Misteri Tjipetir Terkuak: Heboh Temuan Blok “Tjipetir” di Pantai Seantero Eropa

misteri lempengan tjipetir header

Tjipetir Mystery Solved!
Heboh Misteri Ditemukannya Lempengan Bertuliskan “Tjipetir” di Pantai Seantero Eropa

Tjipetir was the name of a plantation in West Java, west of Bandung. As of 2014, marine debris consisting of blocks of what appears to be gutta-percha with the word “TJIPETIR” on them has been found on beaches throughout Europe. They are believed to be coming from one or more sunken ships. The wreck of the RMS Titanic and the wreck of Miyazaki Maru have both been put forward as potential sources of the blocks.

lempeng tjipetir 001

Suatu hari di musim panas 2012, Tracey Williams sedang menemani anjingnya jalan-jalan di pantai dekat rumahnya di  Newquay, Cornwall, Inggris. Perempuan itu melihat benda persegi hitam, mirip talenan, di antara gundukan pasir.

Ia mendekati benda itu, menyentuhnya, rasanya kenyal seperti karet. Entah apa gerangan temuannya itu. Hanya ada satu petunjuk: tulisan ‘Tjipetir’ — dengan huruf kapital — yang terukir besar di tengahnya.

tjipetir maskSeminggu kemudian ia menemukan benda yang sama di bagian pantai lainnya terbawa gulungan ombak ke tepian.

Terdorong rasa penasaran, Williams memulai penyelidikannya. Hasil riset amatirannya, menjelaskan  bahwa potongan tersebut kemungkinan berasal dari tenggelamnya sejumlah kapal akibat Perang Dunia-I atau tragedi kapal Titanic yang melegenda.

Ia juga menemukan sejumlah berita, bahwa potongan itu tersebar di hampir seluruh pantai seantero Eropa. Terbawa ombak, entah dari mana asalnya, membuat bingung siapapun yang menemukannya.

Media online Inggris seperti Daily Mail,  NY Times memuat beritanya, lalu menyebar ke BBC, HuffingtonPost dan banyak website lainnya serta beberapa penerbitan asal Prancis, Lefigaro, memuat tulisan panjang tentang hal serupa dan pernah mengangkatnya pada April 2014.

lempeng tjipetir 003

Misteri lempeng Tjipetir diselidiki oleh salah-satu penemunya

Sedangkan penemu lainnya, Williams tak mau larut dalam misteri dan spekulasi. Ia mencari tahu asal-usul dari benda persegi itu. Melacaknya dari kata ‘Tjipetir’. Dan ia menemukan, kata Tjipetir bersesuaian dengan nama sebuah kebun karet di Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia, yang beroperasi sejak akhir Abad ke-19 dan awal Abad ke-20. Ketika Nusantara masih bernama Hindia Belanda.

lempeng tjipetir 004Williams kemudian mem-posting temuannya itu di Facebook. Hasilnya, ia mendapat banyak komentar yang isinya kurang lebih temuan benda yang sama di pinggiran pantai seperti di Wales, Shetland, Kep. Channel, Spanyol, Prancis, Belanda, Jerman, Norwegia, Swedia, hingga Denmark.

Dalam beberapa tahun terakhir, potongan berbahan seperti karet dengan tulisan “TJIPETIR” asal Indonesia yang berumur hampir satu abad itu ditemukan di sejumlah pantai di utara Eropa dan Inggris.

Mengutip pemberitaan media Prancis, Williams menyatakan potongan tersebut kemungkinan berasal dari puing-puing Titanic yang tenggelam pada 14 April 1912.

“Saya memeriksa data manifestnya dan ditemukan adanya benda yang berasal dari gutta-percha,” jelasnya. Namun di musim panas 2013, Williams menemukan bukti lain.

Dua orang yang enggan disebut namanya menelponnya dan mengatakan potongan “TJIPETIR” tersebut berasal dari sebuah kapal kargo asal Jepang bernama Miyazaki Maru yang tenggelam dalam Perang Dunia-I. Kapal tersebut tenggelam sekitar 241,5 Km sebelah barat pulau kecil bernama Scilly.

miyazaki maru

Kapal asal Jepang bernama Miyazaki Maru mengangkut blok Tjipetir.

“Saya diberitahu bahwa Miyazaki Maru terancam tenggelam sehingga membuang sejumlah muatannya. Salah satunya peti-peti berisi potongan ‘TJIPETIR’,” katanya.

Namun ia tak percaya begitu saja. Ia menghubungi badan yang mengurusi dan menerima puing-puing kapal di kotanya. Salah satu pengurusnya, Alison Kentuck, membenarkan bahwa potongan “TJIPETIR” berasal dari Miyazaki Maru.

lempeng tjipetir 005Dari data yang diperoleh Williams, Miyazaki Maru tenggelam karena di bom kapal selam Jerman U-88 yang dinahkodai Walther Schwieger.

Sebelum Williams, sejumlah orang sudah menemukan potongan karet itu pada 2008. Bahkan, seorang netizen memberitahukan bahwa ia menemukan benda itu sekitar 30 tahun silam dan digunakan sebagai alas untuk membersihkan ikan.

