Ini Dia, Bahan-Bahan Batu Akik Berbahaya Yang Patut Anda Waspadai!

batu akik dan mineral berbahaya

Ini Dia, Bahan-Bahan Batu Akik Berbahaya Yang Patut Anda Waspadai!

Bagi anda para pencinta batu akik, tentunya sangat senang saat berburu batu-batu yang memiliki warna nan indah dan menawan apalagi jika memiliki keunikan.

Namun bagaimana bila bahan batu yang Anda temukan, walau warna dan bahan batu itu sangat menawan dimata, namun justru dapat membawa penyakit bahkan memicu kematian? Waspadalah!

Pada artikel berikut ini akan dijelaskan bahwa ada bahan-bahan batu akik yang berupa mineral-mineral berbahaya.

Semoga Anda dapat mengetahui adan terhindarkan dengan mengetahui ciri-cirinya.

Berikut bahan-bahan batu akik yang mempesona namun berbahaya itu:

1. Arsenopryte (mengandung racun arsenik)

arsenopryte

Bentuknya sangat mirip dengan emas, warnanya maupun kilauannya. Namun, keduanya baik emas maupun arsenopyrite sangatlah berbeda.

Berhati-hatilah, bila menemukan batu yang mirip emas ini! Perlu diingat debunya mengeluarkan bau yang cukup menyengat mirip bau bawang putih. Artinya, bahan batu itu bukanlah emas melainkan batu arsenopyrite.

Jenis bebatuan ini mengandung racun arsenik sulfida! Maka bila disentuh dan masuk ke tubuh, bisa menyebabkan kematian.

Demikian pula bila bebatuan ini dipanaskan, maka akan muncul uap dari batu arsenopyrite yang baunya mirip bawang putih, tercium sangat kuat dan bisa mematikan karena beracun, bahkan sebagai pemicu kanker.

Selanjutnya bagaimana cara untuk membedakan antara batu ini dan emas? Salah satu caranya yaitu dengan memukulnya dengan batu lain dan akan tercium bau menyengat. Ingat! Ciumlah hanya dari kejauhan!!

Apabila batu itu berbau bawang putih dan arsenik yang sangat menyengat, segera jauhi dan pastikan Anda jangan menghirup baunya apalagi dalam jumlah yang banyak!

Segera buang batu itu ditempat yang tak terjangkau orang lain dan segera cuci tangan anda atau mandi dengan sabun hingga bersih. Waspadalah!

2. Galena (mengandung sulfur reaktif)

galena

Batu ini memiliki warna yang cantik dan sangat menggoda. Galena memiliki bentuk mirip kubus berwarna perak dan berkilau.

Namun perlu diingat bahwa dalam batu ini mengandung sulfur yang sangat reaktif dan berbahaya bagi penggunanya.

Banyak fakta menunjukkan begitu banyak peneliti yang terkena racun ketika mereka melakukan penelitian terhadap batu kristal ini.

Penyebabnya adalah debu timbal yang ada pada Galena secara tak sengaja terhisap, langsung meracuni tubuh hingga memicu kematian.

Disamping itu mineral ini bisa mencemari lingkungan dan membahayakan kesehatan bagi orang yang berada di sekitar batuan mineral ini.

3. Cinnabar (mengandung racun mercuri sulfida)

cinnabar

Warnanya yang merah dan mengkristal memang terlihat indah, mempesona dan cantik sangatlah menggoda mata yang melihatnya. Namun dibalik kecantikan dan keindahannya, Anda perlu wasapada dan menjaga jarak!

Batu ini diberi nama Cinnabar yang artinya ‘darah naga’, nama lainnya dari sisi ilmiah adalah mercury sulfide atau mercuri sulfida.

Terbentuk di dekat gunung berapi dengan komposisi merkuri yang tinggi.

Warnanya yang sangat merah serta menawan hati justru menunjukkan betapa sangat berbahayanya batuan ini.

Kristal ini mengeluarkan zat merkuri yang bisa menyebabkan tremor, tubuh bergetar, mati rasa hingga kematian jika tidak ditangani dengan benar.

