Konspirasi JF. Kennedy, Sukarno, Suharto, CIA dan Freeport

kutitipkan bangsa negara kepadamu papua indonesia header

Bongkar Konspirasi Hebat:
Antara John F. Kennedy, Sukarno, Suharto dan Freeport

Bung Karno / Sukarno / Soekarno

Pada sekitar tahun 1961, Presiden Soekarno gencar merevisi kontrak pengelolaan minyak  dan tambang-tambang asing di Indonesia. Minimal sebanyak 60 persen dari keuntungan perusahaan minyak asing harus menjadi jatah rakyat Indonesia. Namun kebanyakan dari mereka, gerah dengan peraturan itu. Akibatnya, skenario jahat para elite dunia akhirnya mulai direncanakan terhadap kekayaan alam negeri tercinta, Indonesia.

suharto sukarno freeport banner

Pada akhir tahun 1996 lalu, sebuah artikel yang ditulis oleh seorang penulis Lisa Pease yang dimuat dalam majalah Probe. Tulisan ini juga disimpan dalam National Archive di Washington DC. Judul tulisan tersebut adalah “JFK, Indonesia, CIA and Freeport“.

Illuminati Card Game Agenda - Rewriting History

Illuminati Card Game Agenda – Rewriting History

Walau dominasi Freeport atas “gunung emas” di Papua telah dimulai sejak tahun 1967, namun kiprahnya di negeri ini ternyata sudah dimulai beberapa tahun sebelumnya.

Pada kesempatan ini, kami akan menguak sedikit dari banyaknya tandatanya-tandatanya besar yang masih tersimpan di saku tiap rakyat Indonesia yang tercinta ini dan belum terjawab, bahkan tak akan pernah terjawab.

Hal itu dilakukan karena pada masa rezim New Order atau Orde Baru itu, banyak sekali sejarah-sejarah yang tak boleh dipublikasikan, ditulis ulang, dibengkokkan, lalu di propagandakan melalui media-media zombie yang pada masa lalu, bagai ‘media peliharaan’.

Dalam tulisannya yang dimuat dalam majalah Probe, Lisa Pease mendapatkan temuan jika Freeport Sulphur, demikian nama perusahaan itu awalnya, nyaris bangkrut berkeping-keping ketika terjadi pergantian kekuasaan di Kuba tahun pada tahun 1959.

Saat itu di Kuba, Fidel Castro berhasil menghancurkan rezim diktator Batista. Oleh Castro, seluruh perusahaan asing di negeri itu dinasionalisasikan.

Lisa-PeaseFreeport Sulphur yang baru saja hendak melakukan pengapalan nikel produksi perdananya dari Kuba, akhirnya terkena imbasnya. Maka terjadi ketegangan di Kuba.

Menurut Lisa Pease, berkali-kali CEO Freeport Sulphur merencanakan upaya pembunuhan terhadap Fidel Castro, namun berkali-kali pula menemui kegagalan.

Ditengah situasi yang penuh ketidakpastian, pada Agustus 1959, Forbes Wilsonyang menjabat sebagai Direktur Freeport Sulphur melakukan pertemuan dengan Direktur pelaksana East Borneo Company, Jan van Gruisen.

Dalam pertemuan itu Gruisen bercerita jika dirinya menemukan sebuah laporan penelitian atas Gunung Ersberg (Gunung Tembaga) di Irian Barat yang ditulis Jean Jacques Dozy di tahun 1936.

Forbes Wilson Freeport Sulphur

Forbes Wilson,Direktur Freeport Sulphur 1959 (pic: mininghalloffame.org)

Uniknya, laporan itu sebenarnya sudah dianggap tidak berguna dan tersimpan selama bertahun-tahun begitu saja di perpustakaan Belanda.

Namun, Van Gruisen tertarik dengan laporan penelitian yang sudah berdebu itu dan kemudian membacanya.

Dengan berapi-api, Van Gruisen bercerita kepada pemimpin Freeport Sulphur itu jika selain memaparkan tentang keindahan alamnya, Jean Jaques Dozy juga menulis tentang kekayaan alamnya yang begitu melimpah.

Tidak seperti wilayah lainnya diseluruh dunia, maka kandungan biji tembaga yang ada disekujur tubuh Gunung Ersberg itu terhampar di atas permukaan tanah, jadi tidak tersembunyi di dalam tanah.

Mendengar hal itu, Wilson sangat antusias dan segera melakukan perjalanan ke Irian Barat untuk mengecek kebenaran cerita itu. Di dalam benaknya, jika kisah laporan ini benar, maka perusahaannya akan bisa bangkit kembali dan selamat dari kebangkrutan yang sudah di depan mata.

Selama beberapa bulan, Forbes Wilson melakukan survey dengan seksama atas Gunung Ersberg dan juga wilayah sekitarnya. Penelitiannya ini kelak ditulisnya dalam sebuah buku berjudul The Conquest of Cooper Mountain.

Forbes Wilson kanan bersama anggota geologist Freeport di Erstberg 1967

Forbes Wilson (kanan) bersama anggota geologist Freeport di Erstberg, 1967. (Click to enlarge zoomed)

Wilson menyebut gunung tersebut sebagai harta karun terbesar, yang untuk memperolehnya tidak perlu menyelam lagi karena semua harta karun itu telah terhampar di permukaan tanah.

Dari udara, tanah disekujur gunung tersebut berkilauan ditimpa sinar matahari. Wilson juga mendapatkan temuan yang nyaris membuatnya gila. Karena selain dipenuhi bijih tembaga, gunung tersebut ternyata juga dipenuhi bijih emas dan perak!!

Menurut Wilson, seharusnya gunung tersebut diberi nama GOLD MOUNTAIN, bukan Gunung Tembaga. Sebagai seorang pakar pertambangan, Wilson memperkirakan jika Freeport akan untung besar, hanya dalam waktu tiga tahun pasti sudah kembali modal. Pimpinan Freeport Sulphur ini pun bergerak dengan cepat.

Forbes Wilson bersama anggota geologist Freeport di Erstberg 1967

Forbes Wilson (kanan / belakang) bersama anggota geologist Freeport di Erstberg 1967

Pada 1 Februari 1960, Freeport Sulphur meneken kerjasama dengan East Borneo Company untuk mengeksplorasi gunung tersebut.

Namun lagi-lagi Freeport Sulphur mengalami kenyataan yang hampir sama dengan yang pernah dialaminya di Kuba. Perubahan eskalasi politik atas tanah Irian Barat tengah mengancam.

Hubungan Indonesia dan Belanda telah memanas dan Soekarno malah mulai menerjunkan pasukannya di Irian Barat.

Tadinya Wilson ingin meminta bantuan kepada Presiden AS John Fitzgerald Kennedy (JFK) agar mendinginkan Irian Barat. Namun ironisnya, JFK malah sepertinya mendukung Soekarno.

Kennedy mengancam Belanda, akan menghentikan bantuan Marshall Plan jika ngotot mempertahankan Irian Barat.

Soekarno_dan jf_kennedy01

Soekarno dan JF Kennedy

Belanda yang saat itu memerlukan bantuan dana segar untuk membangun kembali negerinya dari puing-puing kehancuran akibat Perang Dunia II, terpaksa mengalah dan mundur dari Irian Barat.

Ketika itu sepertinya Belanda tidak tahu jika Gunung Ersberg sesungguhnya mengandung banyak emas, bukan tembaga.

Sebab jika saja Belanda mengetahui fakta sesungguhnya, maka nilai bantuan Marshall Plan yang diterimanya dari AS tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan nilai emas yang ada di gunung tersebut.

Dampak dari sikap Belanda untuk mundur dari Irian Barat menyebabkan perjanjian kerjasama dengan East Borneo Company mentah kembali. Para pemimpin Freeport jelas marah besar.

Presiden AS, John F Kennedy ditembak saat bersama istrinya di mobil kap terbuka

Presiden AS, John F Kennedy ditembak saat bersama istrinya di mobil kap terbuka pada 22 November 1963.

Apalagi mendengar Kennedy akan menyiapkan paket bantuan ekonomi kepada Indonesia sebesar 11 juta AS dengan melibatkan IMF dan Bank Dunia. Semua ini jelas harus dihentikan!

Segalanya berubah seratus delapan puluh derajat ketika Presiden Kennedy tewas ditembak pada 22 November 1963.

Banyak kalangan menyatakan penembakan Kennedy merupakan sebuah konspirasi besar menyangkut kepentingan kaum Globalis yang hendak mempertahankan hegemoninya atas kebijakan politik di Amerika.

Presiden Johnson yang menggantikan Kennedy mengambil sikap yang bertolak belakang dengan pendahulunya. Johnson malah mengurangi bantuan ekonomi kepada Indonesia, kecuali kepada militernya.

Sukarno and JFK Keneddy

Presiden Sukarno pada lawatan kenegaraannya ke Amerika Serikat sedang memeriksa barisan tentara kehormatan Amerika setelah turun dari pesawat didampingi presiden AS, John F Kennedy

Salah seorang tokoh di belakang keberhasilan Johnson, termasuk dalam kampanye pemilihan presiden AS tahun 1964, adalah Augustus C.Long, salah seorang anggota dewan direksi Freeport.

Tokoh yang satu ini memang punya kepentingan besar atas Indonesia. Selain kaitannya dengan Freeport, Long juga memimpin Texaco, yang membawahi Caltex (patungan dengan Standard Oil of California).

Soekarno pada tahun 1961 memutuskan kebijakan baru kontrak perminyakan yang mengharuskan 60 persen labanya diserahkan kepada pemerintah Indonesia. Caltex sebagai salah satu dari tiga operator perminyakan di Indonesia jelas sangat terpukul oleh kebijakan Soekarno ini.

former direksi Freeport and Presbyterian Hospital Board Chairman Augustus C. Long

Augustus C.Long, salah seorang anggota dewan direksi Freeport dan pemimpin Texaco, yang membawahi Caltex, ia juga chairman Presbyterian Hospital Board dan Penasehat CIA di kepresidenan AS untuk masalah luar negeri..

Augustus C.Long amat marah terhadap Soekarno dan amat berkepentingan agar orang ini disingkirkan secepatnya.

Mungkin suatu kebetulan yang ajaib, Augustus C. Long juga aktif di Presbysterian Hospital di New York, dimana dia pernah dua kali menjadi presidennya (1961-1962).

Sudah bukan rahasia umum lagi jika tempat ini merupakan salah satu simpul pertemuan tokoh CIA.

Lisa Pease dengan cermat menelusuri riwayat kehidupan tokoh ini. Antara tahun 1964 sampai 1970, Long pensiun sementara sebagai pemimpin Texaco.

Apa saja yang dilakukan orang ini dalam masa itu, yang di Indonesia dikenal sebagai “masa yang paling krusial”.

Pease mendapatkan data jika pada Maret 1965, Augustus C. Long terpilih sebagai Direktur Chemical Bank, salah satu perusahaan Rockefeller. Pada bulan Agustus 1965, Long diangkat menjadi anggota dewan penasehat intelejen kepresidenan AS untuk masalah luar negeri.

Badan ini memiliki pengaruh sangat besar untuk menentukan operasi rahasia AS di negara-negara tertentu. Long diyakini salah satu tokoh yang merancang kudeta terhadap Soekarno, yang dilakukan AS dengan menggerakkan sejumlah perwira Angkatan Darat yang disebutnya sebagai Our Local Army Friend.

