Escherian Stairwell, “Tangga Tak Mungkin” Yang Bikin Para Arsitek Melongo

real-or-fake-header

Nyata Atau Tidak? Wow! Inilah Escherian Stairwell, “Tangga Tak Mungkin” Yang Sempat Bikin Ilmuwan Dan Arsitek Melongo

escherian-stairwell-banner

Tangga Escherian atau “Escherian Stairwell” atau “Escher’s Loop” adalah sebuah model tangga atau rancangan tangga yang sangat ajaib, yang dibuat oleh arsitek Filipina bernama Rafael Nelson Avoganda, sejak tahun 1968 silam.

Model tangga yang “aneh nan ajaib” ini memiliki beberapa nama atau julukan, misalnya seperti “Magic Stairs” atau “Illusion Stairs” atau “Impossible Staircase” atau “Endless Stairs” atau “Continuous Staircase” atau “Penrose Stairs” atau “Penrose Steps”, memang telah membuat banyak peneliti dan arsitek kebingungan.

Sebutan Kata “Escherian”

Sebutan kata “Escherian” berasal dari seorang bernama Maurits Cornelis Escher atau M.C Escher, yaitu seniman grafis asal Belanda yang terkenal di dunia, yang lahir pada 17 Juni 1898 dan meninggal pada 27 Maret 1972 dengan usia 73 tahun.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/4/42/Escher-in-rome.jpg

M.C Escher saat berada di Roma pada tahun 1930. (wikimedia)

Escher menjadi terkenal karena konstruksinya yang “tak mungkin”, berupa Ascending and Descending, Relativity and Transformation Prints (terdiri dari Metamorfosis I, Metamorfosis II, Metamorfosis III, Langit dan Air serta Reptil).

Di tahun 1918, Escher mulai belajar arsitektur di Sekolah Tinggi Teknologi di Delft. Selain belajar arsitektur, ia juga menempuh pendidikan militer.

Akan tetapi, kesehatannya memburuk sehingga tidak bisa mengikuti pelajaran. Pada tahun 1919 Escher akhirnya dikeluarkan dari daftar pendidikan militer.

Hal ini membuat ia tidak pernah melanjutkan sekolah atau tidak berhasil lulus dari Sekolah Menengah Atas.

Selama masa tersebut, Escher banyak menggambar dan juga mulai menggunakan ukiran kayu sebagai medium gambarnya. Banyak orang dari seluruh dunia mengagumi karyanya, dan menamakan aliran dari model-model gambar ilusinya itu dengan istilah “Escherian”.

Selama hidupnya, Escher membuat 448 litograf, ukiran kayu dan lebih dari 2000 gambar serta sketsa lainnya. M.C Escher seperti beberapa pendahulunya, Michelangelo, Leonardo da Vinci, Albrecht Durer dan Hans Holbein, adalah orang yang kidal.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/a/a3/Escher%27s_Relativity.jpg

Multiple viewpoints and impossible stairs by Escher: Relativity, 1953. (wikimedia)

Selain sebagai seniman grafis, Escher adalah ilustrator buku, perancang permadani, perancang prangko dan perancang mural, termasuk gambar sebuah tangga dengan konsep aneh dan tak biasa ini, yang kemuidian dinamakan sebagai Escherian Stairwell.

Tangga ajaib itu pada masa kini dibuat aslinya dan berada di Rochester Institute of Technology (RIT) Amerika Serikat.

Sebuah video menampilkan tangga aneh itu yang dipandu oleh seorang pemandu acara bernama Kevin.

Visual aneh yang tak biasa pada model “tangga tak mungkin” ini membuat kerja otak kiri dan otak kanan akan saling bertabrakan.

Banyak Penonton Video Dari Peneliti Hingga Awam Merasa Bingung

Pada video, Kevin naik pada deretan tangga, mirip tangga darurat / emergency yang biasa terdapat ada pada sebuah gedung, dan ia menjelaskan bahwa tangga ini dirancang oleh arsitek Filipina bernama Rafael Nelson Avoganda.

Setelah ia mencapai puncak tangga, ia berputar 180 derajat dan naik lagi ke deratan tangga kedua. Artinya, mirip naik tangga darurat dari lantai satu ke lantai dua.

rafael-nelson-avogandaSetelah menaiki dua deret tangga, tiba-tiba ia tetap muncul kembali di bagian bawah tempat awalnya ia menaiki tangga pertama! Alias kembali lagi lantai satu dan bukan ke lantai dua!

Ia kemudian juga mewawancarai beberapa mahasiswa untuk menanyakan apakah mereka tahu atau pernah mendengar apakah Escherian Stairwell itu?

Nyaris semua mahasiswa tak tahu bahkan tak pernah mendengar nama itu. Salah satu mahasiswi kemudian diajak olehnya untuk mencoba tangga ajaib itu.

Mahasiswi itu juga tak pernah mengetahui dan Kevin pun menyuruhnya untuk menaiki anak tangga seperti biasa, hingga ke lantai dua.

Setelah mahasiswi itu menaiki deretan anak tangga pertama, lalu berbalik dan naik ke deretan anak tangga kedua, betapa terkejutnya dia melihat Kevin yang seakan-akan ada di lantai satu, kini ada juga di lantai dua.

