[UFO Australia 1978] Lapor Lihat UFO, Frederick Valentich dan Pesawatnya Lenyap Seketika

Frederick Valentich, Hingga Kini Pilot Ini Lenyap Dengan Pesawatnya Setelah Lapor Melihat UFO

Frederick Valentich seorang pilot muda dari Australia yang baru berusia 20 tahun, telah lenyap atau menghilang tanpa bekas berikut dengan pesawatnya, dan hingga kini tak pernah ditemukan.

Ia menghilang tak lama setelah melaporkan telah melihat objek terbang tak dikenal diatas pesawatnya saat terbang dalam sesi latihan penerbangan dengan jarak sejauh 125 mil (235 km).

Saat itu ia menggunakan pesawat ringan jenis Cessna 182L. Ia menghilang dalam penerbangan tersebut di Selat Bass, Australia Selatan pada hari Sabtu, 21 Oktober, 1978 silam.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/63/Valentich_disappearance.png

Valentich’s intended route

Melalui radio transmitter, Valentich menghubungi ATC di Melbourne bahwa ia sedang terbang didampingi oleh pesawat tak dikenal sekitar 1.000 kaki (300 m) di atasnya, dan seketika mesin pesawatnya mulai bergetar kencang.

Dan pada detik-detik terakhirnya ia melaporkan dalam radionya, “It’s not an aircraft..!” (“Ini bukan pesawat terbang..!”)

Ada laporan yang terlambat dari penampakan UFO di Australia pada malam saat hilangnya Valentich.

Namun, Associated Press melaporkan bahwa Departemen Transportasi skeptis bahwa objek terbang tak dikenal atau UFO yang berada di balik hilangnya Valentich.

Namun beberapa pejabat terkait berspekulasi bahwa “Valentich telah disorientasi dan melihat lampu pesawatnya sendiri yang tercermin diatas air laut, atau lampu dari pulau terdekat, saat ia terbang terbalik.”

Riwayat hidup sang pilot

Selama pelatihan, Frederick Valentich baru mengantongi 150 jam terbang dan memiliki rating instrumen kelas-4 yang membuatnya mendapat izin atau berwenang untuk menerbangkan pesawat pada malam hari, tetapi hanya “dalam kondisi meteorologi visual” (in visual meteorological conditions) atau dalam kondisi udara yang cerah.

Dia pernah dua kali mendaftar di Royal Australian Air Force (RAAF) tapi ditolak karena kualifikasi pendidikannya yang tidak memadai. Ia adalah anggota dari Korps Pelatihan Udara (Air Training Corps), dan bertekad memiliki karir dalam dunia penerbangan.

Valentich belajar paruh waktu untuk menjadi pilot komersial tetapi ia memiliki catatan prestasi yang buruk, yaitu dua kali gagal dalam lima mata pelajaran ujian lisensi komersial, dan pada bulan sebelumnya ia juga telah gagal di tiga mata pelajaran lisensi komersial.

Dia pernah terlibat dalam beberapa insiden dalam penerbangan, misalnya menyimpang ke zona terkontrol diatas kota Sydney yang mengakibatkannya menerima peringatan

Dia juga pernah dua kali dengan sengaja terbang masuk ke dalam awan, yang mana semua itu menjadi bahan pertimbangan dalam penelitian pada kasus ini. Menurut ayahnya, Guido, Frederick adalah orang yang antusias oleh UFO dan khawatir tentang serangan UFO. Bahkan seminggu sebelum hilang, kekasih Valentich mengatakan bahwa dirinya akan diculik UFO.

Detail Kejadian

Melalui radio, Valentich mengontak ATC kota Melbourne di frekuensi layanan penerbangan pada pukul 7:06 malam, ia melaporkan adanya sebuah pesawat tak dikenal sedang mengikutinya pada ketinggian 4.500 kaki (1.400 m).

Oleh ATC  Melbourne ia sudah diberitahu bahwa tidak ada pesawat apapun pada lalu-lintas udara disekitarnya dan pada ketinggian itu. Valentich mengatakan bahwa ia melihat sebuah pesawat tak dikenal yang besar melayang diatas pesawatnya dan tampak diterangi oleh empat lampu terang.

Gambar ilustrasi artis. Valentich mengatakan bahwa ia melihat sebuah pesawat tak dikenal yang besar melayang diatas pesawatnya dan tampak diterangi oleh empat lampu terang.

Dia tidak dapat mengkonfirmasi apa jenisnya, tetapi ia mengatakan bahwa objek terbang itu telah melesat sekitar 1.000 kaki (300 m) diatas pesawatnya dan bergerak dengan kecepatan tinggi.

Valentich kemudian melaporkan bahwa pesawat tak dikenal itu mendekatinya dari arah timur dan ia juga mengatakan bahwa mungkin ada pilot lain yang sengaja bercanda atau bermain-main dengannya.

