Westall UFO 1966: Penampakan UFO Terbesar Dalam Sejarah Australia

Westall UFO 1966: Penampakan UFO Terbesar Dalam Sejarah Australia

Insiden penampakan UFO ini jarang yang mengetahui, walau fenomena ini adalah yang terbesar di Australlia. Jika kita ingat kejadian penampakan UFO terbesar dalam sejarah Amerika Serikat, maka kita ingat kejadian “Battle of Los Angeles” tahun 1942.

Di Amerika Serikat, penampakan Battle of Los Angeles 1942 diakui sebagai penampakan UFO paling besar dalam sejarah Amerika Serikat karena yang melihat ribuan orang dan bisa jadi jutaan, serta masih misterius, hingga akhirnya dibuat filmnya walau bergaya Hollywood.

Maka dalam fenomena penampakan terbesar di benua Australia yang akan kami ulas berikut ini, adalah penampakan “Westall UFO” yang terjadi di Australia pada tahun 1966 silam.

Peristiwa ini memang tak seheboh Battle of Los Angeles di AS, tapi setidaknya ada sekitar lebih dari 200 saksi mata mulai dari ratusan anak-anak hingga orang dewasa pada masa itu.

Gambar ilustrasi. Anak-anak sekolah tampak takjub ketika melihat objek mirip piring terbang yang terlihat dekat sekolah mereka di Westall, Australia tahun 1966.

Tragedi UFO Westall atau kadang disebut juga sebagai The Westall UFO Incident atau The Westall UFO encounter ini Westall Suburban UFO Mystery ini adalah sebuah peristiwa yang terjadi pada tanggal 6 April 1966 silam di kota Melbourne, Victoria, Australia.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 11.00 siang waktu setempat, selama kurang lebih 20 menit, lebih dari 200 siswa dan guru di dua sekolah negara bagian Victoria tersebut telah menyaksikan dua buah benda terbang yang tidak dikenal dan tak dapat dijelaskan hingga saat ini.

Bahkan, benda terbang tak dikenal itu hingga turun ke lapangan rumput liar yang terbuka di dekat sekolah mereka yang berdekatan dengan hutan pohon pinus (pada saat itu).

Daerah itu yang dikenal sebagai The Grange (sekarang menjadi cagar alam The Grange Reserve) (37°56′45.8″S 145°07′57.5″E).

Cerita singkatnya menurut laporan para saksi-mata, setelah objek itu terlihat, lalu terbang turun, mendarat, kemudian melesat naik kembali, lalu terbang menjauh ke arah barat-laut menuju pinggiran Clayton South, Victoria, Australia.

Gambar sketsa asli oleh seorang murid bernama Victor Zakruzny, yang mendekati objek terbang tak dikenal di Westall.

Deskripsi Kejadian

Pada sekitar pukul 11:00 siang pada Rabu, 6 April, 1966, kelas siswa dan seorang guru dari sekolah setara SMA di Westall High School (sekarang menjadi Westall Secondary College) baru saja menyelesaikan kegiatan olahraga, ketika sebuah objek yang digambarkan berwarna abu-abu berbentuk piring dengan rona berwarna sedikit ungu yang memiliki ukuran sekitar dua kali mobil keluarga, mulai terlihat.

Andrew Greenwood, seorang guru sains, menyatakan kepada surat kabar The Dandenong Journal pada saat itu ia melihat dua objek berbentuk piringan berwarna hijau keperakan.

Menurut saksi-mata, kedua benda itu terbang turun, melayang dan melintas di sebelah barat dari sekolah ini, menuju ke arah tenggara, sebelum akhirnya menghilang dari pandangan, karena benda itu turun di belakang sekolah dimana berdiri pohon-pohon cemara dekat lapangan rumput kecil di The Grange yang berada di depan Westall State School (primary students / siswa SD).

Gambar ilustrasi. UFO di Westall berbentuk bulat dan besar di dasarnya dan lebih kecil di bagian atasnya.

