Misteri UVB-76: Ini Dia, Sinyal Radio “The Buzzer” Yang Misterius!

unsolved mysteries

Misteri Pemancar UVB-76: Sinyal Radio “The Buzzer” Yang Misterius!

Misterious Frequency frekuensi misterius header

UVB-76, yang juga dikenal sebagai “The Buzzer”, adalah julukan yang diberikan oleh para pendengar radio untuk stasiun radio gelombang pendek (shortwave radio station) yang tersiar pada frekuensi 4625 kHz (kilo Hertz) atau 4,625 mHz (mega Hertz).

Walau arti “buzer” adalah suara dengungan atau suara nada mirip bel, namun sinyal yang dikeluarkan stasiun misterius “The Buzzer” ini lebih mirip berupa dengungan pendek, atau mirip suara klakson truk atau kapal laut.

Pancaran sinyal radio yang misterius ini menyiarkan durasi pendek dan monoton serta dengan nada suara dengungan, dan mengulangnya sekitar 25 nada (tones) per menit, selama 24 jam! Tak ada yang tahu sinyal apa ini, untuk siapa dan dari mana.

Pada kesempatan yang sangat langka, sinyal berupa dengungan bernada (mirip klakson truk atau kapal laut), dan kadang terganggu oleh transmisi suara dari Rusia yang menindihnya.

Laporan pertama dari stasiun pada frekuensi ini diketahui pada tahun 1982 silam. Asal-usulnya telah terlacak oleh Rusia. Meskipun beberapa teori dengan berbagai tingkatan ada yang masuk akal, namun tujuan sebenarnya belum pernah secara resmi dikonfirmasi dan tetap menjadi misteri dan sumber spekulasi.

Dengarkan nada misterius pemancar UVB-76 “The Buzzer”:

Nama Radio Pemancar Misterius

Stasiun ini dikenal sebagai “Buzzer” dalam bahasa Inggris, atau dalam bahasan Rusia, жужжалка žužžalka. Nama resminya tidak diketahui, meskipun beberapa transmisi suara telah mengungkapkan nama-nama yang mungkin adalah berupa ‘kode siar’ (callsigns) atau bentuk lain dari identifikasi.

Hingga September 2010, stasiun mengidentifikasi dirinya sebagai UVB-76 (УВБ-76) dan kadang masih sering disebut dengan nama itu.

Pada bulan September 2010, stasiun pindah ke lokasi lain, dan telah menggunakan identifikasi MDZhB (МДЖБ, ejaan fonetik Rusia “Mikhail Dmitri Zhenya Boris”), sejak itu dan seterusnya.

pemancar radio misterius UVB-76 06

Pemancar radio misterius UVB-76 atau The Buzzer tampak dari satelit.

Telah diusulkan bahwa identifikasi yang benar sampai September 2010, adalah benar-benar UZB-76 (УЗБ-76), dan bahwa dalam huruf Russia Cyrillic, Ze (З) telah salah dengar sebagai huruf Ve (В). Namun, masih disebut sebagai “UVB-76” oleh kebanyakan orang.

Meskipun stasiun ini secara luas dikenal telah menggunakan dua kode tersebut pada awal transmisi dengan suara paling banyak, namun pesan beberapa suara telah menggunakan kode identifikasi lainnya.

Hal ini membuat tidak pasti apakah nama sebenarnya adalah callsign dari stasiun, atau ada beberapa kode identitas lainnya.

Format Frekuensi Pemancar Misterius

Stasiun mentransmisikan dengan menggunakan frekuensi gelombang AM (Amplitude Modulation) dengan tekanan sideband rendah (R3E), tetapi juga telah digunakan dua frekuensi (double-sideband) penuh pada gelombang AM (A3E).

Inilah antena dari pemancar radio misterius yang kini telah ditinggalkan sejak tahun 2010 lalu, dan kemudian pemancar ini berpindah tempat dan menyiarkan kembali bunyi nada-nada misteriusnya.  (foto: Egor Evseev)

Inilah antena dari pemancar radio misterius yang kini telah ditinggalkan sejak tahun 2010 lalu, dan kemudian pemancar ini berpindah tempat dan menyiarkan kembali bunyi nada-nada misteriusnya. (foto: Egor Evseev)

Sinyal terdiri dari suara berdengung yang berlangsung 1,2 detik, berhenti sekitar 1-1,3 detik, dan mengulanginya lagi sebanyak 21-34 kali per menit.

