Thomas Mantell, Pilot Berbakat Yang Tewas Saat Kejar UFO Tahun 1948

Thomas Francis Mantell Jr, Pilot Pertama Dan Berbakat Yang Tewas Saat Mengejar UFO

Peristiwa Thomas Mantell atau yang lebih dikenal sebagai “Mantell UFO Incident” adalah sebuah peristiwa tewasnya Thomas Francis Mantell Jr, seorang personil Angkatan Udara yang mumpuni dan berbakat dari Kentucky Air National Guard pada tahun 1948, atau setahun setelah Tragedi Roswell atau Roswell Incident di tahun 1947. Thomas Mantell juga sekaligus menjadi pilot pertama yang tewas karena mengejar objek terbang tak dikenal yang misterius tersebut.

Insiden Thomas Mantell ini merupakan sebuah peristiwa penampakan Benda Terbang Tak Dikenal atau Unidentified Flying Object (UFO) yang fenomenal dimana ketika itu tampak di langit Amerika Serikat, tepatnya di atas negara bagian Kentucky, sebuah UFO yang melayang-layang selama beberapa jam.

Pengejaran pun dilakukan oleh pihak Angkatan Udara AS untuk mengetahui objek terbang tak dikenal itu. Namun justru berujung pada tewasnya salah satu pilot yang lihai dan menjadi kebanggaan angkatan udara Amerika.

Mantell UFO Incident adalah peristiwa pertama kali dalam sejarah Ufology dimana seorang pilot tewas saat pengejaran untuk mencegat (intercept) terhadap benda terbang tak dikenal.

Mantell adalah salah satu pilot berbakat. Di usia mudanya yang baru menginjak 25 tahun dia telah menjadi pilot yang diakui lihai di kesatuannya.

Hal ini terlihat dari jam terbangnya yang telah mencapai 2.167 jam di udara pada usia 25 tahun pada masa itu.

Dia juga telah berjasa pada negaranya saat Perang Dunia II, khususnya saat Pertempuran Normandia pada bulan Agustus 1944 di Perancis.

Kronologi Kejadian

Pada tanggal 7 Januari 1948, dari pagi hari hingga petang didapat benyak laporan tentang penampakan objek atau benda terbang tak dikenal yang melayang diatas daerah Kentucky. Penampakan di negera bagian Kentucky terjadi di beberapa kota, seperti di pangkalan Fort Knox, Mannsville, Irvington dan Owensboro.

Bahkan objek terbang tak dikenal itu juga teramati di negara bagian Ohio, seperti di pangkalan udara Clinton County Army Airfield yang kini sudah menjadi Wilmington Air Park, dan terlihat juga di pangkalan Lockbourne Army Airfield yang kini bernama Rickenbacker Air National Guard Base di selatan Colombus. Keduanya ada di negara bagian Ohio.

  • Laporan penampakan

Tanggal 7 Januari 1948, di pagi hari menjelang siang, pangkalan udara Godman Army Airfield di Fort Knox, Kentucky, mendapatkan sebuah laporan dari Kentucky State Highway Patrol, tentang terlihatnya objek terbang tak dikenal yang melayang di angkasa dekat kota Mannsville, Kentucky. Dari laporan yang diterima, benda tersebut berbentuk bulat dengan diameter mencapai 91 meter.

Tanggal 7 Januari 1948, pukul 1:30 siang, polisi Kentucky mulai menerima berbagai laporan tentang adanya objek terbang yang tidak dikenal dari para warga diatas kota Mannsvile. Kemudian didapati juga laporan yang sama di kota Irvington dan Owensboro.

Daerah penampakan UFO di beberapa kota di negara bagian Kentucky dan Ohio (kuning), dan lokasi jatuhnya pesawat Mantell (merah).

Tanggal 7 Januari 1948, pukul 1:45, Sersan Quinton Blackwell melihat dari menara pengawas di Fort Knox, sebuah objek terbang tak dikenal yang memiliki ciri-ciri yang sama dari laporan warga. Dua orang lain juga mengaku melihatnya, mereka mengatakan objek terbang itu berwarna putih dan terlihat selama satu setengah jam.

