Akhirnya Terkuak! Dampak MSG Terhadap Kesehatan Anda

junk food header

Akhirnya Terkuak! Bahaya dan Dampak MSG Terhadap Kesehatan Anda

MSG header

No-MSGBagaimana dampak MSG (mono-sodium glutamate) terhadap kesehatan Anda? Jawaban singkatnya adalah: MSG adalah buruk bagi kesehatan Anda.

Namun, Anda dapat memaklumi kepada banyak orang yang belum mengetahui hal ini sebagai bukti dari efek negatif dari monosodium glutamat secara penuh dari hasil penelitian dalam 10 tahun terakhir.

MSG merupakan garam natrium dari asam glutamat yang merupakan salah satu asam amino non-esensial paling berlimpah yang terbentuk secara alami. MSG memiliki Kode HS 29224220 dan Nomor E E621.

Glutamat dalam MSG memberi rasa umami (gurih) yang sama seperti glutamat dari makanan lain. Keduanya secara kimia identik. Produsen makanan industri memasarkan dan menggunakan MSG sebagai penguat cita rasa karena zat ini mampu menyeimbangkan, menyatukan, dan menyempurnakan persepsi total rasa lainnya. Nama dagang untuk monosodium glutamat termasuk diantaranya AJI-NO-MOTO®, Miwon, Vetsin, dan Ac’cent.

Sejarah Penemuan MSG

Kikunae_Ikeda MSGSejarah MSG berawal dari seorang profesor bernama Kikunae Ikeda  (1864 – 1936) asal Jepang, ia adalah seorang profesor dibidang kimia dari Tokyo Imperial University di Jepang.

Dialah yang mengisolasi asam glutamat sebagai bahan rasa baru pada tahun 1908 dari ganggang laut bernama Laminaria japonica dan kombu, (sejenis ganggang atau rumput laut) dengan ekstraksi air dan kristalisasi, dan menamai rasa ini dengan nama: umami (rasa khas MSG).

Lalu ia meneliti bahwa kaldu Jepang bernama katsuobushi (nama jenis makanan awetan berbahan baku ikan cakalang atau disebut juga katsuo) dan kombu (sejenis ganggang atau rumput laut) memiliki rasa yang berbeda dari rasa yang pernah ada pada waktu itu.

Keduanya mempunyai rasa tidak biasa dan secara ilmiah rasanya belum dideskripsikan serta berbeda dari rasa yang telah ada yaitu rasa manis, asin, asam, dan pahit.

https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/19/Katsuobushi.jpg/320px-Katsuobushi.jpg

Katsuobushi yang sudah diserut, salah satu bahan pembuat MSG. (wikipedia)

Untuk memverifikasi bahwa glutamat yang diionisasi adalah penyebab rasa umami, maka profesor Ikeda mempelajari berbagai sifat rasa garam glutamat seperti kalsium, kalium, dan magnesium glutamat.

Semua garam menghasilkan rasa umami selain ada juga rasa logam tertentu akibat adanya mineral lain dalam garam tersebut.

Diantara garam-garam itu, sodium glutamat adalah yang paling mudah larut dan sedap, serta mudah dikristalkan.

Dari hasil penemuannya itulah, maka Profesor Kikunae Ikeda adalah sebagai orang pertama yang telah berhasil menemukan senyawa kimia sekaligus juga dikenal sebagai orang pertama yang berhasil memberikan rasa umami (gurih) tersebut pada tahun 1908.

https://i2.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/10/Kombu.jpg/263px-Kombu.jpg

Kombu (sejenis ganggang atau rumput laut) salah satu bahan pembuat MSG. (wikipedia)

Ikeda menemukan suatu senyawa asam glutamat yang bisa membuat rasa enak dan gurih ini untuk masakan campuran rumput laut, tomat, dan daging.

Lalu, Profesor Ikeda menamai produk ini ‘monosodium glutamat’ dan mengajukan paten untuk membuat MSG.

Kemudian keluarga Suzuki bersaudara memulai produksi MSG komersial pada tahun 1909 sebagai AJI-NO-MOTO®, yang dalam bahasa Jepang berarti “intisari rasa“, dan ini merupakan kali pertama monosodium glutamat diproduksi di dunia.

Penelitian Terbaru Terhadap Dampak MSG Dalam 10 Tahun Terakhir

Sebuah meta-analisis yang diterbitkan pada tahun 2006 (Freeman, 2006), mengenai evaluasi keamanan monosodium glutamat, masih menyatakan bahwa banyak penelitian yang diterbitkan termasuk pada tahun 2000 lalu dalam Journal of Nutrition (penelitian Walker & Lupien, 2000) juga telah ditemukan dan menyatakan tidak ada data klinis untuk mencurigai adanya efek negatif yang nyata terhadap MSG.

msg makes unhealthy fat

MSG membuat dampak Obesitas yang tak menyehatkan.

