Inilah 15 Fitur Tubuh Langka, Ada Yang Hanya Dimiliki 40 Orang! Anda Termasuk?

Inilah 15 Fitur Tubuh Langka Yang Hanya Dimiliki Oleh 5% Orang Bahkan Hanya Dimiliki 40 Orang Saja, Apakah Anda Termasuk Diantara Mereka?

Kebanyakan manusia memiliki fitur tubuh yang biasa, dalam arti seperti yang sudah kita ketahui selama ini. Namun secara nyata bahwa masih ada sebagian kecil dari manusia, memiliki fitur pada bagian tubuhnya yang sudah langka dan tak dimiliki lagi oleh kebanyakan orang, atau bahkan beradaptasi dari yang tak ada, menjadi ada.

Kelangkaan orng-orang yang memiliki fitur tak biasa dalam tubuhnya ini, berkisar antara 15% hingga hanya 1%, bahkan ada yang hanya terdapat 40 orang saja dari lebih 7 milyar orang di planet ini. Apakah Anda termasuk di dalamnya?

Berikut ini adalah 15 fitur sangat langka yang berada dalam badan atau tubuh manusia yang hanya dimiliki oleh sedikit sekali orang:

15. Rambut Merah (red hair)

Memiliki rambut atau janggut berwarna merah atau “Red Hair” atau “Red Beard” termasuk sangat langka. Maksud atau julukan kata “red” atau “merah” bukan berarti rambut jenis ini benar-benar berwarna merah. Warna dari rambut yang dikatakan “merah” ini bervariasi, dari warna merah burgundi gelap atau terang, hingga warna jingga tua sampai warna merah tembaga yang terang.

Jenggot merah (janggut merah) dan rambut merah akibat mutasi gen MC1R.

Rambut merah tampak dalam orang-orang dengan dua salinan gen resesif di kromosom-16 yang menyebabkan adanya mutasi dalam protein MC1R.

Red Hair muncul secara alami pada sekitar 1–2% populasi manusia di dunia. AWarna rambut ini muncul lebih lazim terhadap orang-orang berketurunan Eropa Utara atau Barat (sekitar 2–6%), sedangkan untuk orang-orang wilayah lain rambut ini tidak lazim.

Rambut ini memiliki karakteristik pigmen pheomelanin kemerahan berkadar tinggi dan pigmen eumelanin berkadar gelap rendah.

Rambut merah memiliki kaitan dengan warna kulit yang terang, warna iris mata yang bervariasi (abu-abu, biru, hijau dan coklat kekuningan), freckle (bintik-bintik hitam di kulit) dan kepekaan terhadap cahaya ultraungu atau ultraviolet.

Reaksi budaya di Eropa terhadap rambut ini bervariasi, dari penistaan sampai kekaguman. Banyak stereotype umum menyatakan bahwa seseorang dengan rambut merah memiliki tempramen tinggi.

Dalam kultur di beberapa wilayah dunia, mereka yang memiliki rambut merah sering dijuluki sebagai “Redhead”.

Sementara untuk jenggot berwarna merah (Red Beard) tidak selalu memiliki hubungan dengan rambut, walau sangat jarang terjadi. Seseorang berambut biasa tapi bisa saja dapat memiliki jenggot atau janggut berwarna merah.

Hal itu bisa terjadi karena warna rambut tergantung dari keturunan orang tua, kakek, atau nenek moyangnya. Jadi sangat mungkin warna rambut nenek moyangnya untuk kembali terjadi kepada anak, cucu atau cicitnya karena seperti disebutkan diatas, warna rambut merah akibat mutasi gen yang bernama MC1R.

Gen MC1R membentuk pigmen warna merah menjadi pigmen warna gelap. Jika seorang memiliki dua gen MC1R yang bermutasi (dari masing-masing orang tuanya), maka mereka memiliki rambut berwarna merah.

Sementara jenggot berwarna merah adalah efek yang sama karena mutasi MC1R, namun hal itu dapat terjadi oleh hanya karena satu gen MC1R saja yang bermutasi, bukannya dua gen. Dan itulah kenapa jenggot berwarna merah cenderung memang lebih sering terjadi pada mereka yang memiliki rambut merah, namun dibandingkan warna rambutnya, warna jenggotnya yang merah jauh lebih berwarna merah daripada rambut mereka.