Komandan markas Fort Knox, Kolonel Guy Hix memberikan informasi benda itu berwarna sangat putih. Jika dibandingkan dengan ukuran Bulan jika dillihat dari Bumi, benda itu berukuran seperempat bulan dan memiliki garis garis merah di bagian bawahnya.

Seorang pengamat dari Clinton County Army Airfield di Ohio mengatakan objek tersebut juga terlihat dari tempat tersebut melalui radar. Ia juga menambahkan ketika diamati melalui teropong binocular, objek terbang tak dikenal itu mengeluarkan api dan gas berwarna hijau yang diamatinya selama 35 menit.

Masih di Ohio namun di tempat lainnya, yaitu di Lockbourne Army Airfield Ohio, terlihat dari radar dan melaporkan benda itu sempat turun mendekat ke darat untuk beberapa saat. Namun segera melesat naik hingga ketinggian 10.000 kaki dengan sangat cepat, kemudian melaju dengan kecepatan luar biasa diatas 500 mil per jam.

  • Pengejaran dan pencegatan (intercepting) objek terbang

Tak tinggal diam, pihak militer Amerika melalui komando segera menerbangkan empat buah P-51 Mustang dari Squadron 165 di Kentucky National Air Guard yang salah satu pesawatnya dipiloti oleh Thomas Francis Mantell. Komunikasi radio yang terjalin antara empat pilot dan menara pengawas ATC dilakukan oleh Sersan Blackwell.

Tak berapa lama berselang setelah keempat pesawat itu tinggal landas untuk mencegat (intercept) objek terbang tak dikenal, salah satu pesawat itu berhenti melakukan pengejaran karena kehabisan bahan bakar dan pulang ke pangkalan.

P-51 Mustang.

Saat itu tinggal tiga orang pilot yang tersisa yaitu Clemmons, Mantell dan Letnan Hammond. Mereka masih mengejar objek itu hingga ketinggian 22.500 kaki atau 6.858 meter.

Tetapi akhirnya Clemmons dan Hammond juga tidak melanjutkan pengejaran karena cadangan oksigen dalam pesawat telah menipis, begitu juga dengan Mantell. Mereka berdua kembali ke pangkalan.

Namun Mantell tetap nekat mengejar UFO itu hingga ketinggian 25.000 kaki atau 7.620 meter, yang kemudian diduga bahwa hal inilah yang membuatnya mengalami kekurangan oksigen.

  • Pesawat Thomas Francis Mantell jatuh

Tinggal sendirian, Mantell secara solo tetap nekat mengejar UFO itu hingga menanjak ke ketinggian 25.000 kaki atau 6,858 meter.

Semua pilot sudah berbalik pulang ke pangkalan untuk grounded alias mendarat, tinggal Mantell yang tetap nekat mengejar UFO itu hingga menanjak ke ketinggian 25.000 kaki atau 7,6 kilometer.

Pesawat model Mustang P-51 ini memang tidak dirancang untuk terbang sangat tinggi bagi manusia karena kokpitnya tak begitu baik dan tak kedap udara, akibatnya perlu oksigen yang banyak bagi pilotnya.

Kemudian diduga bahwa hal inilah yang membuat Mantell mengalami kekurangan oksigen.

Mantell diduga mengalami hipoksia atmosfer atau atmospheric hypoxia, yaitu keadaan yang dapat terjadi secara alami pada ketinggian yang tinggi. Atmospheric hypoxia mengacu pada kondisi kadar oksigen rendah di atmosfir hingga membuat Mantell kehilangan kontrol, dan akhirnya pesawatnya tak terkendali, menukik jatuh berputar-putar hingga menuju daratan.

Pesawat yang dipiloti Mantell jatuh di sebuah peternakan dekat pemukiman warga di selatan kota Franklin, yang berada di perbatasan antara Kentucky dengan Tennesse. Warga setempat dibuat kaget karena mendengar bunyi ledakan yang keras ketika pesawat itu terhempas.

Pesawat P-51 Mustang yang dipiloti Mantell menukik berputer-puter hingga akhirnya jatuh ke permukaan tanah ketika mengejar UFO.

