Ajaib! Ada Ikan Laut Bertato Menakjubkan Tertangkap Nelayan Filipina

Ajaib! Ikan Laut Bertato Menakjubkan Tertangkap Nelayan Filipina

Seekor ikan laut besar sepanjang kurang lebih dua meter, tertangkap di Filipina bagian selatan oleh nelayan bernama Lopez Jaena yang tinggal di Provinsi Misamis Occidental, Filipina.

Namun ikan yang kulitnya memang dari jenis ikan laut tanpa sisik ini, ternyata tidak seperti ikan sejenis yang biasanya, kulit ikan ini tampak tidak normal karena badannya dipenuhi oleh motif seperti tato!

Motif tato dari tangan manusia

Penampakan motif dan adanya pola-pola aneh disekujur tubuh ikan yang tertangkap di Filipina ini, membuat kehebohan warga setempat. Berita ini spontan menyebar, kemudian orang-orang langung mengabadikan gambarnya, dan segera mengungahnya di media sosial.

Ikan jenis plagis normal dari jenis yang sama (kanan) dan ikan yang kulitnya bertato (kiri) tertangkap nelayan di Filipina. Tampak ikan sedang dibersihkan.

Foto ikan ini pertama kali diunggah di jejaring sosial Facebook dan langsung memicu perdebatan antar netizen, karena ada coretan mirip tato disekujur kulitnya.

Nelayan yang berhasil menangkapnya, Misamis Occidental juga amat terkejut dan menyadari ada yang aneh dengan ikan hasil tangkapannya.

Sebelumnya, ikan dengan bentuk aneh ini sulit ditangkap oleh nelayan Filipina karena kegesitannya.

Desain artistik di tubuh ikan pun terlihat sangat mengangumkan.

Tato yang tak biasa ada dikulit seekor ikan itu, tidak diragukan lagi, adalah dibuat oleh tangan (hand made).

Memang kemungkinan besar motif tato itu berasal dari tangan manusia.  Tapi ada beberapa pertanyaan. Dibuat oleh tangan siapa? Dan, bagaimana  caranya?

Ikan dari jenis Ikan Pelagis yang sangat gesit

Jika diperhatikan dari fotonya, ikan ini tampak dari jenis ikan Pelagis, yaitu ikan yang habitatnya dekat di permukaan laut. Nama “pelagis” berasal dari suatu kawasan air danau ataupun di laut yang tidak terlalu dekat dengan dasar laut dinamai zona pelagik. 

Ikan yang termasuk jenis plagis diantaranya adalah ikan tenggiri, barracuda, marlin, wahoo dan ikan dengam penampilan panjang lainnya. Perlu diingat sekali lagi bahwa ikan ini berjenis ikan pelagis yang berada di permukaan air laut dan memiliki gerakannya sangat gesit dan cepat.

Terlihat motif tato pada kulit ikan yang tertangkap di Filipina dan sempat membuat heboh di sosial media.

Selain itu, ikan jenis ini memiliki kekuatan yang paling besar diantara ikan laut dan sangat pandai melompat diatas air. Ketika terkena mata kail, bisanya ikan ini akan melompat diatas air dan memiliki kekuatan besar.

Ikan pelagis adalah ikan terfavorit para pemancing sejati, karena ikan ini memiliki perlawanan atau fighting terkuat di dunia. Tak sedikit pemancing kewalahan ketika mengajar ikan ini karena sangat menguras tenaga karena membutuh waktu yang sangat lama.  Biasanya pemancing bisa membutuhkan waktu hingga berjam-jam lamanya hanya untuk mendekatkannya ke sisi perahu.

https://indocropcircles.files.wordpress.com/2017/05/ba5ed-lorangergreatbarracudachristmasislandworldrecordbiggestfishworldevercaughtbighugefishesrecordslargestmonsterfishinggiantsizeimagespicturesigfalbpoundoceanseasaltwat.jpg?w=252&h=164

Pemancing dan ikan Barracuda.

Inilah yang membuat ikan jenis ini menjadi stres, dan tak bisa berkembang biak lagi jika dilepaskan.

Asosiasi pencinta ikan plagis dunia juga sudah menghimbau agar para pemancing tidak memancing ikan jenis ini karena perkembangbiakannya yang kian menyusut drastis.

Dari foto yang beredar, terlihat pada ekornya seperti ikan Barracuda, dengan ciri terlihat dari sirip atasnya dan ekornya berbentuk “V”.

Ikan pelagis sangat jarang masuk ke dalam jala nelayan karena ikan ini sangat pandai melompat. Jadi kemungkinannya sangat besar bahwa ikan bertato ini didapat nelayan dengan cara memancingnya.

Jenis ikan yang susah ditangkap, bagaimana bisa ditato?

Hanya sedikit pemancing yang dapat berhasil membawanya ke atas air, karena sebagian besar jenis ikan ini berhasil memutuskan tali pancing, walau tali  pancing terbuat dari kawat.

Lagi pula, jika berhasil tertangkap dan dinaikkan ke darat, sedikit yang berhasil bertahan jika dikembalikan lagi ke laut. Dari penelitian menemukan bahwa dalam beberapa minggu kemudian ikan pelagis yang sudah naik ke darat itu akan mati.

