Astronom Temukan Benda Langit Misterius Berekor Enam!

asteroids header

Teleskop Hubble Temukan Benda Langit Aneh Berekor Enam!

asteroid P2013 P5 tail 6 buntut

Astronom menemukan sebuah benda langit aneh di wilayah sabuk asteroid, wilayah antara orbit Mars dan Jupiter, dengan bantuan teleskop antariksa Hubble.

Ada beberapa hal yang membuat benda langit itu bisa dikatakan aneh. Sementara ditemukan di orbit asteroid, benda langit ini menyerupai komet karena memiliki ekor. Lebih aneh lagi, tak seperti komet biasanya, ekor benda langit ini berjumlah enam!

Dinamai P/2013 P5, benda langit tersebut pertama kali terobservasi pada bulan Agustus 2013 lalu dengan teleksop pan-STARRS-1 di Kepulauan Hawaii.

Observasi selanjutnya sebanyak dua kali pada 10 September 2013 dan 23 September 2013 berhasil menemukan keanehan pada obyek itu. Benda langit tersebut menyerupai komet yang punya ekor banyak.

Asteroid P_2013-P5-Hubble1

Asteroid berekor P/2013 P5, benda langit yang pertama kali terobservasi bulan Agustus 2013 lalu dengan teleksop pan-STARRS-1 di Kepulauan Hawaii.

Dengan dua kali observasi itu, astronom menemukan keanehan lain. Benda langit itu ternyata berputar atau berotasi dalam jangka waktu antara 10-23 September 2013 lalu.

“Kami benar-benar tercengang ketika melihatnya. Lebih mengagumkan, struktur ekor benda langit itu berubah secara dramatis dalam waktu hanya 13 hari seiring debu yang dihasilkan,” kata David Jewitt, pimpinan riset penemuan benda langit ini dari University of California.

“Sulit untuk percaya bahwa kita sedang melihat asteroid,” imbuhnya seperti dikutip Discovery, Kamis (7/11/2013).

Lalu, apa sejatinya benda langit itu? Komet, asteroid, atau jenis benda langit baru? Astronom menduga, benda langit itu adalah asteroid yang mengalami efek yang dinamai Yarkovsky-O’Keefe-Radzievskii-Paddack (YORP).

Asteroid P_2013-P5-Hubble2

Pada dasarnya, Asteroid P/2013-P5 itu mengalami pemanasan yang tidak merata, akibatnya, asteroid ini berputar.

Bagian asteroid yang menghadap Matahari terus dipanasi. Namun, ketika asteroid berputar, panas diradiasikan ke bagian yang gelap. Panas yang dilepaskan lewat radiasi dibawa oleh foton inframerah yang juga dilepaskan. Dalam jangka panjang, radiasi membuat asteroid berputar makin cepat.

Pada dasarnya, asteroid itu mengalami pemanasan yang tidak merata. Akibatnya, asteroid ini berputar.

Tentang jumlah ekor yang banyak, Jessica Agarwal dari the Max Planck Institute for Solar System Research di Lindau, Jerman, punya penjelasan:

“Berdasarkan observasi dan pemodelan, kami menyimpulkan bahwa P/2013 P5 mungkin kehilangan debu seiring rotasi yang sangat cepat. Matahari lalu menarik debu ini sehingga wujud ekor yang banyak bisa kita lihat,” jelasnya.

Asteroid ini berukuran 240 meter dan diduga telah kehilangan 100-1000 ton debu. Observasi lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah debu dilepaskan dari ekuator asteroid.

Jewitt mengungkapkan, penemuan benda langit ini membuka kemungkinan penemuan benda langit lain yang sejenis. Jewitt memublikasikan hasil risetnya di Astrophysical Journal Letters yang terbit Kamis 7 November 2013 lalu. (Discovery/Kompas)

Asteroid P2013P5

Asteroid P/2013-P5

Artikel Terkait Lainnya:

=>Puluhan Artikel Terkait Asteroid, Meteor dan Komet Lainnya<=

*****

http://wp.me/p1jIGd-3Sc

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Asteroid, Meteor & Komet, Misteri Jagad Raya. Tandai permalink.

2 Balasan ke Astronom Temukan Benda Langit Misterius Berekor Enam!

  1. ratna berkata:

    SUBHANALLAH…..masih buanyak rahasia yang Kuasa utk dijadikan ilmu pengetahuan bg umat manusia

  2. Bara berkata:

    Kapal induk berkamuflase

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s