Beginilah “Charlie”, Permainan Jelangkung ala Barat, Berani Coba?

Devil & Demon

Beginilah “Charlie Charlie”, Permainan Jelangkung ala Barat, Berani Coba?

ghost ghosts header

Permainan “Charlie Charlie” mendadak kembali populer di Internet. Lebih dari 1,6 juta unggahan telah meramaikannya sejak April 2015 silam. Caitlin Dewey dari Washington Post membahas budaya populer di kalangan remaja ini. Permainan ini mirip jelangkung ala barat.

“Jika Anda adalah salah satu yang percaya bahwa tingkah anak-anak masa kini entah bagaimana kurang terinspirasi dari generasi sebelumnya, maka saya datang untuk bukti baru: Bahkan takhayul mereka lebih menjengkelkan daripada kita!”, ujar Caitlin Dewey.

Permainan “Charlie Charlie” adalah permainan melegenda, kini mendadak populer dan tak dapat dijelaskan. Trend itu melonjak ke puncak media sosial global sejak April 2015 setelah populer di antara pengguna Internet berbahasa Spanyol.

Sampai saat tulisan ini dipublikasikan, tagar  atau hashtag #CharlieCharlieChallenge telah di-tweet lebih dari 1,6 juta kali. Lebih banyak orang mengetik kata kunci di Google “Charlie Charlie” dari hampir semua kata kunci lainnya.

Bagaimana bermain Charlie Charlie?

Cara permainannya sederhana! Anda bisa, jika Anda ingin, bahkan melakukannya di meja Anda. Beberapa peralatan yang dibutuhkan juga sangat sederhana, yaitu selembar kertas, dua buah pensil dan sebuah kamera perekam. Ya itu saja!

Langkah 1:

Siapkan kamera untuk merekam sebagai dokumentasi anda, terserah kamera smartphone atau kamera digital lainnya.

Langkah 2:

Siapkan dua buah pensil yang masih panjang. Atau bisa juga menggunakan dua buah sumpit. Jika darurat bisa menggunakan batang bambu atau batang apapun asalkan besaran dan panjangnya kira-kira sepanjang pensil.

Langkah 3:

Siapkan selembar kertas kosong, lalu bagilah menjadi empat bidang area dengan menarik garis lurus di tengah panjang dan lebar kertas itu dengan menggunakan pensil atau pulpen.

permainan Charlie Charlie 02

Bagi menjadi empat bidang area dengan menarik garis lurus di tengah panjang dan lebar kertas. Namailah dua kuadran di antara garis silang tersebut dengan “Tidak” (atau No) dan “Iya” (atau Yes).

Langkah 4:

Namailah dua kuadran di antara garis silang tersebut dengan “Tidak” (atau No) dan “Iya” (atau Yes).

Langkah 5:

Tempatkan dua pensil yang saling tumpang tindih menyilang melintasi pada setiap sumbu bagian tengah.

permainan Charlie Charlie 03

Langkah 6:

Nyalakan kamera sebagai dokumentasi, ditujukan ke arah kedua pensil yang saling tumpang tindih itu.

Lalu katakanlah, “Charlie, Charlie, apa kau di sana?” (“Charlie, Charlie are you there?”) atau katakanlah, “Charlie, Charlie, apakah kau nyata?”  (“Charlie, Charlie are you real?”).

Jika berhasil, pensil akan bergerak atau bergeser ke area “Ya” pada kertas dibawahnya, maka anda akan kaget atau bahkan menjerit, mungkin. Tenangkanlah diri anda, karena permainan ini telah berhasil! Lalu ajukan pertanyaan lain yang hanya dapat di jawab “Ya” atau “Tidak”.

Jangan ajukan pertanyaan tentang cinta, kematian dan uang, yang — menurut legenda — Charlie tidak akan menjawabnya! Lagi pula jika dijawab, hal itu hanya akan membuat diri anda terpengaruh! Ajukanlah hanya pertanyaan-pertanyaan enteng dan menyenangkan lainnya.