Bahkan di sekitar tahun 1700 an, dengan mengirim orang bekerja di sebuah pertambangan yang mengandung cinnabar itu dianggap sama dengan hukuman mati bagi para pekerja itu.

Namun meski demikian praktisi kesehatan masa kuno justru mempercayai bahwa kristal ini memiliki daya penyembuh jika digunakan dalam kadar tepat.

4. Chalcanthite (mengandung racun belerang dan tembaga)

chalcanthite

Batuan ini juga terlihat mempesona karena terlihat berupa kristal berwarna biru yang terdiri atas belerang, air, tembaga dan juga unsur lainnya.

Meskipun unsur tembaga tidak berbahaya, tapi jika unsur tembaganya terkandung dalam jumlah yang sangat banyak, kristal ini bisa beracun untuk tubuh.

Bahkan tembaga yang terkandung dalam Chalcanthite bisa larut dalam air dan jika tembaga yang larut dalam air ini sangat banyak kemudian dipakai untuk minum atau menyiram tanaman, maka ini bisa menjadi sumber kematian yang perlahan, baik pada tumbuhan, binatang dan juga manusia.

Bahkan dengan hanya melepas sebongkah kristal biru ini ke kolam saja, telah terbukti bisa menjadi ancaman lingkungan yang besar.

Meski demikian karena keindahannya yang luar biasa, maka banyak pengusaha berburu chalcanthite ini atau berupaya membuat tiruannya, tentunya yang sudah tidak lagi berbahaya.

5. Stibnite

stibnite

Perwujudannya mirip perak dan bersinar seperti kristal logam. Namun Anda harus waspada dan ingatlah, bahwa batu ini mengandungi senyawa yang tak stabil dan bisa meracuni penggunanya.

Sejarah pada masa lalu memberitakan bahwa Stibnite pernah digunakan sebagai bahan pembuat peralatan makan dan pedang yang berakhir pada kematian penggunanya.

Hal tersebut baru diketahui setelah banyak orang yang keracunan makanan setelah menggunakan peralatan dari kristal ini sebagai bahan untuk peralatan makan.

Jadi ingatlah untuk mencuci tangan dengan sabun hingga bersih setelah memegang batu ini agar tidak keracunan.

6. Tobernite (mengandung radiasi uranium)

tobernite

Batuan Tobernite ini berbentuk prisma yang berwarna hijau indah karena terbentuk dari uranium atau lebih rincinya terbentuk dari reaksi kompleks antara fosfor, tembaga, air dan uranium.

Warnanya yang sangat indah ini menggoda para kolektor untuk mengoleksinya, meski sangat berbahaya.

Tapi hati-hatilah! Julukannya saja mengerikan, yaitu “kristal dari neraka“.

Apabila terjadi pembusukan uranium di dalamnya, maka kristal ini mengeluarkan gas yang tak terlihat secara perlahan-lahan dan akan mengakibatkan kanker paru-paru. Sebaiknya jangan tergoda untuk menjadikan batu ini sebagai koleksi.

7. Orpiment (mengandung arsenik dan sulfur reaktif)

orpiment

Seperti batu-batu berbahaya lainnya yang telah disebutkan sebelummya, kristal ini juga memiliki warna yang menggoda sehingga tak jarang ada yang berminat untuk mengoleksi atau menjadikannya sebagai perhiasan.

Tapi ingat! Orpiment merupakan bebatuan yang sangat berbahaya. Orpiment terbuat dari campuran arsenik dan sulfur yang sangat reaktif.

Hanya dengan memegangnya saja, zat karsinogen bisa terlepas dan bisa menjadi penyebab kanker pada tubuh hingga menyebabkan keracunan arsenik pada saraf, sangat mengerikan!

Sejarah memberitahukan bahwa pada dahulu kala, bangsa China menggunakan mata panah yang sudah digosokkan pada kristal ini untuk meracuni musuhnya.

