Belajar Dari Snowden: 60% Pakar IT Eropa Tak Percaya Pemerintah dan Snowden Dapat Suaka 1 Tahun di Rusia

PRISM header

Belajar Dari Snowden:
Lebih 60% Pakar IT Eropa Tak Lagi Percaya Pemerintah dan  Beruntunglah Akhirnya Snowden Mendapat Suaka 1 Tahun di Rusia

cia terorisme in action headerPembocor rahasia Badan Keamanan Nasional Amerika Seriakt (NSA), Edward Snowden, telah diberikan suaka sementara di Rusia dan diperbolehkan untuk memasuki negara itu.

“Saya baru saja menyerahkan dokumen itu kepadanya dari Layanan Imigrasi Rusia. Dokumen-dokumen ini adalah yang dia butuhkan untuk meninggalkan zona transit,” kata pengacara Snowden, Anatoly Kucherena, kepada kantor berita Rusia Interfax, seperti dilansir stasiun televisi Russia Today, Kamis (1/8/13).

Snowden telah diberikan suaka politik sementara di Rusia, seperti dilaporkan televisi Rossiya 24.

Sementara wartawan Russia Today yang berada di lokasi menjelaskan, Snowden telah meninggalkan zona transit Bandar Udara Sheremetyevo di Ibu Kota Moskow.

edward-snowdenBulan Juli 2013 lalu, Snowden mengajukan untuk mendapat suaka sementara di Rusia, status yang akan memungkinkan dia untuk tinggal dan bekerja di Rusia selama satu tahun.

Kucherena sebelumnya mengatakan Snowden telah mempertimbangkan untuk menetap secara permanen di Rusia, di mana dia nantinya akan mencoba untuk membangun sebuah kehidupan di sana.

Snowden, yang juga mantan pegawai dinas rahasia luar negeri Amerika (CIA), dan kontraktor Badan Keamanan Nasional (NSA), menjadi perhatian dunia internasional setelah membocorkan beberapa dokumen-dokumen rahasia yang merinci tentang program pengintaian elektronik secara besar-besaran dilakukan oleh pemerintah Amerika dan sekutu asing yang berkolaborasi dengan Negeri Adidaya itu.

snowden passportSebelumnya, Snowden bersembunyi di sebuah hotel di Hongkong setelah dia membocorkan rahasia itu pada Mei 2013 lalu. Snowden kemudian terbang ke Moskow pada 23 Juni 2013.

Rusia pada awalnya menampung Snowden sebagai tempat persinggahan sementara dalam perjalanannya menuju ke Ekuador melalui Kuba.

Namun, dia akhirnya terdampar di area transit Bandar Udara Sheremetyevo, setelah pemerintah Amerika mencabut paspornya.

Alhasil, Snowden tidak bisa meninggalkan Rusia atau masuk ke Negeri Beruang Merah itu. Hal ini memaksa dirinya untuk tetap dalam zona transit (di bandara) selama lebih dari satu bulan.

Snowden dalam bahaya jika keluar dari bandara Moskow

Seorang pejabat Layanan Migrasi Federal Rusia (FMS) mengatakan dirinya percaya bahwa yang terbaik bagi mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA), Edward Snowden, adalah tetap di Bandar Udara Sheremetyevo, di Ibu Kota Moskow, sebab lelaki 30 tahun itu kini buron dan itu lebih aman bagi dia.

Presiden Rusia Vladimir Putin sejauh ini telah menolak untuk mengekstradisi Snowden dan mengatakan bahwa Snowden adalah seorang pria bebas.

Pemerintah Amerika telah menjanjikan kepada Rusia pihaknya tidak akan menuntut hukuman mati jika Snowden dikembalikan ke Negeri Adidaya itu untuk menghadapi tuntutan telah melakukan mata-mata, seperti dilansir situs Voice of America, Selasa (30/7/13).

Snowden telah bersembunyi di Bandar Udara Sheremetyevo selama lebih dari satu bulan sambil menunggu dirinya mendapat suaka sementara dari pemerintah Rusia.

Ketua Dewan Layanan Migrasi Federal Rusia, Vladimir Volokh, mengatakan jika Snowden meninggalkan Bandar Udara Sheremetyevo, maka Rusia tidak dapat menjamin keselamatan dia.

“Saya berpikir tidak baik bagi Snowden untuk melakukan perjalanan secara bebas di Rusia, di mana dia kini seorang buron,” ujar Volokh. Dia menjelaskan bahwa daerah paling aman bagi Snowden adalah tetap di area transit bandara atau di wilayah yang masih di bawah yurisdiksi Layanan Migrasi Federal Rusia.

