Penyakit Ganas Baru: “Chagas” Penyakit Versi AIDS Yang Kedua?

medical disease headersPenyakit Ganas Baru: “Chagas” Penyakit Versi AIDS Yang Kedua?

Penyakit yang disebut Chagas ini disebut sebagai penyakit AIDS baru di Amerika karena efek dari penyebarannya butuh waktu bertahun-tahun baru dapat terdeteksi dan pada saat itu pula penanganan sudah terlambat. Penyakit ini dapat membuat jantung bengkak & meledak!. Widih!!!

Dunia kesehatan baru-baru ini digemparkan oleh banyaknya korban yang terjangkit penyakit aneh yang bisa membuat jantung manusia membengkak dan meledak! Widih!

Para ahli menduga bahwa penyakit ini sejenis dengan penyakit AIDS hanya saja lebih mematikan.

Ilmuwan akhirnya berhasil mengidentifikasi sebuah serangga pemakan darah yang diklaim menyebarkan penyakit “AIDS versi baru” dan mengeluarkannya ke publik, Wew!

Bedanya penyakit yang ditularkan bukan berupa penyakit AIDS dalam arti sebenarnya, melainkan wabah penyakit yang disebut Chagas.

Warga Amerika Latin mulai banyak yang terserang oleh panyakit yang diberi nama Chagas ini.

Chagas diambil dari nama belakang si penemu penyakit jenis ini pada tahun 1909, yaitu Carlos Ribeiro Justiniano Chagas.

Penyakit yang telah lama ada namun baru diselidiki lebih dalam lagi ini disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh seekor serangga kecil bersayap dan biasanya berwarna hitam.

Serangga ini adalah Triatomine / Triatome / Triatoma / Triatominae, yang juga serangga penghisap darah manusia dan menularkan virusnya melalui gigitannya.

Serangga Triatomine / Triatome / Triatoma / Triatominae jenis serangga yang menularkan penyakit Chagas

Jantung yang terkena Chagas

Ia meracuni tubuh manusia yang digigitnya dengan penyakit yang disebut dengan Chagas ini, yakni sebuah penyakit parasit tropis yang disebabkan oleh protozoa ber-flagel.

Menurut catatan jurnal PLoS Neglected Tropical Diseases, penyakit Chagas akan mengakibatkan pembengkakan di bagian jantung. Jika sudah parah, organ ini bisa pecah dan menyebabkan kematian mendadak.

Yang membuat para ilmuwan khawatir, penyakit Chagas ini sulit untuk dideteksi dan butuh waktu hingga bertahun-tahun hingga akhirnya muncul gejala. Waduh, mirip AIDS donk.

Chagas Infection

Dengan alasan itulah kini serangga Triatome dijuluki sebagai ‘AIDS baru di benua Amerika‘.

Masalahnya adalah virus penyakit Chagas ini gampang tersebar, seperti melalui transfusi darah, atau bawaan gen turunan (layaknya penyebaran virus HIV), tapi tidak dapat menular dari hubungan intim, seperti kebanyakan kasus penularan virus HIV.

Sayangnya, gejala penyakit ini sangat sulit untuk diketahui sejak awal.

Penyakit Chagas ini membutuhkan waktu bertahun-tahun baru dapat dideteksi, mirip dengan AIDS, sehingga kemungkinannya sangat kecil untuk melakukan pengobatan dini.

Kalau pun dapat dideteksi dini, maka pengobatan tercepat bisa membutuhkan waktu selama 3 bulan. Lebih parah, penyakit ini banyak menyerang penduduk-penduduk yang berada di bawah garis kemiskinan.

Penyakit ini merebak di antara penduduk miskin entah karena lingkungan yang kotor yang menjadikan tempat perkembangbiakan serangga Triatoma ini semakin meluas atau karena ketidakpedulian warga terhadap sakit yang mereka derita sehingga mereka tidak pernah memeriksakan kesehatan mereka ke dokter karena tidak adanya biaya untuk memeriksakan diri mereka.