Sama seperti arsenopyrite, orpiment juga mengeluarkan bau bawang putih yang kuat dikarenakan ada kandungan arsenik di dalamnya.

Jangan lupa dan ingat selalu, untuk tidak memotong bebatuan ini karena bubuk serpihannya saja bisa sangat beracun, terutama jika terkena sinar matahari.

Dalam sebuah tragedi, bebatuan ini juga pernah digunakan sebagai bahan cat hingga meracuni banyak seniman saat menggunakannya.

Demikianlah info dari beberapa bahan mineral nan indah, namun berbahaya. Bisa jadi Anda atau teman ingin mengoleksinya atau bahkan memilikinya. Buanglah jauh-jauh. Waspadalah!

Artikel Lainnya:

Mengerikan! Ilmuwan Temukan “Zona Kematian” di Samudera Atlantik

Temuan Piramida Besar Di Bawah Samudera Atlantik

[TRUE STORY] Pecahkah Rekor, Inilah Pria Yang Hanyut di Pasifik Selama 16 Bulan!

Ditemukan: Gunung Api Mega Besar Dibawah Samudera Pasifik!

Ditemukan: Gunung Raksasa Sumatra Diameter 50 Km Tinggi 4,6 Km!

Pole Shifts: Kutub Utara dan Selatan Sedang Berpindah Akibatkan Anomali Cuaca

[VIDEO] 7 Misteri-Misteri Alam Yang Sulit Diterima Nalar

[FOTO & VIDEO] Misteri Air Laut Surut 1 Kilometer di Serang Banten

Mauritia, Benua Yang Hilang di Samudera Hindia

Runtuhan Kota Bawah Laut Kuba

Pavlopetri, Situs Kota Bawah Laut Tertua di Dunia

Misteri: Wow! Struktur Mirip “Tembok” Lurus di Dalam Laut Utara Papua

Ditemukan: Mirip UFO Teronggok di Dasar Laut Baltik!

Misteri Temuan Samudera Raksasa Di Bawah Benua Asia

Wow! Ternyata Bumi Punya Cadangan Air Tiga Kali Lautan

Ditemukan: Terowongan Besar Misterius Setinggi Menara Eiffel Dibawah Es Antartika

Penjelasan Sederhana: Samudera di Bumi Terbentuk Oleh Hujan Asteroids dan Komet

Pulau Heboh Nongol Setelah Meletusnya Gunung Api Bawah Laut

“Kubah Kiamat” di Kutub Utara Mulai Difungsikan

Terungkap, Bahwa Bumi Pernah Kiamat Enam Kali!

Misteri Fenomena “Bun Upas” di Dataran Tinggi Dieng

[FOTO] ‘Polar Vortex’ Yang Membuat AS Bersuhu Minus -40º Celcius!

[FOTO] Wow! Danau Misterius Ini Ubah Hewan Mati Jadi Batu!

=>Puluhan Artikel Fenomena Alami Lainnya<=

*****

http://wp.me/p1jIGd-6DG

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Yang Paling dan tag , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Ini Dia, Bahan-Bahan Batu Akik Berbahaya Yang Patut Anda Waspadai!

  1. Woww.. terima kasih infonya,, di lihat dari foto-fotonya sangat bagus sekali warna batunya ya, namun sayang kalau di pakai membawa penyakit, kalau di pakai dalam jangka waktu lama mungkin ya yg mengakibatkan penyakait, kalau di pakainya sebentar-sebentar gmna gan, kira-kira berbahaya gak ya?

  2. akik berkata:

    Kenapa yah batu akik yang cantik ini bisa menimbulkan kematian?

  3. Om kaliba berkata:

    Trims min artikel yang sangat berguna bagi saya pemburu batu akik, agar lebih hati2, sekedar masukan mungkin penulis perlu menambahkan daerah atau asal muasal batunya, serta sebutan lokal atau bahasa lokal untuk penyebutan batunya, krn saya menemukan arsenopryte, hampir saja saya asah jadi batu akik, baru tau ternyata beracun, sekali lagu trimasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s