Harta Karun Era Majapahit Ditemukan di Pulau Nangka Malaysia

harta karun indonesian-national-treasure

Harta Karun Era Majapahit Ditemukan di Pulau Nangka Malaysia

harta karun koin era majapahit di pulau nangka malaysia 01

Koin dan medali, harta karun di Pulau Nangka, Selat Malaka. (The Star)

Sama seperti di Indonesia, penemuan harta karun yang tertimbun sejak ratusan tahun lalu di Malaysia juga membuat heboh warganya. Lokasinya berada di sebuah pulau kecil di selat Malaka, bernama Pulau Nangka (lihat peta satelit).

Penemuan itu diberitakan pada Rabu 30 April 2014 waktu setempat, beberapa jam sebelum kontrak perusahaan Smart Partnership International sebuah perusahaan yang diberi izin sejak Januari 2014 untuk menelusuri harta karun di pulau tersebut berakhir.

Menurut The Star, Jumat (2/5/2014), para pekerja dari Smart Partnership International telah menemukan 2 medali kuno dan 1 koin ringgit bernilai tinggi.

Koin dan medali tersebut berada di dinding goa yang terdapat di pulau kecil tersebut. Warga setempat meyakini, sedikitnya ada 20 ruang tersembunyi berisi harta karun di dalam goa itu.

pulau nangka malaysia map peta

Koin Bermotif tulisan Arab dan Jawi Era Majapahit

Kepala Museum Malaka Datuk Khamis Abas mengatakan, temuan koin dan medali itu memiliki motif tulisan Arab dan Jawi. Mirip juga dengan tulisan bahasa Sansekerta atau tulisan kuni Pallava Tamil (tulisan Palawa) yang diduga dari era Majapahit.

“Dari indikasi awal, kami meyakini temuan itu adalah medali. Berdasarkan ukurannya yang mirip medali. Tapi penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum kami bisa memastikan dari era mana medali itu berasal,” terang Abas.

harta karun koin era majapahit di pulau nangka malaysia 02Pemerintah Malaka berencana mengrahkan perusahaan lain yang berbasis di Kuala Lumpur, Legenda Treasures Sdn Bhd, untuk melanjutkan pencarian dan penggalian di goa tersebut.

Gubernur Malaka Datuk Seri Idris Haron telah mengkonfirmasi temuan itu, tapi ingin otoritas terkait untuk menentukan keasliannya. Juga menyelidiki apakan temuan itu memang sengaja ditanam di sana.

“Uji karbon akan digunakan untuk meneliti temuan itu. Salah satu koin (medali) akan menjalani uji laboratorium oleh arkeolog profesional,” kata Idris.

Idris mengatakan, jika koin yang ditemukan itu asli, maka perusahaan Smart Partnership International diperbolehkan melanjutkan pencarian harta karun itu.

Legenda Lama

Pembicaraan tentang harta karun di pulau itu sebenarnya sudah lama. Namun belum ada yang berhasil menemukannya. Banyak pemburu harta karun mencoba mencarinya, bahkan menggunakan beberapa dinamit untuk meledakkan batu-batu untuk bisa masuk ke dalam goa.

harta karun koin era majapahit di pulau nangka malaysia 03Menurut penduduk desa, goa itu dilindungi oleh kutukan atau roh gaib.

Sekitar 30 tahun lalu, sekelompok orang berhasil masuk ke goa. Tapi mereka tidak bisa mengambil salah satu dari harta karun itu.

Mereka dilaporkan keluar goa dalam keadaan bingung setelah melihat lebih dari 80 peti emas di dalamnya.

Belajar dari cerita masyarakat, perwakilan dari perusahaan yang ditunjuk oleh pemerintah negara bagian pun meminta bantuan spiritual sebelum melakukan eksplorasi tersebut.

Namun seiring berjalannya waktu, berita ini sepertinya ikut terkubur dengan harta karun itu menjadi seperti sebuah rahasia negara. Biasanya jika pihak Malaysia merahasiakannya, maka ia akan membantah telah menemukan harta karun itu sebagai kabar bohong.

Atau bisa jadi karena takut heboh akan diketahui dunia dan dapat membuat para pemburu berbondong-bondong ikut mencari harta itu disana, atau takut klaim Indonesia yang akan mengambil harta era Majapahit itu sebagai miliknya.  (The Star / Mut, Tanti Yulianingsih, liputan6.com)

Artikel Lainnya:

Misteri Harta Karun Ribuan Ton Emas Rampasan Jepang di Indonesia

Ada Ratusan Ton Harta Karun Kapal Karam Seantero Indonesia!

Arkeolog Klaim: Temukan “Kunci” Harta Karun Suku Maya, 8 Ton Emas!

Konspirasi: “Mystery of The National Treasures of Indonesian Kingdoms”

Artikel ini juga di forward oleh forum viva.co.id

*****

http://wp.me/p1jIGd-5BU

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Misteri Indonesia dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Harta Karun Era Majapahit Ditemukan di Pulau Nangka Malaysia

  1. joko berkata:

    bener ga nih? kereeeennn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s