Pengamat sejarawan LIPI, Dr Asvi Marwan Adam

Pengamat sejarawan LIPI, Dr Asvi Marwan Adam

Sedangkan menurut pengamat sejarawan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr Asvi Marwan Adam, Soekarno benar-benar ingin sumber daya alam Indonesia dikelola oleh anak bangsa sendiri.

Asvi juga menuturkan, sebuah arsip di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta mengungkapkan pada 15 Desember 1965 sebuah tim dipimpin oleh Chaerul Saleh di Istana Cipanas sedang membahas nasionalisasi perusahaan asing di Indonesia.

Soeharto yang pro-pemodal asing, datang ke sana menumpang helikopter. Dia menyatakan kepada peserta rapat, bahwa dia dan Angkatan Darat tidak setuju rencana nasionalisasi perusahaan asing itu.

“Soeharto sangat berani saat itu, Bung Karno juga tidak pernah memerintahkan seperti itu,” kata Asvi.

Sebelum tahun 1965, seorang taipan dari Amerika Serikat menemui Soekarno. Pengusaha itu menyatakan keinginannya berinvestasi di Papua. Namun Soekarno menolak secara halus.

“Saya sepakat dan itu tawaran menarik. Tapi tidak untuk saat ini, coba tawarkan kepada generasi setelah saya,” ujar Asvi menirukan jawaban Soekarno.

Soekarno berencana modal asing baru masuk Indonesia 20 tahun lagi, setelah putra-putri Indonesia siap mengelola. Dia tidak mau perusahaan luar negeri masuk, sedangkan orang Indonesia masih memiliki pengetahuan nol tentang alam mereka sendiri. Oleh karenanya sebagai persiapan, Soekarno mengirim banyak mahasiswa belajar ke negara-negara lain.

Suharto, sebagai komandan Abri saat memimpin pasukan untuk memerangi G-30/S-PKI

Suharto, sebagai komandan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) disaat memimpin pasukan untuk memerangi G-30/S-PKI

Soekarno boleh saja membuat tembok penghalang untuk asing dan mempersiapkan calon pengelola negara.

Namun Asvi menjelaskan bahwa usaha pihak luar yang bernafsu ingin mendongkel kekuasaan Soekarno, tidak kalah kuat!

Setahun sebelumnya yaitu pada tahun 1964, seorang peneliti diberi akses untuk membuka dokumen penting Departemen Luar Negeri Pakistan dan menemukan surat dari duta besar Pakistan di Eropa.

Dalam surat per Desember 1964, diplomat itu menyampaikan informasi rahasia dari intel Belanda yang mengatakan bahwa dalam waktu dekat, Indonesia akan beralih ke Barat. Lisa menjelaskan maksud dari informasi itu adalah akan terjadi kudeta di Indonesia oleh partai komunis.

Sebab itu, angkatan darat memiliki alasan kuat untuk menamatkan Partai Komunis Indonesia (PKI), setelah itu membuat Soekarno menjadi tahanan.

Telegram rahasia dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat ke Perserikatan Bangsa-Bangsa pada April 1965 menyebut Freeport Sulphur sudah sepakat dengan pemerintah Indonesia untuk penambangan puncak Erstberg di Papua.

Salah satu bukti sebuah telegram rahasia Cinpac 342, 21 Januari 1965, pukul 21.48, yang menyatakan ada pertemuan para penglima tinggi dan pejabat Angkatan Darat Indonesia membahas rencana darurat itu, bila Presiden Soekarno meninggal.

Namun kelompok yang dipimpin Jenderal Soeharto tersebut ternyata bergerak lebih jauh dari rencana itu. Jenderal Suharto justru mendesak angkatan darat agar mengambil-alih kekuasaan tanpa menunggu Soekarno berhalangan.

Mantan pejabat CIA Ralph Mc Gehee juga pernah bersaksi bahwa semuanya itu memang benar adanya.

Soeharto diberikan mandat dengan dikeluarkannya Supersemar untuk mengatasi keadan oleh presiden Sukarno

Soeharto diberikan mandat dengan dikeluarkannya Supersemar untuk mengatasi keadan oleh presiden Sukarno

Maka dibuatlah PKI sebagai kambing hitam sebagai tersangka pembunuhan 7 Dewan Jenderal yang pro Sukarno melalui Gerakan 30 September yang didalangi oleh PKI, atau dikenal oleh pro-Suharto sebagai “G-30/S-PKI” dan disebut juga sebagai Gestapu (Gerakan Tiga Puluh) September oleh pro-Sukarno.

Setelah pecahnya peristiwa Gerakan 30 September 1965, keadaan negara Indonesia berubah total.

Terjadi kudeta yang telah direncanakan dengan “memelintir dan mengubah” isi Surat Perintah 11 Maret (Supersemar) 1966, yang pada akhirnya isi dari surat perintah itu disalahartikan.

Dalam Supersemar, Sukarno sebenarnya hanya memberi mandat untuk mengatasi keadaan negara yang kacau-balau kepada Suharto, bukan justru menjadikannya menjadi seorang presiden.

suharto ibu tien patung 7 jenderal lubang buaya

Suharto dan Tien Suharto berdiri di depan Patung 7 Jenderal di daerah Lubang Buaya yang dalam pelajaran sejarah, mereka telah “dibunuh PKI” lalu jasadnya ditemukan hanya dalam satu lubang sumur di daerah Lubang Buaya

Dalam artikel berjudul JFK, Indonesia, CIA, and Freeport yang diterbitkan majalah Probe edisi Maret-April 1996, Lisa Pease menulis bahwa akhirnya pada awal November 1965, satu bulan setelah tragedi terbunuhnya sejumlah perwira loyalis Soekarno (yang dikenal juga sebagai 7 dewan Jenderal yang dibunuh PKI), Forbes Wilson mendapat telpon dari Ketua Dewan Direktur Freeport, Langbourne Williams, yang menanyakan, “Apakah Freeport sudah siap untuk mengekplorasi gunung emas di Irian Barat?”

Ibnu Sutowo, Menteri Pertambangan dan Perminyakan pada tahun 1966.

Forbes Wilson jelas kaget. Dengan jawaban dan sikap tegas Sukarno yang juga sudah tersebar di dalam dunia para elite-elite dan kartel-kartel pertambangan dan minyak dunia, Wilson tidak percaya mendengar pertanyaan itu.

Dia berpikir Freeport masih akan sulit mendapatkan izin karena Soekarno masih berkuasa. Ketika itu Soekarno masih sah sebagai presiden Indonesia bahkan hingga 1967, lalu darimana Williams yakin gunung emas di Irian Barat akan jatuh ke tangan Freeport?

Lisa Pease mendapatkan jawabannya. Para petinggi Freeport ternyata sudah mempunyai kontak dengan tokoh penting di dalam lingkaran elit Indonesia.

Oleh karenanya, usaha Freeport untuk masuk ke Indonesia akan semakin mudah. Beberapa elit Indonesia yang dimaksud pada era itu diantaranya adalah Menteri Pertambangan dan Perminyakan pada saat itu Ibnu Soetowo .

Julius Tahija, penghubung antara Ibnu Soetowo dengan Freeport.

Namun pada saat penandatanganan kontrak dengan Freeport, juga dilakukan oleh menteri Pertambangan Indonesia selanjutnya yaitu Ir. Slamet Bratanata.

Selain itu juga ada seorang bisnisman sekaligus “makelar” untuk perusahaan-perusahaan asing yaitu Julius Tahija.

Julius Tahija berperan sebagai penghubung antara Ibnu Soetowo dengan Freeport.

Dalam bisnis ia menjadi pelopor dalam keterlibatan pengusaha lokal dalam perusahaan multinasional lainnya, antara lain terlibat dalam PT Faroka, PT Procter & Gambler (Inggris), PT Filma, PT Samudera Indonesia, Bank Niaga, termasuk Freeport Indonesia.

Sedangkan Ibnu Soetowo sendiri sangat berpengaruh di dalam angkatan darat, karena dialah yang menutup seluruh anggaran operasional mereka.

Sebagai bukti adalah dilakukannya pengesahan Undang-undang Penanaman Modal Asing (PMA) pada 1967 yaitu UU no 1/1967 tentang Penanaman Modal Asing (PMA) yang draftnya dirancang di Jenewa-Swiss yang didektekan oleh Rockefeller seorang Bilderberger dan disahkan tahun 1967.

Maka, Freeport menjadi perusahaan asing pertama yang kontraknya ditandatangani Soeharto.

Bukan saja menjadi lembek, bahkan sejak detik itu, akhirnya Indonesia menjadi negara yang sangat tergantung terhadap Amerika, hingga kini, dan mungkin untuk selamanya.

Bahkan beberapa bulan sebelumnya yaitu pada 28 Februari 1967 secara resmi pabrik BATA yang terletak di Ibukota Indonesia (Kalibata) juga diserahkan kembali oleh Pemerintah Indonesia kepada pemiliknya. Penandatanganan perjanjian pengembalian pabrik Bata dilakukan pada bulan sesudahnya, yaitu tanggal 3 Maret 1967.

penjanjian pengembalian kembali pabrik bata 03031967 - 01 penjanjian pengembalian kembali pabrik bata 03031967 - 02

Keterangan gambar diatas: Penandatanganan perjanjian pengembalian kembali pabrik Bata pada tanggal 3 Maret 1967. Sumber foto: The Netherlands National News Agency (ANP) (klik untuk memperbesar)

Padahal pada masa sebelumnya sejak tahun 1965 pabrik Bata ini telah dikuasai pemerintah. Jadi untuk apa dilakukan pengembalian kembali? Dibayar berapa hak untuk mendapatkan atau memiliki pabrik Bata itu kembali? Kemana uang itu? Jika saja ini terjadi pada masa sekarang, pasti sudah heboh akibat pemberitaan tentang hal ini.

Namun ini baru langkah-langkah awal dan masih merupakan sesuatu yang kecil dari sepak terjang Suharto yang masih akan menguasai Indonesia untuk puluhan tahun mendatang yang kini diusulkan oleh segelintir orang agar ia mendapatkan gelar sebagai Pahlawan Nasional. Penandatangan penyerahan kembali pabrik Bata dilakukan oleh Drs. Barli Halim, pihak Indonesia dan Mr. Bata ESG Bach.

Masih ditahun yang sama 1967, perjanjian pertama antara Indonesia dan Freeport untuk mengeksploitasi tambang di Irian Jaya juga dilakukan, tepatnya pada tanggal 7 April perjanjian itu ditandatangani.

kontrak freeport 1967 - 01 kontrak freeport 1967 - 02

Keterangan gambar diatas: Penandatanganan Kontrak Freeport di Jakarta Indonesia, 1967. Sumber foto: The Netherlands National News Agency (ANP) (klik untuk memperbesar)

Akhirnya, perusahaan Freeport Sulphur of Delaware, AS pada Jumat 7 April 1967 menandatangani kontrak kerja dengan pemerintah Indonesia untuk penambangan tembaga di Papua Barat. Freeport diperkirakan menginvestasikan 75 hingga 100 juta dolar AS.

Penandatanganan bertempat di Departemen Pertambangan, dengan Pemerintah Indonesia diwakili oleh Menteri Pertambangan Ir. Slamet Bratanata dan Freeport oleh Robert C. Hills (Presiden Freeport Shulpur) dan Forbes K. Wilson (Presiden Freeport Indonesia), anak perusahan yang dibuat untuk kepentingan ini.

gold-emas zoomedPenandatanganan kontrak kerja dengan pemerintah Indonesia untuk penambangan tembaga di Papua Barat tersebut disaksikan pula oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Marshall Green.

