Waduh! Gumpalan Misterius di Samudra Pasifik Ini Bisa Datangkan Malapetaka Bagi Bumi

fenomena alami natural phenomenon

Waduh! Gumpalan Misterius di Samudra Pasifik Ini Diduga Bisa Datangkan Malapetaka bagi Bumi

Gumpalan tersebut diduga telah mengurangi jumlah dan intensitas badai serta menyebabkan berkurangnya curah hujan di Amerika Serikat bagian barat.

Sebuah gumpalan besar air hangat yang misterius muncul di bagian utara Samudera Pasifik terus meluas. Gumpalan misterius ini memiliki efek mendalam pada hewan-hewan laut mulai dari Meksiko hingga Alaska, bahkan diduga dapat mengubah cuaca di seluruh benua!

Istilah “Blob” (gumpalan) diciptakan oleh ahli meteorologi University of Washington, Nicholas Bond. Bersama beberapa rekannya, Bond menemukan bahwa gumpalan misterius ini terdiri dari “sekumpulan” air yang memiliki suhu 5 derajat Fahrenheit lebih hangat dari suhu laut yang pada umumnya.

Sebuah gumpalan besar air hangat yang misterius muncul di bagian utara Samudra Pasifik terus meluas. Gumpalan misterius ini memiliki efek mendalam pada hewan-hewan laut mulai dari Meksiko hingga Alaska, bahkan diduga dapat mengubah cuaca di seluruh benua. (discovery.com)

Sebuah gumpalan besar air hangat yang misterius muncul di bagian utara Samudra Pasifik terus meluas. Gumpalan misterius ini memiliki efek mendalam pada hewan-hewan laut mulai dari Meksiko hingga Alaska, bahkan diduga dapat mengubah cuaca di seluruh benua. (discovery.com)

Sekilas, perbedaan tersebut nampak biasa saja, namun gumpalan kecil dengan temperatur hangat yang berada di lepas pantai Alaska telah berkembang dari sebuah potongan kecil menjadi gumpalan seluas 500 mil!

Gumpalan kecil yang akhirnya terus meluas itu menjadi gejala yang aneh karena tak biasa. Dan ngerinya, anomali atau ketidaklaziman suhu yang terjadi ini menjadi fenomena terbesar sekaligus terlama dalam catatan sejarah.

“Cukup besarnya anomali inilah yang menjadikan gumpalan ini luar biasa,” tutur Art Miller, seorang ahli kelautan di Scripps Institute of Oceanography di La Jolla, California.

Miller berada diantara 100 peneliti yang berkumpul di Scripps untuk membahas fenomena dan dampak gumpalan misterius dan mengerikan tersebut.

Anomali suhu permukaan laut atau yang berbeda dari biasanya dalam derajat Celcius pada Februari-Maret 2014. Image credit: NOAA

Anomali suhu permukaan laut atau yang berbeda dari biasanya dalam derajat Celcius pada Februari-Maret 2014. Image credit: NOAA

Ilmuwan Tak Tau Sebab Munculnya

Para ilmuwan tidak tahu persis apa yang menyebabkan munculnya gumpalan, tetapi mereka menduga ada kaitannya dengan kekeringan di California.

Hal ini membuat sejumlah besar anak-anak Singa Laut menjadi kelaparan, dan pernah terdampar di pantai barat Amerika Serikat.

Perubahan suhu tersebut juga menyebabkan makhluk hidup dari zona tropis dan subtropis mengembara ke bagian yang lebih ke utara, ke tempat di mana mereka biasanya tidak ditemukan karena biasanya mereka tinggal jauh di laut, namun ternyata mereka telah berkelana lebih dekat ke arah pantai.

Dalam sebuah artikel Earth and Sky sejak bulan April 2015 silam, Bon menulis bahwa gumpalan tersebut terkait dengan pola cuaca yang tidak biasa, dan berkembang pada wilayah yang besar di Bumi

Wilayah yang besar itu membentang di utara Samudera Pasifik di Amerika Utara yang terdeteksi sehak musim gugur 2013 dan awal 2014 silam.

