Misteri Penamaan Gunung Es “Sourabaya” Di Kepulauan Dekat Antartika

Misteri Penamaan Gunung Es “Sourabaya” Yang Berada Di Kepulauan Dekat Antartika

Gunung Sourabaya (kordinat: 59° 3’S – 26° 36’W) adalah nama sebuah nama gunung berapi bertipe strato atau kerucut, yang berada di Pulau Bristol, salah satu pulau yang termasuk dalam kepulauan South Sandwich Islands.

Pulau Bristol yang berada di Kepulauan Sandwich Selatan (South Sandwich Islands) ini berada di sebelah timur-tenggara lepas pantai dari Argentina yang berada diujung benua Amerika Selatan.

Lokasi Bristol Island (titik merah) tempat Gunung Sourabaya berada.

Jika dari kota Buenos Aires, Argentina, kepulauan ini terletak sekitar 2.776 kilometer (1.725 mil) lepas laut Samudra Atlantik, di sebelah tenggara dari kota tersebut.

Pada arah timur-laut hingga timur dari kepulauan South Sandwich Islands adalah Samudera Atlantik bagian selatan.

Di sebelah baratnya adalah Laut Scotia, dekat benua Antartika, benua tempat titik Kutub Selatan berada.

Di sekeliling Kepulauan South Sandwich Islands ini, terdapat pula kepulauan-kepulauan lainnya, seperti Kepulauan South Georgia Islands, yang berada sejauh 751 km di barat laut dari Pulau Bristol.

Selain itu ada pula Pulau Coronation Island dan Pulau Laurie Island yang masuk dalam Kepulauan South Orkney Islands dan berada sejauh 1.025 km di barat daya dari Pulau Bristol ini.

Karena lokasi pulau-pulau itu berada di selatan bumi dan sudah dekat Antartika, maka nyaris keseluruhan pulau yang ada di wilayah ini diselimuti es dan salju pada bagian puncaknya, termasuk Gunung Sourabaya.

Letak Pulau Briston, tempat Gunung Sourabaya berada (titik merah)

Pulau Bristol yang dingin dan tak berpenghuni

Di Pulau Bristol tempat Gunung Sourabaya ini menjulang, ternyata dia tak sendirian. Di pulau itu terdapat pula puncak-puncak gunung lainnya, misalnya gunung kedua yang terkenal di pulau ini dan letaknya hanya 1 mil laut (1,9 km) sebelah tenggara, yang bernama Gunung Darnley.

Peta Pulau Bristol (Bristol Island)

Selain Gunung Sourabaya dan Gunung Darnley, di Pulaau Bristol yang dipenuhi es dan salju tersebut terdapat pula Gunung Convey, Gunung Leat, Gunung Wales dan Puncak Havfruen atau Havfruen Peak.

Walau berada di kepulauan dan tak sendiri, namun Pulau Bristol, tempat dimana gunung Sourabaya menjulang ini merupakan pulau terpencil yang jauh dari peradaban, dekat daerah kutub selatan dan sangat dingin.

Karena terkucil, selalu bersalju dan sangat dingin inilah mengapa tidak ada orang yang mau hidup di sana. Keberadaan hewan pun bisa dibilang nyaris tak ada.

Namun dibawah lapisan salju, gunung ini memiliki permukaan yang terbuat dari material vulkanik, seperti kerikil, batuan, abu, lahar dan lava. Hanya burung yang bisa berada di sana dan hanya untuk bersarang pada batu yang tak tertutup salju.

South Sandwich Islands, Antarctica.

Termasuk gunung yang paling dipelajari di dunia

Gunung Sourabaya memiliki ketinggian 915 meter dari kaki gunung, atau 1.100 meter elevasi dari permukaan laut yang tertutup es glasial dan salju. Sementara puncak daratan atau titik tertinggi di Pulau Briston dinamai Havfruen Peak (Puncak Havfruen) yang berada di bagian timur Pulau Bristol.

Penamaan Havfruen dirujuk dari nama kapal layar ala Norwegia jenis Barque, yang menghantam bongkahan es lalu dirusak dan akhirnya tenggelam di Kepulauan Sandwich Selatan pada tanggal 1 Desember 1911.