The Escherian Stairwell (youtube)

The Escherian Stairwell (youtube)

Mahasiswi itu kebingungan, hingga ia tertawa-tawa dan tak dapat menjelaskan mengapa hal ini bis terjadi. Kevin berucap bahwa mahasiswi itu tak pernah naik ke lantai dua, dan hanya berputar-putar saja. Padahal mahasiswi itu sangat yakin bahwa ia seakan sudah naik dua deret tangga dari lantai satu ke lantai dua.

Salah satu pasangan yang berada di sana menjelaskan bahwa selama perjalanan, mereka saling berdebat untuk siapa yang lebih dulu akan menaiki “tangga ajaib” itu. Mereka sempat takut dan menyuruh pasangannya saja yang duluan untuk menaikinya. ‘No, you do it first, No, I don’t know if I want to do it first.’”

“Tangga Tak Mungkin”, Nyata atau Bohong?

Meskipun video terlihat nyata, dan diklaim sebagai hasil dari keajaiban arsitektur datar, namun itu bukan fakta. Klaim dalam video menentang logika dasar dan juga hukum-hukum fisika.

Untuk mempersingkat analisa, video fenomenal itu adalah sebuah proyek yang dibuat oleh Michael Lacanilao, seorang siswa Pascasarjana dari RIT (Rochester Institute of Technology).

The Escherian Stairwell Diagram.

The Escherian Stairwell Diagram.

Film dan animasi ini adalah sebagai bagian dari Program Tahunan institut tersebut, yaitu ‘Imagine RIT’ (sebuah festival inovasi dan kreativitas dari Universitas RIT).

Kemudian proyek ini mencoba untuk membangun sebuah mitos yang modern (modern myth).

Bahkan ada kampanyenya di Kickstarter yaitu sebuah platform untuk mendanai proyek-proyek kreatif itu.

Tetapi sayangnya video kreasi Michael ini tidak bisa mencapai tujuan yang diharapkan dan gagal untuk didanai. Dalam video ‘kedua’ di Kickstarter ini, Lacanilao menjelaskan tentang proyek kreatif membangun mitos modern ‘The Escherian Stairwell’.

Proyek dan video ini terinspirasi oleh MC Escher yang telah dijelaskan diatas,  yang dikenal sering melakukan imajinasi terhadap konstruksi, dan sangat mustahil dapat dilakukan secara matematis.

The Escherian Stairwell experiment (youtube)

The Escherian Stairwell experiment (youtube)

Ascending and Descending adalah salah satu karya seni paling terkenal dari Escher, yang menggambarkan sebuah bangunan besar beratap dengan tangga yang tak pernah berakhir (Never-ending Stairwell).

Jadi, The Escherian Stairwell hanyalah hoax dan hanyalah sebuah video animasi. Video tersebut tidak lebih dari sebuah proyek imajiner kreatif yang dimaksudkan untuk menyajikan mitos modern sebagai bentuk seni.

Video dihasilkan dari hasil editing cerdas, menggunakan trik fokus kamera pada sudut tertentu untuk memberikan ilusi bahwa jika Anda menaiki atau menuruni tangga, maka Anda akan terus mengulanginya.

Ilusi ini dikembangkan berdasarkan persepsi dan perspektif saja dan para pelaku di dalam video dibawah ini, baik itu aktor maupun aktris, dari yang tua hingga anak-anak, hanyalah para aktor yang berakting dengan karakter yang sungguh-sungguh luar biasa! Wow! … (©2014 IndoCropCircles.com / berbagai sumber)

Pustaka:


tangga-ajaib-escherian-stairwell_anim-animation-animasi

Animasi GIF – “Tangga ajaib” The Escherian Stairwell

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/29/Piranesi9c.jpg

Forerunner of Escher’s fantastic endless stairs: Piranesi’s Carceri Plate VII – The Drawbridge, 1745, reworked 1761. (wikimedia)

 


VIDEO:

(Short Clip) by IndoCropCircles via Facebook – Mystery of Escherian Stairwell, Real or Fake?:


(Long Clip) Imagine RIT 2013 (feat. The Escherian Stairwell)


Artikel Lainnya:

Wow Ngeri! Direkam Kamera, Mumi Berusia 300 Tahun Ini Membuka Mata!

Fenomena Misterius: Pancaran Sinar Yang Bergerak Di Atas Awan

[VIDEO] Misterius, Sekelompok Burung Membentuk Mirip Wajah Vladimir Putin!

[Foto] Alien Roswell Kerdil Dari Area-51 Ini Diklaim Asli Oleh Ilmuwan dan Astronot

Misteri Kerja Otak dan Menyibak Kerja Otak Dominan Presiden Indonesia

Lebih Setengah Abad Tak Terkuak: “Allais Effect” Misteri Terbesar Dampak Gerhana Matahari

10 Misteri Indonesia Yang Mungkin Belum Pernah Anda Ketahui Sebelumnya

Hah? Wanita Ini Tak Memiliki Vagina, Kandungan, dan Leher Rahim!

Inilah Puluhan “Operasi Bendera Palsu” (False Flag Operation) Yang Diakui Pemerintah Dunia

Kisah Nyata! Taksi Antar 3 Hantu ke TPU Karet Bivak Jakarta, Supir Langsung Pingsan!


http://wp.me/p1jIGd-7G9

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Berita Hoax (Bohong) dan tag , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Escherian Stairwell, “Tangga Tak Mungkin” Yang Bikin Para Arsitek Melongo

  1. draizan berkata:

    Ah…ternyata
    Akhirnya rasa penasaran ini terungkap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s