Selama insiden berlangsung, sebagian besar murid ketakutan, ada yang berlarian bahkan berteriak-teriak masuk ke gedung sekolah. Menurut para saksi-mata, kedua UFO berukuran tinggi sekitar 1,5 meter dan lebarnya sekitar 5,4 meter, berbentuk bulat dan besar di dasarnya, dan lebih kecil di bagian atasnya, ibarat seperti tutup cangkir teh.

Seorang guru dan setidaknya selusin siswa lainnya yang masih memberanikan diri, berdiri terpaku di sepanjang pagar sekolah yang tinggi untuk dapat melihatnya. Dua benda itu kemudian terbang melayang dari rumput dan lepas landas.

Seorang guru juga melaporkan bahwa objek terbang itu tak hanya ada dua buah, namun ada dua benda terbang lainnya yang lebih kecil dari desain sebelumnya yang hanya melayang diatas jalan tanah di depan sekolah, kedua objek itu tidak turun mendarat ke tanah, tapi hanya melayang diatas tanah.

Laporan tambahan menunjukkan bahwa kedua objek utama yang lebih besar, yang telah mendarat di lapangan rumput, mungkin salah satunya memiliki masalah dan dua objek lainnya yang lebih kecil berada disana untuk membantunya.

Gambar ilustrasi. Anak-anak sekolah tampak mendekati objek mirip piring terbang yang mendarat dekat sekolah mereka di Westall, Australia tahun 1966.

Salah satu siswa, seorang gadis yang bernama Tanya, dengan berani berlari menuju objek misterius yang mendarat dan berhasil mencapainya terlebih dahulu sebelum siswa lainnya tiba.

Ada juga seorang murid bernama Victor Zakruzny, mendekati benda terbang misterius itu dan berdiri di sebelah kiri dekat dengan objek pertama, tiga siswa lain berdiri di dekat objek kedua.

Gambar ilustrasi. Lima pesawat itu membuat formasi seakan mengelilingi objek tersebut dan terbang lebih tinggi tinggi, lalu menjauh.

Setelah sekitar 20 menit, objek yang dilihat oleh saksi-mata (yang sekarang masih hidup) berjumlah lebih dari 200 orang, kemudian melesat naik dengan cepat, kemudian terbang menuju arah barat-laut.

Beberapa saksi-mata yang masih melihat objek pada ketinggian beberapa ratus meter, kemudian melihat objek yang tak dikenal itu dikejar oleh lima pesawat yang juga tak dikenal, bermesin tunggal mirip jenis Cessna.

Lima pesawat itu membuat formasi seakan mengelilingi objek tersebut dan terbang lebih tinggi tinggi, lalu menjauh.

Kemudian siswi wanita yang pertama kali mendekati objek tersebut, yang bernama Tanya, ditemukan dalam keadaan pingsan. Setelah siuman ia terlihat bingung. Kemudian pihak sekolah memanggil ambulans dan ia dibawa ke rumah sakit.

Siswi yang dibawa ke rumah sakit ini kemudian tidak pernah kembali lagi ke sekolah. Keluarganya pindah dari rumah pada malam itu juga, dan hingga kini tidak ada yang tahu kemana mereka pindah.

Kejadian Setelah Insiden dan Respon Media

Dari beberapa saksi mata setelah kejadian, pada esoknya sejumlah truk dan kendaraan militer Australia datang mengunjungi tempat kejadian. Ada dua siswa sebagai saksi-mata yang mengendap-endap untuk melihat apa yang tentara lakukan menceritakan, bahwa beberapa tentara turun dari kendaraan dengan membawa seperangkat alat deteksi logam (metal detector).

Kemudian tentara tersebut menyebar di ladang rerumputan bekas dimana objek misterius itu mendarat sambil menyapu daerah itu dengan alat deteksi logam. Pada suatu titik tertentu, mereka berkumpul dan meneliti di sekitar titik itu.

Tak berapa lama kemudian, para tentara tersebut kembali lagi ke kendaraan militer mereka, lalu pergi. Kedua saksi-mata kemudian mengendap-endap mendekati titik itu dan melihat rerumputan yang merebah berbentuk lingkaran crop circles.