Gunung Sourabaya meletus dan terekam dari satelit antara 19-23 April 2016.

Gunung Sourabaya pernah meletus pada tahun 1956, dan letusan yang terbaru terekam dari satelit antara 19-23 April 2016. Uniknya, ketika terakhir meletus, tidak diketahui oleh siapapun juga termasuk penduduk di pulau-pulau sekitarnya.

Letusan Gunung Sourabaya pada tahun 2016 itu hanya diketahui oleh NASA. Berdasarkan analisa citra satelit Landsat-8 milik NASA, letusan pada April 2016 itu bertipe ”stromboli”. Menurut NASA, Gunung Sourabaya merupakan salah satu gunung berapi paling dipelajari di dunia.

Dinamai “Gunung Sourabaya” sejak 1971

Gunung yang memiliki “nama khas” Indonesia ini dinamai oleh United Kingdom Antarctic Place-Names Committee (UK-APC), atau Komite Penamaan-Tempat Antartika Inggris, pada tahun 1971. Nama yang terdengar familiar di Indonesia tersebut mengacu pada nama sebuah kapal laut milik Inggris, bertipe kapal pabrik (factory ship) yang bernama “SS. Sourabaya”.

SS. Sourabaya adalah kapal pabrik pengemasan ikan dari hasil penangkapan dan pemrosesan ikan paus. Oleh karenanya kapal ini adalah kapal pabrik paus (whaling factory ship) yang digerakkan oleh tenaga uap berbahan bakar batubara.

SS. Sourabaya adalah kapal pabrik pengemasan ikan dari hasil penangkapan dan pemrosesan ikan paus. Oleh karenanya kapal ini adalah kapal pabrik paus (whaling factory ship) yang digerakkan oleh tenaga uap berbahan bakar batubara.

Pada tahun 1935, kapal Inggris itu sedang berada di sekitar kawasan laut Kepulauan Sandwicch, kemudian terlihat letusan gunung berikut asap tebal yang keluar dari kubah sebuah gunung api di pulau Bristol yang diselimuti salju itu.

Bristol Island, South Sandwich Islands, Antarctica.

Karena tertutup salju, pada saat itu belum ada yang tahu bahwa gunung di Pulau Bristol tersebut aktif, bahkan sedang meletus di hadapan para awak kapal.

Oleh karenanya, gunung api yang belum bernama dan sedang meletus di depan mata mereka itu dinamakan Sourabaya, sebagai penghormatan para awak SS. Sourabaya atas laporan mereka.

Penamaan “Sourabaya” yang masih misterius

SS. Sourabaya pada awalnya adalah kapal kargo dengan berat 7.823 grt (gross ton). Tak hanya kabin ABK, kapal ini juga memiliki ruang untuk penumpang dan juga memiliki pendingian. Kemudian pada tahun 1929,  Sourabaya berubah dan dijadikan kapal whale factory ship.

Pada tanggal 27 Oktober 1942, SS. Sourabaya yang sedang berada ditengah Samudra Atlantik, diterpedo oleh kapal selam Jerman U-436 pada kordinat 54° 32’ N, 31° 02’ W.

Pada tanggal 27 Oktober 1942, SS. Sourabaya yang sedang berada ditengah Samudra Atlantik, diterpedo oleh kapal selam Jerman U-436 pada kordinat 54° 32’ N, 31° 02’ W.

Tapi Sourabaya masih dapat bertahan dan berusaha kabur dan berlayar walau rusak. Namun sepertinya kapal selam Jerman U-436 tersebut tidak sendirian. Hanya dua hari setelah berhasil lolos, terpedo dari kapal selam Jerman lainnya, U-224, kembali menghantam lambung kapal pada tanggal 29 Oktober 1942.

Akhirnya SS. Sourabaya tenggelam dan karam. Sebanyak 77 krew dari 158 orang telah hilang dan hanya menyisakan 81 awak kapal. Kapal Bic Island ikut menolong mengevakuasi krew SS. Sourabaya dan kemudian Bic Island mengontak kapal lain yang ada disekitarnya.