Komentar Volokh ini muncul dalam menanggapi pernyataan Washington yang berjanji bahwa Snowden tidak akan menghadapi hukuman mati jika dia dikembalikan ke Amerika.

http://assets.nydailynews.com/polopoly_fs/1.1373644.1371317473!/img/httpImage/image.jpg_gen/derivatives/landscape_635/hong-kong-snowden.jpg

Melalui sebuah surat yang ditujukan kepada Kementerian Kehakiman Rusia, Jaksa Agung Amerika Eric Holder meyakinkan Kremlin bahwa jika Snowden pulang maka dia tidak akan dituntut hukuman mati.

Pengacara Snowden mengatakan setelah kliennya itu mendapat dokumen untuk meninggalkan Bandar Udara Sheremetyevo, maka Snowden akan menjalani kehidupan di Rusia.

Ayah Snowden minta Rusia lindungi anaknya

Sementara itu Lonnie Snowden, ayah pembocor rahasia Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) kini buron, Edward Snowden, mengatakan Biro Penyelidik Federal (FBI) telah meminta dirinya melakukan perjalanan ke Ibu Kota Moskow, Rusia, untuk menemui anaknya itu. Namun, dia menjelaskan dirinya ingin informasi lebih detail lagi terkait hal itu.

Lonnie menyatakan dia telah diminta keterangan beberapa pekan lalu tentang Edward Snowden, yang saat ini dicari oleh Amerika lantaran telah membocorkan rincian program pengawasan Negeri Adidaya itu, seperti dilansir situs bbc.co.uk, Rabu (31/7/13).

Namun, dia mengatakan kepada televisi pemerintah Rusia bahwa dirinya ingin tahu niat FBI. Dia juga menyatakan anaknya tidak akan mendapatkan pengadilan yang adil di Amerika.

Ayah Snowden, Lonnie Snowden, menggambarkan anaknya itu sebagai seorang patriot sejati yang membuat Amerika menjadi sebuah negara yang lebih demokratis dengan cara mengungkapkan rincian rahasia program pengawasan NSA.

Wawancara itu disiarkan secara langsung di stasiun televisi Russia 24. Lonnie berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris, yang ditemani seorang penerjemah bahasa Rusia.

https://i1.wp.com/media.theweek.com/img/dir_0099/49714_article_full/edward-snowden-supporters-protest-in-hong-kong-on-june-15.jpg

Lonnie juga berterima kasih kepada pemerintah Rusia lantaran telah menjaga anaknya dengan aman. “Saya juga ingin berterima kasih kepada Presiden Vladimir Putin dan pemerintah Rusia atas keberanian dan kekuatan, serta keyakinan mereka untuk menjaga anak saya agar tetap aman,” ujar dia.

“Edward, saya harap kamu menonton acara ini,” ujar Lonnie saat wawancara itu. “Keluarga kamu baik-baik saja. Kami mencintai kamu. Kami berharap kamu sehat, kami berharap kamu dalam keadaan baik, saya berharap dapat melihat kamu segera, tetapi di atas semua itu saya ingin kamu aman. Saya ingin kamu menemukan tempat yang aman,” ucap Loonie.

Jaksa Agung Amerika, Eric Holder, telah memberikan jaminan kepada Moskow bahwa Snowden tidak akan menghadapi tuntutan hukuman mati jika dia diserahkan kembali ke Amerika, tetapi Rusia mengatakan mereka tidak bermaksud menyerahkan kepadanya.

Mayoritas warga Rusia anggap Snowden pahlawan

Sebuah survei dari Levada Center kemarin mengungkapkan lebih dari separuh warga Rusia menganggap pembocor rahasia Badan Keamanan Amerika Serikat (NSA) Edward Snowden sebagai pahlawan.

Dari 1.601 responden disurvei, lebih dari separuhnya menyatakan setuju atas tindakan Snowden membocorkan rahasia NSA, seperti dilansir majalah Forbes, (1/8/13).

Sebanyak 51 persen responden mengatakan mereka menganggap baik apa yang telah dilakukan Snowden. Sedangkan 17 persen responden menyatakan tidak setuju atas tindakan Snowden dan 32 persen lainnya abstain.

snowden supporter 01

Jajak pendapat itu juga memperlihatkan sebanyak 13 persen warga menilai pemerintah Rusia harus memberi suaka kepada Snowden. Sekitar 30 persen lainnya menyebut kemungkinan Rusia bisa memberi suaka dan 19 persen bilang tidak perlu memberi suaka. Sedangkan 28 persen lagi menyatakan tidak tahu.