Freeport mendapat hak konsensi lahan penambangan seluas 10.908 hektar untuk kontrak selama 30 tahun terhitung sejak kegiatan komersial pertama dilakukan. Pada Desember 1972 pengapalan 10.000 ton tembaga pertama kali dilakukan dengan tujuan Jepang.

Dari penandatanganan kontrak inilah yang kemudian menjadi dasar penyusunan Undang-Undang Pertambangan No. 11 Tahun 1967 yang disahkan pada Desember 1967.

Inilah kali pertama kontrak pertambangan yang baru dibuat. Jika di zaman Soekarno kontrak-kontrak dengan perusahaan asing selalu menguntungkan Indonesia, maka sejak Suharto berkuasa, kontrak-kontrak seperti itu malah merugikan Indonesia.

Setelah itu juga ikut ditandatangani kontrak eksplorasi nikel di pulau Irian Barat dan di area Waigee Sentani oleh PT Pacific Nickel Indonesia dan Kementerian Pertambangan Republik Indonesia.

perjanjian nikel irian 19-februari-1969 - 01 perjanjian nikel irian 19-februari-1969 - 02

Keterangan gambar diatas: Penandatanganan Kontrak Nikel Irian oleh Pacific Nickel Indonesia, 19 Februari 1969. Sumber foto: The Netherlands National News Agency (ANP) (klik untuk memperbesar)

Perjanjian dilakukan oleh E. OF Veelen (Koninklijke Hoogovens), Soemantri Brodjonegoro (yaitu Menteri Pertambangan RI selanjutnya yang menggantikan Ir. Slamet Bratanata) dan RD Ryan (U.S. Steel).

Pacific Nickel Indonesia adalah perusahaan yang didirikan oleh Dutch Koninklijke Hoogovens, Wm. H. MÜLLER, US Steel, Lawsont Mining dan Sherritt Gordon Mines Ltd.

bata logoNamun menurut penulis, perjanjian-perjanjian pertambangan di Indonesia banyak keganjilan.

Contohnya seperti tiga perjanjian diatas saja dulu dari puluhan atau mungkin ratusan perjanjian dibidang pertambangan. Terlihat dari ketiga perjanjian diatas sangat meragukan kebenarannya.

Pertama, perjanjian pengembalian pabrik Bata, mengapa dikembalikan? apakah rakyat Indonesia tak bisa membuat seperangkat sendal atau sepatu? sangat jelas ada konspirasi busuk yang telah dimainkan disini.

Gold biji emasKedua, perjanjian penambangan tembaga oleh Freeport, apakah mereka benar-benar menambang tembaga?

Saya sangat yakin mereka menambang emas, namun diperjanjiannya tertulis menambang tembaga.

Tapi karena pada masa itu tak ada media, bagaimana jika semua ahli geologi Indonesia dan para pejabat yang terkait di dalamnya diberi setumpuk uang? Walau tak selalu, tapi didalam pertambangan tembaga kadang memang ada unsur emasnya.

silver nickel-rock

batu mengandung perak (atas) dan batu mengandung nikel (bawah) secara kasat mata, terlihat tidak begitu banyak perbedaan.

Perjanjian ketiga adalah perjanjian penambangan nikel oleh Pasific Nickel, untuk kedua kalinya, apakah mereka benar-benar menambang nikel?

Saya sangat yakin mereka menambang perak, namun diperjanjiannya tertulis menambang nikel.

Begitulah seterusnya, semua perjanjian-perjanjian pengeksplotasian tambang-tambang di bumi Indonesia dilakukan secara tak wajar, tak adil dan terus-menerus serta perjanjian-perjanjian tersebut akan berlaku selama puluhan bahkan ratusan tahun ke depan.

Kekayaan alam Indonesia pun digadaikan, kekayaan Indonesia pun terjual, dirampok, dibawa kabur ke negara-negara pro-zionis, itupun tanpa menyejahterakan rakyat Indonesia selama puluhan tahun lamanya.

“Saya melihat seperti balas budi Indonesia ke Amerika Serikat karena telah membantu menghancurkan komunis, yang konon bantuannya itu dengan senjata,” tutur pengamat sejarawan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr Asvi Marwan Adam.

suharto supersemar header

Untuk membangun konstruksi pertambangan emasnya itu, Freeport mengandeng Bechtel, perusahaan AS yang banyak mempekerjakan pentolan CIA. Direktur CIA John McCone memiliki saham di Bechtel, sedangkan mantan Direktur CIA Richards Helms bekerja sebagai konsultan internasional di tahun 1978.

Tahun 1980, Freeport menggandeng McMoran milik Jim Bob Moffet dan menjadi perusahaan raksasa dunia dengan laba lebih dari 1,5 miliar dollar AS pertahun.

west papua Freeport Grasberg minesTahun 1996, seorang eksekutif Freeport-McMoran, George A.Maley, menulis sebuah buku berjudul “Grasberg” setebal 384 halaman dan memaparkan jika tambang emas di Irian Barat itu memiliki deposit terbesar di dunia, sedangkan untuk bijih tembaganya menempati urutan ketiga terbesar didunia.

Maley menulis, data tahun 1995 menunjukkan jika di areal ini tersimpan cadangan bijih tembaga sebesar 40,3 miliar dollar AS dan masih akan menguntungkan untuk 45 tahun ke depan.

Ironisnya, Maley dengan bangga juga menulis jika biaya produksi tambang emas dan tembaga terbesar di dunia yang ada di Irian Barat itu merupakan yang termurah di dunia!!

tambang freeport mine puncak jaya lorentz indonesiaIstilah Kota Tembagapura itu sebenarnya menyesatkan dan salah. Seharusnya EMASPURA. Karena gunung tersebut memang gunung emas, walau juga mengandung tembaga. Karena kandungan emas dan tembaga terserak di permukaan tanah, maka Freeport tinggal memungutinya dan kemudian baru menggalinya dengan sangat mudah.

Freeport sama sekali tidak mau kehilangan emasnya itu dan membangun pipa-pipa raksasa dan kuat dari Tambang Grasberg (Grasberg Mine) atau Tembagapura sepanjang 100 kilometer langsung menuju ke Laut Arafuru dimana telah menunggu kapal-kapal besar yang akan mengangkut emas dan tembaga itu ke Amerika.

Ini sungguh-sungguh perampokan besar yang direstui oleh pemerintah Indonesia sampai sekarang!!

Seharusnya patut dipertanyakan, mengapa kota itu bernama Tembagapura?

Apakah pada awalnya pihak Indonesia sudah “dibohongi” tentang isi perjanjian penambangan dan hanya ditemukan untuk mengeksploitasi tembaga saja?

Jika iya, perjanjian penambangan harus direvisi ulang karena mengingat perjanjian pertambangan biasanya berlaku untuk puluhan tahun kedepan!

Menurut kesaksian seorang reporter CNN yang diizinkan meliput areal tambang emas Freeport dari udara, dengan helikopter ia meliput gunung emas tersebut yang ditahun 1990-an sudah berubah menjadi lembah yang dalam.

Semua emas, perak, dan tembaga yang ada digunung tersebut telah dibawa kabur ke Amerika, meninggalkan limbah beracun yang mencemari sungai-sungai dan tanah-tanah orang Papua hingga ratusan tahun ke depan.

Dan menurut penelitian Greenpeace, Operasi Freeport McMoran di Papua telah membuang lebih dari 200.000 ton tailing perharinya ke sungai Otomina dan Aikwa, yang kemudian mengalir ke Laut Arafura.

Tambang freeport Grasberg mine has damaged surrounding river systems, such as the Ajikwa river above

Dan hingga 2006 lalu saja diperkirakan sudah membuang hingga tiga miliar ton tailing yang sebagian besar berakhir di lautan.

Sedimentasi laut dari limbah pertambangan hanyalah satu dari berbagai ancaman yang merusak masa depan lautan kita. (download PDF: laut Indonesia dalam krisis)

Puncak jaya wijaya papua irian and muller-glacier

Puncak Jaya di Irian Jaya pada latar belakang dan Muller Glacier pada latar depan, tahun 1990-an

https://i0.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/a/ab/Puncak_Jaya_icecap_1936.jpg https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/cb/Puncak_Jaya_icecap_1972.jpg

Keterangan 2 foto diatas:  tampak semakin berkurangnya salju atau es di Puncak Jaya Papua. Foto kiri Puncak Jaya ditahun 1936, dan foto kanan Puncak Jaya ditahun 1972. (lihat animasi format GIF)

https://i2.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/95/Puncak_Jaya_%28NASA_astronaut_photograph%29.jpg/640px-Puncak_Jaya_%28NASA_astronaut_photograph%29.jpg

The highland area in 2005, with the Grasberg copper mine pit in the foreground. Its summit is at the far end of the central rib. (wikipedia)

Freeport juga merupakan ladang uang haram bagi para pejabat negeri ini di era Suharto, dari sipil hingga militer.

Sindonesian presidentsejak 1967 sampai sekarang, tambang emas terbesar di dunia itu menjadi tambang pribadi mereka untuk memperkaya diri sendiri dan keluarganya.

Freeport McMoran sendiri telah menganggarkan dana untuk itu yang walau jumlahnya sangat besar bagi kita, namun bagi mereka terbilang kecil karena jumlah laba dari tambang itu memang sangat dahsyat.

Jika Indonesia mau mandiri, sektor inilah yang harus dibereskan terlebih dahulu. Itu pula yang menjadi salah satu sebab, siapapun yang akan menjadi presiden Indonesia kedepannya, tak akan pernah mampu untuk mengubah perjanjian ini dan keadaan ini.

suharto-soekarno duduk berduaKarena, jika presiden Indonesia siapapun dia, mulai berani mengutak-atik tambang-tambang para elite dunia, maka mereka akan menggunakan seluruh kekuatan politik dengan media dan militernya yang sangat kuatnya di dunia, dengan cara menggoyang kekuasaan presiden Indonesia.

Kerusuhan, adu domba, agen rahasia, mata-mata, akan disebar diseluruh pelosok negeri agar rakyat Indonesia merasa tak aman, tak puas, lalu akan meruntuhkan kepemimpinan presidennya siapapun dia.

Inilah salah satu “warisan” orde baru, new order, new world order di era kepemimpinan rezim dan diktator Suharto selama lebih dari tiga dekade.

Suharto, presiden Indonesia selama 32 tahun yang selalu tersenyum dengan julukannya “the smilling General”, presiden satu-satunya di dunia yang sudi melantik dirinya sendiri menjadi Jenderal bintang lima

suharto piye kabare enak dijamanku tohNamun masih banyak yang ingin menjadikannya pahlawan nasional, karena telah sukses menjual kekayaan alam dari dasar laut hingga puncak gunung, dari Sabang hingga Merauke, yaitu negeri tercinta ini, Indonesia yang besar, Indonesia Raya. Dan ini bukan lagi kosnspirasi teori, tapi semua ini adalah konspirasi fakta.

Indonesia, negeri yang seharusnya memiliki masyarakat yang makmur sebagai Mercu Suar Dunia, negeri yang seharusnya mumpuni dan berguna untuk membantu puluhan negara-negara miskin yang rakyatnya masih banyak dihantui kelaparan berkepanjangan di banyak belahan dunia, akibat penguasa selama 32 tahun itu, kini justru jadi bangsa pengemis. (berbagai sumber)

https://i0.wp.com/www.minesandcommunities.org/files/2011/Strike_Freeport_Indonesia_Papua_copper.jpg

Demonstrasi keberadaan Freeport di Papua yang tak dapat mensejahterakan rakyatnya.

suharto tien and tommy

tambang emas

Mengapa Osama bin Laden yang dibilang telah tewas tapi Amerika dan Inggris tetap tidak mau meninggalkan Afganistan begitu saja??  Apa pula yang dicari Amerika dan Inggris di Afghanistan???? Jackpot!!!