Hingga November 2010, nada dengungan berlangsung sekitar tiap 0,8 detik. Satu menit sebelum sejam, nada berulang yang disiarkan sebelumnya dipancarkan secara terus menerus dan mengganggu nada alternatifnya yang berlangsung selama satu menit sampai nada dengung buzz berulang secara singkat dilanjutkan, meskipun hal ini tidak lagi terjadi sejak Juni 2010.

The Buzzer tampaknya telah menyiarkan setidaknya sejak tahun 1982 sebagai mengulangi ‘pip’ selama dua detik (two-second pip), berubah menjadi buzz pada awal tahun 1990.

Lalu secara singkat berubah menjadi nada tinggi dari durasi yang lebih lama (sekitar 20 nada per menit) pada tanggal 16 Januari 2003, tetapi sejak kembali ke pola nada sebelumnya.

Pesan Suara Misterius UVB-76

Pada kesempatan langka, terkadang suara berdengung terganggu dan tertindih, dan pesan suara tersiarkan secara tak sengaja. Pesan-pesan ini biasanya diberikan dalam bahasa Rusia oleh suara langsung (live voice), dan mengikuti format tetap.

Hingga 2010, pesan suara yang dianggap sangat langka. Sebuah contoh, pada tanggal 24 Desember 1997, pukul 21:00 waktu setempat:

“.. Ya UVB-76, Ya UVB-76 180 08 74 27 99 BROMAL 14. Boris, Roman, Olga, Mikhail, Anna, Larisa 7 4 2 7 9 9 1 4.”

Pada tanggal 5 Juni 2010, UVB-76 terdiam sekitar 24 jam, lalu kembali melanjutkan pola berdengung normal pada pagi hari tanggal 6 Juni. Pada tanggal 23 Agustus 2010, pukul 13:35 waktu setempat, pesan suara disiarkan:

“UVB-76, UVB-76. 93 882 NAIMINA 74 14 35 74”

Selama tahun 2010, pendengar melaporkan peningkatan aktivitas stasiun yang mendorong pemantauan lebih lanjut dan memungkinkan pendengar untuk dapat “menangkap” lebih dari pesan, namun kemudian hilang tanpa diketahui.

Dengarkan suara pria misterius dibalik pemancar UVB-76 pada 23 Agustus pukul 09.32am UTC:

UVB-76 Bukan Siaran Biasa

Seringkali terdengar ada percakapan orang dengan jarak agak jauh dan suara latar lainnya, telah terdengar dibelakang suara dengung (buzzer) yang disiarkan ini.

Hal ini menunjukkan bahwa nada dengung itu tidak dihasilkan secara internal, tetapi ditransmisikan dari sebuah perangkat yang ditempatkan dibelakang mikrofon dan hidup terus-menerus secara.

Hal ini juga membuat kemungkinan, bahwa mikrofon mungkin dihidupkan secara sengaja. Salah satu kesempatan tersebut adalah pada tanggal 3 November 2001, ketika percakapan dalam bahasa Rusia terdengar:

“Я – 143. Не получаю генератор.” “Идёт такая работа от аппаратной.” (“Saya 143. Tidak menerima generator (osilator).” “Itu hal yang berasal dari ruang perangkat keras.”)

Pada 11 November 2010, percakapan telepon intermiten yang ditransmisikan, telah berhasil dicatat oleh pendengar pada pukul 14:00 waktu setempat untuk jangka waktu sekitar 30 menit.

Percakapan ini tersedia secara online, dan tampaknya dalam bahasa Rusia. Panggilan telepon menyebutkan “petugas operasi brigade bertugas” (“brigade operative officer on duty”), simpul komunikasi “Debut“, “Nadezhda” (dalam bahasa Rusia untuk “harapan”, baik kata benda dan nama perempuan), “Sudak” (sejenis ikan sungai dan juga sebuah kota di Crimea) dan “Vulkan” (gunung berapi).

Suara wanita mengatakan:

“…officer on duty of communication node Debut senior ensign Uspenskaya, got the control call from Nadezhda OK”. (“… petugas yang bertugas node komunikasi Debut panji senior yang Uspenskaya, mendapat panggilan kontrol dari Nadezhda OK”)

Dengarkan suara pria dan wanita misterius dibalik pemancar UVB-76 pada 11 November 2010 pukul 14.00 UTC:

Lokasi dan Fungsi

Tujuan dari stasiun misterius ini belum dikonfirmasi oleh pejabat pemerintah ataupun pihak organisasi penyiaran.

