Ini Dia, Batu-Batu Cincin Termahal Di Dunia dan Di Indonesia

rare-minerals

Ini Dia, 10 Batu Cincin Termahal Di Dunia dan 10 Batu Cincin Termahal Di Indonesia (2015)

batu cincin akik mineral termahal header

Dalam artikel kali ini tidak dibahas batu akik dan permata mahal yang dikoleksi hanya oleh satu orang, juga tidak dibahas batu permata yang ada di mahkota dan tiara para raja, ratu dan aristokrat dunia. Namun ini adalah mengenai batu akik dan permata yang berupa batu untuk perhiasan atau cincin.

Memang dalam beberapa tahun terakhir ini, batu mulia telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Sejak ribuan tahun lalu hingga kini batu cincin permata masih di tempatkan sebagai benda berharga dan bernilai tinggi. Bahkan sebuah batu permata langka bisa mencapai jutaan dollar perkarat, terlebih untuk jenis batu cincin populer tentu memiliki banyak peminat.

Batu-Batu Cincin Termahal Di Dunia

Harga batu akik atau permata hingga saat ini memang belum ada patokan standar, namun semakin langka dan disukai pembeli dengan sendirinya harga akan semakin tinggi. Saat ini batu termahal dan paling populer masih ditempati berlian dan merupakan jenis batu mulia paling di incar banyak kolektor.

Baberapa harga batu akik atau permata paling mahal saat ini bisa dilihat dibawah ini:

1. Batu Berlian Hope (US$ 250 juta / karat)

berlian termahal

Berlian termasuk batu permata termahal di dunia. Batu permata ini banyak digunakan untuk perhiasan seperti kalung, liontin, cincin atau anting-anting. Selama ini jenis permata ini telah menjadi lambang kemewahan dan gaya hidup bagi kalangan hartawan.

Harga belian termahal saat ini adalah Berlian Hope dengan $250 juta/karat atau setara dengan Rp. 2.2 Trilliun.

Namun permata ini tidak hanya sekedar dijadikan perhiasan malainkan sebagai investasi, karena sebuah permata dengan jumlah terbatas harganya akan semakin mahal sedangkan peminatnya semakin banyak

Biaya untuk mendapatkan sebuah berlian berharga tinggi memang bukan hal mudah, mulai proses penambangan, pengolahan hingga proses pemotongan untuk membentuk sebuah berlian tentu sangat mahal, apalagi jika jenis berlian itu sangat langka.

2. Kalung Giok / Jadeite Necklace (US$ 27,4 juta)

1 kalung jadeSejak ribuan tahun sebelum masehi Batu Giok sudah dimanfaatkan sebagai perhiasan bernilai tinggi. Batu dengan warna khas hijau ini tidak hanya indah namun dipercaya sebagai simbol keberuntungan bagi pemiliknya.

Saat ini batu giok masih menjadi buruan banyak kolektor atau penghobi batu permata sehingga harganya menjadi sangat mahal dan langka.

Harga jkalung batu giok termahal ini tak dijual satuan, dan bernilai $27.440.000 dollar Amerika. Kalung yang terdiri dari 27 mata giok ini memang sangat indah dan menakjubkan.

3. Serendibite (US$ 2.5 juta / karat)

1 serendibiteSerendibite masuk kategori batuan langka di dunia sehingga harganya sangat mahal.

Sifat optik pada batu ini hijau kekuningan atau hijau kebiruan dan violet. Kekerasan 6.5-7 skala mohs.

Serendibite hanya ditemukan di dua tempat di dunia yaitu di Sri Lanka dan di Birma.

Karena masuk dalam kategori batu mulia, harga Serendibite mencapai $2.5 juta/karat

4. Blue Garnet (US $ 1.5 juta / karat)

1 Blue-GarnetGarnet masuk dalam kelompok mineral silikat dan sudah populer sejak ribuan tahun sebagai batu bernilai tinggi.

Jenis batu mulia ini memiliki banyak variasi warna seperti merah, hitam, pink, hijau, kuning, ungu, coklat, orange dan warna biru garnet (blue garnet) den memiliki harga termahal.

Jenis permata ini di temukan di beberapa negara seperti Amerika, Turki, sedang kualitas terbaik dari Madagaskar. Uniknya, warna batu permata ini bisa berubah warna. Harga batu ini bisa mencapai US$ 1.5 Juta dollar Amerika/karat.

1 painite5. Painite (US$ 60.000 / karat)

Batu mulia Painite termasuk batu mineral langka dan dapat ditemukan di Myanmar.

