Hiu Goblin Super Langka Berwajah Buruk Terpancing di Australia

Cryptozoology

Terpancing Lagi di Australia: Kali Ini “Hiu Goblin” Super Langka Yang Juga Berwajah Buruk!

Hiu Goblin langka 1

Sebelumnya telah diberitakan, bahwa sejenis Hiu Purba yang sudah ada sejak zaman 80 juta tahun lalu, yang punya 300 gigi, tak sengaja terpancing di Australia. Namun kini lagi-lagi terpancing seekor hiu dari jenis super langka dan lagi-lagi di Australia.

Memang beberapa spesies hiu sudah tergolong sangat langka, salah satunya misalnya hiu ‘Goblin’, yang diklaim hanya pernah ditemukan empat kali oleh manusia, dan salah satunya ditemukan di perairan Australia pada bulan Januari 2015 lalu, setelah sebelumnya seekor Hiu Purba juga ditemukan. (baca: Living Fossil: Terpancing! Hiu Purba Zaman 80 Juta Tahun Lalu Punya 300 Gigi)

Pemancing Australia ini juga tidak sengaja menangkapnya ketika ia berada di sekitar pantai Eden, Australia bagian tenggara. Kini, hiu Goblin nomor empat di dunia itu diserahkan ke museum setempat. Dan untuk pertama kalinya wajah pemangsa buruk rupa ini dipamerkan ke dunia!

Hiu Goblin langka 2

Hiu Goblin super langka mempunyai gigi-gigi runcing yang menonjol ke depan. (Australian Museum).

Mark McGrouther, manajer dari Museum Australia bagian koleksi ikan, telah mengunggah video hiu Goblin tersebut ke internet. Dan hanya dalam waktu singkat, video dan foto-foto hiu Goblin itu menghebohkan internet.

Hiu Goblin jantan berukuran 1,26 meter tersebut terlihat sangat menakutkan karena mempunyai gigi-gigi runcing yang menonjol ke depan. Apalagi, di kepalanya terdapat tanduk bagaikan ujung tombak.

Menariknya, menurut penelitian, ‘tombak’ hiu Goblin dipakai untuk mendeteksi aliran listrik yang dibuat oleh mangsanya, yakni kepiting, cumi-cumi, dan udang kecil. Jadi bisa dikatakan tombak itu berfungsi bagaikan detektor metal.

Hiu Goblin langka 3

Hiu Goblin super langka mempunyai ‘tombak’ yang dipakai untuk mendeteksi aliran listrik yang dibuat oleh mangsanya. (Australian Museum).

Berbeda dengan hiu kebanyakan yang mempunyai sisik keras, hiu Goblin mempunyai kulit yang cukup lembut berwarna merah muda. Insangnya pun tidak berwarna merah, melainkan biru.

Hiu Goblin tergolong hiu prasejarah karena diperkirakan sudah ada sejak 125 juta tahun silam, Phys.org (03/03). Informasi detail tentang spesies ini pun masih sangat sedikit, mengingat mereka hidup di kedalaman 900 meter atau hampir satu kilometer di bawah permukaan laut.

Sebelum Australia, hiu Goblin pernah dilaporkan terlihat di kawasan laut Pasifik, lepas pantai Jepang, dan Selandia Baru, dan sebelumnya hanya sekali pernah tertangkap di kawasan Florida Amerika Serikat. (mdk/berbagai sumber).

Hiu Goblin langka

Hiu Goblin jantan berukuran 1,26 meter tersebut terlihat sangat menakutkan karena mempunyai gigi-gigi runcing yang menonjol ke depan. (Australian Museum).

Video:

Goblin Shark Australia

Artikel Lainnya:

Living Fossil: Terpancing! Hiu Purba Zaman 80 Juta Tahun Lalu Punya 300 Gigi

Hah! Ada Hiu Albino dan Hanya Bermata Satu?

Wow!! Cumi Raksasa Tertangkap di Jepang

[Photo] Ikan Toman Bertuliskan “Jogja” dan “DIY 02 HB IX” Muncul Saat Pelantikan Gubernur Jogja

Ditemukan: Serangga Misterius, Peneliti Buat Genus Baru

Ilmuwan Temukan Bukti Eksistensi Monster Laut

Misteri Katak Sulawesi: Satu-Satunya Spesies Katak Melahirkan Kecebong

*****

http://wp.me/p1jIGd-6kZ

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Flora Fauna Cryptozoology. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s