Crop Circles Westall UFO Australia 1966 (doc/icc).

Esok harinya, para militer kembali datang dan akhirnya membakar ladang rerumputan berikut crop circles tersebut. Bisa jadi mereka melakukan hal tersebut sebagai usaha untuk melenyapkan barang bukti yang terkait dengan insiden yang menggegerkan ini.

Sementara itu, sejumlah media lokal di Australia dan media internasional seperti media dari Inggris, mulai memberitakan tentang insiden yang menghebohkan Australia dan dunia tersebut.

Namun sepertinya peristiwa ini memang diupayakan untuk tidak terlalu diekspos dengan campur tangannya pemerintah. Selain tekanan pemerintah terhadap media, pihak sekolah juga sepertinya tidak terlalu merespon bahkan menolak wartawan dari beberapa media yang akan mewawancarai para saksi mata.

Media setempat bernama The Dandenong Journal menjadikan berita ini sebagai headline mereka dan menulis penampakan benda aneh itu secara rinci hingga dua berita dan semuanya ada di halaman depan.

Karena pada masa itu surat kabar ini hanya terbit dua kali dalam seminggu, maka berita yang pertama dirilis oleh The Dandenong Journal adalah pada tanggal 14 April 1966, dan yang berikutnya adalah pada tanggal 21 April 1966.

The Dandenong Journal menulis di halaman depan tentang insiden Westall UFO pada 14 April 1966.

Sementara surat kabar Broadsheet, The Age membuat artikel yang sangat kecil tentang insiden di Westall ini, yaitu pada tanggal 7 April 1966, di halaman 6, mereka menulis:

“Obyek Mungkin Balloon – Sebuah benda terbang tak dikenal terlihat di atas wilayah Clayton-Moorabbin kemarin pagi mungkin balon cuaca. Ratusan anak-anak dan sejumlah guru di Westall Sekolah, Clayton, menyaksikan objek saat istirahat pagi.”

Surat kabar itu juga mengatakan sejumlah pesawat kecil mengelilinginya. Namun, setelah dilakukan pengecekan, menunjukkan bahwa tidak ada pilot komersial, pribadi atau pihak Angkatan Udara Australia (RAAF) yang melaporkan ada sesuatu yang tidak biasa telah terjadi di daerah itu.

Sedangkan Biro Cuaca Australia merilis:

“Benda itu sebagai balon udara untuk mendata cuaca telah diterbangkan di Laverton pada pukul 8:30 pagi di hari itu, dan pada saat itu pun angin barat bertiup. Jadi bisa saja balon udara itu pindah ke daerah di mana terlihat penampakan benda terbang yang tak dikenal tersebut dilaporkan “.

Para saksi-mata dan peneliti terkejut ketika surat kabar The Sun dan tabloid News-Pictorial sama sekali tidak memuat berita yang sangat menghebohkan Australia pada masanya itu.

Kemudian surat kabar The Sun dan The Herald mulai menerbitkan insiden ini, tapi tidak menyebutkan insiden Westall, namun keduanya justru menerbitkan kartun pada edisi hari berikutnya yang membuat cahaya dari fenomena piring terbang.

The Dandenong Journal menulis di halaman depan tentang insiden Westall UFO pada 21 April 1966.

Investigasi tak resmi

Penampakan objek itu kemudian diselidiki juga oleh dua kelompok/grup yaitu: Victorian Flying Saucer Research Society (VFSRS) dan Phenomena Research Australia (PRA).

Kedua kelompok tersebut mendeskripsikan kejadian itu sebagai “salah satu kasus UFO terbesar di Australia dan tidak dapat dijelaskan”. Tim VFSRS tiba di situs TKP pada tanggal 8 April dan berbicara kepada siswa dan melihat “bekas tanda di atas tanah”.

VFSRS mencetak gambar dan membuat laporan kecil di majalah mereka “Australia UFO Bulletin” pada bulan Desember tahun 2000 lalu. Seorang penyidik bernama Brian Boyle (PRA), tiba di lokasi kejadian pada tanggal 9 April dengan empat penyidik militer.