Terlihat mirip logo berbentuk perisai dengan beberapa huruf pada kulit ikan yang tertangkap di Filipina.

Satu-satunya cara yang paling aman untuk melepas ikan pelagis dari mata kail adalah dengan cara melepaskan kail pancing berikut ikannya yang masih berada di dalam air laut, agar mengurangi tingkat stres yang tinggi pada ikan dibanding harus diangkat ke permukaan air. Dengan begitu ikan jenis ini tidak mati kemudian, dan dapat kembali hidup normal untuk kemudian dapat kembali berkembang biak.

Biasanya, jika seorang pemancing telah berhasil mengangkat ikan jenis pelagis ke permukaan laut untuk pertama kalinya, maka ada tradisi kuno di dunia pancing. Sang pemancing akan diceburkan teman-temannya ke laut sebagai “wisuda” telah berhasil menaklukkan ikan tergesit, tercepat, terkuat dan tertangguh di dunia pancing.

Ada tulisan di motif tato ikan

Setelah foto dibalik, tampak tulisan “JEANS” pada motif di kulit ikan yang tertangkap ini.

Jadi, darimana asal tato ikan tergesit, tercepat, terkuat dan tertangguh di dunia pancing ini? Pastinya harus dinaikkan ke darat untuk mentatonya. Adanya tato pada tubuh ikan tergesit dan liar ini masih menjadi misteri.

Ada beberapa komentar netizen mengenai ikan ini, misalnya bahwa motif tato karena sampah-sampah yang menyangkut pada badannya.

Ada pula yang beranggapan bahwa motif tato terjadi karena tergesek karang atau terkena tentakel cumi-cumi yang berusaha memakannya.

Bahkan ada yang beranggapan ini adalah hasil tangan alien yang ada di bawah laut, dan macam-macam anggapan lainnya. Jika dilihat memang tato dari hasil tangan manusia, bukan dari tangan ikan karena pastinya ikan tak bertangan apalagi memegang jarum tato.

Kulit ikan tertempel pola kain

Indocropcirles mencoba mengamati dan menelitinya dengan cara memutar balik gambar tato yang ada pada kulit ikan. Ternyata tato tersebut dari sebuah merk celana jeans.

Merk apa jeans itu belum dapat diketahui, karena yang tampak hanyalah bacaan yan tidak begitu jelas terlihat, yaitu **E JEANS. Tulisan itu terdapat persis dibawah sebuah logo berbentuk perisai polos, dengan mahkota diatasnya.

Foto tato pada ikan (kiri) dan setelah foto dibalik (kanan), tampak tulisan “JEANS” pada motif di kulit ikan ini yang kemungkinan terbentuk akibat tertempel kain dalam waktu yang lama.

Jadi, kemungkinan besar ikan jenis plagis ini bisa memiliki tato di badannya itu kerena dibuat setelah ia tertangkap dengan cara menempelnya, atau karena kulit ikan terbungkus oleh sebuah kain yang bermotif tersebut, yang mungkin sejenis celana jeans.

Karena ikan jenis plagiat tidak memiliki sisik, maka dengan tertempelnya kain bermotif tersebut ke sisik ikan agak terlalu lama, maka terciptalah motif celana jeans pada kulit ikan yang tertangkap tersebut. (IndoCropCircles.com).


Artikel Lainnya:

[Photo] Ikan Toman Bertuliskan “Jogja” dan “DIY 02 HB IX” Muncul Saat Pelantikan Gubernur Jogja

Gelembung Renang Ikan Tirusan Rp. 200 Juta! Apa Manfaatnya?

Ambergris, Zat dari Paus Bernilai Ratusan Juta Rupiah

Wow! Sudah Ada Ikan Mutan Kebal Limbah Racun, Bukti Bumi Berubah Drastis!

Misterius: Ditemukan Ikan Berdarah Panas Pertama di Dunia

Misteri Jutaan Ikan Mati Masal Secara Mendadak di Seluruh Dunia!

Wow! Bermutasi Ekstrem: Killi, “Ikan Super” Yang 8.000 Kali Tahan Racun!

Inilah Sosok Ikan Paus Paling Langka Sejagad

Ditemukan, Ikan Yang Tak Punya Otak, Sirip dan Wajah!

Ditemukan Spesies Ikan “Hantu” di Kedalaman 7 Kilometer!

Makhluk Misterius Warna Abu-Abu Terdampar Di Meksiko

Bangkai Misterius Terdampar di Pantai Kuching, Malaysia

Misteri Monster Laut Berparuh dan Berbulu Terdampar di Russia

Hiu Goblin Super Langka Berwajah Buruk Terpancing di Australia

Living Fossil: Terpancing! Hiu Purba Zaman 80 Juta Tahun Lalu Punya 300 Gigi

Wow!! Paus Langka Berkepala Dua Terdampar di Meksiko

Wow!! Mahluk Laut Aneh Terekam Dalam Video!

Ilmuwan Temukan Bukti Eksistensi Monster Laut

Ternyata Masih Ada Cadborosaurus di Alaska!

Hah! Ada Hiu Albino dan Hanya Bermata Satu?


http://wp.me/p1jIGd-80T

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita Hoax (Bohong), Flora Fauna Cryptozoology dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s