Petugas pemadam kebakaran yang segera datang ke lokasi mengeluarkan tubuh Mantell dari puing pesawat. Petugas pemadam kebakaran juga melihat jam tangan yang dikenakan Mantell telah mati, berhenti pada pukul 3:18 sore, tepat saat pesawat itu jatuh ke darat.

Tanggal 7 Januari 1948, pukul 3:50, setelah insiden Mantell ini berakhir, UFO yang dimaksud tidak lagi terlihat dari Godman Army Airfield.

Karena lokasi jatuhnya pesawat tidak jauh dari pemukiman warga, maka kabar menghebohkan ini langsung tersebar. Akibatnya dalam sekejap saja sudah banyak isyu dan rumor yang beredar ditengah masyarakat.

Mantell UFO incident 1948 – P-51 Mustang propeller.

Apalagi insiden ini hanya setahun dari Insiden UFO Roswell yang diangap “masih hangat”, yaitu insiden yang diisyukan bahwa pesawat alien jatuh di gurun dekat kota Roswell berikut para makhluk extra-terrestrial yang masih berada di dalamnya.

Wartawan dan para awak media lainnya juga langsung berdatangan menuju ke lokasi kejadian dimana Pesawat P-51 Mustang yang dipiloti Mantell ini mengalami kecelakaan.

Hingga akhirnya langsung beredar rumor, bahwa pesawat Mantell telah ditembak jatuh, atau telah dilumpuhkan oleh sejenis laser dari UFO itu, dan pihak militer sengaja menutup-nutupinya.

Rumor lain yang berkembang juga mengatakan bahwa di jasad Mantell terdapat sebuah lubang aneh bekas senjata pesawat UFO itu. Thomas Francis Mantell (30 Juni 1922 – 7 Januari 1948 / usia 25 tahun) kemudian disemayamkan di kuburan nasional Zachary Taylor.

Mantell UFO incident 1948 – P-51 Mustang crashed.

Penyelidikan yang bersifat klise

Captain Edward J. Ruppelt yang juga kepala dari Project Blue Book (Proyek Buku Biru) yaitu proyek yang meneliti tentang objek terbang tak dikenal dimasanya mengatakan, pada kala itu terjadi perdebatan di antara orang-orang di menara pengawas.

Ada sebagian yang menyebut Mantell sempat mengatakan “objek dengan warna metalik dan berukuran sangat besar“, namun beberapa orang mengaku bahwa Mantell tak pernah mengatakan bagian itu.

Dua orang yang bersama Mantell saat itu pun menyatakan bahwa memang ada sebuah objek, tetapi ukurannya kecil. Salah satu pilot yang menyatakan itu adalah pilot yang berhenti lebih awal dari pengejaran.

Project Blue Book during meetings.

Tetapi kala itu melalui radio komunikasi, Mantell tetap bersikukuh bahwa apa yang ia lihat dan ia katakan adalah benar.

Dan yang setuju dengan Mantel adalah salah satu pilot yang bernama Letnan Albert Clemmons.

Clemmons mengatakan, saat itu tiga orang yang tersisa yaitu dirinya, Mantell dan Letnan Hammond, mereka mengejar objek itu hingga ketinggian 22.500 atau 6.858 meter.

Tetapi akhirnya Clemmons dan Hammond tidak melanjutkan pengejaran karena cadangan oksigen dalam pesawat telah menipis, begitu juga dengan Mantell. Tapi Mantell tetap nekat terus mengejar objek itu hingga pesawatnya menanjak naik, dan akhirnya terjadilah musibah terhadap dirinya.

Penyelidikan dengan kesimpulan klasik

Beberapa penyelidikan yang dilakukan menyatakan bahwa UFO yang dikejar oleh Mantell dan tiga pilot lainnya bukanlah objek berupa pesawat alien, tetapi ada dua kesimpulan yang mengatakan secara klasik, bahwa benda itu adalah Planet Venus atau Balon Cuaca.

