Maret 2013: Komet C/2011L4 PanSTARRS

komet asteroid meteors comet header

Komet PanSTARRS: Awal Maret Hingga April 2013 di Langit Utara, Dapat Dilihat Mata Telanjang

comet panstarrs March 2013

Comet C/2011 L4 (Pan-STARRS), adalah sebuah komet non-periodik ditemukan pada bulan Juni 2011, yang diharapkan dapat dilihat dengan mata langsung ketika dekat perihelion (pendekatan terdekat dengan Matahari) pada bulan Maret 2013.

Komet PANSTARRS akan melintas paling dekat dengan Bumi pada tanggal 5 Maret 2013 dengan jarak 1.09au. Komet akan datang ke perihelion (pendekatan terdekat dengan Matahari) tepatnya pada tanggal 10 Maret 2013.

Komet ditemukan menggunakan teleskop Pan-STARRS terletak dekat puncak Haleakala, di pulau Maui, Hawaii.

Para astronom menggunakan teleskop sekitar 1,8 meter yang besar untuk memindai langit terhadap obyek yang mendekati Bumi, baik asteroid dan komet yang mungkin menimbulkan bahaya bagi planet Bumi.

panstarrs-telescope

Dilansir oleh NBC News (21/2/13), komet PanSTARRS ini merupakan satu dari dua komet yang direncanakan akan menampakkan percikan ekornya pada tahun 2013 ini, sebelum Komet C/2012 S1 (ISON) di bulan November mendatang.

Adapun komet PanSTARRS ini akan terlihat di belahan bumi utara dan bisa disaksikan dengan mata telanjang. Meski begitu, komet ini dipastikan tetap tidak akan seterang komet ISON yang cahayanya seterang bulan purnama.

Juni 2012, Komet Comet Panstarrs-Howes_Guido_Sostero MayComet C/2011 L4 PANSTARRS memiliki magnitudo 19 ketika ditemukan pada bulan Juni 2011.

Mei 2012, diawal bulan Mei komet telah bertambah cerah ke magnitudo 13,5 (semakin kecil magnitudo semakin cerah) dan bisa dilihat secara visual bila menggunakan teleskop amatir yang besar dari wilayah yang gelap.

Oktober 2012, “the coma” (ekor komet atau atmosfer debu yang mengembang) diperkirakan memiliki diameter sekitar 120.000 km. Estimasi awal ekor komet  bertambah cerah ke magnitudo 0 (kira-kira kecerahan Alpha Centauri A atau Vega).

 Januari 2013, ternyata ada perlambatan kecerahan komet, yang  terlihat dengan  hanya dapat mencerahkan pada magnitudo +1.

Maret 2013, komet telah berjarak sekitar 100 juta mil dari Bumi di dalam orbit Merkurius.

Namun, dipastikan bahwa PanSTARRS akan mampu membawa cahaya sebesar magnitude 2 pada jarak terdekatnya, atau setara dengan bintang Polaris, pada 5 – 7 Maret 2013.

comet-panstarrs-2013 1

“Karena jarak yang dekat dari matahari, Pan-STARRS sangat aktif, menghasilkan banyak debu dan karena itu memperlihatkan ekor debu yang bagus,” kata Karl Battams dari Naval Research Laboratory.

“Sedangkan bagaimana komet akan bereaksi terhadap matahari sulit untuk diprediksi. Karena ini adalah kunjungan pertama Comet Pan-STARRS, belum pernah diuji oleh panas dan tarikan gravitasi matahari, hampir apa pun bisa terjadi,” terang Karl Battams.

“Komet ini sebenarnya masih baru, jadi mungkin saja masih ada sifat lain yang belum kita ketahui,” tambah Karl Battams dari Naval Research Laboratory.

komet comet-panstarrs-march-2013

Namun, mungkin masih sulit untuk melihat dari sudut pandang di Bumi, karena komet akan sangat dekat dengan matahari. Ini berarti bahwa komet hanya dapat diamati di waktu senja ketika langit tidak sepenuhnya gelap.

“Bagi Anda yang berada di pedesaan, ada baiknya membawa teropong untuk menyaksikan kedatangan komet ini,” tambah Karl Battams dari Naval Research Laboratory.

Menurut perkiraan, PanSTARRS akan mulai muncul paling terlihat terang pada 3 – 13 Maret 2013. Penampakannya pun akan terlihat jelas jika tidak ada faktor pengganggu lainnya.

comet-panstarrs-location-march-5-2013

Faktor pengganggu tersebut misalnya adalah turunnya hujan atau tertutup awan tebal yang dapat mengganggu penglihatan. Selain itu, ada baiknya melihat komet ini di tempat gelap dan jauh dari lampu jalan raya.

Tanggal terbaik untuk melihat mungkin rentang tanggal 5 – 7 Maret, ketika Pan-STARRS muncul di langit sewaktu matahari terbenam, tidak jauh dari bulan sabit. Sebuah komet dan Bulan, bersama-sama dibingkai oleh senja-biru adalah pemandangan yang langka, mungkin untuk seumur hidup kita.

comet-panstarrs-2013 2

Tapi para astronom mensinyalir bahwa komet ini akan dapat terlihat hingga akhir bulan Maret 2013.  Rentang pengihatan komet Pan-STARRS dimulai dari akhir bulan Februari 2013 hingga akhir bulan Maret 2012, atau kurang lebih sebulan lamanya.

Komet ini akan meninggalkan matahari pada akhir bulan Maret 2013 dan akan menjauh dari tata surya pada bulan April 2013.

Pengamatan Menggunakan Aplikasi Stellarium

Buat yang sudah punya stellarium (bagi yang belum punya unduh di sini), silahkan buka file ssystems.ini di Stellarium dengan notepad dan tambahkan data berikut (copy and paste) pada file ssystems.ini, lalu simpan:

[PANSTARRS]
name = PANSTARRS
parent = Sun
radius = 10
oblateness = 0.0
halo = true
color = 1.0,1.0,1.0
tex_halo = star16x16.png
tex_map = nomap.png
coord_func = comet_orbit
orbit_TimeAtPericenter = 2456329.3937
orbit_PericenterDistance = 0.337628
orbit_Eccentricity = 1.0
orbit_ArgOfPericenter = 331.2931
orbit_AscendingNode = 67.5247
orbit_Inclination = 59.95487
lighting = false
albedo = 1
orbit_visualization_period = 365.25

Kemudian, aktifkan aplikasi Stellarium dan posisi komet akan terlihat pada tampilan Stellarium. (berbagai sumber)

Artikel ini juga di forward oleh forum kaskus.co.id

*

GALLERY KOMET Pans-STARRS DARI BERBAGAI PELOSOK BUMI:

Pan-STARRS USA-01

Pan-STARRS USA-02

Comet Panstarrs C2011L4 above Jakarta Ancol, 7 Maret 2013

Comet Panstarrs C2011L4 above Jakarta, Indonesia. Picture taken at Ancol Beach, 7 Maret 2013. Courtesy by Rayhan Cygnus

OTHER GALLERY COMET Pan-STARRS:

| National Geographic | Universe Today | Lights in the dark |
| Starship Asterisk | Sky and Telescope |

VIDEO:

Comet Pan-STARRS

Artikel Terkait Lainnya:

Puluhan Artikel Tentang Komet, Asteroid dan Meteor Lainnya

((( IndoCropCircles.wordpress.com )))

Pos ini dipublikasikan di Arsip Masa Lalu, Asteroid, Meteor & Komet. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Maret 2013: Komet C/2011L4 PanSTARRS

  1. Vharrrraaaa berkata:

    oke..
    akan ku lihat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s