14. Tulang Kuat (incredibly dense bones)

Tulang adalah jaringan aktif metabolik yang terdiri dari beberapa jenis sel. Sel-sel ini termasuk osteoblas, yang terlibat dalam pembentukan dan mineralisasi jaringan tulang, osteosit, dan osteoklas, yang terlibat dalam penyerapan kembali jaringan tulang.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/03/Bertazzo_S_-_SEM_deproteined_bone_-_wistar_rat_-_x10k.tif/lossy-page1-320px-Bertazzo_S_-_SEM_deproteined_bone_-_wistar_rat_-_x10k.tif.jpg

Penampakan tulang dilihat melalui mikro-gafik elektronik dengan pembesaran 10,000x.

Ternyata, hanya sebagian kecil manusia yang memiliki tulang yang jauh lebih kuat (incredibly dense bones). Dari hasil penelitian LRP5 yang bertangungjawab terhadap mineralisasi, peneliti menemukan mutasi yang menyebabkan penyakit yang disebabkan oleh kerapuhan tulang.

Namun penyakit tulang tersebut justru terjadi sebaliknya, bukan kerapuhan tulang yang terjadi akibat minimnya mineral pada kalsium, tapi menjadikannya jauh lebih kuat karena mineral membuat tulang jauh lebih rapat dan kuat yang menyebabkan nyaris tak mungkin untuk patah.

Selain tulangnya kuat, kulit juga tak rentan terhadap penuaan yang membuat keduanya jauh lebih kuat daripada kebanyakan manusia lainnya. Jika terjadi kecelakaan, manusia ini akan memiliki kemungkinan besar tidak terjadinya patah tulang karena tulangnya lebih kuat.

Hal buruknya dari perkembangan tulang yang kuat menyebabkan lebih tertekannya syaraf dan juga otak. Maka salah satu sisi negatifnya akan mengurangi kemampuan pendengaran. Juga ketika sudah tua dan misalnya butuh untuk mengoperasi tulang, maka hal ini tidak dapat dilakukan.


13. Dagu Belah (cleft chin)

Istilah “Dagu Belah” dalam behasa Inggris disebut sebagai cleft chin atau “dagu sumbing”, dimple chin, chin dimple (dagu lesung), atau dagu lesung pipi, atau lesung pipi di dagu (a dimple on the chin). Fitur ini adalah celah berbentuk Y (Y-shaped) pada dagu dengan kekhasan tulang yang mendasarinya.

Secara khusus, celah dagu mengikuti celah pada tulang rahang bagian bawah yang dihasilkan dari penggabungan fusi yang tak sempurna pada bagian kiri dan kanan tulang rahang, atau otot, selama perkembangan embrio dan janin. Bagi orang lain, hal itu bisa berkembang dari waktu ke waktu, seringkali karena satu setengah rahang lebih panjang dari yang lain, menyebabkan wajah asimetris.

Ini adalah sifat yang diwariskan pada manusia, dimana gen resesif menyebabkan dagu terlihat sumbing, sementara genotipe dominan yang ada hadir tanpa celah. Namun, ini juga merupakan contoh klasik untuk penetrasi variabel dengan faktor lingkungan atau gen pengubah yang mungkin mempengaruhi ekspresi fenotipik dari genotipe sebenarnya.

Dagu sumbing umum terjadi di antara orang-orang yang berasal dari Eropa dan Timur Tengah. Dalam literatur Persia, dagu yang lesung dianggap sebagai faktor keindahan, dan secara metaforis disebut sebagai “lubang dagu” (the chin pit) atau “sumur dagu” (chin well).


12. Bintik Di Kulit Wajah (freckle)

Dinamakan dalam behasa Inggris sebagai Freckle, berupa bintik-bintik kecil melanin di kulit atau membran kadang terdapat pada orang yang berkulit putih, atau kadang juga orang berkulit hitam dari Afrika. Freckling juga bisa ditemukan di daerah-daerah, seperti Jepang, dimana rambut merah tidak terlihat.

