[Photo] Misteri Gunung Paricutin: Lahir Disaksikan Manusia, Mengubur 2 Desa, Lalu Mati

Volcano in Indonesia

Misteri Gunung Paricutin:
Gunung Yang Lahir di Tengah Ladang, Disaksikan Manusia, Semakin Tinggi, Mengubur Dua Desa, Lalu Mati

Gunung Mountain Paricutin Mexico Meksiko

Sangat jarang, para ahli vulkanologi bisa menyaksikan sebuah kelahiran, pertumbuhan, dan kematian sebuah gunung berapi. Namun, sebuah desa bernama Paricutín memberikan kesempatan seperti itu kepada seluruh warga desanya.

Paricutín adalah gunung berapi kerucut sinder yang terletak di negara bagian Michoacan, di Meksiko, dekat dengan sebuah desa dengan nama yang sama, yang kini telah tertutup lava. Paricutín seringkali muncul dalam sejumlah versi Tujuh Keajaiban Dunia Alami.

Sebelum tahun 1943, gunung berapi tersebut tidaklah ada. Selama beberapa pekan, sejumlah suara aneh menggelegar seperti guntur, meski cuaca cerah. Suara tersebut ternyata disebabkan oleh getaran dalam tanah. Aktivitas seismik semakin intens hingga tangga 20 Februari, ketika petani setempat menyaksikan terbukanya retakan vulkanis di tengah-tengah ladang jagung.

Menurut beberapa penuturan, penduduk setempat sempat menutup retakan tersebut dengan batuan dan tanah sebelum letusan kecil dan getaran yang cukup kuat melanda wilayah tersebut.

Akhirnya gunung berapi ini meletus pada tanggal 20 Februari 1943, dan terus meletus hingga tahun 1952, dimana ia menghancurkan desa Paricutín dan San Juan Parangaricutiro, mengubur kedua desa tersebut dibawah abu dan lava.

Puncak menara Gereja San Juan Parangaricutiro adalah salah satu bangunan yang tersisa dari desa, menyembul keluar dari batuan-batuan lava yang telah mendingin dan memadat.

Paricutin volcano mexico 1943 04

Tampak pada foto, puncak menara Gereja San Juan Parangaricutiro (kiri) dan gunung Paricutin (kanan) yang sedang mengeluarkan asap pada foto yang diambil tahun 1943.

Kelahiran Gunung Yang Disaksikan Manusia

Tidak seperti kebanyakan gunung berapi lain, kelahiran gunung Paricutín belum lama tejadi. Hal ini membuat gunung berapi ini unik karena merupakan salah satu dari sedikit gunung berapi yang kelahirannya disaksikan oleh manusia.

Gunung berapi ini terletak sekitar 200 km sebelah barat dari Mexico City, disebuah bidang vulkanik bernama Michoacan-Guanajuato, yang berisi sekitar 1.400 ventilasi vulkanik.

Paricutin volcano mexico 1943 05

Seorang penduduk lokal sedang melihat gunung yang baru “lahir”, Gunung Paricutín.

Paricutín adalah gunung berapi termuda yang terbentuk di daratan dan berada dibelahan bumi utara.

Selama berminggu-minggu sebelum letusan, penduduk desa ini telah mengalami tremor atau getaran, dan gemuruh yang mendalam dari dalam perut Bumi.

Pada 20 Februari 1943 seorang petani, bernama Dionisio Pulido dan istrinya Paula, sedang membakar semak-semak diladang jagung mereka

Seketika mereka mengamati permukaan Bumi di depan mereka tiba-tiba membengkak keatas dan retak, lalu membentuk celah sekitar dua meter. Wow!

Kemudian mereka mendengar suara mendesis dan melihat asap mengepul dari celah tersebut, yang kemudian mereka menggambarkan, bahwa saat itu tercium bau telur busuk yang menjijikkan.

