Fenomena Misterius: Pancaran Sinar Yang Bergerak Di Atas Awan

fenomena alami natural phenomenon

Fenomena Misterius: Pancaran Sinar Yang Bisa Bergerak-Gerak Di Atas Awan, Sinar Apakah Itu?

Crown_flash_above_cumulonimbus_zommed

Dalam beberapa tahun belakangan ini, terlihat penampakan sinar di atas awan yang bergerak-gerak dan mengundang decak kagum sekaligus kebingungan bagi yang pertamakali melihatnya. Mungkin yang belum pernah melihatnya secara langsung, dapat melihatnya di situs berbagi video Youtube.

Sinar misterius apakah itu? UFO? Project Blue Beam? Ataukah Project HAARP? Tak sedikit komentator yang menanyakan fenomena apakah yang membuat sinar tersebut dapat bergerak-gerak diatas awan. Karena fenomena yang menurut orang awam masih penuh tanda tanya dan misterius inilah, maka artikel ini akhirnya kami turunkan.

Sinar yang terlihat bergerak-gerak diatas awan yang biasanya terlihat seperti jilatan cahaya itu adalah sebuah fenomena alam biasa yang dinamakan sebagai “Kilat Mahkota” atau Crown Flash.

crown flash anime animasi

Fenomena “Crown Flash” (Gambar bergerak, tunggu beberapa saat jika belum bergerak)

Bagaimana “Kilat Mahkota” Bisa Terjadi?

Dinamakan Kilatan Mahkota atau Kilat Mahkota atau Mahkota Kilat atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai “Crown Flash“, karena fenomena ini biasanya terjadi diatas awan, atau dipucuk bagian atas awan dari jenis awan hujan, atau awan badai, atau jenis awan Cumulonimbus yang wujudnya tinggi dan besar.

crown_mahkotaKarena wujud awan yang tinggi dan besar inilah, maka awan tersebut dipresentasikan layaknya seperti sebuah Mahkota atau Crown, dan bagian atasnya yang terdiri dari pilar-pilar mengerucut diibaratkan sebagai sinar misterius tersebut.

Kilat Mahkota atau Crown Flash adalah fenomena alamiah yang memang jarang terjadi, namun terkadang memperlihatkan terangnya bagian atas (pucuk mahkota) yang biasanya dari jenis awan hujan Cumulonimbus ini.

Jilatan sinar atau cahaya yang biasanya terlihat memanjang atau menjulang diatas awan mengarah ke atas atmosfir tersebut mirip pilar pada mahkota (crown) raja.

Hipotesis tentang fenomena ini adalah bahwa sinar matahari terpantul atau terjadi pembiasan cahaya melalui kristal-kristal es kecil diatas mahkota awan cumulonimbus tersebut.

crown flash anime animasi 3

Fenomena “Crown Flash” atau “Kilat Mahkota” tampak berada di atas mahkota (crown) dari awan hujan Cumulonimbus. (Gambar bergerak, tunggu beberapa saat jika belum bergerak)

Fenomena menjulangnya sinar diatas awan yang alami ini dapat terjadi oleh dua syarat, yaitu:

Syarat pertama, yang harus terjadi yaitu adanya kristal-kristal es diatas awan, dan kristal-kristal es tersebut harus terlihat oleh pantulan cahaya dari matahari dan harus terlihat tepat atau persis terpantul pada posisi dimana kita berada.

Syarat kedua, adalah kristal-kristal es yang telah terlihat seperti cahaya yang tinggi menjulang tersebut juga harus selaras dengan efek elektro-magnetik yang kuat yang ada disekitar awan tersebut, sehingga efeknya dapat terlihat sebagai jilatan cahaya yang tinggi atau seperti pilar cahaya, dan dapat bergerak-gerak.

Dengan dipenuhinya kedua syarat itu maka fenomena Crown Flash akan dapat terlihat. Dan sebaliknya, jika salah satu atau kedua syarat itu tak dipenuhi maka fenomena Crown Flash tak akan bisa dilihat.

crown flash anime animasi 4

Fenomena “Crown Flash” (Gambar bergerak, tunggu beberapa saat jika belum bergerak)

Mengapa jilatan cahaya itu bisa bergerak-gerak?

Jilatan cahaya itu tentu saja bisa bergerak-gerak. Hal itu bisa terjadi ketika jilatan cahaya itu sudah terlihat oleh mata, namun medan elektro-magnetik yang memang ada disekitarnya menggangu kilatan cahaya dalam awan itu.

