti kita akan konfirmasi dulu ke Jakarta,” ujar staf Kantor Stasiun Geofisika, Tretes, Dwi Wahyudi. (roi/fat/detiksurabaya/icc.wp.com)

*****

((( IndoCropCircles.wordpress.com )))

Pos ini dipublikasikan di Misteri Indonesia. Tandai permalink.

8 Balasan ke Bumi Situbondo Pernah Bergetar Hebat, Asal Getaran Masih Misterius!

  1. ipanase berkata:

    koq bisa/?? gemuruh tanpa gempa,,,ada apa ini
    . DIY GAN
    pertamax7.wordpress.com/

  2. Al Farah Soraya berkata:

    Oh My God…
    wHat happen in this world…???
    saya berterima kasih atas tulisan-tulisan yang di wordpress ini…
    Karena saya pun membaca artikel-artikel, dan membaca buku yang notabene berazaskan Al-Qur’an dan Hadits, yang membuat saya bingung sendiri dan tidak tau ingin bertanya kepada siapa…
    Namun…
    Banyak tulisan (meski membutuhkan waktu berjam-jam hanya untuk membaca tulisan disini) yang membuat saya tersenyum sendiri dalam hati sambil berkata,”akhirnya ada juga manusia yang memakai logikanya dan membuat tulisan-tulisan ini sedemikian rupa dan dapat dicerna dan dapat disesuaikan dengan apa yang telah saya baca sebelumnya, meski baru 2 hari saya bergabung disini.”
    Teruslah berkarya..
    Meski banyak tulisan saya rasa berbahaya untuk dipublikasikan, namun banyak artikel berani yang saya lihat disini..
    Saya hanya berharap, semoga kali ini saya tidak salah membaca…
    big support…

  3. ajie berkata:

    uji seismik gan…

  4. kak sotoy berkata:

    Ada si komo lewat gan..hehe

  5. qom berkata:

    itu juga pernah terjadi di kabupaten bone tempat tinggal saya sekitar september 2009 lalu, getaran terasa sampai radius 30 km persegi.
    ketika itu saya didalam kantor dan orang orang disekitar saya terkejut merasakan ada ledakan sperti petir namun disertai getaran slama kurang lebih 10 detik, peristiwa ini sempat geger dan diberitakan diberbagai media massa indonesia.
    media mengatakan disebabkan ledakan meteor namun jika itu memang meteor harusnya ada serpihan yang jatuh, dan pada nyatanya tidak ada.
    saya sendiri masih tidak percaya bahwa itu adalah ledakan meteor, bisa jadi itu adalah uji coba senjata haarp. atau kemungkinan lain
    wallahu alam..

  6. Pernah terjadi di kecamatan kemiling, bandar lampung peristiwa gempa kecil tapi rutin selama 2 bulanan. Sehari bisa puluhan kali gempa bahkan sampai ratusan diiikuti suara gemuruh seperti guntur. Kejadiannya pas lagi rame-ramenya even piala dunia tahun 2006, atau menjelang terjadinya gempa Jogja.

  7. bendina berkata:

    Lebih tepat di dawuhan, paowan Dan kota. Ditempat saya terasa. Itu sampai beberapa hari. Seperti dentuman di dalam tanah. Petugas yang di datangkan dari Malang juga tdak menemukan apa2. Sampai skrang kami warga juga tidak tahu itu apa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s