Dionisio Pulido tidak yakin dengan apa yang telah ia alami itu, tapi kejadian pada saat itu membuat dirinya cukup takut untuk melarikan diri dari TKP. Iapun terpaku dan terpana. Luar biasa, apa yang petani tersebut saksikan sebenarnya adalah kelahiran sebuah gunung, dengan munculnya sebuah kaldera  gunung berapi baru.

Paricutin volcano mexico 1943 02

Foto saat Gunung api Paricutin, menggelegar dan mengeluarkan asap beberapa hari setelah “lahir”.

Keesokan harinya, Dionisio, bersama dengan beberapa orang lain dari desa, keluar saat fajar untuk memeriksa situs. Apa yang mereka lihat membuat mereka kagum sekaligus takut.

Batu-batuan dan asap terlempar ke langit, sementara kerucut tumbuh di depan mata mereka. Setelah sedikitnya lebih dari satu hari, kerucutnya sudah tinggi 50 meter, dan dalam waktu seminggu telah mencapai 100 meter!

Lalu, lava mulai mengalir keluar dari puncaknya ke tanah disekitarnya. Sungguh pengalaman nyata di depan mata yang sangat jarang dilihat oleh manusia kebanyakan.

Letusan Yang Semakin Kuat

Letusan gunung “kemarin sore” ini menjadi lebih kuat pada bulan Maret ditahun yang sama 1943, dan menghasilkan kolom asap setinggi beberapa kilometer ke udara dan mulai merambah ke kota Paricutín dan San Juan di dekatnya. Aktivitas paling intens dari Paricutin terjadi selama tahun pertama yang memuntahkan lebih dari 90 persen dari jumlah total material yang dimuntahkan oleh gunung berapi tersebut.

Tanggal 12 Juni, lava mengalir hingga ke desa. Pada Bulan Agustus, kota Paricutín dan San Juan ditinggal oleh seluruh penduduknya, dan terkubur oleh lava dan debu.

Paricutin volcano mexico 1943 03

Gunung api Paricitin yang baru berusia seminggu, difoto pada tanggal 28 Februari 1943.

Asap tebal, abu, asap belerang dan lava membuatnya tidak aman bagi orang-orang di desa-desa Paricutín dan San Juan Parangaricutiro untuk tetap tinggal, dan mereka harus diungsikan.

Pada bulan Agustus tahun 1944, sebagian besar desa Paricutín dan Parangaricutiro tertutup lava dan abu. Hanya menara gereja San Juan Parangaricutiro yang terlihat di atas lapangan lava. Karena evakuasi tepat waktu, tidak ada yang tewas oleh lava atau abu. Namun, tiga orang tewas tersambar petir yang terkait dengan letusan.

Untuk sembilan tahun ke depan gunung berapi Paricutin terus meletus, meskipun ini didominasi oleh letusan relatif tenang dari lava yang meghanguskan 25 kilometer persegi tanah disekitarnya. Aktivitas gunung berapi tersebut mulai mereda setelah 6 bulan letusan terakhir, dimana pada waktu itu sering terjadi aktivitas letusan yang dahsyat.

Pada tahun 1952, letusan berakhir dan Paricutín pun tenang, setelah mencapai ketinggian akhir 424 meter (atau 1.391 kaki) di atas ladang jagung, tempat di mana ia lahir.

Paricutin volcano mexico 1943 06

Foto Gunung Paricutín dengan asapnya yang menjulang keangkasa diambil dari sebuah desa terdekat yang telah hancur porak-poranda.

Gunung Api Monogenetik

Paricutín diyakini adalah gunung berapi monogenetik, yang berarti bahwa gunung ini tidak akan meletus lagi. Hal ini diklasifikasikan sebagai gunung berapi mati (extinct volcano). Kerucut sinder dan gereja yang setengah terkubur disana, populer di kalangan wisatawan hingga saat ini.

Kelahiran gunung berapi Paricutin telah menarik perhatian luar biasa, baik dari kalangan ilmuwan, maupun rakyat pada umumnya. Pesawat Pan American yang melayani rute Los Angeles-Mexico City dilaporkan dialihkan dari rute biasa agar mereka dapat menunjukkan gunung berapi baru tersebut kepada para penumpangnya.