  • Teori Planet Venus

Project Sign (1947-1949)

Project Sign, adalah proyek penelitian UFO sebelum Project Bluebook. Grup peneliti ini terdiri dari para anggota di angkatan udara Amerika (US Air Force) yang dibentuk untuk meneliti fenomena UFO tersebut.

Mereka mengatakan bahwa apa yang dilihat Mantell adalah planet Venus, dan dia telah salah.

Tetapi kemudian hipotesa ini diubah, meskipun saat itu letak Planet Venus dan UFO berada di posisi yang sama.

Ahli astronomi dari Project Sign mengatakan bahwa Venus sangat sulit dilihat pada siang hari, apalagi saat itu Mantell dan ketiga pilot lainnya melihat dengan mata telanjang.

  • Teori Weather Balloon (Balon Cuaca)

Hynek, salah seorang profesor astronomi dan juga konsultan dari Project Sign memiliki pendapat berbeda. Hynek mengatakan bahwa Mantell telah salah mengidentifikasi objek itu yang sebenarnya adalah sebuah “balon cuaca” atau Weather Balloon.

Balon Cuaca biasanya digunakan untuk sebuah proyek tertentu karena mampu terbang sangat tinggi, misalnya penelitian atmosfer, ozon, dan matahari. Namun pada masa itu  Balon Cuaca ini dirahasiakan karena masih digunakan sebagai senjata, yaitu sebagai pengangkut bom.

Weather Balloon (Balon Cuaca)

Sebelum dilepas, peneliti harus mengetahui arah dan kecepatan angin, lalu bom dijatuhkan dengan menggunakan timer yang sudah diperhitungkan secara akurat.

Pada perang dunia kedua, Jepang adalah negara pertama yang memakai metode ini untuk dapat mengebom antar-benua, dan merupakan pengeboman terjauh yang dapat dilakukan dimasanya.

Menurut Prof Hynek,, memang proyek dengan menggunakan balon cuaca masih menjadi rahasia saat itu, jadi wajar saja jika Mantell tidak mengetahui hal ini dan melakukan miss-identification terhadap balon cuaca.

Lagi pula pada masa itu balon cuaca berdiameter 30 meter masih banyak yang  terbuat dari alumunium reflective yang dapat memantulkan cahaya matahari.

Hal ini konsisten dengan laporan Mantell kepada menara pengawas yang mengatakan bahwa ia melihat “objek besar berwarna metalik” dan juga konsisten dengan kesaksian para saksi lainnya.

Penyelidikan UFO skeptics

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/52/Japanese_fire_balloon_Moffett.jpg/115px-Japanese_fire_balloon_Moffett.jpg

Weather Balloon atau Balon Cuaca milik Jepang untuk mengangkut bom,berbentuk bola dan dapat terbang sangat tinggi.

Project Sign dan para UFO skeptics yang mengadakan penelitian lebih lanjut mendapatkan informasi bahwa di hari yang sama, 7 Januari 1948, di Clinton County, Ohio sekitar 240 kilometar timur-laut Fort Knox, memang telah meluncurkan beberapa balon cuaca.

Philip Klass, salah seorang anggota UFO Skeptic juga beragumentasi bahwa arah angin disaat itu membawa balon udara melayang hingga ke tempat insiden tersebut terjadi.

Meskipun para skeptis mengira itu adalah balon cuaca, tetapi kesaksian dari Richard T. Miller yang pada waktu itu berada di ruang operasional angkatan udara do Belleville Illinois, justru perpendapat berbeda.

Richard Miller mengaku bahwa ia menyimak secara terus-menerus percakapan antara para pilot dan menara pengawas di Godman, dan Miller memang mendengar sebuah kalimat kontrovesial ini dengan sangat jelas, Mantell mengatakan “objek dengan warna metalik dan berukuran sangat besar“.

Kesaksian lainnya

Kapten James F. Duesler, yang berada di menara pengawas Godman pada saat itu mengatakan bahwa dia benar-benar melihat sebuah UFO berukuran raksasa diatas langit Fort Knox.

Duesler yang pensiun pada tahun 1997 dan tinggal di Inggris juga sempat melihat bangkai pesawat Mantell karena ia juga datang ke TKP tempat jatuhnya pesawat Mantell dan melihat beberapa keanehan.