Konsentrasi melanin yang terdistribusi sangat banyak dapat menyebabkan bintik-bintik mengembang dan menutupi seluruh area kulit, seperti wajah.  Freckle diturunkan secara genetis dan berhubungan dengan varian gen melanocortin-1 receptor MC1R, yang bersifat dominan.

Dari varian gen MC1R Arg151Cys, Arg160Trp, dan Asp294His inilah yang paling umum dapat terjadinya subyek berbintik. Gen MC1R juga dikaitkan dengan rambut merah (lihat poin 12) yang lebih kuat daripada bintik-bintik. Sebagian besar orang berambut merah memiliki dua varian gen MC1R dan hampir semua dari mereka memilikinya. Sementara individu yang memiliki Freckle di Jepang, memiliki varian Val92Met yang juga ditemukan di Kaukasia, meskipun memiliki efek minimal pada pigmentasi mereka.

Varian gen MC1R yang terkait dengan bintik-bintik mulai muncul dalam genotipe manusia saat manusia mulai meninggalkan Afrika. Varian Val92Met muncul di suatu tempat antara 250.000 dan 100.000 tahun yang lalu, cukup lama agar gen ini dibawa oleh manusia ke Asia Tengah. Arg160Trp diperkirakan telah muncul sekitar 80.000 tahun yang lalu, sementara Arg151Cys dan Asp294His diperkirakan telah muncul sekitar 30.000 tahun yang lalu.

Selain genetik, freckle juga dapat disebabkan oleh sinar matahari. Bintik-bintik sebagian besar ditemukan di wajah, meskipun mungkin tampak pada kulit yang terpapar sinar matahari, seperti lengan atau bahu. Paparan terhadap radiasi UV-B mengaktifkan melanosit untuk meningkatkan produksi melanin, yang dapat menyebabkan bintik-bintik menjadi lebih gelap dan lebih terlihat.

Bintik-bintik ini tidak memiliki peningkatan jumlah sel penghasil melanin, atau melanosit, namun memiliki melanosit yang justru memproduksi lebih banyak granul melanin (melanosomes) yang mengubah pewarnaan sel kulit luar (keratinosit). Dengan demikian, bintik-bintik berbeda dari lentigines dan tahi lalat.

Freckle jarang ditemukan pada bayi, dan lebih umum pada anak-anak sebelum masa pubertas. Saat terpapar sinar matahari, bintik-bintik akan muncul kembali jika telah diberi krim atau laser dan tidak terlindungi dari sinar matahari, namun sudah pudar seiring bertambahnya usia dalam beberapa kasus.

Bintik-bintik ini bukanlah kelainan kulit, namun orang dengan bintik-bintik ini umumnya memiliki konsentrasi melanin pelindung-foto (photo-protective) yang lebih rendah, dan oleh karena itu lebih rentan terhadap efek radiasi UV yang berbahaya. Disarankan agar orang yang kulitnya cenderung bintik harus menghindari paparan berlebih terhadap sinar matahari dan menggunakan tabir surya.


11. Mata Biru (blue eyes)

Munculnya mata biru dan hijau, serta hazel, dihasilkan dari hamburan cahaya Tyndall pada stroma, sebuah fenomena yang serupa dengan yang menyebabkan kebiruan langit yang disebut hamburan Rayleigh. Keyakinan sebelumnya bahwa warna mata biru adalah sifat resesif sederhana yang terbukti salah.

Tidak ada pigmentasi biru baik di iris atau cairan okular atau cairan mata. Pembedahan menunjukkan bahwa epitel pigmen iris tetap berwarna kecoklatan karena adanya melanin. Tidak seperti mata coklat, mata biru memiliki konsentrasi melanin yang rendah dalam stroma iris, yang terletak di depan epitel gelap.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/4a/Light_eye_coloration_map.png/288px-Light_eye_coloration_map.png

Persentase mata berwarna terang di dan dekat Eropa menurut antropolog Robert Frost. (wikimedia)

Panjang gelombang cahaya yang lebih panjang, cenderung diserap oleh epitel yang mendasari gelap. Sementara panjang gelombang yang lebih pendek, tercermin dan mengalami hamburan Rayleigh pada medium keruh stroma.

