Venus, Kucing Unik Dengan 2 Wajah dan 2 Warna Mata

Venus, Kucing Unik Dengan 2 Wajah dan 2 Warna Mata

Venus, kucing dengan keunikan dua warna wajah dan mata. (NGM/Today Show/NBC).

Kucing ini memiliki akun pribadi di beberapa situs jejaring sosial dan telah menarik jutaan pengunjung untuk melihat sosok dan tingkahnya.

Venus, begitulah nama kucing yang memiliki dua warna kontras di wajahnya. Selain itu dua matanya pun memiliki warna yang berbeda.

Setengah wajahnya berwarna hitam legam dengan mata berwarna hijau. Sebagian lagi wajahnya berwarna kuning kecoklatan dengan mata berwarna biru. Karena keunikan yang dimilikinya, Venus menjadi kucing yang paling populer di planet ini.

Tak tanggung- tanggung kucing yang memiliki akun pribadi di beberapa situs jejaring sosial ini telah menarik jutaan pengunjung untuk melihat sosok dan tingkahnya setelah si pemilik mengunggah videonya. Bahkan salah satu stasiun TV di Amerika Serikat menampilkan sosok kucing ini.

Para peneliti mencoba menganalisa fenomena yang terjadi pada Venus. Leslie Lyons, profesor dari University of California, yang mempelajari genetika dari kucing domestik mengatakan belum pernah menemukan kucing seperti Venus.

“Kucing tersebut sangat amat langka. Tapi hal ini dapat dijelaskan dan Anda bisa mengerti apa yang terjadi dengan kucing tersebut,” jelas Lyons.

Banyak yang menyimpulkan jika kucing Venus seperti chimera. Itu adalah hewan mitologi yang mana tubuhnya terdiri dari bagian binatang yang berbeda-beda.

Kucing dengan kecenderungan seperti chimera adalah kucing dengan sel yang mengandung dua jenis DNA, disebabkan dua embrio yang bergabung bersama.

“Di antara populasi kucing, sebenarnya kucing chimera itu tidak langka,” kata Lyons. Faktanya, kebanyakan dari kucing jantan memiliki kombinasi warna hitam, krem, dan kuning. Bercak khas berupa bintik-bintik hitam dan oranye pada bulu kucing merupakan tanda bahwa kucing tersebut memiliki kromosom X tambahan.

Sementara untuk kucing betina memang telah memiliki dua kromosom X. Sehingga kemungkinan mereka dapat memiliki lebih dari satu warna tanpa harus adanya kromosom X tambahan.

Itu artinya Venus, si kucing betina, belum tentu menderita chimera. Jika Venus tidak menderita chimera, lantas apa yang membuat kucing tersebut memilki dua warna secara menakjubkan di wajahnya. “Pastinya, itu sebuah keberuntungan, ” kata Lyons.

Lyons menambahkan, untuk mengetahui apa yang menyebabkan perbedaan unik pada Venus, maka perlu dilakukan sebuah pengujian genetik. Sampel genetik bisa diperoleh dari tiap sisi dari kucing tersebut. Bisa juga menggunakan DNA sidik jari.

Para peternak kucing tepukau melihat sosok Venus karena memiliki mata biru secara tunggal. Normalnya, mata kucing biasa berwarna hijau atau kuning, tidak pernah biru.

Kucing yang memiliki mata berwarna biru biasanya siam atau kucing yang dominan warna putih. Akan tetapi Venus hanya sedikit memiliki warna putih di bagian dadanya. Hal ini tidak cukup menjelaskan alasan mengapa satu matanya berwarna biru. “Dia (Venus) sedikit misteri,” kata Lyons.
(Umi Rasmi. Sumber: National Geographic News via Nationalgeographic.co.id)

VIDEO:

Venus the Chimera split face, two face, odd eye, 2 diff color eyes

Artikel Terkait:

Hah!! Kucing Berwajah Dua? (Two Faces Cat)

*****

http://wp.me/p1jIGd-1KS

((( IndoCropCircles.wordpress.com )))

Pos ini dipublikasikan di Flora Fauna Cryptozoology. Tandai permalink.

4 Balasan ke Venus, Kucing Unik Dengan 2 Wajah dan 2 Warna Mata

  1. Satria berkata:

    Lucu…

  2. Ikki berkata:

    Amazing

  3. Fia berkata:

    Chimera itu yg ada di fullmetal alchemist kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s