Diluar Imajinasi: Inilah Foto-Foto Asli Permukaan Planet Mars Yang Disembunyikan NASA!

Planet-mars_header

Diluar Imajinasi: Inilah Foto-Foto Asli Permukaan Mars Yang Disembunyikan NASA!

mars_recon_orbiter Mars Reconnaissance Orbiter header

Inilah foto asli planet Mars yang diluar imajinasi. Pada artikel kali ini akan memperlihatkan foto-foto permukaan planet Mars yang asli, dan bisa jadi dapat membuat Anda berdecak kagum.

Eksplorasi di Mars tidak semuanya tentang wahana Curiosity dan Opportunity Rovers yang berjalan di permukaan Mars. Wahana Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) milik NASA telah berhasil memotret banyak gambar beresolusi tinggi yang indah dari permukaan planet merah ini sejak tahun 2006 silam.

Pesawat ruang angkasa MRO yang memutari ‘planet merah’ Mars ini dioperasikan oleh University of Arizona. Wahana MRO tersebut dilengkapi dengan kamera HiRISE (High Resolution Imaging Science Experiment) yang seharga US$40 juta dollar AS. Nah, dari wahana inilah foto-foto indah permukaan Mars di dapat.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/25/MRO_HiRISE.jpg/320px-MRO_HiRISE.jpg

Perangkat kamera HiRISE (High Resolution Imaging Science Experiment) yang berada di wahana Mars Reconnaissance Orbiter (MRO). (pic: NASA via wikimedia)

Perangkat kamera yang menempel di wahana MRO ini adalah teleskop refleksi dengan aperture terbesar yang pernah dikirim pada misi ruang angkasa, dan mampu mengambil gambar 0,3 megapiksel.

Selama beberapa puluh tahun, planet Mars hanya “dipromosikan” sebagai ‘Planet Merah’ yang seakan-akan hanya padang tandus berwarna merah saja. Namun dengan dirilisnya foto-foto “beyond imagination” permukaan planet Mars ini membuat banyak orang berdecak kagum dengan keindahannya.

Tak hanya berwarna merah bata dan oranye, namun permukaan planet ini juga memiliki landscape berupa hamparan berwarna biru, hijau, ungu, kuning dan lainnya.

Juga terlihat beberapa kawah di permukaannya hasil dari tumbukan meteorid dan asteroid. Terlihat pula gunung dan pegunungan, padang pasir dan bebatuan yang warnanya tidak selalu di dominasi warna merah.

Berikut foto-foto nyata dan asli planet Mars yang diambil oleh wahana Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA:

Mars surface permukaan mars 01

Foto nyata dan asli planet Mars yang diambil oleh wahana Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA yang memperlihatkan daerah Nili Fossae yang berada di wilayah barat laut Mars, sebagai salah satu tempat paling berwarna-warni di Mard yang selama ini dikenal sebagai “Planet Merah”. (klik pada gambar untuk memperbesar) (foto oleh: ©NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona)

Mars surface permukaan mars 02

Banyak daerah di permukaan Mars dipenuhi oleh padang pasir, debu dan regolith, tetapi dalam foto yang menakjubkan ini kita bisa melihat foto batuan dasar wilayah Nili Fossae dengan sangat baik, kecuali pada wilayah yang juga terlihat dan terdapat bukit pasir. (klik pada gambar untuk memperbesar) (foto oleh: ©NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona)

Mars surface permukaan mars 03

Foto yang juga membuat kita dangat takjub dari wahana Mars Orbiter menunjukkan beragam komposisi dari batuan dasar berlapis yang dibentuk oleh sejarah geologi yang rumit dan menarik di kawasan ini. (klik pada gambar untuk memperbesar) (foto oleh: ©NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona)

Mars surface permukaan mars 04

Komposisi ini menghasilkan warna yang berbeda pada citra berwarna inframerah-merah-biru (infrared-red-blue color images) dari kamera HiRISE, seperti nuansa indah berwarna biru dan krem pada salah satu foto indah ini. (klik pada gambar untuk memperbesar) (foto oleh: ©NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona)

