Masih Misteri: Ditemukan Kuburan Kuno di Mesir Tempat Jutaan Mumi Dikuburkan

archaeology

Misteri Ditemukannya Kuburan Kuno di Mesir Tempat Jutaan Mumi Dikuburkan

misteri mumi mummy mystery header

Sekitar 1.500 tahun silam saat Kekaisaran Bizantium atau Romawi Timur menguasai Mesir dari Abad 1 sampai Abad 7 Masehi, diperkirakan tengah marak penempatan mumi di sebuah pemakaman besar. Kuburan kuno itu kini ditemukan di zaman modern.

Tim arkeolog dari Brigham Young University, Amerika Serikat, telah melakukan penggalian selama kurang lebih 30 tahun untuk mengungkap penguburan mumi itu.

mumi mesir egypt mummy 01

Archaeologists from Brigham Young University in Provo, Utah, have been exploring a mysterious cemetery in Egypt for about 30 years. They excavated about 1,700 mummies within the project in Egypt so far. But there is still much work to do.

Tim arkeologis dari Universitas Brigham Young, Provo, Utah, Amerika Serikat menemukan lokasi bersejarah di Mesir, yakni sebuah kuburan kuno yang menjadi tempat bersemayam bagi lebih dari 1 juta mumi.

Lebih dari satu juta mumi ditemukan dalam sebuah komplek pemakaman kuno di Mesir. Tapi asal mula dan kisah pemakaman mumi ini masih menjadi misteri, meski para arkeolog sudah menggalinya sejak 30 tahun lalu.

Pemakaman itu dinamakan Fag el-Gamous, yang secara harfiah berarti ‘Jalan Air Kerbau’, sebagaimana nama jalan di dekat kuburan tersebut.

mumi mesir egypt mummy 02

The archaeologists say that many of the mummies date back to the times when Egypt was a Roman province, from the 1st century BC onward.

Temuan ini didapatkan tim arkeolog Negeri Paman Sam setelah melakukan penelitian panjang di sejumlah piramida sekitar kuburan selama kurang lebih 30 tahun.

Dalam kurun waktu tiga dekade itu, para arkeolog telah menemukan lebih dari 1 juta mumi yang terkubur diwilayah itu.

Dari struktur lokasi, para ilmuwan tersebut meyakini bahwa jutaan mumi itu disemayamkan pada sekitar 1.500 tahun silam saat Kekaisaran Bizantium atau Romawi Timur menguasai Mesir dari Abad 1 sampai Abad 7 Masehi.

“Kami yakin kuburan ini merupakan tempat untuk lebih dari 1 juta mumi. Tempat ini sangat luas dan ‘padat’,” ujar Ketua Tim Arkeolog yang juga Profesor di Bidang Kitab Kuno Universitas Brigham Young, Kerry Muhleistein.

Paparan tersebut Kerry sampaikan dalam presentasinya di acara Society for the Study of Egyptian Antiquities Scholars Colloquium di Toronto, November 2014 lalu.

Mumi-Mumi Dari Golongan Rakyat Biasa

Dijelaskan oleh Kerry Muhleistein, bahwa pemakaman tersebut bukan tempat peristirahatan terakhir bagi raja atau pun bangsawan, melainkan rakyat biasa, sebab jutaan mumi tersebut disemayamkan tanpa peti mati atau benda sejenisnya.

Meskipun kuburan ini diperkirakan digunakan untuk rakyat jelata pada jaman kekaisaran, para peneliti menemukan beberapa benda eksotis yang sangat indah dan dirancang untuk anak anak. Seperti kaca, kain, hingga kaus kaki untuk bayi.

mumi mesir egypt mummy 04

Artefak yang ditemukan dari situs berupa gelang, guci dan wadah dari kaca.

“Ada beberapa bukti bahwa mereka mencoba banyak proses mumifikasi secara penuh. Jari, kuku, otak, dan lidah diawetkan secara luar biasa,” kata para peneliti.

Namun ia belum dapat memastikan bagaimana ritual yang dilakukan pada saat mumi-mumi itu dikuburkan.

“Saya belum bisa memastikan apakah para mumi di tempat ini adalah mereka yang mengalami mumifikasi atau dibalsem secara massal,” kata Kerry.

Tim arkeolog juga menemukan sejumlah barang berharga yang diduga kuat milik mumi-mumi tersebut. Misalnya kain lenan, cermin, dan sepatu berwarna warni.

“Ada banyak harta benda yang mereka punya dan diletakkan di kuburan ini,” lanjut Kelly.