Teorinya menyebutkan sebuah benda dengan berat dan jenis seperti potongan “TJIPETIR” membutuhkan waktu 25 tahun untuk mengelilingi dunia mengikuti arus laut. Artinya potongan “TJIPETIR” sudah mengelilingi dunia sebanyak tiga kali. Arus laut juga yang menyebabakan “TJIPETIR” ditemukan di sejumlah negara Eropa.

Williams pun menemui seorang pakar Oseanografi, Curtis Ebbesmeyer, yang mendalami dan melacak peristiwa kapal-kapal tenggelam. Menurut Ebbesmeyer, potongan “TJIPETIR” kemungkinan besar sudah mengapung dan akhirnya sampai ke pantai selama sekitar 100 tahun.

lempeng tjipetir 006

Lempengan dari bahan Getah Perca

Dan ternyata, benda persegi itu sejatinya bukan karet, namun mirip gutta-percha atau getah perca . Tanaman tersebut mempunyai nama lain seperti Getah Merah, Isonandra Gutta, Red Makasar, Gutta Seak, atau Gutta Soh.

Gutta-percha  yaitu lateks koagulasi dari cairan getah murni yang dapat mengeras dan berasal dari pohon jenis Sapotaceae yang dapat dipadatkan, umumnya terdapat di Semenanjung Malaysia.

lempeng tjipetir 007

Penyebaran lempeng Tjipetir di pantai Eropa.

Pada Abad ke-19 hingga pertengahan Abad ke-20 digunakan sebagai insulasi kabel telegraf yang melintang di dasar laut.

Pada masa tersebut, hasil olahan getah gutta-percha digunakan untuk melindungi kabel telegraf yang ditanam di dasar laut.

Sebelum ditemukannya plastik, getah gutta-percha digunakan juga untuk membuat bola golf, pigura, kotak perhiasan, mainan, dan lainnya.

Sekitar tahun 1901, karena peningkatan kebutuhan akan gutta-percha Pemerintah Kolonial Belanda memutuskan untuk membangun Perkebunan Negara Gutta Percha Cipetir dengan menanam tanaman produksi Gutta Percha.

lempeng karet tjipetir

Pabrik yang memproduksi lempeng Tjipetir pada abad 19 di Sukabumi.

Meski sudah diketahui bagaimana potongan berbahan gutta-percha asal desa Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat tersebut bisa terdampar di Eropa, namun Williams yakin Miyazaki Maru bukan satu-satunya yang membawanya. Sampai kini ia masih menyelidikinya.

Sebelum ada plastik sebagai material yang lebih modern, gutta-percha digunakan sebagai bahan pembuat bola golf, hidung boneka teddy bear, pigura, juga aksesoris. Williams lantas menyebarkan temuannya itu di laman Facebooknya.

Orang-orang pun makin ramai merespons dan berbagi ‘Tjipetir’ temuannya. Ternyata benda persegi itu ditemukan tak hanya di Inggris dan Wales, tapi sampai di Shetland, Channel Islands, Spanyol, Prancis, Belanda, Jerman, Norwegia, Swedia, dan Denmark. Sejumlah orang juga melaporkan temuan karung dan gulungan karet. (Sumber: liputan6, Andres Fatubun, beritasatu/AF/BBC).

Referensi:

– dailymail.co.uk, Why ARE 100-year-old rubber blocks washing up on shores all over Britain and northern Europe?a
– BBC.co.uk, Tjipetir mystery: Why are rubber-like blocks washing up on beaches?
– pri.org, We finally know why these mysterious ‘Tjipetir blocks’ are washing up on European beaches
– facebook community, TjipetirMystery
– twitter.com, Tjipetir
-twitter.com, #Tjipetir
– tjipetirenigma.com, Tjipetir Enigma
– balarea.com, Kotak Tjipetir dari Sukabumi yang Mendunia

pabrik tjipetir 001

Pabrik getah dari gutta-percha atau getah perca di Tjipetir yang pada masa dulu masuk wilayah Bogor, sekarang masuk kabupaten Sukabumi , tepatnya di desa Cikadang Sukabumi, Jawa Barat. (pict: tropenmuseum.nl)

pabrik tjipetir 001

aa

lempeng tjipetir 008lempeng tjipetir 009lempeng tjipetir 010lempeng tjipetir 011lempeng tjipetir 012lempeng tjipetir 013lempeng tjipetir 014lempeng tjipetir 015Tjipetir plantation

pabrik tjipetir 001

Pabrik getah dari gutta-percha atau getah perca di Tjipetir yang pada masa dulu masuk wilayah Bogor, sekarang masuk kabupaten Sukabumi , tepatnya di desa Cikadang Sukabumi, Jawa Barat. (pict: tropenmuseum.nl)

pabrik tjipetir 002

Pabrik karet Cipetir (Tjipetir) di desa Cikadang, Sukabumi, Jawa Barat pada masa kini (2014) (pict:liputan6.com)

VIDEO: Tjipetir Mystery

*****

http://wp.me/p1jIGd-5Qn

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Misteri Dunia, Misteri Indonesia, Penemuan-Penemuan Misterius. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s