Thomas Mantell UFO Incident 1948 – Secret Project Bluebook  report declassified / USAF-SIGN1-374.

Ia melihat keanehan terutama pada bagian sayap dan ekor pesawat yang hancur saat menabrak daratan, tetapi pohon-pohon di sekitar tempat itu tidak mengalami kerusakan.

Juga tidak terdapat adanya bercak darah di cockpit pesawat, dan tidak ada juga goresan di tubuh Mantell.

Setelah terjadi insiden itu, kesaksian lain dari para penduduk ternyata tak berhenti disitu saja, objek terbang tak dikenal kemudian muncul lagi keesokan harinya.

Para penduduk Clinton di Carolina Utara melaporkan adanya UFO bebentuk kerucut yang terbang diatas langit dengan kecepatan luar biasa, sehari setelah insiden, yaitu pada 8 Januari 1948.

Kemudian penampakan objek terbang aneh lainnya juga dilaporkan beberapa hari setelahnya. Laporan yang banyak juga terjadi pada tanggal 1 Februari 1948, penampakan UFO dilihat lagi oleh banyak orang.

Pada tanggal 1 Februari 1948 itu, sebuah objek terbang tak dikenal terlihat dan dilaporkan oleh beberapa warga yang ketakutan, karena UFO itu hampir saja mendarat di Circleville, Ohio. Objek itu terbang sangat rendah dan menyisir beberapa kawasan. Inilah yang membuat warga panik dan ketakutan.

Hingga kini, kasus kematian pilot muda yang berbakat Thomas Francis Mantell ketika mengejar UFO masih misterius. Dan yang lebih misteriusnya lagi adalah: objek terbang itu sendiri yang belum terindentifikasi dengan pasti. (©IndoCropCircles.com)


Pustaka:


VIDEO:

The Mantell UFO incident


Artikel Lainnya:

[UFO Australia 1978] Lapor Lihat UFO, Frederick Valentich dan Pesawatnya Lenyap Seketika

“Battle of Los Angeles 1942” Penampakan UFO Paling Misterius Hingga Kini

Pilot Turkish Airlines Lihat UFO Hijau Di Hari EgyptAir MS804 Hilang!

Pilot Panik: UFO Lewati Pesawat RyanAir Saat Takeoff

Andy Danzinger, Mantan Pilot Barack Obama Pernah Papasan dengan UFO

Wow! Pilot Airbus Lihat UFO Diatas Heathrow Inggris

Pilot Russia Dengar Bahasa Alien, Lapor Ke Petugas Air Traffic Control

[UFO Inggris 1954] Jessie Roestenberg & Anaknya Lihat Alien Di Dalam UFO

[UFO Inggris 1957] UFO Sebesar Kapal Induk Nyaris Dirudal!

Heboh! UFO Jatuhkan “Angel Hair” (Rambut Peri) Tahun 1959

[UFO Australia 1966] Penampakan “UFO Westall” Terbesar Di Australia

[UFO Inggris 1995] Besarnya 20 Kali Lapangan Bola!

25 Proyek Super Rahasia & Organisasi Buatan AS Untuk Mencari Alien

Heboh UFO Melayang 13 Menit Di Pangkalan Militer Ohio

Memo FBI Ungkit Kembali Misteri Jatuhnya UFO Berisi Alien di Roswell

CIA Rilis 10 Poin Untuk Investigasi Fenomena UFO

Wow! Penumpang Pesawat Rekam UFO Diatas Alborz Iran

UFO Seukuran Lapangan Bola Terekam Kamera di Atas Mississippi AS

10 Tokoh Penting Yang Percaya UFO

7 Klasifikasi dan Bentuk Pesawat UFO

10 Negara Yang Paling Banyak Dikunjungi Alien (Termasuk Indonesia)

Puluhan Laporan Alien dan UFO Yang Jatuh Di Dunia

[Alor Alien Sightings 1959] 6 Alien Terlihat di Pulau Alor dan Pantar, Baku Tembak Dengan Polisi Indonesia


https://wp.me/p1jIGd-8Fm

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Misteri UFO Dunia dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s