Aktivitas vulkanis merupakan hal biasa bagi dataran Meksiko. Paricutín hanyalah gunung termuda di antara 1.400 gunung berapi yag membentang di jalur vulkanis Trans-Meksiko. Gunung Paricutín sangatlah unik, karena kejadiannya dapat diamati sejak awal. Ajaibnya, tak ada catatan korban meninggal yang diakibatkan oleh letusan, meski 3 orang tercatat tewas akibat sambaran petir yang dihubungkan dengan Paricutín.

Bahkan peristiwa kelahiran Paricutin menarik perhatian layar perak. Rekaman gunung berapi selama fase aktif dimasukkan dalam film “Captain from Castile” yang dirilis pada tahun 1947. (dari berbagai sumber Paricutin volcano)

Paricutin volcano mexico 1943 01

Tampak warga desa setempat sedang mengamati Gunung Paricutin yang baru “lahir” mengeluarkan asap.

Paricutin volcano mexico 1943 07

Tampak dari desa terdekat, Gunung Paricutin yang baru “lahir” mengeluarkan asapnya yang tebal dan membumbung tinggi ke angkasa.

Paricutin volcano mexico 1943 08

Inilah Gereja San Juan yang sempat tergerus oleh lava yang keluar dari Gunung Paricutin yang baru “lahir” pada tahun 1943, pada masa kini gereja itu telah menjadi objek wisata.

Paricutin volcano mexico 1943 09

Gunung Paricutin yang baru “lahir” pada tahun 1943, dan kini sudah “mati” saat dilihat dari udara.

Paricutin volcano mexico 1943 10

Inilah Gunung Paricutin yang “lahir” pada tahun 1943, pada masa kini sudah “mati” dan penampakannya dilihat dari satelit via Google Map.

Paricutin volcano mexico 1943 11

Beginilah kaldera atau isi kepundan Gunung Paricutin yang sudah “mati” pada masa kini dilihat dari udara.

Map_mexico_volcanoes Paracutin

Video:

Short Story: Volcan Paricutin (Michoacan, Mexico) Documentary

Artikel Lainnya:

Pulau Heboh Nongol Setelah Meletusnya Gunung Api Bawah Laut

Warga Takjub, Pulau Heboh Ini Nongol Setelah Gempa!

Ditemukan: Gunung Api Mega Besar Dibawah Samudera Pasifik!

Sejarah Meletusnya Gunung Galunggung Sejak 1822, 1894, 1918 dan 1982

Letusan Gunung Samalas (Rinjani), Lebih Besar Dari Krakatau Bahkan Tambora!

Misteri dan Kronologi Meletusnya Tambora, Tiga Kerajaan Lenyap Seketika!

Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia

Nama Asli Gunung-Gunung di Indonesia Dalam Bahasa Sansekerta

Peristiwa-Peristiwa Mistis di Gunung Salak Jawa Barat

Misteri Gunung Salak Dan Beberapa Kecelakaan Pesawat

5 Gunung Paling Angker di Indonesia

Ini Dia!! Megalith “Gunung Padang” Jabar, “Stone Henge” Versi Indonesia (Gunung Padang – PART 1)

Hubungan Misterius Antara Bulan Purnama Dengan Gunung Meletus

7 Gempa di Indonesia Yang Tercatat Dengan Jumlah Korban Ribuan

Mauritia, Benua Yang Hilang di Samudera Hindia

=> Puluhan Artikel Lainnya Terkait Fenomena Alami <=

Artikel ini juga di forward oleh forum viva.co.id

*****

http://wp.me/p1jIGd-5n6

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Fenomena Alami, Misteri Dunia. Tandai permalink.

3 Balasan ke [Photo] Misteri Gunung Paricutin: Lahir Disaksikan Manusia, Mengubur 2 Desa, Lalu Mati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s