Boyle melakukan sejumlah wawancara selama beberapa hari dan merekamnya, kemudian mengambil sampel dari bekas tanda diatas tanah. Para peneliti ini dapat menemui dan berbicara banyak kepada para saksi-mata selama liburan Paskah (8-11 April).

Ring of mystery, Shaun Matthews revisits Grange Reserve where he witnessed the UFO. (pict by Craig Sillitoe)

Penjelasan dan penelitian lainnya

Meskipun beberapa saksi-mata melaporkan ada lima buah pesawat seperti jenis Cessna di sekitar objek, namun peneliti tidak dapat menemukan catatan dari pesawat tersebut.

Bandara Moorabbin, yang berada 4,76 km sebelah barat-daya dari lokasi, sudah di cek tetapi tidak ada pesawat dari bandara tersebut yang masuk ke wilayah udara tempat kejadian. Demikian juga Angkatan Udara Australia atau RAAF, juga telah melaporkan bahwa mereka tidak ada kegiatan militer di daerah itu.

Pendapat dari skeptis Australia menggambarkan bahwa objek itu bisa jadi adalah sebuah pesawat militer eksperimental. Mereka berpendapat bahwa objek itu kemungkinan adalah parasut berbahan nilon, yang diikat pada sakah satu satu pesawat sebagai umpan bagi pesawat lainnya agar dapat dikenal untuk kemudian dikejar dan biasa digunakan oleh RAAF lokal pada saat itu.

Reuni para saksi-mata

Walau insiden ini terjadi puluhan tahun silam, namun para saksi-mata tetap yakin bahwa objek terbang tak dikenal atau UFO. Mereka tatap yakin bahwa objek itu bukanlah balon udara atau pesawat apapun, karena objek itu jauh dari apapun yang orang lain gambarkan karena belum pernah mereka lihat.

Mereka menceritakan bahwa ketika insiden itu terjadi, banyak siswa yang ketakutan dan berteriak-teriak, ada yang lari ke kelas, para guru juga terlihat takjub.

Namun ada pula siswa-siswa yang justru mendekati ke objek tak dikenal itu, melihatnya dari dekat hingga objek itu terbang turun dan mendarat, lalu kembali terbang melesat ke atas, untuk kemudian menjauh dan diikuti oleh sekelompok pesawat berjenis mirip Cessna.

Reunion at Westall of those associated with the Unidentified Flying Object incident of 1966. Members of the media were present to record the occasion. )Courtesy Kingston Collection)

Hingga kini, mereka para saksi-mata yang masih hidup masih mengadakan sebuah “reuni para saksi-mata” yang digelar di Westall Tennis Club Hall di sekolah itu pada tanggal 8 April 2006 silam, untuk memperingati ulang tahun ke-40 dari insiden tersebut.

Pada tahun 2016 lalu, untuk memperingati ulang tahun ke-50 dari insiden ini, beberapa stasiun televisi dan radio di Australia juga sempat mengumpulkan beberapa dari saksi-mata yang masih hidup dan mewawancarai mereka dengan tele-converence langsung oleh televisi setempat. Acara ini disiarkan secara nasional.

Sebuah papan informasi dibuat di taman The Grange Reserve tempat UFO tak dikenal itu pernah mendarat.

Walau telah lebih dari 50 tahun, dan usia mereka masih belasan tahun, namun sekali lagi para saksi-mata tetap berkeyakinan bahwa apa yang mereka lihat bukanlah balon udara, pesawat terbang atau benda terbang apapun itu.

Karena objek itu berbentuk piringan, tanpa sayap, dapat melayang, bergerak turun, naik keatas dengan cepat, dan melesat jauh tanpa suara. Apalagi pada saat itu belum ada jenis pesawat yang dapat bermanuver seperti itu.

Objek terbang yang mereka lihat pada puluhan tahun di Westall Melbourne Australia itu masih melekat erat pada ingatan mereka, dan mereka pun hingga saat ini tetap tak tahu, objek terbang tak dikenal apakah itu.