Acute Chagas Disease in a young child. The eye sign of Romana is present. This is frequently seen in acute cases and is presumed to mark the point of entry of the parasite. Credit: WHO/TDR

Serangga Triatomine / Triatome / Triatoma / Triatominae serangga penyebab penyakit Chagas

Trypanosoma cruzi in thin blood film (Leishmans stain) showing developing tryptomastigotes that have a free flagellum. Credit: WHO/TDR/Stammers

Menurut, Science Daily, faktor yang paling utama dari peningkatan penyebaran virus ini adalah perubahan iklim. Perubahan iklim bumi yang menjadi semakin hangat ini memungkinkan si serangga membawa virus ke daerah bagian utara.

Penyakit ini sudah mulai mewabah di Amerika Tengah dan Amerika Selatan (Bolivia, Meksiko, Kolombia) dan beberapa negara Eropa.

Chagas Disease Map

Kini penyakit yang pada awalnya tersebar di Meksiko, Bolivia, Kolombia hingga Amerika Tengah saja, kini telah beradaptasi dan telah menyebar luas ke wilayah Amerika Serikat (AS).

Penyebarannya pun sama seperti HIV, dimana infeksi bisa terjadi antara sesama manusia melalui transfusi darah atau ibu yang mengandung anaknya.

Setidaknya ada sekitar 10 juta orang diseluruh dunia sudah terinfeksi penyakit ini, dengan 10 ribu orang diantaranya dikabarkan meninggal pada tahun 2008 silam.

Menurut Nature Magazine, ada beberapa ahli yang mengatakan bahwa penyakit inilah yang membunuh Charles Darwin, seorang bapak evolusi yang teori evolusinya sangat dikenal sampai saat ini.

Sebuah penelitian mengungkap kebenaran ini bahwa pada perjalanan 5 tahun yang dilakukan Darwin ketika berusia 20 tahunan, ia terinfeksi virus ini dan kemudian dikabarkan meninggal akibat gagal jantung.

Chagas Transmission Cycle

Seperti yang dikatakan oleh para ahli bahwa setiap orang yang terjangkit penyakit mematikan ini akan mengalami peradangan pada jantungnya sehingga jantung orang tersebut akan membesar, bisa meledak dan mampu merenggut nyawa orang tersebut seketika itu juga.

Itulah tentang penyakit Chagas yang baru-baru ini tersebar di benua Amerika dan Eropa dan dikenal sebagai penyakit “AIDS terbaru”.

Mungkin sudah saatnya juga penduduk dunia mulai berhati-hati pada setiap kemungkinan penyakit aneh-aneh muncul di muka Bumi ini, mengingat bahwa beberapa penyakit yang telah lama hilang dapat muncul kembali karena berhasil dibiakkan kembali oleh “tangan-tangan jahil”.

Dengan begitu, seluruh negara harus dan akan membeli serum atau vaksin yang diproduksi oleh mereka. Dengan begitu akan terjadi sebuah peluang bisnis yang memboncengi kebaikan karena pembuatan serum dan vaksin tersebut.

Bahkan ada kemungkinan baru, bahwa manusia suatu saat akan mengalami suatu yang disebut “hampir punah” dimasa depan nanti bukan karena peperangan, bencana alam, kelaparan, iklim yang berubah atau jatuhnya asteroid dari luar angkasa, namun manusia akan mengalami kepunahan karena suatu yang sangat kecil dan tak terlihat oleh mata. Yaitu melalui, bakteri, spora, protein atau virus seperti ini. (Science Daily/Huffington Post/ciricara.com/jyi.org/icc.wp.com)

VIDEO:

Chagas Disease

Chagas Disease Project P-8

Artikel ini juga di forward oleh forum viva.co.id

*****

((( IndoCropCircles.wordpress.com )))

Pos ini dipublikasikan di Penyakit & Kesehatan dan tag , . Tandai permalink.