Hasilnya adalah warna struktural “Tyndall blue” yang bervariasi dengan kondisi pencahayaan eksternal. Dengan demikian warna mata merupakan contoh warna struktural dan bervariasi tergantung pada kondisi pencahayaan, terutama untuk warna mata yang lebih terang termasuk biru dan hijau.

Pada manusia, pola pewarisan yang diikuti oleh mata biru dianggap serupa dengan sifat resesif . Pada tahun 2008, penelitian baru melacak satu mutasi genetik tunggal yang mengarah ke mata biru. Jadi awalnya, kita semua memiliki mata coklat.

Penelitian yang diterbitkan dalam Human Genetics bahwa mutasi pada intron ke-86 gen HERC2, yang dihipotesiskan untuk berinteraksi dengan promotor gen OCA2, mengurangi ekspresi OCA2 dengan pengurangan produksi melanin selanjutnya.

Orang-orang keturunan Eropa menunjukkan keragaman terbesar pada warna mata setiap populasi di seluruh dunia. Kemajuan terbaru dalam teknologi DNA, telah mengungkapkan beberapa sejarah warna mata di Eropa sejak masa lampau. Semua pemburu Mesolitik Eropa yang sejauh ini diselidiki, menunjukkan tanda genetik untuk mata berwarna biru terang. Sementara dalam kasus pemburu pemburu Eropa barat dan tengah, dikombinasikan dengan warna kulit gelap.

Mutasi pertamakali mungkin muncul di bagian barat laut kawasan Laut Hitam. Mata biru biasa terjadi di Eropa utara dan timur, terutama di sekitar Laut Baltik. Mata biru juga ditemukan di Eropa selatan, Asia Tengah, Asia Selatan, Afrika Utara dan Asia Barat.

Di Asia Barat, proporsi orang Israel yang berasal dari Ashkenazi, diantaranya memiliki kemungkinan sifatnya relatif tinggi. Dari sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1911 menemukan bahwa 53,7% orang Yahudi Ukraina memiliki mata biru.

Genetika warna mata sangat kompleks dan warna ditentukan oleh banyak gen, sehingga hampir semua kombinasi induk-anak dari warna mata bisa terjadi. Sejauh ini, sebanyak 15 gen telah dikaitkan dengan pewarisan warna mata. Beberapa gen warna mata termasuk OCA2 dan HERC2.

Tambahan selanjutnya ke kolam gen Eropa, para petani Neolitik Awal dari Anatolia dan pastorian Zaman Tembaga/Zaman Yamnaya (populasi Proto-Indo-Eropa) dari daerah utara Laut Hitam, tampaknya memiliki kasus yang jauh lebih tinggi pada mata warna gelap dan kulit yang lebih terang, dari pada populasi Eropa asli.

Menurut data dari lapangan yang dikumpulkan, terdapat orang bermata warna biru yang dominan atau banyak, pada beberapa negara terutama di Eropa, diikuti di Amerika Serikat, dan di Afrika Utara, yaitu di Finlandia 89%, Estonia 89%, Irlandia 57%, Skotlandia 50%,England 48%, Wales 45%, Belgia (populasi dewasa) 28.9%,  Perancis (populasi dewasa) 20.2%, Amerika Serikat 16.6%,  Spanyol 16.3%, Aljazair (populasi dewasa) 2.6%, Moroko (populasi dewasa) 2.1%, dan Tunisia (populasi dewasa) 1.2%.


10. Darah Emas (golden blood)

Fitur inilah yang dijadikan judul pada artikel kali ini, karena hanya dimiliki oleh 40 orang saja di seantero planet ini. Tahukah Anda, bahwa sebagian kecil manusia memiliki darah berwarna “emas” atau golden blood? Istilah “darah emas” bukan berarti darahnya benar-benar berwarna mirip sekali dengan warna emas atau mengandung emas, namun karena memiliki fitur yang unik yaitu tidak memiliki antigen (-100% antigen), pada darah merah yang biasa dimiliki semua orang.