Semua misteri ini akan selamanya manjadi misteri dan akan ikut terkubur bersama sebagian saksi-mata yang telah wafat. Kini lokasi sekolah sudah bergeser ke arah utara.

Dan tempat UFO mendarat bernama The Grange, sekarang sudah menjadi cagar alam mirip taman kota bernama The Grange Reserve tempat warga lokal istirahat, berolahraga atau bersantai bahkan tempat bermain bagi anak-anak.(©IndoCropCircles.com)

Pustaka:


http://cdn.newsapi.com.au/image/v1/d19c35a673fb2eafe6fb597a2f18e5f6

Beberapa saksi-mata yang tersisa dari penampakan UFO di Westall Australia pada tahun 1966. Dari kiri ke kanan: Suesan Crosthwaite, Pauline Kelly, Terry Peck dan Kevin Hurley. Mereka masih tetap ingat dan sangat yakin bahwa apa yang mereka lihat dalam jarak dekat (Close Enconter Level-2 / CE-2) adalah objek terbang tak dikenal (UFO).

https://i2.wp.com/localhistory.kingston.vic.gov.au/img/article/528_1.jpg

Students at work at Westall High School 1963. (Courtesy Leader Collection)

Westall aerial photograph 1966

Sebuah monumen berbentuk objek UFO dibuat di taman The Grange Reserve tempat objek tak dikenal itu mendarat. Monumen dibuat untuk mengenang peristiwa yang fenomenal itu. (pict: Andrew Wilkerson)

Bagian dalam monumen berbentuk objek UFO yang dibuat di taman The Grange Reserve tempat objek tak dikenal itu mendarat. Monumen dibuat untuk mengenang peristiwa yang fenomenal itu. (pict: Andrew Wilkerson)

https://indocropcircles.files.wordpress.com/2017/02/460cf-westall66001.jpg?w=620&h=465

Cakram DVD tentang penampakan UFO oleh ratusan orang di Westall di Australia pada tahun 1966.


VIDEO:

UFO The Westall 1966 UFO Incident Australia (full length TV ep / 48 mnts)


Artikel Lainnya:

Lapor Melihat UFO, Pilot Frederick Valentich dan Pesawatnya Lenyap Seketika Hingga Kini

“Battle of Los Angeles 1942” Penampakan UFO Paling Misterius Hingga Kini

[VIDEO] Wow! UFO “The Phoenix Lights” 1997, Kembali Lagi Tahun 2015!

[VIDEO] Dilihat Puluhan Saksi Mata: UFO Di Pampanga Filipina Hebohkan Warga

Hah?? Petani Ini di Tahun 1961 Pernah Diberi Kue oleh Alien?

UFO Sebesar Kapal Induk Nyaris Dirudal!

[VIDEO] Pilot Panik: Benda Terbang Tak Dikenal Lewati Pesawat RyanAir Saat Takeoff

[VIDEO] Penumpang Pesawat Berhasil Rekam UFO Diatas Alborz Iran

7 Klasifikasi dan Bentuk Pesawat UFO

CIA Rilis 10 Poin Untuk Investigasi Fenomena UFO

[CLASSIFIED] Misteri “Dulce Alien Base”, Pangkalan Sangat Rahasia Alien Di Bumi

Ditemukan Struktur Misterius Dibawah Laut California AS, Alien Base?

7 Jenis Alien Yang Pernah ke Bumi

13 Penampakan USO (Objek Bawah Air Tak Dikenal) Dengan Saksi Terbanyak

Ini Dia! Kisah Penampakan UFO & Penculikan Pertama Alien

Puluhan Laporan Alien dan UFO Yang Jatuh Di Dunia

=>Puluhan Artikel Terkait Misteri UFO Dunia<=

=>Puluhan Artikel Terkait Misteri Alien dan ET<=

=>Beberapa Artikel Terkait Misteri UFO Indonesia<=


http://wp.me/p1jIGd-7PE

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Misteri UFO Dunia dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s