Dalam area pemakaman yang dikenal dengan nama Fag el-Gamous itu juga banyak ditemukan jasad anak anak.

Lebih lanjut kata Kerry, temuan lainnya adalah anak mumi yang dikubur dengan beberapa mumi dewasa. Mumi kecil itu mengenakan kalung dan dua gelang pada setiap lengan.

 “Kami cukup yakin terdapat lebih dari satu juta penguburan jasad pada makam ini. Ini sangat besar dan padat,” kata Kerry Muhlestein, Direktur Proyek penggalian ini, seperti dikutip dari Livescience, Rabu (17/12/2014).

mumi mesir egypt mummy 06

A mummy of a 18 months old girl (image from facebook.com/ByuInEgypt)

Peneliti menduga mumi cilik itu adalah seorang bayi perempuan berusia 18 bulan. Dengan cara pemakaman jasad yang begitu maksimal menunjukkan bahwa pihak keluarga sangat menyayangi bocah itu.

“Kami menemukan bukti bahwa mereka berusaha membalsem mayat dengan maksimal. Jari-jari dan kuku kaki, lidah dan otak diawetkan secara luar biasa,” kata Kerry. “Mereka berhasil melakukannya dengan sempurna. Pemakaman yang indah untuk si bocah.”

Dari mana sebenarnya asal-usul mumi tersebut?

Dari mana sebenarnya asal-usul mumi tersebut? Belum bisa dipastikan. Tim arkeolog masih menyelidikinya. Masih menjadi misteri dari mana jutaan mumi itu berasal.

mumi mesir egypt mummy 05

Artefak yang ditemukan dari situs berupa kain lenin dan kaus kaki bayi.

Tidak jauh dari pemakaman tersebut terdapat sebuah desa yang pada jamannya menjadi tempat pemukiman.

Kota kuno itu bernama Philadelphia, yang diambil dari nama Raja Ptolemy II yang bernama Philadelphus. Tapi ternyata kota ini punya komplek pemakamannya sendiri.

Baru dugaan bahwa mereka adalah warga Kota Kuno Philadelphia di Mesir itu, namun ukuran kota itu termasuk kecil, tak sebanding dengan luasnya areal pemakaman yang telah ditemukan ini.

Selain itu, ada juga piramid kecil yang letaknya tak jauh dan dibangun lebih dari 4.500 tahun lalu.

Lagi pula, penanggalan piramid itu lebih dari dua millennium atau 2.000 tahun sebelum pemakaman misterius itu digunakan.

Peneliti juga sudah lebih dulu menyelidiki sebuah piramida kecil yang berada di dekat pemakaman itu yang diperkirakan telah lebih dulu dibangun pada lebih dari 4.500 tahun silam, atau lebih tua 2.000 tahun dari pemakaman yang ditemukan ini.

mumi mesir egypt mummy 07

Tampak sebuah piramida kecil yang berada di dekat pemakaman itu yang dibangun pada lebih dari 4.500 tahun silam, atau lebih tua 2.000 tahun dari pemakaman yang ditemukan ini. In addition to the cemetery, the Brigham Young University team is also investigating a small pyramid that was built more than 4,500 years ago by the pharaoh Snefru. The pyramid predates the cemetery by more than two millennia. (Photo by Roland Unger, Attribution-ShareAlike 3.0 Unported, courtesy Wikimedia Commons)

Lebih jauh, secara fisik, ada dari mumi-mumi itu berukuran 7 kaki atau sekitar dua meter. Tinggi itu dinilai luar biasa pada masa itu, di mana para penduduknya masih kekurangan gizi.

“Ini benar-benar luar biasa. Kami pernah menemukan mumi laki-laki yang tingginya lebih dari 2 meter, dan terlalu tinggi untuk dimasukkan pemakaman ini,” jelas Kerry. Makanya, dia disemayamkan dengan posisi tubuh yang bungkuk.

Temuan sebelumnya menyatakan bahwa mumi-mumi tersebut berambut pirang dan merah. “Ini menuai dugaan apakah mereka hidup berkerumun dalam satu daerah atau berpindah-pindah,” tandas Kerry. (sumber: Livescience/RT.com/liputan6/CNN/berbagai sumber)

mumi mesir egypt mummy 03

Diantara mumi-mumi yang ditemukan di situs kuburan kuno itu juga ada mumi bayi.

mumi mesir egypt mummy 08

Mumi bayi diletakkan diatas meja untuk diteliti oleh para ilmuwan.

