Hujan Meteor Perseids di Bulan Agustus, Wow!!

Hujan Meteor Perseids di Bulan Agustus

Pertunjukan langit di musim panas ini berlangsung kembali. Fenomena hujan meteor akan menghiasi langit  malam diseluruh kepulauan indonesia. Kali ini adalah fenomena alam tiap tahunnya, hujan meteor Perseid.

Perseid adalah fenomena alam berupa hujan meteor yang sering dikaitkan dengan komet Swift-Tuttle. Dinamakan Perseid karena titik radian hujan meteor ini seolah-olah berasal dari arah rasi bintang Perseus.

Meteor-meteor Perseid tersebut berasal dari serpihan debu ekor komet Swift-Tuttle (nama resmi: 109P/Swift-Tuttle) yang masuk ke atmosfer Bumi. Komet tersebut ditemukan pertama kali pada tahun 1862 dan mengelilingi matahari setiap 130 tahun sekali.

Setiap pertengahan Juli hingga Agustus, Bumi melintasi orbitnya sehingga sisa material komet tadi tertarik oleh gravitasi bumi dan muncul sebagai hujan meteor.

Posisi rasi Perseus di timur laut

Seperti biasa ditiap tahunnya pada pagi dini hari pertengahan bulan Agustus, hujan meteor Perseids akan menyapa kita di awal bulan Agustus ini atau selang 2 minggu setelah hujan meteor Southern Delta Aquarids (SDA) berlangsung.

Hujan meteor Perseids ini beraktifitas mulai tanggal 17 Juli hingga 24 Agustus  dan mencapai puncak pada pagi dini hari, sekitar tanggal 12-13 Agustus.

Intensitas dari hujan meteor yang diakibatkan dari sisa-sisa runtuhan ekor komet Swift-Tuttle ini sangatlah tinggi. Meteor yang akan berlalu-lalang diperkirakan akan mencapai 100 meteor per jam dengan kecepatan rata-rata 59 Km/detik.

Tingginya intensitas hujan meteor Perseids sungguh sangat disayangkan bilamana anda tidak menyaksikannya.

Perseids akan memiliki arah radiant dari rasi Perseus yang terbit dari langit ufuk timur, dini hari pada pukul 01.00 WIB. (lihat Daftar Periodik Hujan Meteor)

Perseid Meteors Over Ontario.Image Credit n Copyright by Darryl Van Gaal, Annotation, Judy Schmidt

Perseid Meteors Over Ontario.Image Credit n Copyright by Darryl Van Gaal, Annotation, Judy Schmidt

[Flashback] Pada tahun 2012 lalu, hujan meteor Perseids bersamaan dengan “okultasi planet Jupiter”

Di tahun 2012 lalu hujan meteor Perseids sangat spesial dimana saat itu terjadi pula “gerhana” planet Jupiter. Namun sayangnya saat rasi Perseus muncul, bulan juga terbit pada waktu yang bersamaan sehingga dapat diprediksikan cahaya bulan akan mengganggu pengamatan hujan meteor pada meteor-meteor bermagnitudo rendah.

Bertepatan dengan terbitnya Bulan diufuk timur pukul 01.05 WIB, maka saat itu juga dimulailah pertunjukkan okultasi Jupiter oleh Bulan. Apa itu okultasi jupiter oleh bulan?

Okultasi sejatinya merupakan istilah yang diberikan dimana seorang observer atau pengamat menyaksikan sebuah benda langit “yang tampak lebih besar” melintas didepan benda langit “yang tampak lebih kecil” yang menyebabkan seluruh permukaan/piringan benda langit “yang tampak lebih kecil” tertutup sempurna.

Pada pagi 12 Agustus 2012 lalu, planet jupiter selama 70 menit akan menghilang dari atap langit akibat tertutup nya planet jupiter oleh piringan permukaan bulan dan akan muncul kembali pada pukul 02.15 WIB. Peristiwa okultasi jupiter oleh bulan dapat disaksikan diseluruh kepulauan indonesia dan akan terulang kembali sekitar tahun 2016.

Di Yogyakarta khususnya, komunitas seperti Jogja Astro Club (JAC) mengadakan acara hunting meteor shower dan okultasi jupiter yang akan diadakan pada malam minggu 11 Agustus 2012 hingga pagi dini hari 12 Agustus 2012. Acara akan dibagi menjadi 2 bagian.

Acara pertama yaitu observasi hujan meteor yang akan diadakan di landasan pacu FASI pantai depok mulai dari jam 21.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB kemudian diteruskan acara yang kedua yaitu pengamatan okultasi jupiter oleh bulan yang bertempat di markas & observatorium JAC.

Bila fasilitas memungkinkan, biasanya Kafe Astronomi.com akan mengadakan live streaming yang dipublikasikan oleh Tim Jogja Astro Club dari observatorium JAC. Semoga langit cerah, dan Happy Skygazing. (kafe astronomi)

Saat-saat okultasi jupiter oleh bulan 15 Juli 2012. Credit : Jean (http://bit.ly/LsfoQy)

Dan inilah gambar saat okultasi Jupiter oleh Bulan, dini hari 12 Agustus 2012. Credit : Purwanto-Nugroho

okultasi Jupiter oleh Bulan, dini hari 12 Agustus 2012. Credit : Purwanto-Nugroho

Lebih dekat dengan planet terbesar di Tata Surya, Jupiter

Video okultasi Jupiter oleh Bulan sebelumnya, pada 15 Juli 2012

 

*****

http://wp.me/p1jIGd-1GM

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Asteroid, Meteor & Komet dan tag , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Hujan Meteor Perseids di Bulan Agustus, Wow!!

  1. fenomena ini sy liat di atas langit kota malang pas sahur td sekitar jam 03.00. tampak indah dilangit malam yg cerah. setelah googling, tahuun 2010 jg pernah terjadi. tetapi wkt itu dijelaskan bhw fenomena itu adalah okultasi planet venus oleh bulan. yg jd pertanyaan… apakah kedua fenomena tsb akan tampak sama terlihat dr bumi????

  2. Marvelous, what a blog it is! This webpage presents useful data to us, keep it up.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s