Misteri Penampakan USO: Cahaya Dalam Air Laut di Wediombo Gunungkidul

USO unidentified submerged object HEADER

Penampakan ‘USO’ Membuat Warga Geger: Air Bercahaya di Pinggir Laut Pantai Wediombo Gunungkidul

Warga di sekitar Pantai Wediombo, Girisubo, Gunungkidul, digegerkan dengan munculnya pusaran air laut yang mengeluarkan cahaya tak dikenal dari dalam lautan atau disebut juga Benda Bawah Air Tak Dikenal atau USO (Unidentified Submerged Object). Cahaya itu muncul selama dua hari berturut-turut sejak Minggu (09/11/2014) lalu.

Sunu Handaka Bayu, salah satu anggota Tim SAR Pantai Wediombo, menuturkan, awalnya cahaya itu dilihat oleh Sudadi. Saat itu, Sudadi yang juga merupakan personel Tim SAR, sedang berjaga dan melihat pusaran air di tengah laut, disertai cahaya putih.

Merasa belum pernah melihat hal aneh semacam itu, dia lalu memberitahukan apa yang dia lhat kepada anggota tim SAR lainnya dan juga beberapa warga. “Saya bersama beberapa warga langsung ke pantai. Dan benar, ada cahaya putih seperti yang diceritakan,” kata Sunu Handaka Bayu, Selasa (11/11/2014) malam.

Pantai Wediombo, Girisubo, Gunungkidul

Pantai Wediombo, Girisubo, Gunungkidul

Menurut Sunu, lokasi cahaya berada sekitar 500 meter dari bibir pantai. Bentuknya seperti gangsing, berupa pusaran yang mengeluarkan cahaya putih besar. “Ya kira-kira ada putaran dan keluar cahaya putih kecil di sekitarnya,” kata dia.

Pada Minggu (9/11/2014) dan Senin (10/11/2014) malam fenomena aneh itu kembali muncul. Waktu kemunculannya sekitar pukul 19:30 Wib sampai dengan 21:00 Wib.

“Awalnya warga yang belum melihat tidak percaya, lalu yang hari kedua ketika muncul lagi warga kaget. Karena memang belum pernah terjadi peristiwa seperti itu,” tandas dia.

Setelah dua hari muncul, Selasa malam kemarin, warga dan SAR termasuk beberapa wartawan sengaja menunggu di bibir Pantai Wediombo. Namun sampai pukul 21.00 Wib cahaya dari tengah laut itu tidak muncul lagi.

USO benda bawah air tak dikenal

Benda Bawah Air Tak Dikenal (BBAD) (gambar ilustrasi)

Bahkan setelah berkoordinasi dengan SAR, pantai lain yang dekat dengan Pantai Wediombo selama dua hari lalu tidak ada satupun dari mereka yang melihat cahaya putih dari tengah laut.

“Jadi kemungkinan hanya di Pantai Wediombo, karena SAR pantai sekitar tidak ada yang menyaksikan,” ujarnya. Hingga saat ini belum diperoleh penjelasan ilmiah mengenai fenomena pusaran bercahaya tersebut.

Plankton Dinoflagellates

Beberapa spesies bersel tunggal yang disebut plankton dinoflagellates dapat cahaya ketika terganggu. Pasang, badai, kolam kehidupan laut dan kapal-kapal yang lewat dapat menyebabkan sejumlah besar plankton ini menghasilkan cahaya secara bersamaan.

Biasanya plankton dinoflagellates ini juga bertanggung jawab atas fenomena aneh yang dikenal sebagai “susu laut”, yang menyebabkan air dipermukaan laut nampak bercahaya.

USO Bioluminescence

Di dalam air, plankton Dinoflagellates akan tampak bercahaya atau bioluminescence saat air seperti diaduk.

Namun beberapa spesies plankton, ubur-ubur dan cumi-cumi diketahui juga mampu mengeluarkan cahaya. Plankton yang disebut dinoflagellates itu akan mengeluarkan cahaya, prosesnya disebut bioluminesensi ketika mereka terganggu.

Bioluminesensi ditemukan secara alami pada berbagai macam makhluk hidup seperti cendawan, bakteri dan organisme di perairan.

Namun bioluminesensi tidak ditemukan pada tanaman berbunga, hewan vertebrata terestrial, amfibi dan mamalia. Bioluminesensi pada hewan umumnya digunakan sebagai sinyal kawin, predasi, dan perlindungan terhadap pemangsa.

Akan Diteliti Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gunung Kidul

Terkait terlihatnya cahaya itu di Wediombo Gunungkidul, maka Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gunung Kidul akan melakukan penyelidikan di sekitar Pantai Wedi Ombo.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gunung Kidul, mengaku telah menghubungi warga yang tinggal di daerah pesisir pantai. Menurut laporan yang masuk ke DKP, warga menuturkan memang melihat adanya cahaya dari dalam laut sekitar 500 meter dari bibir pantai.

Cahaya itu muncul selama dua malam, yakni pada Minggu (9/11/2014) dan Senin (10/11/2014) malam. Pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) berencana  akan mengecek ke lokasi untuk mengetahui asal dari cahaya yang muncul itu.

USO plankton Noctiluca_scintillans

Tampak efek Bioluminesensi terlihat juga pada plankton jenis Noctiluca Scintillans

Selain itu pihak DKP juga menjelaskan, bahwa Pantai Wediombo memang merupakan kawasan konservasi laut, jadi dilokasi tersebut terdapat aneka ragam biota laut, fauna yang sangat banyak dan biota yang beragam. Karena itu kawasan tersebut djadikan kawasan konservasi.

Pihak DKP Gunugkidul juga akan berkoordinasi dengan DKP DIY untuk melakukan analisis asal dari pusaran air yang mengeluarkan cahaya tersebut, jika perlu akan melibatkan ahli dari UGM.

Hingga kini pihak DKP belum bisa menduga penyebab munculnya pusaran yang mengeluarkan cahaya itu. Lokasi munculnya cahaya berada sekitar 500 meter dari bibir pantai.

Selama dua hari cahaya itu muncul sekitar pukul 19.30 WIB sampai dengan 21.00 WIB atau pada hari Minggu (9/11/2014) dan Senin (10/11/2014) malam. Hingga kini tak ada yang tahu benda atau makhluk apakah yang menyebabkan air laut dapat bersinar dikedua malam itu. (tribunnews/kompas).

45 minutes – Historical USOs Unidentified Submerged Objects Sightings [FULL DOCUMENTARY]

45 minutes – UFO Hunters S1E2 –  USOs Unidentified Submerged Object [FULL DOCUMENTARY]

45 minutes – Underwater UFOs Unidentified Submerged Objects [UFO Documentary]

Artikel Lainnya:

13 Penampakan USO (Objek Bawah Air Tak Dikenal) Dengan Saksi Terbanyak

Ditemukan: Mirip UFO Teronggok di Dasar Laut Baltik!

Ditemukan Struktur Misterius Dibawah Laut California AS, Alien Base?

Temuan Piramida Besar Di Bawah Samudera Atlantik

Misteri Perahu Bulat Mirip UFO Terdampar di Jepang Tahun 1803

Runtuhan Kota Bawah Laut Kuba

7 Jenis Alien Yang Pernah ke Bumi

*****

http://wp.me/p1jIGd-5Mw

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Misteri UFO (BTTD) Indonesia dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s