Mars surface permukaan mars 05

Foto nyata dan asli planet Mars yang diambil oleh wahana Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA yang memperlihatkan daerah Nili Fossae yang berada di wilayah barat laut Mars, sebagai salah satu tempat paling berwarna-warni di Mard yang selama ini dikenal sebagai “Planet Merah”. (klik pada gambar untuk memperbesar) (foto oleh: ©NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona)

Mars surface permukaan mars 06

Tampak wilayah Noctis Labyrinthus atau ‘Labyrinth of the Night,’ yang namanya diberikan karena lembah curam berdindingnya yang berpotongan menyerupai struktur seperti labirin. (klik pada gambar untuk memperbesar) (foto oleh: ©NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona)

Mars surface permukaan mars 07

Tampak bekas jejak fenomena alami di Mars oleh “Debu Setan” (Dust Devils) yang terlihat berupa jejak hitam berputar-putar dan terlihat sangat menarik di permukaan berpasir di planet Mars. (klik pada gambar untuk memperbesar) (foto oleh: ©NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona)

Mars surface permukaan mars 08

Tampak tanah tandus yang terkikis di wilayah bernama Aram Chaos, sebuah kawah besar di dekat ekuator Mars telah hampir penuh dengan batuan sedimen. (klik pada gambar untuk memperbesar) (foto oleh: ©NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona)

Mars surface permukaan mars 09

Daerah yang disebut ‘inverted crater’ atau ‘kawah terbalik’ di wilayah Arabia Terra di planet Mars yang berdiametar sekitar 250 meter. (klik pada gambar untuk memperbesar) (foto oleh: ©NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona)

Mars surface permukaan mars 10

Inilah salah satu bukit pasir pertama yang ditemukan di planet Mars, ditemukan oleh para ilmuwan di dalam wilayah bernama Kawah Proctor atau Proctor Crater. (klik pada gambar untuk memperbesar) (foto oleh: ©NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona)

Mars surface permukaan mars 11

Deposit yang kaya oleh tanah liat (clay deposits) dari wilayah Nili Fossae menjadikannya sebagai salah satu daerah yang paling menarik bagi para peneliti Mars karena daerah ini dapat memberikan kondisi yang memungkinkan bahan organik untuk dapat bertahan lama. (klik pada gambar untuk memperbesar) (foto oleh: ©NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona)

Mars surface permukaan mars 12

Tampak gundukan raksasa atau ‘barchan’, yang mirip seekor ular di wilayah Hellas akibat dampak basin di Mars ini terbentuk karena angin bertiup ke arah yang sama dalam jangka waktu yang panjang. (klik pada gambar untuk memperbesar) (foto oleh: ©NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona)

Mars surface permukaan mars 13

Tampak sebuah kawah bekas meteorit yang masih ‘segar’ atau baru terlihat di permukaan Mars, lengkap dengan debu berwarna yang terlontar saat terjadi benturan. (klik pada gambar untuk memperbesar) (foto oleh: ©NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona)

Mars surface permukaan mars 14

Tampak dalam foto, wahana penjelajah Mars, Curiosity Rover (agak ke bawah disebelah kiri) berikut bekas jejaknya di permukaan Mars, saat difoto oleh kamera HiRISE. (klik pada gambar untuk memperbesar) (foto oleh: ©NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona)

Mars surface permukaan mars 15

Sebuah fenomena alami “Badai Debu” yang tinggi (high-flying dust storm) tampak terekam dari orbit Mars di wilayah Amazonia Planitia pada akhir musim semi. (klik pada gambar untuk memperbesar) (foto oleh: ©NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona)

Mars surface permukaan mars 16

Tampak kandungan besi (hematite) berwarna coklat-kekuningan, di wilayah Mars yang bernama Capri Chasma. (klik pada gambar untuk memperbesar) (foto oleh: ©NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona)

Apakah foto-foto permukaan Mars yang dirilis NASA itu asli?

Mars dikenal sebagai ‘planet merah’, namun foto-foto nyata dan asli planet Mars yang diambil oleh wahana Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) milik NASA diatas, masih menimbulkan ketidakpercayaan banyak pihak tentang keasliannya.