Sebagian kecil nama-nama awak kapal SS. Sourabaya yang hilang atau tenggelam terukir dalam tugu memoriam di pemakaman Inggris.

Kapten, 36 anak buah kapal, 24 penumpang, 16 DBS serta 4 krew penembak, akhirnya dijemput oleh Kapal HMCS Alberni dan HMCS Ville de Quebec.

Sisa awaknya yang selamat berhasil diantar sampai kota Liverpool, mereka tiba disana pada tanggal 2 November 1942.

Sebelum menjadi kapal laut Whale Factory Ship atau kapal penangkap ikan paus berikut pabriknya, kapal SS Sourabaya adalah jenis kapal kargo. Jadi “kapal pabrik ikan” ini adalah kapal ex-cargo.

Sejak kapal ini selesai dibuat pada tahun 1915, sepanjang perjalanannya hingga diterpedo, SS Sourabaya beroperasi selama 27 tahun, yaitu dari tahun 1915 sampai tahun 1942.

Namun hingga kini tidak diketahui secara pasti, mengapa kapal tersebut sejak awal namanya mirip dengan nama kota Surabaya, ibukota Jawa Timur di Pulau Jawa, Indonesia. (©IndoCropCircles.com)

Mount Sourabaya metadata:

Feature Name: Sourabaya, Mount
Feature Class: Summit
Country Code: AQ (Antarctica)

Primary Latitude in degrees, minutes, and seconds: 59° 03′ 00″ S
Primary Longitude in degrees, minutes, and seconds: 026° 36′ 00″ W
Primary Latitude in decimal degrees: -59.05
Primary Longitude in decimal degrees: -26.6

Levation: 915
Decision Year: 01/01/1972
Location: Google Map, Wikimapia
Description: A mountain (915 m) 1 mi NW of Mount Darnley, Bristol Island, in the South Sandwich Islands. Named by UK Antarctic Place-names Committee (UK-APC) in 1971. The name refers to the whaling factory ship Sourabaya, from which an eruption of the island was witnessed in 1935.

Pustaka:

Kota Soerabaja (Surabaya) dari atas pada tahun 1940-an. Tampak Jembatan Merah di tengah foto.

Tampak lokasi Gunung Sourabaya dan Kota Surabaya yang keduanya terpisah sejauh kira-kira 12 ribu kilometer.


VIDEO:

Satellite Images Show Volcano Erupting That Nobody Else Saw 


Artikel Lainnya:

Ditemukan: Gunung Api Mega Besar Dibawah Samudera Pasifik!

Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia

Ditemukan: Gunung Raksasa Sumatra Diameter 50 Km Tinggi 4,6 Km!

Pulau Heboh Nongol Setelah Meletusnya Gunung Api Bawah Laut

Misteri Gunung Paricutin: Lahir Disaksikan Manusia, Mengubur 2 Desa, Lalu Mati

Sejarah Meletusnya Gunung Galunggung Sejak 1822, 1894, 1918 dan 1982

Misteri dan Kronologi Meletusnya Tambora, Tiga Kerajaan Lenyap Seketika!

Sejarah Bisu: USS Liberty, Kapal Perang AS Yang Dibombardir Israel, 34 Tewas Ratusan Luka

Misteri Kapal “SS Ourang Medan” : Semua Kru Tewas Kaku, Mata Melotot, Dengan Muka Ketakutan!

[True Story] Andrea Gail, Kapal Nelayan Yang Karam di Film “The Perfect Storm”

Misteri Tenggelamnya Kapal Titanic Karena di Sabotase

Misteri Jejak Kapal Selam U-Boat Nazi di Indonesia

Inilah Bangkai Kapal “San Jose” Dengan Harta Karun Senilai Rp. 13 Trilyun!

Kapal Selam Zaman PD-II Milik Belanda Ditemukan di Perairan Kalimantan Setelah Hilang 70 Tahun

Ada Ratusan Ton Harta Karun Kapal Karam Seantero Indonesia!


http://wp.me/p1jIGd-8nL

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Misteri Indonesia dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s