13 Balasan ke Penyakit Ganas Baru: “Chagas” Penyakit Versi AIDS Yang Kedua?

  1. ahmadsjahroni berkata:

    wow ada lagi nih, ancaman bagi manusia, sama binatang aja bisa kalah, racunnya dapat menjadi jantung pecah, nggak usah takut, binatang itu ada yang punya, deketin aja yang punya, yang paling berkuasa, binatang juga nggak mau ngegigit kepada manusia, kalau manusianya taat sama Tuhannya, binatang bisa jadi ganas kalau manusianya ganasnya sudah melampaui batas, salah sendiri mengundang aku untuk gigit kamu, habis gimana nikmat Tuhan digunain sembarangan aja nggak mau terima kasih sama penciptamu, biarin aja aku cepetin mati, nggak ada gunanya lagi dikasih hidup orang yang tak tahu diri sama Tuhannya, itulah sebenarnya watak orang As kaya binatang itu nafsunya, ngeliat umat yang beda sama keyaqinannya dihujat, dituduh dan kalu bisa nggak boleh adatin kemauannya, ngakunya Negara adi daya, nyatanya baru diserang binatang kecil tsb, udah nggak berdaya dan kebingungan, makanya nggak boleh takabbur kita kepada siapapun, marah sekali Penciptamu, pasti dihabisin ludes…….rata sama tanah ( Al Isra.16 )

  2. ahmadsjahroni berkata:

    Kalu mau tahu obat AIDS, suruh datang aja orang-orang Kuat AS kerumahku, nantu kuberitahu obat AIDS, sembuh total asal jaga pantangannya, gampang dan mudah, boleh aja orang lain bilang nggak atau belum ada obatnya, Allah sangat tahu orang-orang yang mudah terkena AIDS, ingat setiap penyakit pasti ada obatnya. itu kata pencipta manusia dalam AlQuran.

  3. ipanase berkata:

    konspirasi kah?

  4. Salah satu dari senjata biologi?? pengembang biakan Spesies Serangga yg memiliki racun seperti bisa ular kemudian racun dibawa darah kejantung?? Tatanan Dunia Baru? bisa jadi..

  5. arif berkata:

    apakah serangga itu jg terdapat di indonesia ya..soalnya dpulau kalimantan saya pernah melihat serangga yg hampir mirif seperti itu?

    • william berkata:

      kemungkinan besar ( menurut gw ya… ) kayaknya gak deh .. coba aj baca di atas tulisannya kan karena serangga tu kepanasan ia pergi ke arah utara , nah sedangkan indonesia mah adanya di khatulistiwa jadi kita aman2 aja . ya tapi meskipun gitu klo emang udh nasib ya mungkin mungkin aje lah ….

  6. Nadiaananda berkata:

    Makasihhh,, akhirnya aku tahu juga deh se sangat bermanfaat,, thanks

  7. yola berkata:

    izin share yah

  8. Brekele berkata:

    Banyak di indonesia, kalo terkena gigit serangga chagas kulit jadi bengkak seperti kena ulat bulu.. Warna serangga persis sama yg di gambar..

  9. gunawan berkata:

    artikelnya bagus sekali. Tetapi yang menjadi kekhawatiran saya saat ini, di lingkungan sekitar saya (solo) terdapat serangga sejenis chagas ini. Dan sudah saya semprot pakai obat serangga bermerk tp tidak kunjung punah juga. Mungkinkah ada cara yang efektif untuk membasminya?????

  10. nursya berkata:

    tmbul lg mslh br yg hrus d atsi mnusia terutama dalm bidang kesehtan

  11. islina berkata:

    Sekitar 1 minggu yang lalu saya dan anak saya digigit serangga yang mirip dengan triatomine ini, cuma warnanya lebih abu abu, mirip warna daun yang kering, gejala yang timbul setelah digigit serangga ini terjadinya pembengkakan, terasa panas, serta gatal yang teramat sangat, kalau semakin digaruk, bengkaknya semakin menyebar, daging menjadi lebih tebal, tubuh terasa panas dingin, karena takut serangga ini mengandung racun, maka saya beli obat antibiotik dan penahan nyeri, alhamdulillah bengkak dan gatalnya berangsung angsur pulih, cuma sekarang badan masih terasa tidak enak, tolong kasih saya jalan keluarnya, saya jadi merasa takut kalau serangga yang menggigit saya dan anak saya itu masih satu jenis dengan serangga yang mematikan ini…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s