Beberapa menganggap foto-foto itu asli permukaan Mars, namun pihak NASA menjelaskan bahwa gambar-gambar dari kamera HiRISE tersebut telah diedit dengan mengubahnya oleh ‘warna palsu’ atau false coloring, yang bertujuan kan membantu para ilmuwan untuk melacak perubahan yang terjadi di permukaan planet Mars.

Tampak pada foto-foto permukaan Mars diatas tadi, berbagai warna yang dihasilkan oleh kehadiran mineral seperti karbonat, aluminium smektit (aluminum smectite), silika terhidrasi (hydrated silica), dan besi oksida (iron oxides) yang berada di kerak planet Mars.

Jadi, menurut NASA bahwa foto-foto itu asli, namun telah di edit oleh ‘pewarnaan palsu (false coloring), namun banyak pemerhati objek luar angkasa tak begitu saja percaya kepada NASA yang selama ini selalu menutup-nutupi banyak objek dan visualisasi “tak terjelaskan” dari foto antariksa, termasuk keberadaan objek tak dikenal atau UFO, juga bangunan misterius di Bulan dan Mars, serta banyak foto-foto anomali lainnya yang selalu ditutupi NASA.

mars anime animation animasi

Wahana NASA mencari tanda kehidupan di Mars

Seorang juru bicara NASA mengatakan langkah berikutnya dari wahana Orbiter Mars yaitu akan memeriksa daerah-daerah lebih lanjut lainnya di Mars untuk mencari tanda-tanda kehidupan yang mungkin sekali telah ada di sana.

“Wilayah Nili Fossae Trough adalah celah besar di permukaan Mars. Wilayah ini adalah salah satu yang terbesar, eksposur paling beragam mineral lempung (clay minerals) yang mengandung air dalam struktur mineral, dan dapat mempertahankan bahan organik. Para ilmuwan sangat antusias belajar tentang batuan dan lapisan deposit tersebut untuk memahami lingkungan masa lalu yang bisa mendukung kehidupan,” jelas juru bicara NASA.

(Photos credits: © NASA/JPL-Caltech/Univ. of Arizona | Photo editor: IndoCropCircles.com)

Pustaka:

mars and earth compareFoto-Foto Permukaan Planet Mars Yang Sangat indah HEADER

Artikel ini juga di forward oleh forum kaskus.co.id dan forum viva.co.id

Artikel Lainnya:

Inilah LDSD, Wahana “Piring Terbang” NASA Untuk ke Mars

Unsur Batu “Piramida” Mars Mirip di Bumi

Meteorit Dari Mars Ini Lebih Mahal 10 Lipat Dari Sebongkah Emas

Gara-gara Planet Jupiter, Ukuran Planet Mars Jadi Kerdil

Curiosity Rover, Robot NASA Temukan UFO di Mars

Misteri Struktur Bangunan ditemukan di Mars!?

Misteri Dua Sosok Manusia Berjalan di Mars Pada Tahun 1979

Wow!! Planet Mars Basah? Curiosity Temukan Keberadaan Air!

Astrobiologist: Ditemukan Gas Methana dan Air di Mars, Bukti Terkuat Ada Alien Disana

Hah?? Nenek Moyang Manusia Dari Mars, Dan Kapitalisme Memusnahkan Mereka?

Seorang Anak Mengaku Dari Mars, Melihat 2012 Lalu Memang Tak Akan Kiamat

Hah?? Nazi Sudah ke Bulan Membuat Pangkalan Tahun 1942 dan Sudah ke Mars Tahun 1945?

=>Puluhan Artikel Terkait Misteri Planet Lainnya<=

=>Puluhan Artikel Terkait Misteri Alam Semesta<=

*****

http://wp.me/p1jIGd-7n8

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Misteri Planet dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Diluar Imajinasi: Inilah Foto-Foto Asli Permukaan Planet Mars Yang Disembunyikan NASA!

  1. mr.wawe berkata:

    Kenapa konspirasi bumi datar tidak dipublikasikan malah gambar2 animasi CGI NASA yg terbukti hoax

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s