Misteri “Liberland”, Negara Kecil Terbaru di Daratan Eropa!

Liberland flag rising

Telah Lahir Misterius: Liberland, Negara Kecil Terbaru di Daratan Eropa!

liberland 05

Liberland atau Republik Liberland atau Free Republic of Liberland, atau dalam bahasa Ceko: Svobodná republika Liberland, adalah sebuah negara terbaru di benua Eropa dengan ukuran kecil yang telah memproklamirkan dirinya sendiri (self-proclaimed micronation) pada 13 April 2015 lalu oleh Vit Jedlička.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/f3/Liberland_Coat_of_arms.png/261px-Liberland_Coat_of_arms.png

Lambang negara Liberland

Vít Jedlicka, seseorang berkebangsaan Ceko, baru-baru ini menyebut dirinya sebagai presiden dari negara termuda di Eropa yang dia bentuk pada tanggal 13 April 2015 lalu.

Negara ini diberi nama Liberland dengan semboyan “To live and let live” atau untuk kehidupan yang selalu hidup berkembang. Lalu apa yang membuat negara baru nan mungil ini misterius?

Liberland terletak pada sebidang tanah kosong dan tak berpenduduk, Liberland berupa sebuah pulau di tepian sungai yang tidak diklaim oleh siapapun. Loh, bagaimana ini bisa terjadi?

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/de/Liberland_flag.png/640px-Liberland_flag.png

Bendera Liberland

Tanah negara baru diEropa ini berada ditepi bagian barat dari aliran sungai Danube, letaknya diantara negara Kroasia dan Serbia, dan berbagi perbatasan darat dengan kedua negara itu.

Negara mungil ini berada dipinggir sungai Danube yang sejatinya seperti delta, yaitu pulau yang awalnya terbentuk dari endapan tanah dan pasir yang tercipta dipinggiran sungai.

Kerenanya, bisa jadi Liberland tanahnya subur, karena ditumbuhi banyak pepohonan dan tanahnya juga banyak mengandung endapan dan pasir.

liberland 04

Situs resmi Liberland menyatakan bahwa negara mungil di Eropa yang bernama Liberland dapat diciptakan karena masih berlangsungnya sengketa tanah dan perbatasan antara Kroasia dan Serbia.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/7e/Croatia_Serbia_border_Backa_Baranja.svg/480px-Croatia_Serbia_border_Backa_Baranja.svg.png

Liberland terletak pada bidang tanah berwarna hijau, dengan tanda panah “Siga” dalam peta. Karena perbedaan dalam definisi perbatasan, bagian berwarna kuning di sebelah timur diklaim oleh Serbia dan Kroasia. Sedangkan bagian hijau tidak diklaim oleh kedua belah pihak.

Sejak Perang Yugoslavia, beberapa wilayah perbatasan di wilayah itu masih saling diperdebatkan, seperti Pulau Vukovar dan Pulau Šarengrad.

Namun yang menjadi misteri, daerah yang diploklamirkan sebagai Liberland ini (yang juga dikenal sebagai Gornja Siga) justru tetap tidak diklaim oleh negara manapun termasuk kedua negara yang sedang bersengketa yaitu Kroasia dan Serbia.

Jedlicka menyebutkan bahwa batas negara telah ditetapkan, dan tidak akan mengganggu wilayah negara Kroasia dan Serbia.

Presiden Jedlicka saat ini sedang dalam proses penyusunan konstitusi negara, dan dengan sengaja membatasi keterlibatan para politisi agar tidak ada yang mengusik kemerdekaan negara Liberland.

Ingin menjadi warga negaranya? Para pendaftar harus mengirimkan lamaran mereka melalui e-mail karena letak dari Liberland sendiri belum dilengkapi alamat korespondensi.

Sejarah Liberland

Seperti halnya Serbia dan Kroasia atau negara lain yang pasti mengklaim bahwa tanahnya sebagai milik mereka sendiri (terra nullius), maka garis perbatasan yang masih disengketakan dan diklaim oleh kedua negara Kroasia dan Serbia tidak termasuk dalam Liberland.

https://i1.wp.com/liberland.org/addons/image/liberland2.jpgKarena itulah wilayah Liberland bisa menjadi sebuah negara baru karena tidak mengganggu batas kedaulatan kedua negara atau negara lainnya.

Jedlička telah menyatakan bahwa nota diplomatik resmi akan dikirimkan ke Kroasia dan Serbia, dan kemudian ke semua negara-negara lain dengan permintaan resmi untuk pengakuan internasional.

Presiden pertama Liberland adalah Vit Jedlička seorang anggota dari Partai Kebebasan Warga Ceko (Czech Party of Free Citizens), yang mendasarkan nilai-nilai pada ideologi liberal klasik.

Bendera yang dinaikkan di Liberland dilakukan oleh Jedlička dan beberapa rekan-rekannya pada hari diproklamasikannya Republik Liberland.

Dalam sebuah wawancara dengan Parlamentní listy (cz), Jedlička mengatakan bahwa ia telah menerima reaksi positif untuk inisiatifnya, terutama dari partainya sendiri, tetapi juga dari beberapa anggota Partai Demokrat Civic (Civic Democratic Party) dan Partai Pembajak (Pirate Party).

liberland 03Negara terbaru Liberland yang memiliki aturan jalur kemudi mobil dari sebelah kanan ini, adalah berbentuk republik konstitusional dengan unsur-unsur demokrasi langsung atau Constitutional republic with elements of direct democracy.

Liberland memiliki ibukota yang bernama Liberpolis dan negara ini memiliki luas hanya sekitar 7 kilometer persegi, maka Liberland sendiri merupakan negara terkecil di Eropa setelah Vatican dan Monaco.

Hanya dalam waktu 2 hari sejak proklamasinya, Liberland yang memiliki bahasa resmi Inggris dan Ceko ini sudah ditulis di Wikipedia dalam 14 bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Namun justru ada yang masih menjadi misteri, bahwa tiap jengkal tanah sangat diperebutkan oleh Kroasia dan Serbia, tapi kenapa sebidang tanah seluas 7 kilometer persegi justru tidak diklaim dan terabaikan oleh kedua negara Eropa tersebut? Maka tanah mungil “tak bertuan” yang berada di kordinat 45°46′13.9″N 18°52′14″E itu, akhirnya menjadi sebuah negara bernama Liberland. Selamat datang Liberland!

liberland 06

liberland 02liberland 01liberland island 06

VIDEO:

Croatia/Serbia: The world’s NEWEST “country” was just declared on disputed territory

Artikel Lainnya:

Freedom for Aborigines: Bangsa Aborigin di Australia ingin Merdeka!

Dari Texas, 50 Negara Bagian di Amerika Juga Ingin Merdeka

Jalur Gaza, Alaska dan Ukraina Timur, Juga Ingin Gabung ke Rusia (Krisis Ukraina-2)

Riwu Ga, Aksi Bocah Tak Terkenal Ini Membuat Indonesia Merdeka Oleh Proklamasi Sukarno

Artikel ini juga di forward oleh forum viva.co.id

vivanews liberland

*****

http://wp.me/p1jIGd-6oH

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Penemuan-Penemuan Misterius. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Misteri “Liberland”, Negara Kecil Terbaru di Daratan Eropa!

  1. wedosbalap berkata:

    gak masuk akal,coba digali lebih dalam latar belakang orang2 dibalik berdirinya negara ini,karena jika dilihat dari peta,jelas sekali masuk antara croasia dan serbia,
    apakah awal mula berdirinya israel juga seperti ini,
    what a magic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s