Namun ternyata, bukti bahaya yang baru mulai bermunculan pada tahun 2006, yang pertama muncul adalah dalam percobaan oleh model tikus.

Pada penelitian itu telah menunjukkan hasil yang nyata yaitu kerusakan hati dan otak setelah MSG dosis serendah 4 mg/kg dicampurkan dan kerusakan itu dapat dikurangi dengan menggunakan vitamin C (penelitian Farombi et al, 2006).

Tahun 2006 tampaknya menjadi tahun penting, ketika penelitian ini beralih dengan menunjukkan efek yang meyakinkan hingga MSG dosis serendah 30 mg/kg pun dapat beresiko dan melupakan efek negatif dosis yang lebih masuk akal sebelumnya, yaitu sebesar 4 mg/kg.

Dua tahun sesudahnya pada tahun 2008, sebuah studi masuk ke dalam Journal of Autoimmunology, memperkuat temuan yang menunjukkan adanya kerusakan hati, dan juga menunjukkan peran dalam memberikan kontribusi untuk obesitas pada model tikus (penelitian Nakanishi et al, 2008).

MSG monosodium-glutamate-side-effects

Efek samping MSG pada tikus membuatnya menjadi gemuk penuh lemak yang tak sehat dan membuat hati menjadi bekerja lebih keras..

Kerusakan pada hati sekali lagi dikonfirmasi pada tahun 2009, kali ini berkontribusi terhadap penyakit hati berlemak non-alkohol atau non-alcoholic fatty liver disease (penelitian Collison et al, 2009).

Semua bukti itu semakin menguatkan, karena baru-baru ini ditemukan terkaitnya MSG dengan kelebihan berat badan (overweight) yang menghasilkan obesitas dalam studi populasi di Cina (penelitian Xun et al, 2011).

Kerusakan hati sekali lagi dikonfirmasi baik pada tahun 2011 dalam model tikus lain, yaitu tentang efek jangka panjang dari MSG terhadap hati tikus putih setelah terpapar neonatal (penelitian Bhattacharva et al, 2011)

msg makes mice fatDan kerusakan hati juga terjadi pada model tikus lain melalui studi histokimia dari pengaruh MSG pada hati tikus Wistar dewasa (penelitian Eweka et al, 2011).

Lalu ada pula sebuah studi kasus yang diverifikasi lagi pada tahun 2012 dengan model kucing, tentang penyakit non-alkohol hati berlemak yang mengunduksi efek pengaruh makanan MSG pada penyakit trans lemak-induksi (penelitian Collison et al, 2012).

Sejak tahun 2012, MSG telah digunakan dalam percobaan untuk menyebabkan kerusakan hati atau otak (penelitian Horvath et al, 2013) yang menyelidiki perkembangan saraf dengan menggunakan MSG untuk menghambat pengembangan syaraf secara tepat.

Sekarang cukup jelas bahwa dampak negatif MSG pada dasarnya telah “menghajar secara perlahan” minimal hati dan otak semua hewan mamalia, termasuk kepada manusia tanpa kecuali, dan bukan hanya orang-orang yang hipersensitif.

Untuk menempatkan masalah yang mengerikan ini dalam perspektif kita adalah: kita telah beralih dari menyimpulkan melalui meta-analisis bahwa MSG memiliki efek nyata negatif jika menggunakannya dan menyebabkan masalah neurologis dalam model tikus.

MSG food-additives-to-avoid

Sains memang tidak sempurna, dan seakan sering “termakan oleh waktu” selama bertahun-tahun untuk dapat menentukan suatu dampak yang ternyata kedepannya dapat berjangkauan secara lebih luas efeknya terhadap banyak zat aditif (zat tambahan) lainnya di dalam makanan kita.

Meskipun hasil penelitian oleh pakar-pakar laboratorium ini merupakan temuan baru, namun anehnya pihak Badan Pengawasan Makanan AS atau FDA (Food and Drug Administration) masih tidak memperbarui sikap mereka sejak tahun 2012 lalu! Hal ini terbukti dari informasi berdasarkan situs mereka yang tak lagi ter-updated hingga kini, dan masih menyatakan bahwa MSG umumnya tak berbahaya dan aman!

Begitu juga info mengenai MSG pada laman wikipedia yang mengkonfirmasi bahwa FDA (Food and Drug Administration) di AS itu, masih mengklasifikasikan MSG sebagai Generally Recognized as Safe (GRAS /atau secara umum diakui aman) dan di Uni Eropa digunakan sebagai zat tambahan makanan, lalu akhirnya mendunia.