Pada penerbangan ini Valentich mendapat call-sign sebagai Delta Sierra Juliet (DSJ). Berikut transkrip percakapan dari audiotape, antara petugas menara Melbourne Air Flight Service oleh controller Steve Robey (kami beri inisial R) dan Valentich (kami beri inisial V), yang dimulai pada pukul 19:06:14:

Valentich: Is there any known traffic below five thousand [feet]?

Robey: No known traffic.

V: I am—seems [to] be a large aircraft below five thousand.

R: What type of aircraft is it?

V: I cannot affirm. It is [sic] four bright, it seems to me like landing lights. . . . The aircraft has just passed over me at least a thousand feet above.

R: Roger, and it, it is a large aircraft? Confirm.

V: Er, unknown due to the speed it’s traveling. Is there any Air Force aircraft in the vicinity?

R: No known aircraft in the vicinity.

V: It’s approaching right now from due east towards me. . . . [Silence for 2 seconds.] It seems to me that he’s playing some sort of game. He’s flying over me two, three times, at a time at speeds I could not identify.

R: Roger. What is your actual level?

V: My level is four and a half thousand. Four five zero zero.

R: And confirm you cannot identify the aircraft.

V: Affirmative.

R: Roger. Stand by.

V: It’s not an aircraft. It is—[Silence for 2 seconds.]

R: Can you describe the, er, aircraft?

V: As it’s flying past, it’s a long shape. [Silence for 3 seconds.] [Cannot] identify more than [that it has such speed]. [Silence for 3 seconds.] [It is] before me right now, Melbourne.

R: And how large would the, er, object be?

V: It seems like it’s stationary.1 What I’m doing right now is orbiting, and the thing is just orbiting on top of me also. It’s got a green light and sort of metallic. [Like] it’s all shiny [on] the outside. [Silence for 5 seconds.] It’s just vanished. . . . Would you know what kind of aircraft I’ve got? Is it military aircraft?

R: Confirm the, er, aircraft just vanished.

V: Say again.

R: Is the aircraft still with you?

V: [It’s, ah, nor-] [Silence for 2 seconds.] [Now] approaching from the southwest. . . . The engine is, is rough idling. I’ve got it set at twenty three twenty four, and the thing is—coughing.

R: Roger. What are your intentions?

V: My intentions are, ah, to go to King Island. Ah, Melbourne, that strange aircraft is hovering on top of me again. [Silence for 2 seconds.] It is hovering, and it’s not an aircraft. [Silence for 17 seconds, open microphone, with audible, unidentified staccato noise. End of transcript.]

(Aircraft Accident 1982. See also Good 1988, 175–77; Chalker 1998, 964; Haines and Norman 2000; Baker 2000, 248)

Ketika diminta untuk mengidentifikasi pesawat yang tak dikenal itu, Valentich melalui radionya menjawab, “It’s not an aircraft” (“Ini bukan pesawat”), seketika transmisi disela oleh suara-suara bising yang tak dikenal, yang ia digambarkan sebagai “metallic, scraping sounds” (“logam, suara gesekan”) sebelum akhirnya kontak radio dari Valentich menghilang.

Pencarian dan Investigasi

Sebuah pencarian di laut dan udara pun dilakukan, yang mencakup beberapa kapal, dan sebuah pesawat RAAF Lockheed P-3 Orion, juga ditambah delapan pesawat sipil lainnya. Pencarian mencakup lebih dari 1.000 mil persegi.

Namun jangankan bangkai pesawat, serpihan, pelampung atau pernik-pernik kecil dari pesawat ini pun tak pernah ditemukan. Pencarian dilakukan sekitar 4 hari. Upaya pencarian Valentich berikut pesawatnya ini akhirnya diberhentikan pada Rabu 25 Oktober 1978.

Gambar ilustrasi. Valentich mengatakan bahwa ia melihat sebuah pesawat tak dikenal yang besar melayang diatas pesawatnya, namun pada akhir percakapannya dengan ATC, ia mengatakan bahwa benda itu bukan pesawat.

Departemen Transportasi Australia (Department of Transport/DOT) melakukan penyelidikan sebab-akibat hilangnya Valentich. Namun mereka tetap tidak dapat menemukan apa penyebabnya, semua buntu, masih misterius. Tapi mereka menyatakan bahwa insiden itu adalah presumed fatal atau “dianggap fatal” bagi Valentich.