AS menemukan tambang-tambang dengan keuntungan trilyunan dollar yang akan dikuasainya!

Sedangkan Inggris akan menguasai heroin di Afghanistan dengan waktu tanpa batas alias sepanjang masa!! Untuk kepentingan obat-obatan atau justru untuk perdagangan kartel narkoba seantero dunia??

AS USA Amerika di afganistanuk british inggris di afganistansuharto_elizabeth II

DearBlog readers,
In this mid-weekend’s blog edition, we want to discuss with you the Q3-2013 earnings reports of Freeport McMoRan (Nyse: FCX), reported on Tuesday October 22nd before the bell, and the one of Caterpillar (Nyse: CAT), reported this morning October 23rd before the NYSE opening bell.

About Freeport McMoRan:
Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. engages in the exploration of mineral resource properties. The company primarily explores for copper, gold, molybdenum, cobalt, silver, and other metals, such as rhenium and magnetite. It operates in five segments: North America Copper Mines, South America Mining, Indonesia Mining, Africa Mining, and Molybdenum Operations.

It is worth mentioning that the company, is the biggest operator in the Indonesian “Grasberg Mine” which is the largest gold mine and the third largest copper mine in the world.

In 2013, the company acquires Plains Exploration & Production Company and McMoRan Exploration Co. – adding a high quality portfolio of oil and gas assets to its global mining business.

Highlights: -Freeport-McMoRan Copper & Gold Q3-2013 results-

  • Revenues increased 40 percent to US$ 6.2 billion in Q3 2013 compared to $4.4 billion in Q3 2012.
  • Operating cash flow jumped 257 percent from US$ 526 million in Q3-2012 to $1.9 billion during last quarter.
  • Consolidated copper volumes increased 13 percent to 1,041 mm lbs in Q3 2013 compared to 922 mm lbs in Q3 2012.
  • Consolidated gold volumes increased 51 percent from 202k oz in the third quarter 2012 to 305k oz in the same period in 2013. (Source PDF)

https://i1.wp.com/www.pgm-blog.com/wp-content/uploads/2013/10/freeport-Copper-and-Gold.jpg

OPERATION TRIKORA: Indonesia Giant Military in 1960s and Liberation of W. Papua

Artikel-Artikel Lainnya:

Ketika Suharto Dipecat Secara Tidak Hormat Oleh Jenderal Nasution

Begini Cara Kami Hancurkan Sukarno!

[FOTO] Terkuak: Misteri Luka Jenazah 7 Pahlawan Revolusi!

[Perang Panglima] Konspirasi Kudeta Militer 1998: Ada Pergerakan “Pasukan Liar” di Kediaman Presiden Habibie, Siapa Yang Mengerahkan? Prabowo Atau Wiranto?

Top Secret Terkuak: “Operasi Alpha” Saat Rezim Orde Baru!

Beginilah Cara “Bagi Tugas” 15 Anggota DPR Saat Korupsi Hambalang Rp 2,5 Trilyun!

[FOTO] Terkuak: Misteri Luka Jenazah 7 Pahlawan Revolusi!

Konspirasi: “Mystery of The National Treasures of Indonesian Kingdoms”

Wow! Ternyata Indonesia Miliki Cadangan Uranium 70.000 Ton!!

60% Kekuatan Militer AS di Australia, Zona Perang AS Pindah? Perang Asia Dimulai?

[KEKAYAAN SUHARTO] Cakupan, Dampak & Tanggungjawabnya Terhadap Rakyat

[SEJARAH DIBENGKOKKAN?] Bahas Tuntas: Fakta Baru Serangan Umum 1 Maret 1949

Misteri Supersemar, Surat Perintah 11 Maret 1966

Ketika Amerika Serikat Tunduk Kepada Indonesia

Prabowo Tegaskan Ada Kekuatan Dunia Ingin Lemahkan Indonesia

Setelah Libya, Target AS Selanjutnya Adalah: Papua

Pengaruh CIA di Indonesia

Ratna Sari Dewi: Wafat Bung Karno Tahun 1970 Sengaja Diatur!

Kontroversi Menkes Endang Rahayu, NAMRU dan Bisnis AS di Indonesia

Menguak Konspirasi Jahat AS Terhadap Indonesia, Tentang Virus Flu Burung (H5N1)

[Gallery] Sejarah Freemason di Indonesia: Awas! Freemason di Indonesia Bisa Bangkit Kembali..!

Konspirasi: “Mystery of The National Treasures of Indonesian Kingdoms”

Gila! HAARP Senjata Canggih, Mengatur Pikiran, Gempa dan Iklim Dunia! Termasuk Gempa dan Tsunami di Indonesia!

Misteri Monas: Wanita Di Obor Api Tugu Monas Jakarta, Nyi Roro Kidul?

Adolf Hitler Masuk Islam dan Mati di Indonesia

Novel Heboh: “The Jacatra Secret” Misteri Satanic Symbols di Jakarta

Dahulu, wilayah bangsa Indonesia pernah menguasai lebih 2/3 Muka Bumi!

=>Ratusan Artikel Misteri Indonesia Lainnya<=

=>Ratusan Artikel Konspirasi Indonesia Lainnya<=

=>Video 40Years of Silence<=

Click to Join Our Facebook Page

Artikel ini juga di forward oleh forum viva.co.id dan forum kaskus.co.id dan harianrakyat.co.id dan banyak blog serta forum-forum lainnya.

*****

http://wp.me/p1jIGd-33H

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

“… will blow up your mind…”

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Konspirasi Indonesia. Tandai permalink.

204 Balasan ke Konspirasi JF. Kennedy, Sukarno, Suharto, CIA dan Freeport

  1. DanT berkata:

    diam, tak berarti tak melakukan apa-apa…

  2. FUAT CEPAT berkata:

    mas admin, izin CopyPaste ya.. supaya anak Bangsa tahu bahwa New Order dkk memang ada..

  3. hart berkata:

    ijin copas mas admin…

    Thx.

  4. Waduh dada ane jadi sesek abis baca postingan ini
    ane jd inget quote dr salah satu artikel yang pernah w baca, “Indonesia adalah negara terkaya di dunia apa yang tak ada di sana, dia memiliki banyak kelebihan namun hanya memiliki satu kekurangan, yaitu manusia yang hidup di dalamnya”

  5. Sl berkata:

    Kayanya klo cuma konspirasi itu biar ditulis sampe tangan rusak pun gak guna ya. Harus ada bukti ya. Teory ini uda exist decades ago. Semua pun berharap ada seseorang yg memegang bukti step forward gitu. Let us rewrite our history. The truth history of our land.

    • spedaonthel berkata:

      lalu itu semua diatas apa? bukan bukti? selama ini kemana? atau anda baru lahir kemarin? btw, konspirasi itu ada 2 jenis yaitu conspiracy theory dan conspiracy FACT, lagipula konspirasi itu cuma istilah, LEARN!

      • IndonesiaJaya berkata:

        Fact nya sebelah mana?
        Ente punya catatan ato data sejarahnya? Cuma mau tau, data kongkrit yg disebutkan di atas mana?
        ooh.. pasti ente lahir ketika sedang kacau2nya masa itu ya ? ^.^
        Kalo memang ini adalah fakta sejarah yang harus diketahui, tolong dong dijelaskan berdasarkan fakta yang ada, sapa tau kan kita-kita yang mau tau langsung bisa baca langsung hasil penelitian doktor doktor yang berTEORI di atas.
        Maaf, I’m still in learning 🙂

        Terima kasih buat admin/writer, artikelnya sangat menarik, kalau bisa hal2 yg berupa fakta sejarah yang disebutkan diatas diselipkan asal dan sumbernya.
        Kan lebih baik kalo hasil penelitian orang2 di atas itu bisa melengkapi bagian yang hilang dari buku sejarah 🙂

    • Elkins berkata:

      bukti hingga skr papua masi di kuasai siapa bung?

    • burma berkata:

      orang kaya lo tuh punya paham & pemikiran sempit..
      berjuang buat negara sndiri aja males, harus ditembak kepala orang macem lo nih..
      supaya paham arti nasionalisme :p

      • Dyota Narotama berkata:

        Yang dinamakan Konspirasi adalah ini bro..
        dimana mereka menyembunyikan fakta2 dan bukti mengenai ini, sehingga kita terbelenggu dan perlahan melakukan apa kehendak mereka tanpa kita sadari..

    • fery berkata:

      si S1 itu penghianat bangsa…!dia lebih membela asing dr pada negaranya sendiri

    • yg bikin saya muak itu, sifat pesimismu dan bahasa inggrismu yang sangat kacau, yang dengan bangganya kau tuliskan

    • Aki Aki Toloheor berkata:

      belum bangun dia dari tidurnya…’

    • Raden Paijo berkata:

      si anda orang paling goblok yang pernah ada,,,atau jangan jangan anda kroninya ordi baru

    • peduli nkri berkata:

      Buktinya sudah sangat real…..klu ga….knp diera presiden jokowi mau dihentikan kontraknya…freeport ngotot minta direnew lg…..seakan akan nkri ini punya amerika sj…..gmn klu kt balik sj….kita kuras kekayaan amerika ke indonesia boleh ga…..

  6. dew berkata:

    T_T……

  7. Prasetyo Ananda Rio berkata:

    Ijin Kopi, terimakasih

  8. Rudi berkata:

    Gila benar… teryata di Papua kekayaan Indonesia yg paling terbesar semntara rakyat papua masih keliahtan tertinggal n primitif. gila betul.. seharusx propinsi papua bisa menyaingi Dubai sbg negara termegah di dunia… betul2.. ijin share ya mas…

    • AmBoss berkata:

      ini adalah unsur kesengajaan rakyat papua tidak dilengkapi/diberikan fasilistas lengkap dan modern. kalau papua mendapat semua fasilatas tersebut, saya yakin sudah puluhan tahun lalu rakyat papua melakukan perlawanan dan mengusir kontraktor asing di Papua.

      • zippien berkata:

        jangankan kontraktor asing .. kontraktor dalam juga di usir :v

      • Ari Kitu berkata:

        Betul bung tak semudah itu, tapi kita juga ngga bisa tinggal diam saja, di antara nya ayo tingkatkan kecerdasan bangsa,…gimana mau cerdas klo pelajarnya dari semua tingkat tawuran, pemalas,…, contoh lain, hati-hati dengan adu domba, …kasus belum lama yg di sinyalir orang2 tentara merusak pos polisi,…apa benar itu arogansi dan kebodohan tentara,..atau salah satu scenario adu domba,…dan sangat mudah menciptakan scenario adu domba lainnya,….para pecinta negri ini ayo rapatkan barisan, berbuatlah yang positif di bidang masing masing, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh….

    • Robert Kawuwung berkata:

      Saya heran, hari ini masih banyak orang indonesia belum tau kekayaan alam di negaranya.

