Persiapan Hadapi Bencana: “Kubah Kiamat” di Kutub Utara Difungsikan

doomsday header“Kubah Kiamat” atau “Bunker Kiamat” di Kutub Utara Mulai Difungsikan

kubah kiamat banner

Pintu masuk “Svalbard Seed Vault” atau yang lebih dikenal dengan julukan “Kubah Kiamat (Doomsday Vault)

Sebuah bangunan sangat kuat yang dibangun di Kutub Utara untuk menyimpan biji-bijian dari seluruh dunia resmi difungsikan. Fasilitas ini adalah “Svalbard Seed Vault” atau yang lebih dikenal dengan julukan “Kubah Kiamat (Doomsday Vault).

Disebut “kubah kiamat” karena pembangunannya dimaksudkan untuk melindungi bibit-bibit tanaman, biji-bijian dan plasma nutfah lainnya. “Kubah” ini di dalamnya terdiri dari beberapa ruangan, namun yang terpenting adalah tiga buah ruangan khusus bibit yang dinamakan “kubah” atau Vault.

Svalbard map

Svalbard map

Ketiga “ruang kubah” itu diberi nama yaitu ruangan Vault-1, Vault-2 dan Vault-3. Ruangan ini sangat dingin, paling tidak dibawah -5 derajat Celcius.

Sebelum dapat memasuki ketiga ruangan terpenting itu, harus melalui lima buah pintu dengan keamanan ketat.

Kubah dibuat di dalam sebuah gunung yang bersalju beku dan abadi di Kepulauan Svalbard, Norwegia, berada sekitar 1100 kilometer dari kutub utara. (lihat lokasi kepulauan via satelit)

Jika terjadi bencana alam yang sangat besar hingga bisa memiliki kemungkinan dapat memusahkan sumber pangan, maka biji-biji yang disimpan tersebut diharapkan menjadi “penyelamat” manusia dari kelaparan.

Svalbard Global Seed Vault merupakan kebijakan penyelamatan kami. Ini adalah ‘Bahtera Nuh’ untuk melindungi keragaman biologi generasi masa depan,” ujar Perdana Menteri Norwegia Jens Stoltenberg, dalam upacara pembukaan.

kubah_kiamat 01

Sisitim bangunan bawah tanah “Svalbard Seed Vault” atau yang lebih dikenal dengan julukan “Kubah Kiamat (Doomsday Vault)

Pembukaan fasilitas ini juga dihadiri Presiden Komisi Eropa, Jose Manual Barroso, dan penerima Nobel Perdamaian 2004, Wangari Maathai, dari Kenya. Kubah yang berada di dalam perut gunung sedalam 127,5 meter tersebut akan menyimpan cadangan bibit dari ratusan benih atau “seed bank” dari seluruh dunia.

Benih-benih yang diutamakan adalah benih tumbuhan atau tanaman konsumsi, namun tak tertutup untuk tanaman penghasil kayu atau lainnya. Benih-benih yang dikumpulkan dimasukkan ke dalam plastik kedap udara, setelahnya, tidak boleh dibuka lagi oleh siapapun.

Setiap benih dimasukkan ke dalam tempat kecil kedap udara yang masing-masing terdiri dari sekitar 500 benih, biji atau bibit tanaman. Kemudian kantung-kantung benih-benih tersebut dimasukkan ke dalam kotak atau box sesuai dengan negaranya masing-masing.

Lalu kotak-kotak berupa kardus atau kayu berisi benih-benih itu diletakkan diatas rak-rak panjang sesuai penamaan negara asalnya masing-masing di seluruh dunia. Jadi, ini seperti “bank benih PBB”.

kubah_kiamat 02

Benih-benih atau biji-biji di “Svalbard Seed Vault” atau yang lebih dikenal dengan julukan “Kubah Kiamat (Doomsday Vault), dimasukkan ke dalam kantung-kantung kecil kedap udara.

Benih-benih yang sangat penting untuk kehidupan dan peradaban manusia itu tak hanya berasal dari negara-negara barat atau negara-negara maju saja, tapi juga dari negara-negara Afrika , bahkan termasuk dari Korea Utara.

kubah_kiamat 03

Tumpukan kotak-kotak benih tampak penuh memenuhi rak-rak di “Svalbard Seed Vault” atau yang lebih dikenal dengan julukan “Kubah Kiamat (Doomsday Vault)

Semua benih berasal dari tanaman beriklim panas hingga beriklim dingin. Dan juga benih-benih dari tanaman beriklim kering hingga beriklim basah.

Hal itu dilakukan karena manusia belum mengetahui apa yang akan terjadi beberapa puluh tahun ke depan seiring dengan perubahan iklim dunia.

Karena bisa jadi iklim dunia akan menjadi tambah kering, tambah basah, tambah panas atau tambah dingin.

Bisa jadi semua benih juga tidak memiliki kemungkinan dapat tumbuh dan hidup untuk puluhan tahun ke depan, namun ada bibit lainnya yang sangat mungkin untuk dapat tetap tumbuh di kemudian hari.

Selain itu, ruangan di dalam kubah kiamat atau bunker ini dapat memuat hingga 4,5 juta sampel benih. Dan keseluruhan benih lebih dari satu milyar biji tanaman.

Tampak lokasi “Svalbard Seed Vault” atau yang lebih dikenal dengan julukan “Kubah Kiamat (Doomsday Vault) dari udara. Bangunan itu tak tampak karena berada di bawah tanah dan di dalam pegunungan, jadi hanya dibuat garis-garis imajiner.