Lima tahun setelah pesawat Valentich hilang, sebuah flap mesin (engine cowl flap) ditemukan terdampar di Pulau Flinders. Pada bulan Juli 1983, Bureau of Air Safety Investigation atau Biro Investigasi Keamanan Udara Australia meminta kepada Laboratorium Riset Angkatan Laut Australia (The Royal Australian Navy Research Laboratory/RANRL) tentang adanya kemungkinan bahwa penutup mesin pesawat yang ditemukan itu mungkin telah “melakukan perjalanan” ke posisi utamanya yaitu dari wilayah di mana pesawat menghilang.

Biro mencatat bahwa “bagian penutup mesin pesawat itu telah diidentifikasi sebagai bagian dari pesawat Cessna 182, melihat dari nomor serinya”. Penutup mesin pesawat yang ditemukan itu termasuk jenis pesawat yang diterbangi oleh Valentich.

Biro tersebut juga mencatat bahwa ada juga kemungkinan bahwa cowl flaps atau penutup mesin itu bisa saja lepas dan jatuh dari pesawatnya ketika sedang terbang, namun hal ini tidak terjadi dengan pesawat sejenis yang terbaru pada masa kini.

KOran setempat memberitakan insiden misterius yang dialami oleh Frederick Valentich

Penjelasan dan Kemungkinan Lainnya

Hilangnya Valentich dan pesawatnya telah diperhitungkan, yaitu dalam perjalanan antara 30 dan 45 menit ke Cape Otway. Pesawat Cessna 182 bermesin tunggal itu masih memiliki bahan bakar yang cukup untuk terbang sejauh 800 kilometer dalam kondisi cuaca yang ideal.

Waktu itu pesawat terpantau pada radar, ada keraguan apakah pesawat itu benar-benar dekat Cape Otway. Dan juga, pihak kepolisian Melbourne menerima laporan bahwa ada pesawat ringan yang melakukan pendaratan misterius tidak jauh dari Cape Otway pada saat yang sama ketika hilangnya Valentich dan pesawatnya ini.

Penjelasan lain yang disimpulkan adalah bahwa bisa jadi Valentich menjadi bingung (disoriented) dan terbang terbalik. Apa yang dia pikir melihat cahaya, bisa jadi adalah lampu pesawatnya sendiri yang tercermin di air laut, dan kemudian pesawatnya jatuh ke permukaan laut.

Graveyard Spiral.

Kemungkinan lain yang disimpulkan adalah ia bunuh diri.  Namun, wawancara dengan dokter dan rekan-rekan yang mengenalnya, menghilangkan adanya kemungkinan ini.

Sebuah review pada tahun 2013 dari transkrip radio dan data lainnya oleh astronom dan pensiunan pilot AU Amerika Serikat James McGaha dan penulis Joe Nickell berpandapat bahwa Valentich yang tak berpengalaman ini tertipu oleh ilusi cakrawala yang membuat pesawatnya miring.

Lalu, ia berusaha untuk mengimbanginya, kemudian secara tidak sengaja justru menerbangkan pesawatnya terbalik ke arah bawah atau menurun mendekati permukaan laut, keadaan ini disebut sebagai “graveyard spiral” atau “kuburan spiral”.

Menurut sang penulis, kekuatan gravitasi atau G-forces dari pengetatan spiral akan menurunkan aliran bahan bakar, sehingga terjdengar “suara mesin yang kasar” (rough idling) yang dilaporkan oleh pilot.

McGaha dan Nickell juga menganggap bahwa telah terjadi stasioner, yang membuat seakan-akan empat lampu diatas kepala yang Valentich laporkan itu, mungkin planet Venus, Mars dan Mercury, bersama dengan bintang terang Antares, yang akan terlihat tetap atau konsisten sesuai dengan keterangan pilot.

Menurut Ufologists

Para pakar UFO (Ufologists) berspekulasi bahwa ada campur tangan makhluk luar angkasa atau extraterrestrials yang menghancurkan pesawat atau menculik Valentich, karena telah ada beberapa orang saksi-mata yang melaporkan melihat sebuah cahaya hijau bergerak vertikal di langit dan pesawat Valentich bergerak menurun curam pada saat itu.

Pakar UFO Paul Norman percaya bahwa keadaan ini sangat signifikan karena “cahaya hijau” yang dilihat beberapa orang saksi-mata di darat disebutkan dalam transmisi radio Valentich ini.

Sedangkan organisasi peneliti UFO bernama Ground Saucer Watch, yang berbasis di Phoenix, Arizona, AS mengklaim bahwa foto yang diambil pada hari itu oleh seorang tukang ledeng bernama Roy Manifold, menunjukkan ada objek yang bergerak cepat keluar dari laut dekat mercusuar di Cape Otway.

Meskipun foto itu tidak cukup jelas untuk mengidentifikasi objek tersebut, namun kelompok peneliti UFO menyatakan bahwa mereka menunjukkan yang diketahui sebagai benda terbang itu berdimensi moderat dan dikelilingi oleh residu uap / gas buang seperti awan.