  9. dwik berkata:

    waduhh sesek bacanya 😦 moga suatu saat nanti indoensia bisa bangkit

  10. gur berkata:

    setelah baca artikel ini gw jadi punya ide gimana kalo artikel ini kita bomm di dunia maya, biar ada imbasnya sampe kedunia nyata, biar dibahas di acara2 televisi, dan akhirnya ada pergerakan di dunia nyata

  11. khalid berkata:

    mengerikan skali kalau hidup manusia untuk mencari “Tahta & Harta”… sebagai ukuran Keberhasilan … harus sampai menggadaikan dan menghancurkan hak hidup umat manusia lainnya…. (sampe mules tuh lihat senyuman para bilis) …

  12. asdad berkata:

    yang ngerubah sejarah bukan pejabat, tapi lo lo semua yang udah tau fakta ini. kalo mau ngerubah jadilah pejabat yang bijak.

  13. Wahyu berkata:

    jadi emosi jiwa sendiri gw bacanya..parah bgt para manusia2 haus uang N kekuasaan itu..sampe tega menjual bangsanya sendiri ke orang asing..terbukti banget istilah “kekuasaan dan harta berkuasa”

  14. pikapikacj berkata:

    Ijin copas ya gan buat ane share, ga lupa ane cantumin sumbernya

  15. Aknavi Navi berkata:

    SEmoga cepet diberi peringatan oleh Allah..

  16. patrick berkata:

    Tulisan yang benar-benar membuka wawasan serta terjawablah beberapa tanda tanya yang terlintas di dalam fikiran saya selama ini tentang Papua yang sangat kaya. Oh.. Indonesia jangan lagi diperdaya oleh negara lain.

  17. naryana berkata:

    Aduuuh harus gimana ngomong sama anak cucu kita nanti kalo mereka tahu,,, bahwa FREPORT itu adanya di NKRI,,,,

  18. dekisugi berkata:

    semua sudah tau siapa yg jahat. tapi semua bungkam, terutama kelompok salibis yg merasa amerika adalah negara pelindung mereka…

    • Coapcuap berkata:

      Gak ada hubungan sama agama brai.. ini masalah kapitalisme, kebetulan induk kapitalis itu amerika yg banyak kristen. Wong arab saudi juga banyak juragan kapitalisnya, sekutu akrab amerika.

    • ilham berkata:

      Ini tidak ada hubungannya dengan agama….. di Papua 80% nasrani dan ada banyak perusahan berskala besar dan kecil milik amerika disana tapi apa yang mereka kasih untuk papua…… pada intinya Amerika dan pejabat kita yang rakus yang pantas bertanggung jawab….

    • darma berkata:

      Orang macam ini ni.. kaga pantes hidup di indonesia… yg bukan hanya kaya sumber daya alam nya.. tapi juga beragam budaya .adat dan agama.

  19. HASAN berkata:

    GILA JAHANAM

  20. Nona berkata:

    Ya Allah… sedih,, sesak,, marah,,pengin nangis.. bacanya 😥
    oooh Tanah Air Tumpah Darahku….ooh ibu Pertiwiku… 😥

    Ya Allah Save Our Soul.. Save Our Nation…Our Country
    Laa Haula walaa Quwwata illaa billaah…
    Allah Maha Melihat dan Maha Mendengar, Allah akan membalaskannya.. 😥

  21. keenan berkata:

    cuma bisa SEDIH n NYOLOT gan..
    harusnya bisa buat ngebangun negara ini dengan kekayaan alam yang ada

  22. Mohon izin copas di web saya ya min. Thy

  23. Elkins berkata:

    bagikan dokrin kebenaran sejarah indonesia ini ke seluruh bumi tanah air indonesia !

  24. andromeda berkata:

    kalo saya copas ke facebook saya akan berbahaya tidak?

  25. ateng berkata:

    Mohon izin copas untuk blog saya ya min. berbagi pengetahuan

  26. Nugie berkata:

    Mohon izin share yah gan.. Stlah baca ini rasa nasionalisme ane jd btmbah..

  27. sowinks berkata:

    mari baca dan lawann!!

  28. endro berkata:

    Benar dugaan saya. G30S/PKI didalangi pihak asing. Tapi sungguh tragis. Hanya demi merampok harta rakyat papua. Ya awloh turunkan siksa kubur yang amat pedih untuk mereka. Amiiiiiiiin ya robbal alamin

  29. Gila, nih artikel keren banget. Hormat saya atas blog mencerahkan ini. Nurfahmi Budi Prasetyo jurnalis sayangi.com

  30. Izin diposting ulang pada forum Kaskus ya Link : http://www.kaskus.co.id/post/5209a11e59cb174c42000002#post5209a11e59cb174c42000002 Apabila Tak berkenan Silahkan Private Message Pada Id Kaskus Saya . Terima Kasih

  31. I MADE DWI SETYAWAN berkata:

    tinggal tunggu dan lihat apakah yang akan bisa diterima oleh anak cucu kita

  32. bram HMI berkata:

    dalam rangka meraih keuntungan yang luar biasa, AS dan sekutunya melakukan apa saja demi menancapkan pengaruhnya di negara-negara berkembang seperti Indonesia.

  33. syahril chaniago berkata:

    inilah negeri jajahan pemimpinnya otak kotor semua siapapun presiden ,tetap bergantung sama amerika ,yg gak suka copot ,dan hal in i juga presiden pilihan 60 % rakyat juga ikut gadaikan dengan perpanjangan kontrak 2012 sama hilari clinton september 2012 lalu jadi kita akan dapat presiden 2014 pasti jongos amerika lagi ,karna tdk ada calon punya kerjasama sama china,rusia dan korea padahal mereka yg kuasai dunia saat ini , amerika negara bangrut yg akan ditopang oleh pemimpin indonesia dgn contoh beli pesawt 250 yg disaksikan langsung oleh obama dan terima kasih indonesia membantu pengagaguran di AS tapi di indonesia pengaguran terus meningkat

  34. tattoo berkata:

    Jika Memang Benar!! Siapa yang bisa mebangkitkan kita dari cengkraman Asing kalau bukan kita, generasi kita. Tapi Kita hanya banyak bermimimpi mendiolakan seorang pemimpin yang Bijak yang mencintai Negaranya. Dari mana datangnya pemimpin itu?

    Jawabannya: DARI Rakyat Indonesia itu sendiri, bukan dari Amerika.

    Tapi nyatanya, untuk menciptakan generasi muda yang bijak dan mencintai Negara nya, diperlukan peran Orang Tua, para tetua negeri ini untuk membimbing anak-anak negeri ini.

    Peran orang tua, para tetua sangat besar.

    Seperti kenyataan nya yang kita lihat, Orang tua dan para tetua dan pendidik, malah mendidik anaknya tidak mencintai Negaranya, bagaimana seorang anak kelak mencintai negara nya kalau dia tidak mencintai lingkungannya?

    Lihat disekitar kita. Para orang tua, tetua negeri ini, pendidik, malah mengajari anak-anak negeri ini buang sampah sembarangan, bakar sampah di tempat pemukiman. Lihat disekolah-sekolah, mereka bakar sampah dilingkungannya.

    Apa jadinya anak-anak negeri ini kelak jika setiap hari menghirup asap sampah, asap rokok, cium bau sampah, yang ada malah mereka kelak akan bakar sampah juga, buang sampah sembarangan juga, dan parah nya, mereka tidak belajar mencintai lingkungannya, dan Bagaimana mereka mencintai Negaranya?

    Lihat saja, sekumpulan para orang tua, tetua, dan para orng berpendidikan, mengobrol tentang perubahan Bangsa, memimpikan para generasi yang bijak dan cinta negara, tapi di tangannya sambil gendong anaknya, ASAP Rokok dimana-mana, Ditambah Asap Bakaran Sampah didepan rumahnya, yang katanya buat menghilangkan NYAMUK.

    Hal kecil memang tapi dampaknya besar bagi pertumbuhan anak-anak negeri ini. Hal sepele memang, tapi peran itu sangat diperlukan.

  35. Khykmatiar berkata:

    sebenarnya hal ini bukan menjadi rahasia lagi tapi entah mengapa terkesan ditutup2i.. oia, salah satu anak indonesia yg berhasil soekarno didik adalah presiden RI ke-3 BJ Habibie tapi entah mengapa beliau terkesan di”matikan” hanya menjabat 1 tahun, dengan alasan lepasnya timur leste. padahal dengan lepasnya daerah itu tak berdampak apa2 untuk negara ini, tapi dengan lepasnya sipadan dan ligitan negara ini seakan diam saja padahal daerah ini terdapat sumber minyak bumi yg cukup besar. dan presiden saat itu megawati seakan digadang2 lagi untuk jadi presiden tahun depan. *entah apa yang salah dinegara ini)

  36. orangterkayaindonesia.com berkata:

    jalan orang2 kaya dunia yang kejam. rela mengorbankan 2 presiden dan ribuan nyawa demi harta dan kekuasaan.

  37. aziz berkata:

    wajib di share… suarakan ke seluruh Generasi Bangsa… MERDEKA!!!

  38. walah..gmana cara ngebenahin pembodohan ini..bahkan mungkin orang yg jeniuspun blom tentu sanggup ngeberesin..tapi tak ada kata terlambat..daripada tidak sama sekali..daripada generasi penerus negeri ini takkan pernah melihat titik terang masa depan negerinya..mulai darimana ya?

  39. Hadi berkata:

    Semoga mereka yg sdh menikmati uang haram, menyadari bahwa mereka akhirnya juga akan mati tanpa membawa uang satu senpun ke alam baka. Dan dengan kesadaran penuh membantu rakyat yg menderita dan susah hidupnya dan membuka pikiran dan mata hati para penerus bangsa ini supaya jangan menjual bangsa dan negara sendiri kepada para superpower dunia tanpa memperhatikan nilai2 yg bisa dinikmati oleh rakyat disekitarnya. Yg sdh terjadi dicarikan solusinya karena rakyat semakin pintar dan sadar akan hak2 mereka sehingga perlu ada re schedule dan re negosiasi kepada penguasa seperti Amerika dan seterunya tanpa keributan dan tanpa perang. kita menyadari bahwa berselisih dengan nrgara besar membuat kita semakin sulit dan jangan lupa bahwa bangsa kita dengan mudah di adu domba seperti jaman penjajahan yg pernah berlangsung selama 350 tahun. Kita bisa saksikan kerusuhan2 di daerah2 tertentu bukannya tidak mungkin ada unsur2 asingnya

  40. rizq kim berkata:

    ijin copas min….

  41. iyondoenkjaran23 berkata:

    Mas admin…….kalo bisa bongkar borok.para penjual IBU PERTIWI lewat media/postingan akan slalu kami share up date an nya…biar generasi akan datang pada melek sejarah.

  42. “Indonesia, negeri yang seharusnya memiliki masyarakat nan makmur sebagai Mercu Suar Dunia, yang berguna untuk membantu puluhan negara-negara miskin yang rakyatnya masih banyak dihantui kelaparan berkepanjangan, kini, justru jadi bangsa pengemis. ”

    miris banget
    seharusnya Indonesia udah jadi bangsa maju bukan bangsa miskin gini

  43. Elfizon Anwar berkata:

    ya bisa jadi ini merupakan upeti sang penguasa baru karena berhasil memperoleh ‘kekuasaan’ dengan menumbangkan Orde Lama, Soekarno ya a.l. proyek ini?

  44. Azhar Putra Pasundan berkata:

    ADMIN IZIN COPY….
    TERIMA KASIH

  45. reza berkata:

    Hi admin, Thanks a lot yah.. izin kopas.. nice share banget nih !!

