[TRUE STORY] Pecahkah Rekor, Inilah Pria Yang Hanyut di Pasifik Selama 16 Bulan!

Jose Ivan castaway Pacific

Jose Ivan, Pria Paling Lama Yang Hanyut Menyusuri Samudra Pasifik Selama 16 Bulan!

Jose Ivan castaway Pacific route map

Seorang pria warga Meksiko, Jose Ivan (baca: Hose Ivan), mengaku terombang ambing di laut selama 16 bulan sejak berlayar dari pantai Meksiko pada September 2012 silam.

Awalnya, dia bersama koleganya hendak berlayar dari Meksiko ke El Savador sampai akhirnya ia terdampar di kepulauan terpencil di Pasifik Utara, wilayah Kepulauan Marshall, yang jauhnya mencapai 6.000 mil (9656 km) dari perairan Meksiko!

https://i1.wp.com/31.media.tumblr.com/09c73ba0d0739cf6bc7d45de670d8456/tumblr_n0a33xfFAz1svpcs8o1_1280.jpgDilansir Telegraph, Senin 3 Febuari 2014, saat ditemukan warga ‘Pulau Karang Ebon’ atau “Ebon Atoll” (lihat via satelit | zoomed), salah satu pulau terpencil di Kepulauan Marshall, saat itu Ivan dalam kondisi memprihatinkan.

Hanya mengenakan celana compang camping, rambut dan jenggot panjang tak beraturan bersama dengan kapal fiberglass sepanjang  24 kaki atau 7,3 meter.

Ditemukan penduduk setempat, ia telah berambut dan berjenggot sangat panjang, kondisinya mirip film khayalan versi Hollywood berjudul Castaway. Namun ini kisah nyata! Dan tragisnya, menurut pengakuan Ivan, sang kolega yang bersamanya telah tewas beberapa bulan lalu saat terombang-ambing di laut.

https://i1.wp.com/i4.mirror.co.uk/incoming/article3098913.ece/ALTERNATES/s615/Heart-shaped-NASA-and-ESA-images-3098913.jpg

pulau Karang Ebon (Ebon Atoll) (NASA)

Saat ditemukan, Ivan dilaporkan tengah makan dan sempat susah untuk diinterogasi karena awalnya tak dapat berbahasa Inggris maupun Spanyol.

Ivan sepertinya buta huruf, hanya berkomunikasi dengan bahasa gambar.

“Saya sudah mengenalnya melalui gambar yang ia gambarkan. Sangat sulit untuk berkomunikasi dengannya,” ujar Ione de Brum, Walikota Pulau Karang Ebon.

Brum menduga, selama terombang-ambing, Ivan bertahan hidup dengan makan seadanya, yakni penyu, burung, dan ikan serta minum darah penyu saat kemarau tiba.

Hal itu diperkuat dengan ditemukannya cangkang penyu di kapalnya saat terdampar di Pulau Karang Ebon. Saat ditanya tentang bangkai penyu di dalam perahu, Ivan mengaku, saat tidak ada hujan, ia menenggak darah penyu itu.

https://i1.wp.com/www.independent.co.uk/incoming/article9099380.ece/BINARY/original/Ebon-Atoll2.jpg

Selama perjalanannya untuk tetap bertahan hidup ditengah Samudra Pasifik yang sangat luas, Ivan juga diduga menangkap makanannya itu dengan tangan. Sebab setelah diselidiki oleh warga setempat, di kapal motornya tak memiliki atau tak ditemukan alat tangkap ikan atau sejenisnya.

https://i0.wp.com/resources3.news.com.au/images/2014/02/03/1226816/972215-b794a402-8ca5-11e3-8dff-f6af7c30323d.jpgSaking lamanya berada di kapal, Brum mengatakan, Ivan tak dapat berjalan, sebab lututnya terasa sakit. Untungnya, secara umum, kesehatannya masih oke.

Menurut peneliti, penduduk pulau yang menemukan Ivan lalu membawanya ke pulau utama di kepulauan karang yang berpenduduk 60.000 jiwa itu.

Namun, di pulau utama tersebut, hanya ada saluran telepon dan tidak ada internet.

