Kontroversi Kaos Timnas Inggris 2014 Buatan Indonesia Seharga Rp 1,7 Juta, Pekerja Hanya Dapat Rp 5 Ribu / Jam

TUKANG-JAHIT jersey

Kontroversi Harga Jersey Timnas Inggris:
Kaos Timnas Inggris 2014 Buatan Indonesia Dikual Dengan Harga Rp 1,7 Juta/Kaos, Pekerja Hanya Dapat Rp 5 Ribu/Jam!

England Jersey 2014 header

Publik Inggris bereaksi keras atas penetapan harga resmi seragam tim nasional mereka yang digunakan pada perhelatan Piala Dunia 2014, bulan Juni di Brasil.

Banderol dari apparel Nike, selaku produsen jersey Timnas The Three Lions senilai 90 poundsterling atau senilai Rp 1,7 Juta dinilai kelewatan. Tak tanggung-tanggung, sang perdana menteri, James Cameron pun ikut bersuara atas harga tersebut.

Cameron menilai, Nike ‘memeras’ lewat cara memanfaatkan fanatisme pendukung Inggris. Nike berkilah, mahalnya harga produk kaos Timnas Inggris merujuk pada teknologi terkini yang mereka terapkan di kaos tersebut.

England Jersey 2014 white close

Nike menyebut, tiap kaos terbuat dari bahan daur ulang berupa delapan botol plastik sehingga ramah lingkungan karena memanfaatkan limbah buangan. Kaos juga diklaim mampu meyerap keringat hingga tetap membuat pemakai nyaman meski peluh dari tubuh banyak keluar.

Nike juga menyebut, konsumen juga punya pilihan. Perusahaan tersebut juga menyediakan kaos versi murah senilai 60 pounsterling atau senilai Rp 1,1 Juta.

England Jersey 2014 whiteNamun, harga tersebut terlanjur jadi kontroversi. Media-media Inggris, termasuk Mirror, mengulas adanya ‘eksploitasi’ di balik produk kaos Timnas Inggris.

Disebutkan, jersey Steven Gerrard dkk tersebut merupakan produk Indonesia. Nike dilaporkan mempekerjakan sebanyak 171,000 pekerja di 40 pabrik yang ada untuk memenuhi suplai ke pasar.

Negara-negara seperti Indonesia, disebutkan menjadi destinasi favorit perusahaan seperti Nike dalam memproduksi kaos dan sejenisnya. Alasannya tentu saja murahnya ongkos produksi.

Ultra Petita, perusahaan asal Perancis saingan Nike, menyebut jika apparel sepak bola seperti kaos timnas menghabiskan biaya produksi sekitar 14 pondsterling atau sekitar Rp 321 ribu per kaos jika diproduksi di Eropa.

Bandingkan jika itu diproduksi di negara seperti Indonesia, hanya butuh sekitar 4 poundsterling atau sekitar Rp 75 ribu.

Graciela Romero, pegiat LSM anti-kemiskinan ‘War on Want‘ menuturkan, terlihat jurang yang sangat lebar antara upah pekerja pembuat kaos dan apa yang diterima komponen lain dari bisnis olahraga seperti sepakbola.

Romero juga menyebut, kebanyakan pekerja memilih untuk ‘manut’ ketimbang protes atas rendahnya upah yang mereka terima karena takut dipecat.

England Jersey 2014 red close

“Sementara Wayne Rooney dibayar sekitar 300 ribu poundsterling (setara Rp 5,6 miliar) per minggu hanya untuk menendang bola, para pekerja pembuat kaos hanya dibayar Rp 5.642 atau (sekitar 30 penny),” kata Romero.

Mirror juga menampilkan wawancara dengan Aida, seorang pekerja yang menjahit kaos di sebuah pabrik Nike di Indonesia. Aida menyebut, upah UMR yang ia terima sekitar Rp 2,2 Juta per bulan taks ebandng dengan beban kerja yang ia tanggung.

England Jersey 2014 red“Satu kaos Nike saya jahit kira-kira 30 detik, artinya ada 120 kaos yang saya jahit tiap jam di pabrik. Saya dan rekan kerja saya harus hidup dengan upah Rp 2,2 juta,” kata Aida.

Itu jauh di bawah upah hidup untuk membeli makanan yang layak, perumahan dan perawatan kesehatan, dan pendidikan untuk keluarga dan anak-anak,” tambah Aida seperti yang dilansir Mirror.

Dengan upah senilai itu, artinya upah yang diterima Aida tiap bulan hanya 40 persen dari harga jual satu kaos yang dijual Nike. Mirror lalu menyajikan data yang menunjukkan betapa kontrasnya nasib para pekerja dengan apa yang dihasilkan perusahaan.

Markas Nike di Oregon, Portland, Amerika Serikat disebutkan sebagai kantor mewah yang dilengkapi dengan danau, terbentuk kaca-kaca yang berkilauan berdisain eksklusif.

Presiden Nike, Mark Parker dilaporkan menerima bayaran sebanyak 9.2 juta poundsterling atau setara Rp 174 M pada tahun 2013. Adapun aset perusahaan Nike kini mencapai 15,6 miliar Poundsterling dengan laba sekitar 1,5 miliar poundsterling pada tahun lalu. Memang kontras. (Mirror/Tribunnews)

ekonomi kapitalis 003

ekonomi kapitalis 001ekonomi kapitalis 004ekonomi kapitalis 005ekonomi kapitalis 002ekonomi kapitalis 006

England Jersey 2014 banner

VIDEO:

The New Rulers Of The World in Indonesia (2001)

Artikel Lainnya:

Konspirasi JF. Kennedy, Sukarno, Suharto, CIA dan Freeport

Rezim Orde Baru: Ketika Indonesia Menjadi Kapitalis

Ini Penyebab Utang Indonesia Tembus Rp 3.204 Triliun

Waspada “Economic Bubble” : Indonesia Diambang Krisis Moneter?

[KEKAYAAN SUHARTO] Cakupan, Dampak & Tanggungjawabnya Terhadap Rakyat

[FOTO] Terkuak: Misteri Luka Jenazah 7 Pahlawan Revolusi!

Artikel ini juga di forward oleh forum kaskus.co.id

*****

http://wp.me/p1jIGd-4PA

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Konspirasi Indonesia. Tandai permalink.

3 Balasan ke Kontroversi Kaos Timnas Inggris 2014 Buatan Indonesia Seharga Rp 1,7 Juta, Pekerja Hanya Dapat Rp 5 Ribu / Jam

  1. vitgo berkata:

    kesian juga ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s