Amerika sebelumnya telah meminta Rusia untuk menolak permintaan suaka Snowden dan mengirimkannya kembali ke Amerika untuk menjalani sidang pengadilan atas tuduhan mata-mata dan mencuri rahasia negara.

Lebih dari 60 persen pakar IT Eropa tak percaya lagi pemerintah

Semenjak munculnya Edward Snowden dengan bukti keterlibatan NSA yang memata-matai rakyat AS membuat paranoia seputar hal ini mengemuka. Bahkan, ketakutan ini rupanya menyebar pula ke kalangan praktisi IT di Eropa.

Seperti yang dilansir oleh Gigaom (26/7/13), ketakutan ini muncul dari sekitar 62 persen pakar IT Eropa yang mengisi sebuah survei yang dilakukan saat konferensi Infosec Europe.

Menurut responden tersebut, para pakar IT curiga kalau pemerintahnya juga melakukan hal serupa seperti yang dilakukan oleh NSA.

Adapun para responden ini sendiri sebagian besar berasal dari perusahaan besar Eropa. Penyebarannya adalah tenaga IT di perusahaan keuangan, ritel, kesehatan, hingga bisnis asuransi.

wikileaks snowden

Adapun ketakutan para pakar IT ini pun wajar. Hal ini dikarenakan mereka yakin pemerintahnya mengawasi apa yang dilakukan oleh perusahaan tempat mereka bekerja.

Apalagi, setelah mengetahui dokumen yang dibeberkan oleh Snowden, makin kentara bahwa hal ini bukannya tak mungkin dilakukan oleh pemerintah di negara manapun.

Hal ini tentunya menimbulkan kecemasan terlebih jika data perusahaan bocor dan jatuh ke tangan yang salah. Dan kasus ini tak hanya hisapan jempol, namun sudah berkali-kali terjadi terhadap individu, organisasi dan perusahaan bahkan pemerintahan dan hal ini telah menimbulkan kerugian yang tak dapat dinilai dengan uang. (Interfax/Merdeka.com/RussiaToday/Rossiya 24/Gigaom/Voice of America/Levada Center/Forbes/bbc.co.uk/berbagai sumber)

LATEST DETAILS – http://on.rt.com/rn2z59
LIVE UPDATES – http://on.rt.com/agi12q
LIVE COVERAGE – http://rt.com/on-air/

https://i0.wp.com/media.npr.org/assets/img/2013/06/18/ap303341954629_wide-b6b280fcd4dbe388d354d0d411b79a10e49a3a55-s6-c30.jpg

https://i2.wp.com/img3.allvoices.com/thumbs/image/609/480/99235489-man-holds.jpg

https://i1.wp.com/www.bloomberg.com/image/idsY7ah0Eo5Q.jpg

https://i1.wp.com/media.theweek.com/img/dir_0099/49932_article_full/supporters-gather-at-a-small-rally-in-support-of-edward-snowden-in-manhattans-union-square-on-june.jpg

https://i2.wp.com/i1.haveeru.com.mv/p/2013/07/0_137369223706_news.jpg

EDWARD-SNOWDEN-02barack obama big brother banner

Artikel Terkait Sebelumnya:

Edward Snowden : AWAS! NSA, Project PRISM dan Illuminati Awasi Dunia Internet! (Snowden Part-1)

Pelarian Snowden : Dunia Mengecam AS, Presiden² Dunia Menawarkan Suaka Politik (Snowden Part-2)

Punya Akun Facebook Sama Saja Bekerja untuk CIA Tanpa Dibayar! (Snowden Part-3)

Intelijen AS & Inggris: Sadap Presiden SBY di KTT G20, London (Snowden Part-4) 

*****

http://wp.me/p1jIGd-3lj

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Sadap (Spying & Tapping). Tandai permalink.

2 Balasan ke Belajar Dari Snowden: 60% Pakar IT Eropa Tak Percaya Pemerintah dan Snowden Dapat Suaka 1 Tahun di Rusia

  1. muhammadarkhan berkata:

    Russia jadi ikut serta dalam hal pembocor dokumen PRISIM dan Russia mengambil peluang
    ini sebagai kesempatan emas untuk membalas mata-mata Amerika Serikat yang sudah memata-matai Russia. menurut gue ini permainan yang seru!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s