MSG Food-Chemicals

MSG (monosodium glutamate), GMO (genetical modified organism), aspartame (pemanis buatan), flouride, penyadapan dan chemtrail adalah agenda elite dunia untuk memantau perilaku manusia, membuat pemikiran manusia berubah anarkis, terjangkit penyakit dan memperpendek umur manusia.

Banyak penelitian lain yang muncul, juga menyatakan bahwa aspartam (pemanis buatan) memiliki dampak negatif terhadap sejenis flora di dalam usus kita yang berguna bagi manusia.

Namun semua efek berbahaya itu menjadi tidak mengejutkan lagi bagi kebanyakan orang, walau telah terbukti banyak zat aditif (zat tambahan) pada makanan lain yang umumnya kita makan, ternyata telah ditemukan dampak biologinya terhadap kesehatan kita, tapi anehnya justru kita tidak mau mengantisipasinya.

Illuminati Card Game - EpidemicHal ini sangat mungkin karena efeknya cenderung lama bahkan menahun, namun dengan pasti, terbukti dari pasien dan penderitanya yang selalu bertambah dan semakin bertambah dari tahun ke tahun, seperti yang ditunjukkan dalam sebuah studi baru-baru ini ketika menyelidiki efek neurologis (syaraf) akibat dari MSG dan aspartam ( penelitian Abu-Taweel GM et al, 2014 ).

Itulah semua hasil penelitian oleh para ahli-ahli farmasi dan laboratorium di dunia selama beberapa tahun terakhir tentang dampak MSG bagi tubuh kita.

Walau sudah dibukukan bahkan banyak terdapat di internet, namun hasil penelitian mereka seakan “ditelan” oleh Bumi dan tak diangkat kepermukaan.

Inilah salah satu bukti lagi, bahwa Depopulasi Dunia memang sudah dijalankan untuk memangkas populasi manusia secara massive agar jauh lebih sedikit akibat semakin minimnya sumber daya dan stok pangan di Bumi yang tak lagi dapat menyuplai seluruh umat manusia di dunia. Semoga bermanfaat. (IndoCropCircles)

Daftar Pustaka:

– Walker & Lupien (2000) – The safety evaluation of monosodium glutamate.

– Freeman (2006) – Reconsidering the effects of monosodium glutamate: a literature review.

– Farombi et al (2006) – Monosodium glutamate-induced oxidative damage and genotoxicity in the rat: modulatory role of vitamin C, vitamin E and quercetin.

– Nakanishi et al (2008) – Monosodium glutamate (MSG): a villain and promoter of liver inflammation and dysplasia.

– Collison et al, (2009) – Effect of dietary monosodium glutamate on trans fat-induced nonalcoholic fatty liver disease.

– Xun et al (2011) – Consumption of monosodium glutamate in relation to incidence of overweight in Chinese adults: China Health and Nutrition Survey (CHNS).

– Bhattacharva et al (2011) – Long term effect of monosodium glutamate in liver of albino mice after neo-natal exposure.

– Eweka et al (2011) – Histochemical Studies of the Effects of Monosodium Glutamate on the Liver of Adult Wistar Rats.

– Collison et al (2012) – Nutrigenomics of hepatic steatosis in a feline model: effect of monosodium glutamate, fructose, and Trans-fat feeding.

– FDA (not updated) (2012) – Questions and Answers on Monosodium glutamate (MSG)

– Horvath et al (2013) – Exposure to Enriched Environment Decreases Neurobehavioral Deficits Induced by Neonatal Glutamate Toxicity.

– ExposingTruth.com (2013) – Aspartame has also emerged as negatively impacting gut flora: The Bacteria You Need.

– Abu-Taweel GM et al, (2014) –  Cognitive and biochemical effects of monosodium glutamate and aspartame, administered individually and in combination in male albino mice.

Bahaya MSG akhirnya terkuak

ARTIKEL BAHASA INDONESIA PERTAMA DI INTERNET

Artikel Lainnya:

Depopulasi Dunia: Pesawat Semprot Zat Kimia Berupa “Chemtrails” di Angkasa

[VIDEO] Gila!! Depopulasi Dunia Sedang Berjalan! Depopulation Is On The Way!

Bahaya GMO Picu Kanker: Indonesia Harus Cegah! Tanaman Trans Genetik Membahayakan Kesehatan

Gila!! Minuman Pemanis Buatan Sebabkan 200.000 Kematian Per Tahun!

Wow! Ilmuwan Ungkap Bahaya Minuman Soda Bagi Otak dan Tubuh Kita!

Cara Alkohol Pengaruhi Sistem Saraf dan Kemampuan Otak

Terkuak! Inilah 15 Bahan Yang Jarang Diketahui di Dalam Makanan Siap Saji

Karyawan ‘Fast Food’ Mengatakan: “Jangan Pesan Makanan Ini!”