Namun, mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Lithuania, Rimantas Pleikys, telah menulis bahwa tujuan dari pesan suara mengkonfirmasi bahwa operator di stasiun penerima pesan waspada.

Klaim lainnya adalah bahwa siaran terus-menerus didengarkan oleh komisariat militer Russia.

Ada spekulasi lainnya yang diterbitkan dalam Journal Ilmu Bumi Rusia (Russian Journal of Earth Sciences) yang menjelaskan bahwa itu adalah sebuah observatorium yang selalu mengukur perubahan ionosfer dengan cara penyiaran sinyal pada 4625 kHz, frekuensi yang sama dengan Buzzer ini.

Pada tahun 2010 lokasi Buzzer dipindahkan dari dekat kota Povarovo, tidak terlalu jauh dari Moskow, yang dieksplorasi oleh Mr Evseev, untuk lokasi yang tidak diketahui bernama Pskov, yang berbatasan dengan Estonia, sebuah lokasi yang diperkirakan sebagai posisi baru berdasarkan triangulasi sinyal dari para penggemar radio.

Pada tahun 2010 lokasi Buzzer dipindahkan dari dekat kota Povarovo, tidak terlalu jauh dari Moskow, yang dieksplorasi oleh Mr Evseev, untuk lokasi yang tidak diketahui bernama Pskov, yang berbatasan dengan Estonia, sebuah lokasi yang diperkirakan sebagai posisi baru berdasarkan triangulasi sinyal dari para penggemar radio.

Sedangkan sebuah spekulasi lainnya menyatakan, bahwa pesan suara ini semacam komunikasi militer Rusia, dan bahwa suara berdengung hanyalah “saluran penanda” (“channel marker”) yang digunakan untuk menjaga frekuensi yang telah diduduki itu tidak diambil pihak lain dengan suara dengungan, sehingga membuatnya tidak menarik bagi pengguna radio komunikasi potensial lainnya.

Ada dua stasiun Rusia lainnya yang mengikuti format yang sama, dijuluki “The Pip” dan “The Squeaky Wheel“.

Seperti “The Buzzer”, kedua stasiun ini mengirimkan “suara dengan kode tanda” (signature sound) yang diulang terus-menerus, tapi kadang-kadang terganggu untuk menyampaikan pesan suara yang sudah dikodekan ini.

Bekas pemancar terletak dekat Povarovo, Rusia pada kordinat 56°5′0″N 37°6′37″E, yaitu sekitar setengah jalan antara kota Zelenograd dan Solnechnogorsk dan 40 kilometer (25 mil) barat laut Moskow, dekat desa Lozhki. Lokasi dan callsign tidak diketahui sampai siaran suara pertama yang diketahui sejak dari tahun 1997 lalu.

Pada tahun 2010 lokasi “Buzzer” dipindahkan dari dekat kota Povarovo, tidak terlalu jauh dari Moskow, yang dieksplorasi oleh seorang pemerhati bernama Mr Evseev, untuk lokasi yang tidak diketahui bernama Pskov, yang berbatasan dengan Estonia, sebuah lokasi yang diperkirakan sebagai posisi baru berdasarkan triangulasi sinyal dari para penggemar radio. Hal ini dilakukan mungkin karena re-organisasi militer Rusia.

Gambar dari situs bangunan bunker dari pemancar radio misterius yang ditinggalkan. Meskipun kebisingan "the Buzzer" telah berubah sedikit selama 40 tahun, namun ia selalu menjadi bentuk pancaran berdengung laonnya dan kadang terganggu oleh suara manusia pada kesempatan langka. Beberapa orang percaya bahwa stasiun pemancar dioperasikan dari sebuah bunker di suatu tempat dengan seorang operator yang menyampaikan pesan hingga kini dan dikemudian hari. (foto: Egor Evseev)

Gambar dari situs bangunan bunker dari pemancar radio misterius yang ditinggalkan, tanpak antena pemancar pada latar belakang. Meskipun kebisingan “the Buzzer” telah berubah sedikit selama 40 tahun, namun ia selalu menjadi bentuk pancaran berdengung laonnya dan kadang terganggu oleh suara manusia pada kesempatan langka. Beberapa orang percaya bahwa stasiun pemancar dioperasikan dari sebuah bunker di suatu tempat dengan seorang operator yang menyampaikan pesan hingga kini dan dikemudian hari. (foto: Egor Evseev)

Pada tahun 2011 sekelompok penjelajah perkotaan (urban explorers) menjelajahi bangunan yang telah ditinggalkan di Povarovo ini. Mereka mengklaim bahwa stasiun pemancar itu adalah sebuah pangkalan militer yang telah ditinggalkan.