Byzantine Empire or the Roman Empire at its greatest extent in A.D. 117

Most of the burials in the cemetery took place when Egypt was part of the Roman or Byzantine Empire. This map shows the Roman Empire at its greatest extent in A.D. 117. In the 4th century, the Roman Empire was split in two, with the eastern half forming the Byzantine Empire. The Byzantine Empire controlled Egypt up until A.D. 641. (Map in public domain, courtesy Wikimedia Commons)

mumi mesir egypt mummy banner

Artikel Lainnya:

Ditemukan: Makam Pemimpin Maya Usia 2000 Tahun

Ditemukan Kota Tertua di Eropa Peradaban 4000 Tahun Sebelum Masehi

12 Peninggalan Sejarah Paling Misterius Di Dunia

10 Piramida Paling Mengagumkan di Dunia (Termasuk Borobudur & Situs Gn Padang)

Mau Berperang, Meteor Jatuh di Tengah Pertempuran Membuat Pasukan Bubar

Ini dia, Guci Romawi yang Paling Misterius

Pavlopetri, Situs Kota Bawah Laut Tertua di Dunia

Runtuhan Kota Bawah Laut di Kuba

Temuan Piramida Besar Di Bawah Samudera Atlantik

Ditemukan: Terowongan Besar Misterius Setinggi Menara Eiffel Dibawah Es Antartika

Wow!! Kerangka Vampir Ditemukan di Bulgaria!

Misteri Pulau Paskah: Banyak Patung “Moai”, Tapi Kemana Penduduknya?

Ilmuwan Kaget!! Fosil di Siberia “Kerabat” Orang Papua!

Teori Evolusi Mungkin Berakar dari Indonesia

Ilmuwan: Peradaban Dunia Berawal dari Indonesia!

Terungkap: Misteri Musnahnya Kebudayaan Angkor di Kamboja

Nenek Moyang Manusia Memiliki Indra Keenam

Kerangka Manusia Purba Tertua Patahkan Teori Darwin

Teori Darwin Terputus, Manusia Tidak Primitif!

Ditemukan Utuh: Otak Manusia Berusia 2500 Tahun!

Tsunami Dahsyat Ungkap Lokasi Kota Legendaris Atlantis?

Buku “Oera Linda” : Tsunami terdahsyat 4200 tahun lalu (2193 SM) memusnahkan banyak Kerajaan di Bumi

Penjelajah Pertama Benua Amerika: Bukan Columbus!

Wow!! Penjelajah Pertama Benua Australia Bukan James Cook

Zaman Dulu, Gurun Misterius Nazca Tempat Alien Mendarat?

Ditemukan Dengan Satelit: 17 Piramid Baru di Mesir!

[Gallery] Ditemukan Ribuan Situs Purbakala Menakjubkan di Arab Saudi

Ditemukan di Arab Saudi: Fosil Penghubung Manusia dan Kera “Saadanius hijazensis”

Sisa-Sisa Perang Nuklir Mahabaratha (Baratayudha)

Ribuan Tahun Lalu Nenek Moyang Kita Dikunjungi Astronot Bintang Lain?

Wow!! Disain Gelang Purba 9.500 Tahun Lalu Sangat Canggih! Buatan Alien?

Artifak² dan Mesin Tua Berusia 300 Juta Tahun, dari Peradaban Yang Hilang?

Hobbit Adalah Keturunan Manusia Dari Dimensi Keluarga Yang Berbeda?

Arkeolog Klaim: Temukan “Kunci” Harta Karun Suku Maya, 8 Ton Emas!

[Video] Tengkorak Kristal Misterius Suku Maya

Arkeolog Temukan Tengkorak Mirip Alien

Misteri Tengkorak Lonjong dan Besar Mirip Alien di Peru

DNA Tengkorak Alien Mexico Campuran Hybrid Dengan Manusia

Misteri Atacama Humanoid, Kerangka Manusia Mini

Voynich Manuskrip Paling Misterius dan Membingungkan di Dunia

Temuan Perkawinan Manusia Modern Dengan Makhluk Neanderthal

Ilmuwan Temukan “Denisovans” Spesies Manusia Baru Yang Misterius di Goa Siberia

Lagi, Peneliti Temukan “Mata Rantai yang Hilang”, Homo Habilis

Mauritia, Benua Yang Hilang di Samudera Hindia

Misteri “Jembatan Adam” Sri Lanka, Mysterious Place in the World

10 Misteri Geoglyph Yang Dapat Dilihat Dari Angkasa dan Belum Terpecahkan

Codex Gigas, “Kitab Iblis” yang Pernah Ditemukan Manusia

*****

http://wp.me/p1jIGd-5Ta

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Arkeologi Dunia, Misteri Dunia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s