Maka kristal-kristal es yang terlihat menjulang oleh sinar matahari yang jatuh ke mata, akan berorientasi atau berubah halauan, dan menyebabkan pola jilatan cahaya tampak bergeser dengan sangat cepat, dan tampaklah mirip ‘tarian cahaya’ secara mencolok. Efek seperti ini kadang dikenal sebagai “leaping sundog” atau “lompatan matahari semu”.

Sundog atau secara sains disebut sebagai Parhelion (para yang berarti “di samping”, dan helios berarti “Matahari”), adalah suatu fenomena optik yang menampakkan titik-titik terang di langit, seringkali pada cincin halo di sekeliling Matahari.

Parhelion terjadi akibat adanya kristal-kristal es di atmofir atau cakrawala yang efeknya akan tampak sebagai pancaran cahaya berwarna di kiri-kanan Matahari, berjarak 22° dan pada jarak yang sama di atas cakrawala, dan pada haloo es, dapat dilihat dimana pun dan saat musim apapun, namun tidak selamanya tampak bercahaya dan cemerlang.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/88/Fargo_Sundogs_2_18_09.jpg/640px-Fargo_Sundogs_2_18_09.jpg

“Sundogs” atau Parhelion hanyalah pantulan sinar matahari akibat adanya kristal-kristal es di atmofir atau cakrawala. Pada gambar terlihat fenomena “Sundogs” yang terlihat cemerlang di Fargo, Dakota Utara. Lengkungan haloo melintasi kedua “sundogs” atau Parhelion yang ada di kanan dan kiri dari sinar matahari asli yang berada di tengah. Fenomena ini terkadang dianggap bahwa matahari ada dua atau tiga.

Parhelion akan lebih tampak jelas dan cerah saat Matahari berada pada posisi rendah, misalnya ketika matahari terbit ataupun saat terbenam. Fenomena inilah yang terkadang menimbulkan berita hoax, bahwa matahari ada dua atau tiga, dan lagi-lagi menghebohkan dunia maya 😀

Seperti “Sundog”, maka Kilat Mahkota atau “Crown Flash“, mengharuskan pengamat berada dalam posisi tertentu untuk melihat efek ini, karena”Crown Flash”  bukanlah merupakan cahaya yang dihasilkan oleh dirinya sendiri seperti kilatan pada sambaran petir, melainkan hanya mengubah refleksi atau pembiasan sinar matahari ke mata kita sebagai pengamat.

Fenomena “Crown Flash” sebelumnya telah diangkat dalam jurnal majalah Nature pada tahun 1971 lalu. Fenomena ini dianggap sebagai fenomena alamiah langka dan tidak terdokumentasi dengan baik karena pengamat harus berada pada posisi yang pas dan akurat terhadap pantulan sinar matahari yang terkena kristal-krsital es yang dapat menimbulkan Kilat Mahkota atau “Crown Flash” ini.

Selain itu, fenomena yang terjadi hanya di puncak awan yang tinggi dan besar menambah susahnya fenomena itu terlihat oleh banyak orang. Namun beberapa video di Youtube telah berhasil mendokumentasikan fenomena ini, dan membuat kita semakin banyak mengetahui tentang fenomena-fenomena alamiah yang jarang terlihat tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan selamat berburu Crown Flash, siapa tahu Anda beruntung dapat menyaksilannya fenomena langka ini di alam nyata. (IndoCropCircles.com)

ARTIKEL BAHASA INDONESIA PERTAMA DI INTERNET

crown flash anime animasi 2

Fenomena alami “Crown Flash” (Gambar bergerak, tunggu beberapa saat jika belum bergerak)

Crown_flash_banner

VIDEO:

Crown Flash, Leaping Sundog Compilation

Artikel Lainnya;

[PHOTO] 8 Jenis Awan Yang Manakjubkan

Wow! Ini Dia, Misteri 10 Cahaya Aneh Dari Langit!

Galaksi Bimasakti Terancam Ditabrak Awan Raksasa!

5 Lingkar Awan Bentuk Logo Olimpiade Gegerkan Warga Sotji Russia

[Photo] Cahaya Misterius Malam Hari Diatas Langit Bandung

Heboh: Misteri Kilatan Cahaya Oranye Besar Di Russia, Warga dan Saintis Terpaku!

[VIDEO] Pilot Panik: Benda Terbang Tak Dikenal Lewati Pesawat RyanAir Saat Takeoff

*****

http://wp.me/p1jIGd-6WA

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Fenomena Alami dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Fenomena Misterius: Pancaran Sinar Yang Bergerak Di Atas Awan

  1. ipanase berkata:

    yang spiral juga unik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s