  46. yoyo berkata:

    ijin sedot Bozz

  47. Bojak berkata:

    Izin copas min..! Wl bingung mau ngapain, sesak dan emosi jiwa + merindingnya bulu roma… Jancukkkkkkk *teriak

  48. atmaja berkata:

    Tendang freeport. Tendang seluruh negara2 setan itu. Kita gak butuh mereka. Udah lgs aja perkuat bilateral dgn iran rusia kalau perlu korut sekalian. Iran butuh sumberdaya kita butuh teknologi. Amerika keruk sumber kita, kita dapat apa? Dari dulu kafir itu tidak dapat dipercaya.

  49. kedong berkata:

    Saya udah dapat ceritanya sejak tahun1999 tentang FREEport,tapi mau buat apa, sumbernya udah koit tu bapak yg aslinya orang muara labuh sumbar, belakangan negerinya juga dihebohkan oleh para penambang emas ilegal katanya,kalau saya lahir di pku lebih miris lagi kalau ane semua tahu tamabang minyak dulu dikelola oleh caltex, dan sekarang jatuh ke chevron, sama aje kelakuanya semua bangsa asing plus anteknya bangsa kita sendiri, kalau ada generasi muda sekarang yg mau bergabung untuk menumpas ini semua,….ane mau gabung yok rame2, kita mulai dari sini,….FB.gabung galang anarki

  50. opix berkata:

    ijin share gan…. *jadi kesel sendiri baca ginian…hahha

  51. dian berkata:

    miris sekali bacanya

  52. susan berkata:

    Kalau memang suharto jenderal yg tidak tamak skrg rakyat papua makmur dong!..dan berita itu sudah terbukti dgn mata kepala kita..kenyataannya Rakyat Papua Miskin dan Terbelakang! Hayoo..rezimnya masih belum terusikk tuh! Sampai skrg akarnya msh di partai kok. Ayoo KPK benahii..pak Jokowi jd presiden RI, cari cara merevisi perjanjian BuLUSnya suharto!

  53. John berkata:

    generasi kita bakal ambil alih guys, doa’an generasi sekarang ok…

  54. chindyfinovera berkata:

    indonesia butuh presiden sekuat soekarno.
    apa yang bisa kita lakukan untuk papua?
    amerika itu kecoak

  55. ferry berkata:

    cuma satu kata “PRIHATIN” dengan negeri tercinta ini

  56. OBAT JELLY GAMAT berkata:

    Informasinya bermanfaat dan bagus buat nambah pengetahuan, Terimakasih banyak gan

  57. DIDI WIWIARDI berkata:

    PLEASE MASALAH GINI GAK USAH LU BAWA2 KE AGAMA YAH!

  58. JOEL berkata:

    miris, tragis, seandainya pemimpin2 negaraku menyadarinya dan mengolah kekayaan alam bersama anak bangsa sendiri tentu kita jadi kaya dan ga dihina negara lain sebagai negara miskin dan negara pengekspor pembantu,,,,,akankah kekayaan alam itu berpulang kembali ke bumi pertiwi???? kalau jawabannya TIDAK MUNGKIN, mudah2an hukum Allah akan menghancurkan negara2 perampok itu,,,,,,,,,,,AYO BANGKIT ANAK BANGSA REBUT KEMBALI EMASMU

  59. arifsalon berkata:

    Tapi koq masih ada ya yang bisa membuat jargon “PIYA KABARE? MASIH KEPENAK ZAMAN KU TOH… Atau memang kalimat itu merupakan pertanyaan si penghianat bangsa untuk anak cucu bangsa ini yang menderita karena harta dan kekayaannya sudah habis dihisap kaum neo kolonial yang menjadi kroninya itu.

  60. dytazu berkata:

    Izin share ya Min,
    thanks..

  61. abdi anak nusantara berkata:

    ada misteri yang tersirat maksud dan tujuan seperti ini, yang pasti pounding father kita dahulu bukan orang2 bodoh, yang begitu saja menyerahkan kekayaan bangsa kita, ada hikmah dibalik semua itu dan tidak semua orang dapat mengerti maksud dan tujuannya.

  62. f.sudjatmiko berkata:

    astagfirulloh hal azim…sedih banget baca artikel ini..sampai kapankah bangsa kita akan seperti ini…..

  63. setyono berkata:

    Inti dari permasalahan bangsaini adalah. Setiop generarasi bangsa harus pintar,berpadiikan yang cukup, berjiwa kebangsaan yang kuat. dan beriman kepada Alllah swt.

  64. mangdoni berkata:

    yg saya bingungkan mengapa disertakan foto suharto bersama ratu elizabet. dan menyebut thank you for freeport. Freeport dari Amerika. Ratu elizabeth dari Inggris kan? hubungan nya dimana ya?

  65. Nro berkata:

    Beginikah bangsaku sejarahnya…. Ayo bangkit…!!!

  66. Kalau dibiarkan, semua sumber daya alam di Indonesia bisa habis dimiliki asing…

  67. Fitri berkata:

    sudah tau begini knpa pemerintah indonesia tdk melarang orang asing bangsat itu untuk menghentikan perbuatannya. itu hak kita. sebanyak apapun perjanjian itu ditulis jika indonesia sama2 menghalangi orang asing itu. pasti kita bisa bangkit dan menjadi bangsa yang mandiri.

  68. liabali berkata:

    Mari kita luruskan bersama – sama !

  69. andy berkata:

    bumi ini seaakan ada cerita .ada negara komunis, negara otoriter dan ada juga negara yg igin menguasai dunia seperti AS dan israel dan juga ada negara yg kaya akan hasil bumi dan kaya budaya nya tp bodoh yaitu negara kita . sudah sepantasnya kita kritik kita bukan hidup di zaman orde lama orde baru. kta harus kritik kita bersatu padu .kalau tidak lama kelamaan indonesia cuman tinggal nama aja. media masa jangan di pedulikan dialah adu domba kita. artikel ini sangat bagus sekali tolong sebar luaskan…. indonesia ssampai kapan kalau kita bungkam seperti ini terus ??? bangkit lah mulai dari hal yang kecil… dan sudah saatnya pemimpin bangsa kita ini membuat indonesia mandiri .stop perusahaan2 asing .biar saat ini kami lakukan sendiri sudah banyak keuntungan dari kami yg kau ambil …
    indonesia god bless

  70. Gamis berkata:

    Saya ga tau harus ngomong apalagi…

    Indonesia sudah di acak-acak dari kekayaan alam sampai moral masyarakatnya oleh bangsa asing terutama negara yang dipresideni BeracK Ohmama …

  71. Wawan Sewandono berkata:

    Izin copypasted Cak…matur suwun

  72. NKRI berkata:

    tenang saudara2 masih ada jokowi ahok… mari teruskan perjuangan bung karno.. jaga indonesia.. gua masih ga ngerti orang kaya gitu di musuhin FPI , rhoma irama…
    mau jadi apa Indonesia , di jajah lagi ?
    baru beberapa orang yg mau berjuang demi indonesia aja banyak musuhnya..

  73. 007 berkata:

    ada yang kepikiran ga klo kita coba aja ngirimin foto ato video tentang freeport ke green peace gitu dengan perbandingan gimana kehidupan rakyat papua??. kalo bisa dipublikasikan ke masyarakat luas terlebih lagi ke luar negeri pasti bisa membantu agar indonesia mendapat dukungan agar indonesia juga mendapat jatah yang layak untuk sumber daya alam yang dimiliki. karena indonesia tuan tanahnya dan kekayaan tersebut digunakan untuk rakyat indonesia.

    • spedaonthel berkata:

      Sepertinya susah krn Greenpeace lbh banyak dipakai untuk memprotes yang anti-barat, spt perusakan alam oleh Russia dan negara yg bersebrangan dgn AS dan lainnya, justru GP “mandul” dinegaranya. Tapi seharusnya kita hrs mensupport GP terus agar mrk selalu mengkritik kebijaksanaan pemerintahnya sendiri. Tapi ada pertanyaan mendasar: Sanggupkah mereka?

  74. pengamat berkata:

    Yang terdengar tak harus yang didengar. Yang terlihat tak selalu yang dilihat. Yang dihati itulah yang terdengar dan terlihat.

    Masalahnya bukan harta atau tahta, apalagi wanita. Karena semua itu hanya alat mereka.

    Yang hendak diwujudkan oleh aktor-aktor antagonis (yang tertulis di artikel tersebut) adalah lenyapnya semua yang berkaitan dengan sila pertama.
    jadi selama masih belum sempurna zaman jahiliyah modern. jangan menanti sinar mentari. tapi mari sambut cahaya rembulan.

    Siapa
    saja yang percaya
    tanpa ragu-ragu
    kepada Yang Maha ESA,
    semoga mendapat
    jalan lurus. amin

  75. sekolah online berkata:

    ijin share ya gan.. dan ijin copas buat blog saya tak lupa akan saya cantumkan sumber resminya blog agan.. terimakasih…

  76. Dyah Sujiati berkata:

    Artikelnya mantapp!
    Izin kopas ya di blog saya.
    Biar makin banyak dibaca 😀
    Terima kasih

  77. Dyah Sujiati berkata:

    Link blog ini juga akan saya sertakan di link blog saya 🙂

  78. zippien berkata:

    apa cuma gw yg kesel abis baca ini ???

  79. Jee berkata:

    Wah indonesia negara terkaya di DUNIA, semua jenis pertambangan dan alam melimpah, tpi sangat disayangkan kalo gitu cranya indonesia makin bergantung AS dan gak bsa mandiri lama* kemakan konspirasi* barat, dan jadi negara pendana terbesar orde baru NWO :v -_-

  80. GPS Tracker berkata:

    Banyak ngibul nyeee….

  81. hanya bisa mengelus dada…..oh indonesiaku

  82. lutfan hafiy berkata:

    mantap gan artikenya..pencerahan buat ane..

  83. Indonesia Harus Jaya berkata:

    ancene juan cuok tenan asoooehar kui….asyem…engkok aq ijin nyopase mas browww ben wong2 indonesia kabeh ambek wong jobo podho eruh…..

  84. myhope berkata:

    BANGKITLAH INDONESIA..HARAPANMU TIDAK AKAN HILANG MESKI DITENGAH KEHANCURAN

  85. singgih berkata:

    jd emosi dan sedih bacanya bner2 gk ikhlas rasanya.
    dan yg paling mengerikan bhwa peninggalan dr jaman orba yg sampai saat ini msh terasa yaitu karkter yg tertanam pada diri org indonesia yaitu suap menyuap yang sebenarnya kecil tp d aggp besar pdhl d blik itu ada hal yg lbh besar yg tk ada bndinganya ktimbang wujud suapnya.
    luar biasa peninggalanya
    yang sampai membentuk karakter berjiwa miskin

  86. Nurul Chakim berkata:

    sungguh sebuah penjajahan gaya baru diindonesia, freeport harus dikembalikan kepangkuan pertiwi…musuh kita sudah jelas..maka lawanlah bebaskan tanah papua.but if enemy not surrender he must be destroyer!!

  87. Dwi Koendoro berkata:

    Siapa yang selalu memaksakan Suharto menjadi pahlawan, termasuk menjadi nama jalan adalah penghianat bangsa!

  88. banyak konspirasi yang banyak di lakukan oleh orang besar kelas dunia tp sifatnya rahasia ato sembunyi-sembunyi biar ngga semua orang mengetahui rencana jahat mereka, bukankah begitu? sepertinya ini ga bakal akan terwujud menjadi suatu hal yang nyata walaupun orang indonesia baca aja malas mana bisa tau? apa coba? jadi ya tetap lambat orang indonesia ini..