Gumpalan atau "The Blob", seperti yang terlihat dalam anomali suhu permukaan laut, pada bulan Februari-Maret 2015. Image credit: NOAA

Gumpalan atau “The Blob”, seperti yang terlihat dalam anomali suhu permukaan laut, pada bulan Februari-Maret 2015. Image credit: NOAA

Pola atau pattern yang besar dan membentang di utara Samudera Pasifik tersebut menampilkan tekanan lebih tinggi dari normal yang berada dilepas pantai barat laut Amerika Serikat.

Bond juga menduga gumpalan tersebut telah mengurangi jumlah dan intensitas badai serta menyebabkan berkurangnya curah hujan di Amerika Serikat bagian barat.

Bond juga menulis, dengan adanya udara dingin di atas Kanada ke arah tengah dan timur AS, terutama di sekitar wilayah Great Lakes, gumpalan tersebut juga akan mempengaruhi cuaca lebih jauh ke arah timur.

Hingga kini asal-muasal anomali aneh yang mengerikan karena dapat berdampak buruk terhadap iklim bahkan bisa menjadi malapetaka bagi Bumi tersebut masih misterius, dan masih diselidiki lebih lanjut oleh para ilmuwan terkait. (sumber: news.discovery.com)

Pustaka:

– news.discovery.com, Mysterious Warm Blob in Pacific Wreaking Havoc.

– earthsky.org, Pacific ‘blob’ is changing weather patterns.

Wilayah bertekanan tinggi secara terus-menerus telah mempengaruhi pola cuaca. Image credit NOAA

Tampak wilayah bertekanan tinggi dan dingin (warna ungu) di atas Kanada ke arah tengah dan timur AS terutama di sekitar wilayah Great Lakes secara terus-menerus telah mempengaruhi pola cuaca dunia terutama di Amerika Utara. Image credit NOAA

Anomali suhu permukaan Pasifik banner

Artikel Lainnya:

Mengerikan! Ilmuwan Temukan “Zona Kematian” di Samudera Atlantik

Temuan Piramida Besar Di Bawah Samudera Atlantik

[TRUE STORY] Pecahkah Rekor, Inilah Pria Yang Hanyut di Pasifik Selama 16 Bulan!

Ditemukan: Gunung Api Mega Besar Dibawah Samudera Pasifik!

Ditemukan: Gunung Raksasa Sumatra Diameter 50 Km Tinggi 4,6 Km!

Pole Shifts: Kutub Utara dan Selatan Sedang Berpindah Akibatkan Anomali Cuaca

[VIDEO] 7 Misteri-Misteri Alam Yang Sulit Diterima Nalar

[FOTO & VIDEO] Misteri Air Laut Surut 1 Kilometer di Serang Banten

Mauritia, Benua Yang Hilang di Samudera Hindia

Runtuhan Kota Bawah Laut Kuba

Pavlopetri, Situs Kota Bawah Laut Tertua di Dunia

Misteri: Wow! Struktur Mirip “Tembok” Lurus di Dalam Laut Utara Papua

Ditemukan: Mirip UFO Teronggok di Dasar Laut Baltik!

Misteri Temuan Samudera Raksasa Di Bawah Benua Asia

Wow! Ternyata Bumi Punya Cadangan Air Tiga Kali Lautan

Ditemukan: Terowongan Besar Misterius Setinggi Menara Eiffel Dibawah Es Antartika

Penjelasan Sederhana: Samudera di Bumi Terbentuk Oleh Hujan Asteroids dan Komet

Pulau Heboh Nongol Setelah Meletusnya Gunung Api Bawah Laut

“Kubah Kiamat” di Kutub Utara Mulai Difungsikan

Terungkap, Bahwa Bumi Pernah Kiamat Enam Kali!

Misteri Fenomena “Bun Upas” di Dataran Tinggi Dieng

[FOTO] ‘Polar Vortex’ Yang Membuat AS Bersuhu Minus -40º Celcius!

[FOTO] Wow! Danau Misterius Ini Ubah Hewan Mati Jadi Batu!

=>Puluhan Artikel Fenomena Alami Lainnya<=

*****

http://wp.me/p1jIGd-6Cm

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Fenomena Alami, Konspirasi Akhir Zaman. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s