Painite termasuk dalam jenis meneral Borat (BO3) dan mengandung jejak Vanadium sehingga bisa berubah warna.

Pertama kali batu ini ditemukan seorang merolog inggris sekitar tahuan 1950-an.

6. Grandidierite

1 grandidieriteSebuah batu permata yang sangat indah tapi sangat langka, pertama kali batu ini ditemukan di pulau sebelah timur benua Afrika, yaitu pulau Madagaskar pada sekitar tahun 1902.

Penamaan batu mulia ini berkaitan dengan nama Alfred Grandidier (1836-1912) sebagai bentuk penghormatan.

Grandidier adalah seorang naturalis dan penjelajah asal Prancis yang mempelajari seputar sejarah alam di pulau Madagaskar pada waktu itu.

7. Musgravite (US$ 35.000 / karat)

1 MusgraviteBatu permata yang termasuk bernilai harga tinggi ini ditemukan pertama kali pada tahun 1967 disebuah pegunungan di benua Australia bagian Selatan. Batu ini memiliki tingkat kekerasan 8-8,5 pada skala Mohs.

Batu ini masuk dalam keluarga taaffeite, yaitu sebuah mineral yang ditemukan pertama kali oleh Richard Taaffe (1898-1967).

 Musgravite termasuk salah satu permata paling langka yang ada di atas bumi sehingga harganya sangat tinggi. Hingga pada tahun 2005 diperkirakan hanya ada 8 buah Musgravite diseluruh dunia.

8. Black Opal (US$ 2.355 / karat)

1 black 0pal kalimayaBatu opal banyak ditemukan di benua Australia dan merupakan negara penghasil opal terbesar di dunia.

Namun demikian jenis batu opal ini mulai banyak ditemukan dibeberapa negara lain di dunia, termasuk di Indonesia, yang lebih dikenal dengan sebutan batu Kalimaya.

Harga batu Opal termahal adalah jenis Black Opal (opal hitam) dan masuk kategori paling langka.

Selain itu, Black Opal warnanya indah dengan kerlap-kerlipnya oleh warna-warna lain jika sudah berusia tua, sehingga harga batu mulia ini mencapai ribuan dollar perkarat.

9. Jeremejevite (US$ 2.000 / karat)

1 JeremejeviteJeremejevite termasuk mineral langka dengan harga termahal.

Pertama kali batu mineral jenis ini ditemukan pada tahun 1883 di daerah pegunungan Siberia.

Kekerasan batu Jeremejevite berada di angka 7 pada skala mohs. Sedangkan harga batu cincin jenis ini adalah US$ 2.000 dollar Amerika per karat.

10. Red Beryl Emerald (US$ 10.000 / karat)

1 red-berylBeryl adalah mineral berilium, aluminium dan cyclosilicate. Batu ini memiliki variasi warna, hijau, biru, kuning, merah, dan putih.

Dari sekian banyak batu mulia Red Beryl termasuk dalam jenis paling langka sedunia.

Batu ini ditemukan pertama kali disebuah pegunungan Utah di Amerika pada tahun 1904 oleh seorang minerolog bernama Maynard Bixby sehingga batu ini juga dikenal dengan nama Batu Bixbite sebagai bentuk penghormatan terhadap penemunya.

Meskipun batu Red Beryl termasuk paling langka, namun jarang sekali orang mengenalnya dibandingkan jenis batu permata lain seperti berlian dan giok atau jenis permata lain berharga mahal, sehingga tidak banyak yang mengenakan batu ini sebagai perhiasan.

Itulah 10 batu cincin termahal di dunia untuk saat ini, dan sebagiannya termasuk jenis batuan mulia langka sehingga tidak mudah ditemukan di pasaran. Kalau pun ada, harganya pasti sangat mahal.

Batu Cincin Akik Termahal Dan Populer Di Indonesia

Cincin, merupakan perhiasan yang sudah dikenal dan dikenakan banyak orang sejak ribuan tahun lalu baik bagi wanita maupun pria. Cincin diletakkan pada jari tangan dan dan melingkar pada bagian jari manis atau jari tengah.

Secara tradisi biasanya cincin terbuat dari logam mulia, perak atau campuran dari bahan-bahan lain seperti tembaga, perunggu, kuningan krom dan lain-lain. Untuk memperindah tampilan sebuah cincin dilengkapi dengan ukiran dan dihias dengan permata seperti intan, berlian atau batu akik.

Cincin batu permata biasanya lebih banyak digunakan oleh kalangan orang-orang yang sudah dewasa. Namun belakangan ini di Indonesia sejak tahun 2014,  cincin sudah banyak digunakan juga dikalangan muda dan remaja.