Setelah diinterogasi, Ivan langsung diberi makanan bergizi, pakaian dan obat nyamuk oleh penduduk setempat, lalu di bawa ke rumah sakit untuk ditanyai otoritas pulau tersebut.

Gee Leong Bing, Sekretaris Urusan Luar Negeri kepulauan itu mengatakan akan memverifikasi Ivan dan berkoordinasi dengan Pemerintah Meksiko untuk proses pemulangannya. Otoritas setempat juga mengaku telah mengirimkan kapal patroli untuk membawa Ivan ke Majuro, ibukota Kepulauan Marshall.

https://i2.wp.com/i2.mirror.co.uk/incoming/article3098917.ece/ALTERNATES/s615/Locator-map-Ebon-Atoll-3098917.jpgTim penyelamat awaknya sulit mengerti apa yang disampaikan Ivan, karena ia yang tadinya tak berbicara, tiba-tiba hanya bisa berbicara dalam bahasa Spanyol.

Kisah Ivan sempat diragukan. Tetapi, tim penyelamat melihat, perahunya benar-benar dalam kondisi sudah lama di dalam air.

Pejabat di kementerian, Jumat (31/1/14) mengatakan, pihaknya masih menunggu rincian dari kisah ditemukannya Ivan. Saat ini, Ivan masih dirawat oleh penduduk setempat dan belum bisa dijemput.

Fraser Christian, pengajar kursus bertahan hidup di laut dari Coastal Survival School di Dorset mengatakan, jika cerita pria itu benar, itu akan menjadi kisah yang luar biasa unik. Apalagi bisa menangkap penyu dan burung dengan tangan kosong.

https://i1.wp.com/resources0.news.com.au/images/2014/02/03/1226816/972132-b280d940-8ca5-11e3-8dff-f6af7c30323d.jpg

Kisah Ivan bukan yang pertama kali terjadi. Pada tahun 2006 lalu, tiga nelayan Meksiko juga menjadi perhatian media internasional.

Mereka telah hanyut selama sembilan bulan bersama perahu fiberglass dan kemudian terdampar di Kepulauan Marshall.

Tiga nelayan itu dapat bertahan hidup dengan minum air hujan, makan ikan mentah, dan burung laut. Sama seperti Ivan, mereka pun menggunakan tangan kosong untuk mencari makanan.

Namun kisah Ivan adalah yang terlama sepanjang sejarah, yaitu manusia yang terombang-ambing dan berhasil ditemukan yaitu selama 1,4 tahun atau 16 bulan, dan itupun akhirnya ia berlayar hanya sendirian.

https://i1.wp.com/cdn.images.express.co.uk/img/dynamic/1/590x/secondary/123713.jpg

VIDEOs:

Jose Ivan May Have Been a Castaway at Sea for 16 Months

Cast Away trailer (2000)

Artikel Lainnya:

[True Story] Andrea Gail, Kapal Nelayan Yang Karam di Film “The Perfect Storm”

Misteri Jejak Kapal Selam U-Boat Nazi di Indonesia

Misteri Segitiga Masalembo, Segitiga Bermudanya Indonesia

Penyelidikan Terbaru: Misteri Segitiga Bermuda

Runtuhan Kota Bawah Laut Kuba

Pavlopetri, Situs Kota Bawah Laut Tertua di Dunia

Misteri: Wow! Struktur Mirip “Tembok” Lurus di Dalam Laut Utara Papua

Ditemukan: Mirip UFO Teronggok di Dasar Laut Baltik!

Ilmuwan Temukan Bukti Eksistensi Monster Laut

Artikel ini juga di forward oleh forum merdeka.com

*****

http://wp.me/p1jIGd-4sw

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Yang Paling. Tandai permalink.

3 Balasan ke [TRUE STORY] Pecahkah Rekor, Inilah Pria Yang Hanyut di Pasifik Selama 16 Bulan!

  1. mazgandhen berkata:

    wah .. hebat,
    klu kisah petualangan dijadikan film pasti keren ,,, spt Castaway …

  2. Kartika Dewi berkata:

    Kayak film “Life of Pi”. Waw!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s