Manusia biasa memiliki 342 antigen, dan 160 diantaranya ditemukan di dalam darah setiap manusia. Jika seseorang memiliki darah yang sangat kurang kandungan antigen, maka jenis darahnya termasuk langka seperti golden blood ini.

Jadi dapat dibayangkan, dalam kasus ini sangat kurangnya antigen dalam darah, bahkan ada yang tidak memiliki antigen sama sekali yang membuat warna darah menjadi oranye kekuningan, yang diasumsikan seperti warna emas.

Kasus ini pertamakali ditemukan pada tahun 1961, dan hingga kini, manusia yang memiliki “darah emas” hanya sebanyak 40 orang saja dengan RH nol di seluruh dunia yang pernah tercatat!

Sembilan diantaranya memiliki darah yang sangat tak ternilai harganya karena darah mereka dapat didonorkan kepada siapapun dan pada semua golongan darah apapun.

Namun berbahayanya jika memiliki darah ini adalah jika yang bersangkutan memerlukan darah, misalnya ketika di operasi atau terjadi pendarahan dalam suatu sebab, sementara yang dapat mendonorkan darah kepadanya sangat teramat langka, karena hanya ada 40 saja di seluruh dunia.


9. Otot Palmar (long palmar muscle)

Sebagian besar manusia masih memiliki otot palmar yang panjang atau long palmar muscle pada lengan bawahnya. Peneliti berpendapat bahwa otot yang juga dikenal sebagai “rascette lines” ini dimiliki nenek moyang manusia pada masa lalu, yang digunakan untuk mempermudah mereka agar lebih mudah atau agar lebih dapat mencengkram, berpegangan dan memanjat pohon dengan lebih baik.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/e7/Gray528.png

Otot pergelangan tangan (wikipedia)

Penelitian terkini diketahui bahwa terdapat 16% manusia pada masa kini sudah tidak lagi memiliki lagi otot nenek moyangnya ini.

Hal itu akan menyebabkan manusia lebih susah untuk dapat mencengkram, memegang atau berpegangan dengan lebih baik.

Untuk dapat mengetahui apakah Anda sudah tidak memiliki otot palmar panjang, buka tangan Anda dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas, lalu pertemukan jempol dan jari kelingking.

Maka akan terlihat pada lengan bawah Anda sebuah atau dua buah otot atau urat panjang kecil mirip kawat yang menonjol pada lengan.

Otot ini biasanya lebih mudah terlihat di dekat sendi antara tungkai (pergelangan) dan telapak tangan. Jika otot palmar panjang tak terlihat, maka Anda termasuk diantara 16% manusia yang sudah tidak lagi memilikinya.

Namun tak usah begitu khawatir jika tidak ada, karena otot untuk memanjat tersebut sudah kurang begitu diperlukan pada zaman modern seperti sekarang ini. Tapi untuk Anda yang memiliki hobi suka memanjang tebing atau rock climbing, lebih baik menggantikan hobi Anda ke hobi lainnya.


8. Genetik Kimera (Chimera)

Genetika Khimaira (Genetic Chimerism) atau Khimaira/Kimera (Chimera) adalah organisme tunggal yang berkembang, terdiri dari sel dengan genotip yang berbeda. Hal ini terjadi akibat pada fase pembuahan di dalam rahim dari makhluk itu, termasuk manusia, berasal dari zigot berbeda.

Kimera dapat mencakup organ wanita dan pria, sel darah dari dua jenis darah, atau variasi bentuk yang berbeda dari manusia normal.

Dalam mitologi Yunani kuno, “Chímaira” adalah makhluk legendaris yang merupakan gabungan dari tiga hewan: ular, kambing, dan singa. Ia berbadan setangah kambing dan singa, berekor ular, dan berkepala singa.

Dalam hal “gabungan” ini, chimera pada manusia (human chimera) terjadi karana ada penambahan DNA pada tubuhnya. Terkadang terlihat bagai mosaik pada bagian tubuhnya, seperti mata atau kulitnya atau heterochomia. Biasanya hal ini tak begitu terlihat pada manusia jika tidak diperhatikan secara seksama.