Bahkan saat ini cincin dengan batu akik telah menjadi trend dan gaya hidup, sehingga harga batu cincin semakin mahal karena semakin banyaknya peminat dari berbagai kalangan. Berikut ini jenis batu cincin akik populer dan termahal di Indonesia :

1. Batu Cincin Bacan

1 batu-bacan

Batu Bacan merupakan jenis batu mulia/akik asal Indonesia dan banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di Pulau Bacan. Ada dua desa paling terkenal di pulau tersebut yang menambang batu di pulau Bacan ini, yaitu desa yang bernama Desa Doko dan Desa Palamea.

Jenis batu Bacan paling populer dan banyak dicari adalah dari jenis batu Bacan Doko dan batu Bacan Palamea tersebut. Kedua jenis batu ini memang tengah menjadi incaran, baik bagi penghobi maupun kolektor. Perbedaan batu Bacan Doko dan Bacan Palamea terletak pada warnanya. Doko memiliki warna hijau gelap sedangkan jenis Palamea berwarna hijau kebiruan.

Setelah pernah dipakai oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), maka di Indonesia, harga batu Bacan yang dulunya tak pernah didengar mulai tersohor dan populer serta menjadikan batu cincin asal pulau Bacan ini sebagai batu cincin termahal di Indonesia dan berharga berkisar dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

2. Batu Cincin Safir

1 batusafir

Safir (Saphirre) merupakan batu permata yang diminati banyak kalangan baik di Indonesia maupun di berbagai negara. Namun harganya yang mahal membuat tidak semua orang dapat mampu memiliki jenis batu alam yang indah ini.

Safir termasuk mineral yang dikenal sebagai corundum dan secara umum digunakan sebagai permata cincin yang indah, atau untuk perhiasan jenis lainnya.

Batu permata ini memiliki banyak variasi warna, seperti warna biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan dan ungu. Khasiat batu Safir dipercaya dapat menenangkan pikiran dan memancarkan aura positif untuk mengembangkan daya pikir bagi pemakainya

3. Batu Cincin Zamrud

batu zamrud

Batu Zamrud (Emerald) adalah jenis permata yang memiliki warna hijau bening sampai hijau tua, dan sudah dikenal banyak peradaban manusia sejak ribuan tahun lalu sebagai permata nan indah dan dengan harga yang mahal. Batu Zamrud memiliki kekerasan di angka 7.5 pada skala mohs,  dan permata ini dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian.

4. Batu Cincin Ruby

https://i1.wp.com/akiks.com/wp-content/uploads/2014/09/1-ruby.jpg

Batu Ruby sering juga disebut batu Mirah atau Merah Delima dan termasuk salah satu dari sekian banyak batu permata yang paling disukai di dunia termasuk di Indonesia. Harga batu Ruby bervariasi tergantung dari tingkat keunikan, potongan (cutting shape) dan kualitasnya. Batu Ruby dipercaya sebagai simbol kekuatan dan keberanian.

5. Batu Cincin Topaz

blue topaz

Batu Topaz memiliki banyak warna, seperti kuning, biru dan jingga agak kemerahan. Jenis batu ini banyak ditemukan di banyak negara seperti Sri Lanka, Rusia, Brazil, Meksiko dan beberapa negara lain sebagai penghasil batu yang banyak digunakan untuk perhiasan ini.

Seperti batu mulia pada umumnya, Topaz dipercaya menandung energi alam yang bermanfaat bagi pemakainya baik yang berkaitan dengan kesehatan jazmani maupun  rohani seperti menghilangkan depresi, memaksimalkan daya kerja otak serta dipercaya bisa membawa kedamaian.

6. Batu Cincin Opal (Kalimaya)

batu kalimaya
Batu Opal atau Batu Kalimaya merupakan jenis batuan mulia yang paling banyak dicari baik oleh penghobi maupun kolektor. Keindahan batu ini sudah tidak diragukan lagi, bahkan mereka yang baru mengenal batu mulia sekalipun akan tertarik dengan pesona batu yang mampu mengeluarkan aneka macam warna tersebut.

Batu Opal yang di Indonesia dikenal dengan istilah Kalimaya ini, banyak ditemukan di Daerah Banten. Harga batu Kalimaya sendiri bervariasi tergantung kualitas, layaknya batu akik pada umumnya. Harga batu Opal/Kalimaya termahal sekitar US$ 2.500 dollar/karat.