  89. kusnan dika berkata:

    ijin copas ya gan tar ane cantumkan sumber resmi blog agan ,,trimakasih sebelumnya

  90. Everything berkata:

    Ga ada Komentar deh..
    uda jelas koq kalo dipikir dr dl ampe skrg wkwk

  91. masmu berkata:

    saya percaya memang kita butuh pemimpin. tapi seiring zaman, manusia mulai ngebuat instrumen ‘negara’ ‘pemerintah’ atau apalah itu yg saya bisa bilang (anggap aja saya gila) prakteknya dimanapun di bumi ini pasti disalahgunakan!!!! (korupsi, perang, penindasan paksa aparat, POLISI, dsb) OK, gk ada habisnya ngomong ginian. bisa gila ! jalan tengahnya aja brhubung kita smua cinta tanah ini, kenapa kita Indonesia gk dibuat semacam korut aja ? di embargo dari mana mana ? mungkin salah satu jalan keluar… mudah2an ada yg lebih baik mari di share

  92. Rockeramatiran berkata:

    Artikel yang bagus.
    membuka wawasan kita yang membaca, bahwa sebuah negara atau bangsa di kendalikan oleh para elite-elite dunia. hanya demi ambisi materi dan kepentingan mereka lakukan segala cara cara yang kotor bahkan sampai membunuh Presiden nya sendri.
    Mereka memiskinkan negara kita, mengendalikan negara kita, sehingga negara kita hanya bisa di sebut NEGARA BERKEMBANG terus menerus, tidak bisa di sebut NEGARA MAJU. Sampai ahirnya sumberdaya alam di negara kita habis terkuras, merekan baru bisa pergi meninggalan KERUSAKAN dan KEMISKINAN di negara kita.
    Sungguh Ironis sebuah bangsa yang sangat kaya akan sumberdaya alam tetapi tidak bisa menikmati hasil nya.
    Semoga ALLAH SELALU MELINDUNGI BANGSA DAN NEGARA KITA TERCINTA INI.
    dan di buka kan mata hati para pejabat-pejabat terkait agar bisa menasionalisasikan perusahaan-perusahaan asing sebelum KEKAYAAN ITU HABIS, seperti yang sudah di lakukan oleh presiden Kuba Bapak. Videl Castro.
    MERDESA.

  93. deoreiki berkata:

    Kita negara yg besar menjadi pengemis di negri sendiri…. Kasihan rakyat Indonesia. Smg suatu saat bangkit pemimpin bangsa yg bijaksana…

  94. penasaranblog berkata:

    ternyata negara maju, duitnya dari INDONESIA… BETAPA MISKIN NEGARA MAJU ITU….

  95. Kunkun berkata:

    ijin copas om buat pasang di blog gw,, thx,, (y)

  96. k.ward berkata:

    beritanya mantab, untuk menyebarluaskan berita izin save buat arsip

  97. ari yudo berkata:

    Sudah sangat banyak artikel yang membuka rahasia parahnya peerintahan orde baru / new world order / illuminati, dsb. Tapi sampe sekarang belum ada satu pun yg punya pembahasan solusi nyata buat masalah kita ini.

  98. milya2012 berkata:

    aduh sedih sekali… izin share ya. tks infonya

  99. ARY berkata:

    waduh2 agan2 sekalian, sebaiknya sebelum kita menghujat para pemimpin terdahulu, kita melihat kembali ke sumber daya rakyat kita, apakah para intelek di negara kita di hargai..?? apakah generasi muda sekarang sadar akan pentingnya ilmu pengetahuan, ada banyak kepentingan yang di sangkutkan di negara ini, satu orang pemimpin tidak akan cukup untuk merobohkan kekuasaan “mereka”, jadi sebaiknya kita mempersiapkan diri untuk dapat bersaing di era global, mungkin kalo agan2 lihat sekarang negara kita sudah mulai membaik, karena industri2 kita mulai di aktifkan kembali, jangan sampai kita di adu domba dengan kebusukan pemerintah kita, sementara propaganda mereka terus berlanjut, bagaikan lintah menghisap darah, tidak akan lepas sampai mereka buncit dengan darah, itulah yang terjadi di negara kita dengan pihak asing, cara melepaskan lintah tersebut adalah dengan membakar nya, bisa diartikan dengan perang untuk kemandirian bangsa, namun apakah kita sudah siap?? mohon maaf jika ada salah kata,,

  100. widia berkata:

    SDA Indonesia berlimpah, Alhamdulillah.
    SDM kurang? siapa bilang? sekian ratus ribu anak bangsa lulus di perguruang tinggi dengan gelar S1, S2, S3 setiap tahunnya. kemana mereka semua?
    SDA berlimpah, SDM tidak kurang.
    yang salah? sistemnya…

  101. mama ozan berkata:

    kekuatan yang dapat menghentikan semua ini adalah pemerintahan yang kuat, pemerintahan yang memakai aturan Allah. Karena hanya aturan Allah yang dapat mensejahterakan manusia. Pemerintahan Islam / Khilafah tidak akan membiarkan hasil alam dikuasai asing. Hanya saja, ironisnya, indonesia yang mayoritas muslim tidak mau memakai sistem buatan Allah, mengaku sebagai hamba Allah tapi tidak mau memakai aturan Allah. Padahal kalau kita mau saja, bersatu dan memperjuangkan bagaimana Khilafah tegak, insya Allah, Islam itu rahmatan lil alamin. Kesejahteraan akan menjadi milik seluruh umat, baik kaya atau miskin, baik muslim maupun non muslim. Mari bergabung bersama hizbut tahrir utk kita perjuangkan tegaknya Khilafah agar kembali kejayaan sebagaimana Islam menguasai 2/3 dunia dalam kesejahteraan dan kemakmuran sebagaimana dahulu. Kembalinya Khilafah adalah hal yang paling menakutkan bagi para kapitalis penjajah. Kita satukan kekuatan kita wahai saudara2ku. Insya allah kemenangan akan datang bila kita berpegang teguh pd tali agama Allah

  102. mulyadi berkata:

    oh begitu ya…

  103. Anak terpencil dr. Nusantara berkata:

    @ Bersatu generasi anak bangsa …… ambil kembali nusantara masukkan kedalam NKRI
    @ jadikan bangsa ini mercusuar dunia
    @ negara kita pantas mendapatkannya karena kekayaan alamnya
    @ negara kita kaya dari jaman …..nusantara sampai sekarang…!!!!!!
    @ tidak semua pemimpin bisa memimpin dan tdk semua orang tua mempunyai sifat DEWASA
    @ kalian generasi muda klo punya pemikiran DEWASA maju dan berjuang untuk membawa NKRI kearah yang kita impikan…….. Trimsss numpang lewat

  104. abcdefghijef berkata:

    Hm.. semua bermula dari suharto, ya tidak heran kematian keluarga cendana begitu mengerikan,, memang berat ada di pusat kekuasaan, rawan akan candu, (harta, tahta, wanita)

  105. Ryo inside berkata:

    Pancasila menjadi kekuatan magnetmercusuar bangsa indonesia dari dulu magnet nya penjajah kekuatan bahasa indonesia di uji oleh generasi muda mudi bangsa indonesia mungkin setelah pengetahuan sumber daya manusia dan sumber daya alam tidak tersisa negeri indonesia berubah nama menjadi outindonesia

  106. jacoeb best berkata:

    kunci nya mudah jika kita mau bebas dari belenggu penjajah… kita perlu menegak kan kembali cinta tanah air,, krn penjajah AKAN menjauh jika tdk ada pengkhianat bangsa spt suharto dan kawan2…

  107. Joko Pitoyo berkata:

    adakah satu saja partai politik di pemilu 2014 yang mempunyai misi untuk menasionalisasi tambang freeport? jika tidak ada, apa gunanya memilih mereka menjadi wakil rakyat? apa yang akan mereka wakili? suara apa yang akan mereka suarakan? kepentingan apa yang akan mereka perjuangkan?

  108. Tj berkata:

    Ini merupakan bukti lain begitu kuatnya Bilderberg-er mencengkeram dunia, bukan masalah agama atau yg lainnya, hanya masalah ketamakan manusia sampai kayak setan.
    Indonesia butuh presiden sekuat Soekarno atau Hugo Chavez untuk bisa mengubah keadaan.
    Cara lain? Mari kita gerakkan revolusi social media! Kalau 90% rakyat Indonesia melek dengan fakta-fakta ini maka akan menimbulkan tekanan pada para penguasa untuk melakukan tindakan.

  109. Imal berkata:

    Bersatu dan bangkit

  110. Baru kebuka pikiran saya,, terbelalak,, terimakasih mas

  111. CINTA INDONESIA berkata:

    harus ada gerakan bersama sama. Dan yang paling penting adalah gerakan sadar IPTEK. Jangan mau terus di jajah dengan kebodohan. jepang negara yang gag punya apa apa saja bisa maju karena kualitas dari SDM kita termasuk negara yang menurut saya orangnya cerdas cerdas. Emang orang yang kecerdasannya digunakan dengan emosi dan nafsu untuk pribadi apa pun di halalkannya dan tidak akan melihat sekelilingnya apa yang terjadi ” GAG JAUH BEDA KAYA BINATANG YANG KELAPARAN” itu lah kebanyakan orang di pemerintahan kita walaupun yang baik masih ada. Contohnya saja Habibie, sang maestro dunia pencipta pesawat terbang yang mana dunia eropa kagum dengan kecerdasan beliau yang mana beliau memiliki paten sebanyak 40 buah atas dunia penerbangan dunia harus tersisihkan oleh penguasa pada masa itu yang gag mau melihat negara ini maju. Kenapa IPTN harus di tutup setelah sehari penerbangan N250 pesawat karya anak bangsa. MIris di indonesia ini orang yang Cerdas, Jujur, dan Berilmu gag ada harganya malah dimusuhi. sampai Kiamat kalau gag ada gerakan dan semangat untuk merubah ini dari kita kita sebagai anak bangsa negara kita akan selalu di injak injak oleh para KONSPIRATOR dan para NEW WORLD ORDER tsb. “SATUKAN SEMANGAT PARA MUDA MUDI INDONESIA,SEMANGAT BELAJAR,BERSIHKAN HATI,UNTUK BANGSA INDONESIA YANG LEBIH BAIK”.

    AKU CINTA INDONESIA

    • Rovinaldi Rama SE berkata:

      Betul banget gan…ane setuju bgt. Suara2 lantang meneriakkan kebenaran hrs tetap terdengar…jgn kita biarkan suara2 itu hilang krn menerima sesuatu. Politik memang kejam, nista, penuh kebohongan. Sebagai manusia yg memiliki kepercayaan beragama….Bawalah selalu iman di hati agar terhindar dari kekhilafan sebagai manusia biasa dan senatiasa berdoa agar dilindungi…di jauhkan dari hal yg sifatnya mudhorat. Allah SWT sudah mengatakan bahwa bawalah dan jagalah imanmu tuk mengingatKu atas adanya hari pembalasan.( mengingatkan adanya Kiamat, Dosa dan Pahala, neraka dan syurga ). Tapi kenapa masih ada aja manusia yg setiap terpojok jika dalil2 yg berhubungan dgn Ketuhanan selalu berkata..”JANGAN BAWA2 NAMA AGAMA dalam POLITIK”. sy jadi heran…Apa orang yg bicara seperti itu gak pernah liat pejabat dilantik dengan mengucapkan Sumpah diatas ALQURAN? (jika muslim). Pemuda2 Pemudi2 indonesia…Kembalilah Ke jalan tuhanMu, yakinlah di saat semua sudah tidak bisa engkau lakukan….Hanya kekuatan dan pertolongan TUHAN yg akan membantuMu. Thanks gan… LANTANGKAN KEBENARAN DENGAN SUARAMU ..ALLAH SWT AKAN MEMBERI RESTU & MELINDUNGIMU. …

  112. SOEHARTO T*L*L!!!! DEAR, SOEHARTO!!

  113. korie berkata:

    nyesek bacax……izin share y min

  114. ady nyoto berkata:

    Gile bener,,,?anjir,,, nyesek banget setelah baca. 😦

  115. Hana Nining berkata:

    negara qt sudah di gadai pak harto!
    apa mungkin bisa kembali lagi pada rakyat papua secara utuh?