Selain ketiga ruangan terpenting Vault 1, 2 dan 3, ada beberapa ruangan lain yang juga penting, seperti ruang krew dan ruang pengendali suhu ruangan agar benih dan sample-sample lasma nutfah lainnya.

 

Kubah Kiamat ini dibangun atas prakarsa Global Crop Diversity Trust, lembaga yang didanai badan PBB untuk urusan pangan atau FAO (Food and Agriculture Organization), dan Biodiversity Internasional yang berbasis di Roma, Italia.

Bangunan yang berada di dalam perut Bumi di Kepulauan Svalbard, Norwegia pada lokasi 78°13′54.8″N 15°29′23.5″E tersebut, dibuat selama satu tahun dengan biaya pembangunan mencapai US$ 9,1 juta dollar AS

Kini “kubah kiamat” ini sudah terisi oleh bibit-bibit tanaman yang diharapkan dapat menunjang kehidupan dan peradaban manusia kelak, jika terjadi “kiamat kecil” yang tak di diga, seperti misalnya hantaman asteroid dari luar angkasa yang pernah memusnahkan dinosaurus. (AP/WAH/IndoCropCircles.com)

kubah_kiamat 04

Pintu kedua di dalam fasilitas ini setelah pintu utama dari “Svalbard Seed Vault” atau yang lebih dikenal dengan julukan “Kubah Kiamat (Doomsday Vault)

Tampak lorong utama menuju Kubah atau Vault yang berjarak 115 meter kedalam pegunungan bawah tanah (credit: BBC)

Inilah pintu menuju salah satu “ruang kubah” atau Vault. Benih-benih tumbuhan di dalamnya lebih dari 5000 spesies. (credit: BBC)


VIDEO:

Inside the Svalbard Seed Vault:


Artikel Lainnya:

Siap Kiamat, Illuminati Buat Bunker di Bawah Bandara Denver

Kiamat Sudah Dekat: Ilmuwan Buat “Asgardia” Negara Buatan Pertama Di Luar Angkasa

Beruntung! Tahun 2004 Lalu, Bumi Hampir Saja Kiamat!

Tahun 2012, Bumi Memang Nyaris Kiamat

Kehidupan Hampir Punah: Sinar Gamma Hantam Bumi Tahun 774

Terungkap, Bahwa Bumi Pernah Kiamat Enam Kali!

Planet-X Besar, Hercolubus atau “Planet Merah” Mendekati Tata Surya?

Koloni Lebah Menyusut: Jika Lebah Musnah Maka Manusia Ikut Punah!

Waduh! Gumpalan Misterius di Samudra Pasifik Ini Bisa Datangkan Malapetaka Bagi Bumi

Tragis!! Tahun 2050 Bumi Sudah Tak Bisa Lagi Dikenali

Ilmuwan: “Kiamat” Spesies Manusia Terjadi 11.000 Tahun Lagi

Ilmuwan: Kiamat Terjadi 26-27 Juta Tahun Sekali! Hah?

Gletser Cair 100 Kali Lebih Cepat, Manusia Dalam Bahaya!

Pole Shifts: Kutub Utara dan Selatan Sedang Berpindah Akibatkan Anomali Cuaca

Asteroid “Apophis” Hantam Bumi tahun 2036!?

Wow! Ilmuwan Temukan Tanda-Tanda Ada “Dua Planet Besar Misterius” Dibelakang Pluto!

Buku “Oera Linda” : Tsunami terdahsyat 4200 tahun lalu (2193 SM) memusnahkan banyak Kerajaan di Bumi

Terompet Isrofil Mulai Ditiup? Misteri Suara Aneh Terdengar di Banyak Negara


http://wp.me/p1jIGd-2qu

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Konspirasi Akhir Zaman dan tag , , , , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Persiapan Hadapi Bencana: “Kubah Kiamat” di Kutub Utara Difungsikan

  1. deem berkata:

    namanya aja Kiamat, ya bumi hancurlah…
    ada2 aja

  2. Toha Turmudi berkata:

    orang kurang kerjaan…..Hla kiamat klau sudah terjadi semua kehidupan hancur je…..apalagi bangker buatan manusia….., setelah kiamat nanti ada kehidupan lain….., manusia yg di surga gak butuh itu……sudah serba instan…hehehehe

  3. wiwid berkata:

    emang kekuatan bangunan ciptaan manusia itu seberapa sih?????…..kalo ada kiamat ya hancur lah…….pada ditaruh dimana sih otaknya

  4. feriahmad berkata:

    pada ga paham arti kiamat qubro ya, somplak semua tuh manusia …. tapi sih gw salut usahanya gigih, tapi usaha buat tobatnya ada kaga? 😦

  5. sina khoirunnisa berkata:

    kalau kiamat datang semua yang ada di dunia akan hancur tidak ada yang tersisa..

  6. Oman Omen berkata:

    biarkan saja mereka kita jangan menghujat, mungkin kepercayaannya sudah mentok, dan keyakinannya sudah merasa pasti aman….

  7. Lucy berkata:

    minimal ada bukti sejarah bagaimana usaha yang pernah dilakukan manusia terdahulu dalam menyelamatkan kehidupan.

  8. ali topan berkata:

    ada juga kiamat belom terjadi yang bikin bungkernya kiamat sendiri sendiri alias modar sorangan

  9. heru budiyanto berkata:

    Om Admin, ulas lengkap dong mengenai kutub selatan bumi. Karena masih sedikit yang mengungkap apa yang ada di kutub selatan bumi.

  10. sucipto berkata:

    makna kiamat pada g paham sudah pandai menghujat ” Gagal faham “

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s