Menguak Fakta 10 Makanan Buatan AS Yang Ditolak Di Negara Lain

Virus Ebola Mematikan dan Tiada Obatnya, Lebih Dari 5.000 Orang Sudah Tewas!

Buah Sirsak, Pembunuh Kanker Yang Khasiatnya Disembunyikan Pabrik Obat

Laboratorium Amerika Kembangkan 324 Senjata Biologis!

Gila! Puluhan Anak Di Suriah Tewas Oleh Vaksin Yang Berasal Dari PBB

40% Manusia Terinfeksi “Mind Control Parasit”

Jamur Cordyceps: Hancurkan Otak Korban, Jadi Zombie, Lalu Mati

Setengah Warga Britons (Turunan Inggris) Akan Kena Kanker Tahun 2020

Wow! 98 Juta Rakyat Amerika Telah Terinjeksi Oleh Virus Kanker!

Tanpa Obat, Ternyata Protein di Tubuh Manusia Bisa Hancurkan Kanker

Ilmuwan: Jahe, Obat Kanker Prostat & Kanker Leukemia!

Inilah 6 Makanan Jahat Utama Biang Keladi Penyebab Kanker

Menguak Konspirasi Jahat AS Terhadap Indonesia, Tentang Virus Flu Burung (H5N1)

Ini Dia! Misteri Manusia Masa Lalu Berumur Lebih Panjang

Terkuak, Rahasia Umur Panjang ala Jepang: Hyaluronic Acid, Zat Panjang Umur!

Wow!! Peneliti Klaim Temukan Pil Penunda Penuaan

Kontroversi Menkes Endang Rahayu, NAMRU dan Bisnis AS di Indonesia

Telomer Kromosom Mampu Prediksi Kematian Anda

Penelitian Ilmiah: Inilah Fenomena Yang Dialami Usai Meninggal

Misteri Kematian: Gila!! Ilmuwan Klaim, Kematian Bisa Ditunda

Antibiotik Super ada di Darah Panda

Kanker Stadium-4, Gadis Cilik ini Sembuh Karena Terapi Alkalis Memakan Sayur dan Buah

Fakta Ganja: Obat Kanker Masa Depan!

Peneliti: Ganja Bisa Turunkan Risiko Diabetes

Ditemukan: Virus Penyebab Kegemukan (Obesitas)

MERS Kembali Mewabah: Corona Virus Mirip SARS Yang Misterius

Peneliti: Operasi Sambung Kepala Manusia Bisa Dilakukan

8 Makanan Alami Ini Dapat Mengatasi Asma

Bisnis Transplantasi Ilegal: Kejahatan Yang Belum Ada Dalam Sejarah

Mengerikan, Penderita AIDS di Indonesia Terus Naik!

Bongkar Misteri: Bagaimana HIV Sebabkan AIDS

10 Manfaat Rokok Bagi Kesehatan Manusia? Gila!

*****

http://wp.me/p1jIGd-5MT

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Penyakit & Kesehatan dan tag , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Akhirnya Terkuak! Dampak MSG Terhadap Kesehatan Anda

  1. Healthyinfo_808 berkata:

    Boleh share artikel” blog ini di instagram ga? Soalnya infonya bagus banget

  2. azzam berkata:

    serem juga yeh..

  3. mind berkata:

    Artikel baguss.. Sangat komprehensif, di dukung dgn pustaka yg lengkap. Excellent! Ijin share linkny ya, gan.

  4. Eye berkata:

    kayanya ada yang perlu diralat dari paragraf ini : “Pada penelitian itu telah menunjukkan hasil yang nyata yaitu kerusakan hati dan otak setelah MSG dosis serendah 4 mg/kg dicampurkan dan kerusakan itu dapat dikurangi dengan menggunakan vitamin C (penelitian Farombi et al, 2006).”

    soalnya di link aslinya begini :
    “…MSG administered intraperitoneally at a dose of 4 mg/g body wt markedly increase malondialdehyde (MDA) formation in the liver, the kidney and brain of rats.”

    beda jauh 4 mg/kg bb sama 4 mg/g bb kan ya.
    dosis yang dipakai di penelitian itu 4 mg/g bb, artinya 4000 mg/kg bb donk, siapakah yang mau makan MSG sebanyak itu? penelitiannya pake dosis ekstrim euy.

  5. sunarno berkata:

    manusia memiliki batasannya yang disebut self limiting, dimana dosis yang dilakukan dalam percobaan tidak akan tercapai oleh konsumsi manusia. Kenapa? sebelum mencapai dosis yang mendekati penelitian pada tikus maka manusia sudah tidak mengkonsumsinya, karena makanan dengan dosis sebesar itu pasti justru tidak enak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s