Membuat Netizen Gempar: Serangga Misterius Asal Indonesia Ini Viral

courtesy: Gandik/Facebook

Hewan Misterius Yang Dijuluki “Serangga Setan” Asal Indonesia Ini Sempat Membuat Netizen Gempar

Seorang pria asal Indonesia dengan nama akun Gandik, mengunggah foto dan video seekor serangga di Facebook pada 19 Oktober 2017 silam sambil menuliskan kalimat berbahasa Jawa, “Nembe tumon kupu macem kie” (baru menemukan kupu-kupu macam begini).

Hanya berselang beberapa hari saja, sudah lebih 200 ribu kali dibagikan, lebih dari 10 ribu reaksi bagi yang melihatnya, dan sudah ada lebih dari 40 ribu komentar mengungkapkan ketakutan mereka ketika melihat serangga misterius yang aneh dan menjijikkan itu.

Banyak netizen mengungkapkan komentar karena takjub, takut, jijik bahkan seram, karena bentuknya sangat berbeda dari kebanyakan serangga yang pernah dilihat. Dan beberapa dari mereka mengajukan pertanyaan, “Serangga apa itu?”.

Serangga dalam foto dan video itu mirip jenis ngengat, badannya berwarna oranye, memiliki sepasang sayap berwarna kombinasi coklat muda dan tua, memiliki enam kaki dan dua antena.

Namun yang tak biasa dan mengherankan adalah adanya semacam *tentakel” panjang berwarna abu-abu dan berbulu yang muncul dari kanan-kiri dubur di bagian belakang badannya masing-masing sebanyak dua buah, jadi totalnya ada empat buah! Jenis serangga apakah itu?

Serangga jenis ngengat misterius yang bernama ilmiah Creatonotos gangis (courtesy: Gandik/Facebook).

Gary Hevel, seorang peneliti di Departemen Entomologi dari Museum Nasioanl Sejarah Alam Smithsonian, mengatakan bahwa serangga tersebut dikenal sebagai ngengat Creatonotos gangis.

Havel mengatakan hal tersebut dalam sebuah e-mail kepada The Washington Post bahwa ngengat Creatonotos gangis dalam foto dan video tersebut tampaknya menggunakan “kelenjar harum” dengan menjulurkan beberapa tentakel kecil berbulu yang aneh tersebut untuk menarik pasangan.

Ngengat bernama latin Creatonotos gangis (courtesy: Gandik/Facebook, anim by IndoCropCircles).

Dia juga menjelaskan bahwa kelenjar itu berada di perut ngengat, biasanya di bagian yang kempes. Menurut database online, ngengat Creatonotos gangis ditemukan di Asia Tenggara dan sebagian Australia.

“Spesies ngengat dewasa ini memiliki forewings yaitu sepasang sayap depan dari keseluruhan empat sayap, berwarna coklat, masing-masing memiliki garis gelap.”

“Sementara hindwings yaitu sepasang sayap belakang, berwarna agak cerah. Warna perut merah atau kadang-kadang kuning”, jelas Gary Hevel.

Ngengat jantan memiliki empat “tentakel berbulu” yang terlihat menjijikan, yang dinamakan reversibel coremata, yaitu sejenis tentakel berbulu di ujung abdomennya yang terletak di ujung perut.

Masing-masing reversibel coremata memancarkan zat femonon, yaitu hormon berupa aroma yang dikeluarkan oleh jenis jantan, untuk memikat atau sebagai daya tarik bagi betina agar menghampiri.

Tentakel-tentakel berbulu yang dinamakan reversibel coremata itu, saat digelembungkan panjangnya bisa lebih dari pada perut. Ngengat Creatonotos gangis memiliki lebar sayap sekitar 4 cm.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/f9/Creatonotos_gangis_%287171776400%29.jpg/730px-Creatonotos_gangis_%287171776400%29.jpg

Creatonotos gangis.

Ngengat Creatonotos gangis adalah serangga jenis Artropoda yaitu dari filum yang paling besar dalam dunia hewan dan mencakup serangga, laba-laba, udang, lipan, dan hewan sejenis lainnya.

Creatonotos gangis masuk ke dalam ordo Lepidoptera, superfamily Noctuoidea, family Erebidae dan bergenus Creatonotos yaitu genus Ngengat Harimau (tiger moths) yang tersebar di Afrika bagian tropis, selatan dan timur Asia, Sundaland (Indonesia) dan juga di Australia.

Hanya dalam dua hari setelah foto dan video menghebohkan ini diunggah, langsung memenuhi jagat dunia maya dan dilaporkan oleh banyak situs luar negeri termasuk metro, dailymail, washingtonpost. livescience dan banyak lainnya.

Semoga pencerahan ini dapat menambah wawasan kita tentang hewan-hewan termasuk serangga endemik Indonesia yang mengagumkan, atau masih tersembunyi, atau mungkin belum pernah kita lihat, atau belum diketahui oleh kita semua. (©IndoCropCircles.com)

Pustaka:


VIDEO:

Weird moth: Creatonotos Gangis filmed in Indonesia:


Artikel Lainnya:

Ditemukan: Serangga Misterius, Peneliti Buat Genus Baru

Mitos Monster Terbang Misterius Yang Mendunia Ini Ada Di Indonesia

Misteri Katak Sulawesi: Satu-Satunya Spesies Katak Melahirkan Kecebong

[Photo] Ikan Toman Bertuliskan “Jogja” dan “DIY 02 HB IX” Muncul Saat Pelantikan Gubernur Jogja

Aneh! Monyet Ini Lama Punah, Lalu Ditemukan Lagi di Indonesia!

Warga Gempar! Kambing Hitam Bermata Satu Di India Ini Jadi Berhala

Koloni Lebah Menyusut: Jika Lebah Musnah Maka Manusia Ikut Punah!

Jamur Cordyceps: Hancurkan Otak Korban, Jadi Zombie, Lalu Mati

Gelembung Renang Ikan Tirusan Rp. 200 Juta! Apa Manfaatnya?

Warga Heboh, Ditemukan Jejak Kaki Bigfoot Di Kalimantan!

Misteri Ikan Opah, Ikan Berdarah Panas Pertama di Dunia

Inilah Satwa-Satwa yang Punah Dalam 2 Abad Terakhir

8 Hewan Dengan Perilaku Paling Misterius di Dunia

=>Artikel Terkait Flora Fauna & Cryptozoology Lainnya<=


https://wp.me/p1jIGd-8rB

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Flora Fauna Cryptozoology dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Membuat Netizen Gempar: Serangga Misterius Asal Indonesia Ini Viral

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s