Hasil foto matahari terbenam dari seorang saksimata bernama Roy Menifold yang diambil pada sore hari sebelum terjadi insiden ini terdapat anomali, yaitu tertangkapnya sebuah objek tak dikenal berwarna hitam pada kanan atas.

Dari hasil jepretan foto saksi-mata Roy Manifold pada sore dihari yang sama tersebut, sebelum terjadi insiden ini, negatif film dan hasil cuci cetak kembali diteliti dan dicetak berulang-ulang.

Kemudian dari hasil penelitian ini, ternyata objek itu bukan merupakan salah pemotretan atau salah cetak atau ada suatu objek yang memang menghalangi lensa kamera atau karena efek matahari. Jadi penampakan dari hasil foto itu adalah asli sebuah objek padat.

Roy Menifold, seorang saksi-mata yang tak sengaja memotret objek terbang tak dikenal diatas laut ketika ia memfoto matahari terbenam di sore hari sebelum terjadi insiden ini.

Dari penelitian lanjutan juga akhirnya diketahui, bahwa objek tak dikelnal itu adalah benda padat, terbuat dari metalik dengan diameter sekitar 7 meter dan berada pada ketinggain dua kilometer diatas pemukaan laut.

Dari penelitain-penelitian lanjutan tentang hasil foto itu membuat para skeptik mengerutkan kening, benda apakah itu?

Tak ada yang mengetahui objek apa yang melayang diatas laut dari hasil foto itu. Hanya ada satu kesimpulan:  Unidentified flying object atau UFO.

Benda terbang tak dikenal itu hingga kini masih merupakan misteri besar dikalangan para peneliti di bidang aviasi, photography, ufologist hingga badan-badan terkait lainnya dalam kasus insiden hilangnya Valentich beserta pesawat Cessna yang dipilotinya.

Namun dari semua penyelidikan dan penelitian yang telah dilakukan oleh sejumlah pakar dan pihak-pihak terkait, semua tidak membuahkan sebuah keputusan atau hasil final untuk memastikan apa penyebab dari insiden misterius ini.

Bahkan mereka tidak menemukan bangkai pesawat atau serpihan-serpihan berikut tubuh Valentich… sejak itu semua masih misterius, bahkan hingga detik ini. (©IndoCropCircles.com)

Pustaka:


Hasil penelitian objek terbang tak dikenal diatas laut yang secara tak sengaja diabadikan oleh saksi-mata Roy Manifold sebelum terjadinya “Frederick Valentich Incident” menyimpulkan bahwa objek tak dikelnal itu adalah benda padat, terbuat dari metalik dengan diameter sekitar 7 meter dan berada pada ketinggain dua kilometer diatas pemukaan laut.


VIDEO:

[UNSOLVED UFO CASE] FREDERICK VALENTICH INCIDENT 1978

Frederick Valentich radio transmission


Artikel Terkait:

Andy Danzinger, Mantan Pilot Barack Obama Pernah Papasan dengan UFO

[VIDEO] Pilot Panik: Benda Terbang Tak Dikenal Lewati Pesawat RyanAir Saat Takeoff

Pilot Airbus saksikan UFO di atas Heathrow Inggris

Airbus Nyaris Tabrak UFO di Glasgow Inggris

[VIDEO] Penumpang Pesawat Berhasil Rekam UFO Diatas Alborz Iran

Dua Pilot Turkish Airlines Mengaku Lihat UFO Warna Hijau Pada Hari EgyptAir MS804 Hilang!

Diduga Tabrak UFO: Hidung Pesawat Air China Penyok di Ketinggian 8 Km!

[VIDEO] Heboh Penampakan UFO Selama 13 Menit Dekat Pangkalan Militer Ohio AS

“Battle of Los Angeles 1942” Penampakan UFO Paling Misterius Hingga Kini

Westall UFO 1966: Penampakan UFO Terbesar Dalam Sejarah Australia

7 Klasifikasi dan Bentuk Pesawat UFO

CIA Rilis 10 Poin Untuk Investigasi Fenomena UFO

13 Penampakan USO (Objek Bawah Air Tak Dikenal) Dengan Saksi Terbanyak

Ini Dia! Kisah Penampakan UFO & Penculikan Pertama Alien

Puluhan Laporan Alien dan UFO Yang Jatuh Di Dunia

=>Puluhan Artikel Terkait Misteri UFO Dunia<=

=>Puluhan Artikel Terkait Misteri Alien dan ET<=

=>Beberapa Artikel Terkait Misteri UFO Indonesia<=

Artikel ini juga di forward oleh forum viva.co.id


http://wp.me/p1jIGd-7Pg

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Misteri Alien & E.T., Misteri Dunia, Misteri UFO Dunia dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s