Salah satunya adalah seorang mahasiswa bernam Egor Evseev, dia mengatakan bahwa ia menemukan lokasi stasiun pemancar yang ditinggalkan sangat seram dan menakutkan.

“Bangunan yang ditinggalkan juga daerah itu sangat menyeramkan. Orang-orang asing dan pemandangan yang sangat aneh. Ada seorang pria dengan sepedanya muncul dari jalan yang mengarah ke hutan yang tak jelas, ia tidak membawa apapun dan menuju ke arah sebuah lapangan,” ujar Egor Evseev.

Egor Evseev mengunjungi situs yang lama diyakini rumah UVB-76 pada musim panas 2012 silam. Dia mengatakan daerah itu terdiri dari bangunan yang ditinggalkan dan rusak sebagian dengan cara merobek kabel-label antena coaxial bekas, membuktikan sekali lagi bahwa bunker itu adalah pusat transmisi. Lokasi stasiun diyakini telah pindah sejak tahun 2010.

Sebuah catatan radio atau atau radiolog pun berhasil ditemukan, dan menegaskan pengoperasian pemancar dari bangunan yang telah ditinggalkan itu berada pada frekuensi 4625 kHz! Ya, disanalah tempat stasiun pemancar The Buzzer! (berbagai sumber).

Pustaka:

– uvb-76.net, UVB-76 / MDZhB.

– websdr.ewi.utwente.nl, Dengar ONLINE (REAL TIME) stasiun misterius UVB-76.

pemancar radio misterius UVB-76 04

Egor Evseev mengunjungi situs yang lama diyakini rumah UVB-76 pada musim panas 2012 silam. Dia mengatakan daerah itu terdiri dari bangunan yang ditinggalkan dan rusak sebagian dengan cara merobek kabel-label antena coaxial bekas, membuktikan sekali lagi bahwa bunker itu adalah pusat transmisi. Lokasi stasiun diyakini telah pindah sejak tahun 2010. (foto: Egor Evseev)

pemancar radio misterius UVB-76 03

Buku catatan pesan tertulis (logbook) yang diambil dari situs bangunan pemancar lama lama di Povarovo. Schaum menjelaskan bahwa tulisan ini menunjukkan ‘jadwal kerja sehari-hari mereka dan sampel tentang cara menulis buku catatan yang sebenarnya. Ini menarik untuk dilihat, tapi sayangnya tulisan itu dalam bahasa Rusia dan kami belum sempat untuk menerjemahkannya.

Ruangan didalam bangunan dari stasiun pemancar misterius yang sudah berantakan. (foto: Egor Evseev)

Ruangan didalam bangunan dari stasiun pemancar misterius yang sudah berantakan. (foto: Egor Evseev)

pemancar radio misterius UVB-76 banner

Video:

Russian station UVB-76 (The Buzzer) on 4625 kHz in Siofok, Hungary

ARTIKEL BAHASA INDONESIA PERTAMA DI INTERNET

Artikel Lainnya:

Terompet Isrofil Mulai Ditiup? Misteri Suara Aneh Terdengar di Banyak Negara

[AUDIO] NASA Berhasil Tangkap Suara Misterius Dari Luar Angkasa!

Inilah Pesan Alien “Vrillion” Melalui TV Inggris Tahun 1977

Terkuak, Bahaya Radiasi Wi-Fi Dapat Merusak Tanaman!

Saat Radiasi Ponsel Bisa Sebabkan Kanker & Kemandulan

HAARP Senjata Canggih, Mengatur Pikiran, Gempa dan Iklim Dunia! Termasuk Gempa dan Tsunami di Indonesia!

Project Heboh non-Agamais “Blue Beam”, Skenario Alien & Mahdi menuju Dunia Baru?

Awas Mind Control! Senjata Masa Depan Pengendali Pikiran, Teknologi Pengontrol Saraf Otak

Artikel ini juga di forward oleh forum kaskus.co.id

*****

http://wp.me/p1jIGd-6vZ

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Misteri Dunia, Sadap (Spying & Tapping) dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s