7. Batu Cincin Sungai Dareh

1 sungai-dareh
Batu akik Sunge Dare / Sungai Dareh (Sungai Deras), termasuk salah satu batu cincin populer dan termahal di Indonesia untuk saat ini. Batu asal Sumatera Barat dan Sumatera Selatan itu kini tengah menjadi incaran para penghobi maupun kolektor.

Popularitas batu itu mulai menanjak sejak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan sebuah cincin bertahtakan batu akik Sungai Dareh sebagai kenangan kepada Presiden Amerika Serikat, Barak Obama.

Harga batu Sungai Dareh berkualitas tentu saja sangat mahal, namun untuk kualitas berukuran sedang yang banyak dijual di pasaran lokal, harganya cukup terjangkau, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

8. Batu Cincin Giok

batu giok

Di Indonesia, batu Giok (Jade) sudah dikenal sejak lama, namun popularitas batu ini tidak pernah luntur, terlebih ditengah semakin tingginya penghobi batu akaik belakangan ini, sehingga membuat harga batu Giok semakin mahal.

Keindahan Giok dengan khas warna hijau banyak dijadikan sebagai perhiasan, seperti mata cincin, kalung, liontin dan lain-lain. Namun sebagian orang masih percaya bahwa batu yang sudah dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi di China itu dipercaya bisa membawa keberuntungan, ketentraman dan kedamaian bagi pemiliknya.

9. Batu Cincin Amethyst

batu akik kecubung

Batu Amethyst atau di Indonesia dikenal sebagai Kecubung, termasuk salah satu dari sekian banyak batu akik yang juga tengah menjadi incaran banyak penghobi. Warna khas ungu yang terdapat pada batu ini membuat batu yang biasa disebut Amethyst di pasaran internasional itu, terlihat mempesona.

Tak hanya bisa dijadikan sebagai perhiasan, batu Kecubung juga dipercaya sebagai batu pembawa keberuntungan. Di Indonesia, batu Kecubung / Amethyst paling banyak ditambang di pulau Kalimantan.

10. Batu Cincin Lavender

batu lavender baturaja
Dalam sebuah kontes nasional yang pernah diadakan beberapa waktu lalu, jenis batu Lavender Spritus asal Baturaja, Sumatera Selatan, berhasil masuk dalam kategori batu terbaik dan berhasil memenangkan kontes, sehingga batu ini menjadi buruan banyak kolektor. Harga batu Lavender yang berhasil memenagkan kontes ditawar Rp. 175 juta namun sang pemilik belum melepasnya.

Sejak saat itu, batu yang banyak ditemukan diwilayah Simpang dan Segara Kembang, Kecamatan Lengkiti Oku, Sumatera Selatan itu menjadi incaran banyak kolektor dan masuk dalam jajaran batu terpopuler terbaik di Indonesia maupun di pasaran internasional.

Selain batu yang telah disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak batu-batu cincin terkenal dan termahal jenis lain yang saat ini tengah populer di Indonesia termasuk batu Giok Aceh/Lumut Aceh, Batu Obi, Batu Labrador, Batu Solar atau jenis batu-batu cincin lain asal Indonesia. (akiks.com 1 2).

Artikel Lainnya:

Misteri Batu Mulia di Jari Para Presiden dan Pejabat

5 Benda Super Langka Yang Lebih Mahal Daripada Nuklir

Ambergris, Zat dari Paus Bernilai Ratusan Juta Rupiah

Trovanty, Batu Misterius Yang Bisa Tumbuh Besar

[FOTO] Wow! Danau Misterius Ini Ubah Hewan Mati Jadi Batu!

Misteri “Batu Tulis” Desa Jabranti, Kuningan, Jawa Barat

Akhirnya Terkuak! Misteri Batu Berjalan di Racetrack Playa

Batu Ukir Berusia 1.000 Tahun Ditemukan di Ponorogo

Wow!! Kawah Patomski, Struktur Batuan Misterius di Tengah Hutan Rusia

Ditemukan Mineral Jenis Baru Yang Misterius di Meteorit

*****

http://wp.me/p1jIGd-6kb

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Fenomena Alami, Yang Paling dan tag , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Ini Dia, Batu-Batu Cincin Termahal Di Dunia dan Di Indonesia

  1. Cari batu akik berkata:

    wih bagus-bagus banget gan, sayang harga nya ………

  2. ambeclear wasir berkata:

    Wah datanya bermanfaat bgt …jadi tmbah pengetahuan soal batu mulia

  3. Chusny berkata:

    nice post 😀

  4. blogbatuakik berkata:

    mantaf bro, lengkap bnr ulasan nya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s