  116. dhaka berkata:

    biar tuhan yang membalasnya di akhirat nanti

  117. anak bangsa berkata:

    ijin copas ya admin

  118. LOVE INDONESIA berkata:

    Negara kita tidak akan pernah bebas dari penindasan bangsa asing selama kita tidak punya pemimpin seperti Bpk Soekarno..

    Bung Karno adalah presiden yg benar2 saya idolakan..beliau benar2 murni 100% memikirkan nasib rakyat Indonesia..
    Beliau banyak menciptakan kebijakan2 politik yang selalu membatasi pihak asing untuk merampok dan membodohi bangsa ini…

    Salah satu contohnya saja..
    beliau meciptakan ORI (Oeang Republik Indonesia), uang yang dikeluarkan dan dicetak murni oleh negara dan bukan oleh bank sentral, karena beliau tahu sistem keuangan perbankan modern akan merampas negeri yang dicintainya ini secara perlahan. Lihat saja nasib bangsa ini setelah hadirnya bank sentral (BI) yang menganut sistem keuangan modern,,,inflasi yang tak kunjung berhenti…

    Begitu cintanya beliau akan bangsa ini… tapi apa daya,, rakyat indonesia dulu masih bodoh… ibarat beliau berjuang sendirian hanya demi kepentingan rakyatnya yang banyak… hanya dengan diadu domba melalui sedikit informasi dan isu2 politik dari pihak2 yg tidak bertanggung jawab akhirnya rakyatpun berpaling dan berusaha menjatuhkannya…
    sungguh miris jika membaca sejarah tentang perjuangannya…

    Negara Indonesia ibarat seorang wanita/istri baginya… ibarat beliau selalu mencintai dan berusaha menjaga wanitanya dari jamahan tangan2 asing..
    Tapi lihatlah sekarang, Negara kita melalui FreePortnya, bak seorang pelacur yang diperkosa ramai2 oleh bangsa2 lain…dan kita hanya melihatnya.

    Selama ini Bangsa kita bergonta-ganti presiden, apakah ada yang seperti dirinya? apakah ada yang berusaha merebut dan mejaga kekayaan alam kita dari tangan bangsa asing..

    lalu jika tidak ada yang seperti dirinya…
    apakah kita harus terus menunggu?…
    sampai kapan?…
    apakah kita harus menunggu sampai mereka pergi dengan sendirinya karena telah puas mem-perkosa negeri ini?…
    Ayo maju rakyat Indonesia,,, jangan tutup lagi matamu akan hal2 seperti ini…anak-cucu kitalah yang akan menderita nantinya…
    Pemimpin negeri ini sudah dibutakan oleh nafsu harta dan tahta.
    jika rakyat bersatu… kita pasti bisa… tidak ada yang mustahil.

    Salam.

  119. Den berkata:

    Kasihan orang Irian, seharusnya ini tanah mereka dan menjadi milik mereka, wajarlah orang irian ingin merdeka, hartanya dirampok segelintir orang di pemerintah pusat dan juga dirampok orang2 asing.

  120. nureza berkata:

    freeport itu bukti bahwa bangsa kita masih di jajah…semoga allah membalas kebatilan yang di buat orang orang yang korup itu,,,,

  121. Hendry Ahmadi berkata:

    Admin, izin share

  122. Soekarno berkata:

    Cuma bisa bilang,,
    Soeharto, T** Kucing,,,

  123. xamthone plus berkata:

    jangan terpengaruh oleh rtikel-artikel seperti ini,
    tetap sabar dan jangan mau di adu dombakan..
    sekarang saatnya kita berdoa saja demi kemajuan bangsa kita aminnn
    terimakasih 😉

  124. Sutopo Yuwono berkata:

    9 Juni 2014 bersatu bela negara dengan rasa nasionalis, pilih presiden yang berani Prabowo atau Jakowi

  125. Johan Santoso berkata:

    kalau boleh artikel luar negri mana yg mencakup hal2 ini? bukti2 ini diambil darimana?

  126. S. Sukamay berkata:

    Aduuh Very Diancuok , Harta karun sdh diboyong habis2 rakyat tetap mesken
    ini namanya belum Merdeka , dan Ini kabar telat tersiar

  127. Berita berkata:

    Informasi yang sangat mencerahkan. Kesalahan pemimpin di masa lalu menjadi duka rakyat di masa kini.

  128. Radit Junior berkata:

    Sorry bro, disadari atau tidak hingga saat ini kita hanya dikuasai oleh dua orde saja. Bergilir kita diolah. Kenapa mereka bisa memimpin atas kita karena mereka punya akses ke Barat jembatannya siapa? yang ortu mereka lah….

  129. Menyedihkan…. sangat sangat menyedihkan.

  130. Dedi IR berkata:

    Gan mau tanya entar kita diculik gak kalok nyebar-nyebar ini :v…

  131. mariam berkata:

    admin permisi Copy Paste yaa

  132. chairil berkata:

    dunia sudah terlalu digenggam zionist, melawan pun mau dengan apa?

  133. dedeherbals berkata:

    kunjungan yg sangat bermanfaat

  134. sabrang panuluh berkata:

    hati hati,,, nanti kayak munir

  135. Artikel menarik dan menakjubkan. Kasihan bangsa ini jelas ini kenyataan yang menyakitkan terutama rakyat papua yang masih hidup dibawah kelayakan

  136. adit.erwansyah@yahoo.com berkata:

    Sangat sedih membaca fakta diatas.. harapan nya, semoga ada anak bangsa yang bisa mengembalikan kejayaan indonesia seperti zaman bung karno, dan semoga saya bisa ikut membantu 🙂 ☺

  137. Sam Ragil berkata:

    Edian trenan.

  138. venas berkata:

    THANKS BRO ADM. INFONYA MEMBUKA WAWASAN

  139. Ivan berkata:

    Benar atau salah tulisan ini yang pasti rakyat Papua dan Indonesia tidak sejahtera karena kekayaan Papua, dan Freeport tidak pernah mau meninggalkan Papua karena disana memang tambang uang.
    Semoga ada pemimpin Indonesia yang mampu membawa perubahan daripada hanya terjebak di politik partai dan golongan.

  140. didi berkata:

    jangan salah kan pmimpin kita yg salah tuh orang amerika sm agen CIA nya yg gk mu kehilangan freepot sm nwe mon incho axen mobil nya d indonesia yg kita fikirkan k depan skrang gmna cara nya kita bisa nambang d negri nya sendiri dan mengusir asu amerika d tanh air ineeh kawan >>>> kordinir dari buruh seluruh indonesia patungan modal sy rasa kita bisa nyaingin tambang amerika yg ad d indonesia hehehe sory lg ngayal neeh

  141. jtxmisc berkata:

    bener gan, teknologi berkembang sangat cepat seperti waktu… secepat kilat , Aafje

  142. Juztin berkata:

    Sumpah jadi kesel banget …..
    Coba di BC ke seluruh kontak bb kalian semua biar banyak orang yg tau, mudah”n aja di luar sana ada orang yg peduli dan berusaha memperjuangkan nya …
    Kalo aku ga bisa apa” selain miris 😦
    Tolong negri kami ya tuhan …..amin

  143. bobby aryanto berkata:

    semoga gempa memluluh lantakan nya…

  144. Goenx berkata:

    saya cukup percaya nih
    biar lebih yakin
    saya minta sumber2 tulisannya donk…
    semacam daftar pustakanya gt
    thanks

  145. ini ketika bung karno berusia berapa tahun gan?
    terimakasih 😉

  146. Nila berkata:

    izin copy pastenya. Terimakasih, semoga sukses untuk menyuarakan kebenaran lewat berita

  147. Dedi berkata:

    Boleh minta num teleponnya? Saya mw curhat dan pencerahannya. Terimakasih

  148. denmas berkata:

    tenang gan sis semua, bentar lg indonesia bangkit koq.. sit beauty, wait, n see..

  149. KenZji Woow berkata:

    jadi sedih melihat tanah ibu pertiwi kita cintai di jajah sana negara lain

  150. sam edward berkata:

    dalang g30s adalah soeharto dan sjam (pki gadungan). untung dan latief diperalat mrk utk membunuh jendral. sarwo edi, gatot subroto, tni, rakyat.. diperalat soeharto utk menumpas pki.

  151. Singgih Ramadhan berkata:

    baru membaca separuh posting ini saya sudah tidak kuat. saya menangis.

  152. Baros Sulaeman berkata:

    Bangkitlah Negeri Ku. Bangkitlah Bangsa Ku. Bangkitlah Putra Putri Pertiwi. Jagalah Alam Jagalah Hutan2 Kita. Kita diwarisi Adat Adab Budaya yang jelas Tatanannya. Banyak yg menginginkan identitas Nagari ini musnah Karena Kehebatan Para Pendahulu Pendahulu Kita Semua.Kembalilah kepada Pangkuan Ibu Pertiwi.SALAM NUSWANTARA JAYA. .

  153. Sungguh bagus bngt nih artikel…sy suka bcax..

  154. Victor Hidayat berkata:

    Mengerikan……………..

  155. Nurjanah berkata:

    sedih bacanya,,, Ayo Indonesiaku kita bangkit, kita pasti bisa bisa dan bisa…
    izin copas min..

  156. Virman berkata:

    Sebagai rakyat indonesia setelah tahu kenyataan ini tentu terasa sangat menyakitkan membaca artikel ini..kita saat ini sdh di jual

  157. Irwan Huryansyah berkata:

    Penjajahan diatas Dunia belum dihapuskan sesuai UUD NKRI / Selama ini hanya isapan jempol oleh pemimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia \ Selama ini Propaganda belaka ternyata @berpuluh Tahun Rakyat ini dibuat tidak mampu untuk Mengolah Harta yang Allah Berikan Kepada Seluruh RAKYAT NKRI INI :-)## Ayoo Kita semua Bangkit !! dari Kedholiman peminpin bangsa lain maupun kedholiman pemimpin Bangsa kita sendiri !!!! memang $udah waktunyala Harga diri kita Bersatu Bangkit : Untuk Mengolah Harta yg berlimpah di Negri Kita Sendiri & Semoga ALLAH SWT tetap memberi kekuatan lahir batin~> Demi.mengelolah sisa_$isa kekayaan yg Allah SWT berikan di Negri IndonesiaTercinta Ini serta di Anugerahi pemimpin yg Amanah sampai menjadi Negri yg makmur sesuai cita2x RAKYAT & Proklamator Pendiri Negri Indonesia tercinta ini ~~~>Amien YaarobbalAlamien…

  158. Trb90 berkata:

    Seperinya ada kaitannya antara Freeport dan #bomsarinah soalnya bertepatan dengan dead line Freeport 14 Januari 2016

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s