Wow! Arkeolog Temukan Bola Batu Raksasa Misterius Di Hutan Bosnia

 bola besar bosnia banner

Wow! Arkeolog Temukan Bola Batu Raksasa Misterius Di Hutan Bosnia

Ini mungkin terdengar seperti sebuah sekuel film aneh, tapi ini terjadi di dunia nyata dimana seorang arkeolog Bosnia dengan kecenderungan berpakaian seperti layaknya “Indiana Jones” telah menemukan sebuah bola batu raksasa yang ia percayai sebagai bukti adanya suatu keberadaan peradaban yang hilang.

Arkeolog Dr. Sam Osmanagich menemukan batu bundar misterius itu di Hutan Podunavlje di Bosnia-Hezergovina pada pertengahan Maret 2016 lalu. Ia percaya, bisa jadi bola raksasa ini dipercayai sebagai adanya kemungkinannya sebagai bola batu terbesar di dunia dan dari peradaban masa lalu yang kini telah hilang.

Bola batu raksasa itu awalnya tak begitu terlihat karena tertimbun tanah, kemudian ia berusaha untuk membersihkannya. Walau belum terlihat secara keseluruhan, namun sejauh ini, kurang dari setengah dari bola telah terlihat. Osmanagich memperkirakan radius ukurannya antara 1,2 dan 1,5 meter (3,9 – 4.9 ft).

Suad Keserovic sedang membersihkan bola batu raksasa di desa Podubravlje dekat Zavidovici, Bosnia dan Herzegovina, 11 April 2016. (Pict: ©Dado Ruvic / Reuters)

Suad Keserovic sedang membersihkan bola batu raksasa di desa Podubravlje dekat Zavidovici, Bosnia dan Herzegovina, 11 April 2016. (Pict: ©Dado Ruvic / Reuters)

Dengan kandungan zat besi yang sangat tinggi, tes awal menunjukkan bola besar itu bisa berbobot lebih dari 60,000 lbs atau 30 ton! Hal ini pastinya akan membuat rekor, minimal sebagai bola batu terbesar di Eropa.

Jika ternyata lebih berat, maka bola bau raksasa itu bisa melampaui penemuan-penemuan serupa di Kosta Rika yang diyakini buatan manusia, dan di Meksiko yang dianggap akibat formasi alamiah, maka bola batu raksasa di Bosnia ini dapat dinyatakan bola batu terbesar di dunia.

Osmanagich mengatakan saat penelitian selesai, penemuan ini dapat membuktikan bahwa Eropa Selatan adalah rumah bagi peradaban maju dari “masa lalu” yang memiliki bentuk “teknologi tinggi” mereka sendiri.

Osmanagich sebelumnya telah menyatakan bahwa serangkaian bukit di Bosnia tengah dan Herzegovina benar-benar berisi piramida kuno dan terowongan bawah tanah.

bola besar bosnia 02

Suad Keserovic sedang mengukur bola besar raksasa di desa Podubravlje dekat Zavidovici, Bosnia dan Herzegovina, 11 April 2016. (Pict: ©Dado Ruvic / Reuters)

Dia mengatakan bahwa penemuan bola batu besar ini bisa mendukung teori dengan memberikan bukti lebih lanjut dari keberadaan peradaban sangat maju pada masa lalu.

Namun, Osmanagich mengklaim tentang keberadaan batu ini diperdebatkan oleh rekan-rekan arkeolog yang memiliki pandangan berbeda tentang penjelasan terhadap batu besar dan lebih alami.

Mandy Edwards dari University of Manchester’s School of Earth, Atmospheric and Environmental Sciences mengatakan kepada MailOnline bahwa bola batu raksasa itu kemungkinan hasil dari pengerasan atau konkresi (concretion), yang dibentuk oleh “pengendapan mineral semen alami dalam ruang yang terdapat diantara butiran sedimen”.

Suad Keserovic sedang membersihkan bola besar raksasa di desa Podubravlje dekat Zavidovici, Bosnia dan Herzegovina, 11 April 2016. (Pict: ©Dado Ruvic / Reuters)

Suad Keserovic sedang membersihkan bola besar raksasa di desa Podubravlje dekat Zavidovici, Bosnia dan Herzegovina, 11 April 2016. (Pict: ©Dado Ruvic / Reuters)

Ada beberapa arkeologi asli di bukit dan saya diberitahu bahwa itu berasal dari abad pertengahan, mungkin Zaman Perunggu atau Roman”, kata Anthony Harding, Presiden dari European Association of Archaeologists, kepada The Telegraph.

Tapi spekulasi bahwa kemungkinan adanya struktur yang berusia 12.000 tahun di bawah tanahnya adalah fantasi yang lengkap, dan siapa pun dengan pengetahuan dasar tentang arkeologi atau sejarah harus mengakuinya,” tambah Anthony Harding.

Banyak ahli dari berbagai kalangan ilmu menyatakan beberapa pertanyaan, diantaranya: Apakah ini bukti adanya peradaban kuno? Apakah memang terjadi konkresi (concretion) oleh lapisan sedimen?

Apakah bola raksasa itu memang hanya batu besar biasa? Hingga, apakah batu beasar raksasa yang kaya logam ini berasal dari luar angkasa. Mengingat bahwa para ahli geologi terbagi dan tak ada kesimpulan yang pasti, bagaimana menurut Anda?

(IndoCropCircles.com / MailOnline / The Telegraph / Russia Today / Pict: ©Dado Ruvic / Reuters)

bola besar bosnia 04bola besar bosnia 05bola besar bosnia 06

Video:

Giant Stone Spheres of Zavidovici, Bosnia: Part-1 | Part-2 |

Bosnia and Herzegovina: Is this the oldest stone sphere even carved by humans?

The Prehistoric Stone Spheres of Bosnia

Artikel Lainnya:

Warga Amerika Terkejut: Bola Api Hijau Melintas Di Angkasa

Sebuah Bola Misterius Jatuh dari Luar Angkasa

Parlemen Russia: Meteor Russia Adalah Senjata Baru AS

Misteri Bola Cahaya Aneh Sebelum Gempa Bumi

Ditemukan: Bola Mata Raksasa Misterius di Pantai

Misteri Bola Cahaya Listrik Dapat Terlihat Akibat Pengaruh Otak?

Misteri Perahu Bulat Mirip UFO Terdampar di Jepang Tahun 1803

Wow! Kawah Patomski, Struktur Batuan Misterius di Tengah Hutan Rusia

5 Lingkar Awan Bentuk Logo Olimpiade Gegerkan Warga Sotji Russia

Masih ada komunitas yang percaya: Bumi ini Datar, Bukan Bundar!

Wow! Misteri Kilatan Cahaya Oranye Besar Dilangit Russia Membuat Warga dan Saintis Terpaku!

Wow! UFO Berbahan Titanium Jatuh di Russia

Fenomena Misterius: Pancaran Sinar Yang Bergerak Di Atas Awan

*****

http://wp.me/p1jIGd-7jq

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Arkeologi Dunia, Penemuan-Penemuan Misterius dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Wow! Arkeolog Temukan Bola Batu Raksasa Misterius Di Hutan Bosnia

  1. ipanase berkata:

    kayak bola meriam raksasa

  2. pijatbekamabahyono berkata:

    artikelnya unik n menggigit,butuh semangat extra utk trus menulis,bravo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s