Cara Mengakhiri Permainan

Bagaimana cara mengakhiri permainan supra-natural Charlie Charlie? Biasanya pemain akan menanyakan, “Charlie Charlie, bolehkan saya mengakhiri permainan?”.

Jika anda memang ingin mengakhiri permainan ini, apapun jawabannya, sekali lagi: apapun jawabannya baik “Ya” ataupun “Tidak”, akhiri saja!

Akhirilah permainan ini dengan mematahkan kedua pensil dan membuangnya. Lalu bakarlah kertas permainan. Maka permainan Charlie Charlie berakhir!

Charlie, Charlie are you there

Tampak pensil bergeser ke area “YES” , yang berarti Charlie menjawab “Iya”.

Dari mana permainan ini berasal?

Meskipun sulit untuk dijabarkan secara tepat dari mana negara asalnya, Charlie Charlie (juga dieja Charly Charly) memiliki sejarah panjang sebagai permainan sekolah di lingkungan berbahasa Spanyol.

Menurut satu thread Yahoo! Respuestas Yahoo Answers versi bahasa Spanyol— anak-anak telah memainkan versi “permainan klasik” di Spanyol selama beberapa generasi.

Secara tradisional, versi ini dengan pensil yang disilang yang disebut “Juego de la Lapicera” — sebuah istilah memunculkan banyak hal menyeramkan di Google — dan “Charlie Charlie” adalah permainan yang berbeda, bermain dengan pensil.

Di beberapa pencarian di internet dan selama perjalanan permainan, dua model permainan ini tampaknya telah bergabung. Dalam kedua kasus ini selalu memiliki konotasi jahat atau supranatural. Satu situs menyebut Lapicera sebagai permainan “Ouija board untuk orang miskin.”

Mengapa populer lagi sekarang?

Hal ini sulit untuk mengatakan persis, mengapa hal-hal tertentu menjadi kembali trendy, tetapi tren ini tampaknya telah dimulai pada akhir April 2015 silam di provinsi Hato Mayor, di Republik Dominika, ketika sebuah stasiun berita TV lokal menyiarkan laporan yang sangat menggelisahkan (dan tidak sengaja lucu) tentang permainan “Setan” yang populer di sekolah-sekolah lokal.

Dari sana, pengguna media sosial di Republik Dominika mulai menggugah di Twitter, Instagram, dan Vine tentang permainan ini pada pertengahan Mei 2015 solam. Frasa “Charlie Charlie” tren di Twitter Dominika, dan menyebar di web negara-negara berbahasa Spanyol.

Sementara itu, selama akhir pekan, seorang gadis 17 tahun di  Georgia tengah mengunggah di Instagram permainan itu dan menuliskan tagar #CharlieCharlieChallenge. Tampaknya, tagar itu menarik semua anak-anak. Tak sampai satu bulan sejak diperkenalkan, sudah 1,6 juta tweet muncul dengan tagar sejak kali pertama itu.

Charlie Charlie Challenge anime animated animation

Jika berhasil, pensil akan bergerak atau bergeser ke area “Ya” pada kertas dibawahnya.

Siapa Charlie?

Dari berbagai sudut Internet berbahasa Spanyol, diperoleh asal-usul Charlie. Ia adalah seorang anak yang telah bunuh diri, korban kecelakaan mobil yang fatal,

Namun ada dugaan kedua, Charlie adalah dewa pagan Meksiko yang kini bersidang dengan setan. Namun dewa Meksiko ini, terbukti tidak benar.

“Tidak ada setan yang disebut ‘Charlie’ di Meksiko,” kata Maria Elena Navez dari BBC Mundo.

Apakah ini sama berbahayanya dengan beberapa tantangan remaja yang menyebar bak virus lainnya yang terjadi di sekitar kita?

Mengingat bahwa tidak ada satu pun menyuruh mereka harus berada di atas api, menghirup zat kaustik atau deformasi bibir mereka, namun Charlie Charlie terlihat … tidak berbahaya.

Konon, menurut legenda populer, Charlie menghantui pemain yang gagal untuk mengucapkan selamat tinggal sebelum mereka keluar dari permainan. Dan bisa ditebak, banyak orang yang tidak menyukai hal-hal tentang anak yang memanggil setan.

Apa peduli kita?

Anda pasti harus peduli jika Anda sedang mencari jawaban supranatural untuk pertanyaan hidup Anda. Kecuali pertanyaan tentang cinta, kematian dan uang, yang — menurut legenda — Charlie tidak akan menjawab.

Namun jika pertanyaan itu tidak tepat menggambarkan Anda, menurut banyak orang, Charlie dapat membuat kasus pembunuhan menjadi studi dalam tingkat penyebarannya, dan bagaimana hal-hal ini bergerak keluar-masuk dari bahasa dan budaya online.

Budaya online tak tertumpu hanya pada bahasa lokal. Anda akan melihat, misalnya, banyak pemain dan wartawan berbicara tentang permainan ini seolah-olah baru. Padahal, ini sebuah game lama yang baru-baru ini telah melintasi kesenjangan bahasa.

Hal lainnya yang cukup menonjol dari “Charlie Charlie” , adalah contoh lain dari kekuatan internet remaja. Sebab, permainan seperti “Ouija Board” atau “Bloody Mary” tidak dapat populer di Internet. Namun hal itu tek berlaku untuk permainam supra natural “Charlie Charlie”. Barani mencoba? (sumber: Washingtonpost / BBC Mundo / berbagai sumber)

Charlie, Charlie are you there banner

Video:

“Charlie Charlie” Heboh di Dominika

Charlie Charlie The Pencil Game (Scary Reaction)

Artikel Lainnya:

Mengapa Alien dan Jin Tak Mudah Terlihat?

[Dunia Gaib Ada] “Partikel Tuhan”, Pintu Gerbang Sains Kenali “Alam Gaib”

10 Tempat Paling Misterius & Angker Di Dunia

[VIDEO] 13 Hotel Paling Berhantu di Dunia

10 Foto Hantu Paling Otentik dan Dipercaya Keasliannya

10 Tempat Paling Angker dan Misterius Seantero Jakarta

Sejarah dan Misteri Wilayah Ancol Jakarta

Misteri “Suara Panggilan” di Penjara Presiden Soekarno

Misteri Arwah Noni Belanda di Lawang Sewu

Gempar! Ada Kuburan Semburkan Api

[Foto & Video] Hah? 4 Tuyul Ditangkap Anak SD Desa Prambanan, Warga Sekampung Heboh!

Hiii! Supir Taksi Mengaku Sundel Bolong Naik Taksinya dan Ikut Selama 2 Bulan!

Kisah Nyata! Taksi Antar 3 Hantu ke TPU Karet Bivak Jakarta, Supir Langsung Pingsan!

Inilah Pulau Terpencil Paling Utara Jakarta Yang Indah, Berhantu dan Angker

Heboh, 18 Kutang Jumbo Misterius Ini Diduga Milik Wewe Gombel

Jenderal Indonesia Ini Pernah Melihat Setan dan Menjerit Ketakutan

Misteri Kapal “SS Ourang Medan” : Semua Kru Tewas Kaku, Mata Melotot, Dengan Muka Ketakutan!

Hah?? Heboh! Jin Miliki Akun Twitter di Arab!?

Hah? Sosok Hantu Terekam Kamera Ponsel di Subang?

Misteri Kematian: Gila! Ilmuwan Klaim, Kematian Bisa Ditunda

Ilmuwan: Ada Kehidupan Selanjutnya, Kematian Bukanlah Akhir Segalanya!

Misteri Seputar Pesawat (Air Asia QZ-8501 PART-2)

Hah? Pesawat Air Asia Thailand Berhantu?

Heboh! Hantu di Istana Hampton Court Berhasil Difoto Remaja 12 Tahun

Artikel ini juga di forward oleh forum viva.co.id

vivanews charlie chalie game permainan

*****

http://wp.me/p1jIGd-6v9

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Supernatural dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Beginilah “Charlie”, Permainan Jelangkung ala Barat, Berani Coba?

  1. Kay Beby Pink berkata:

    charlie are you there ??

  2. zahra berkata:

    kalo pakai bahasa indonesia boleh gk sih ??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s