Khimaira tidak berbahaya bagi manusia, tapi dapat menyebabkan masalah pada keluarga karena hal ini dapat menyebabkan ibu kehilangan anaknya dalam kandungan.

Menurut penelitian dan analisis, awalnya menunjukkan bahwa mereka tidak berhubungan dengan wanita yang membutuhkan donor ginjal. Dan setelah dia dan kerabat terdekatnya memberikan sampel darah, mereka semua bingung.

Dua dari tiga anak laki-laki yang lahir darinya tidak menunjukkan adanya penyakit biologis serupa pada wanita tersebut. Hanya setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter pada kulit atau rambut wanita tersebut, baru diketahui bahwa wanita tersebut adalah Khimaira.

Khimaira terbentuk dari dua buah indung telur yang masing-masing dibuahi oleh dua sperma ayahnya. Kemudian kedua embrio yang tercipta tersebut, menyatu menjadi satu dan membentuk hanya satu individual.  Hal ini langka terjadi, karena biasanya embrio akan mati.


7. Tiada Gigi Bungsu yang tumbuh (no wisdom tooth)

Gigi bungsu atau dalam bahas Inggris disebut sebagai “Wisdom tooth” adalah gigi geraham ketiga yang muncul pada usia sekitar 18-30 tahun, namun ada yang dikabarkan tumbuh didtas usia biasanya.

Meskipun secara formal dikenal sebagai geraham ketiga, nama yang umum sebagai “gigi bungsu” karena mereka paling terlambat tunbuh, lebih lambat dari pada gigi lainnya, dan pada usia dimana orang mungkin “lebih bijak” daripada saat kecil, saat gigi lainnya sudah tumbuh sempurna.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/2a/3D_CT_impacted_wisdom_tooth.Gif/250px-3D_CT_impacted_wisdom_tooth.GifOleh karenanya ia dinamai wisdom teeth yang berarati “gigi bijak” karena tumbuh ketika manusia sudah dewasa sebagai lambang kebijakan.

Istilah dalam bahasa Inggris ini mungkin datang sebagai terjemahan dari bahasa Latin dens sapientiae.

Tumbuhnya gigi ini telah diketahui dan menyebabkan masalah gigi selama berabad-abad lamanya. Paling tidak, sejauh ini  gigi bungsu pernah dicatat oleh Aristoteles, ia menyebutkan:

“Gigi terakhir yang akan tumbuh pada pria adalah gigi geraham yang disebut ‘wisdom-teeth’ (gigi kebijakan), yang datang pada usia dua puluh tahun, dalam kedua kasus jenis kelamin. Kasus telah diketahui pada wanita berusia di atas delapan puluh tahun dimana pada saat yang sangat dekat dengan akhir kehidupan, gigi bungsu muncul, menyebabkan rasa sakit yang hebat saat pertumbuhannya; dan fenomena pada kasus ini telah diketahui serupa juga pada pria juga. Hal ini terjadi, ketika hal itu terjadi, dalam kasus orang-orang di mana wisdom-teeth belum muncul pada tahun-tahun awal.”

Gigi bungsu termasuk dalam kategori struktur vestigial, yaitu struktur yang fungsi awalnya menjadi hilang atau berkurang sejalan dengan evolusi manusia. Pada masa lampau, sejalan dengan kehidupan manusia, kehadiran gigi bungsu diperkirakan dapat membantu bila ada geraham lain yang tanggal, lepas atau rusak dan menjadi tidak berguna, maka hal ini menjadi masalah bagi kebanyakan orang.

Banyak ahli berpendapat bahwa perubahan jenis makanan pada manusia modern dari mentah menjadi dimasak membuat makanan lebih lunak dan enak. Selain itu, pemeliharaan gigi modern mengalami kemajuan yang pesat, hal ini membuat kerusakan pada gigi berkurang. Oleh karenanya, gigi bungsu justru merepotkan karena terkadang muncul dan tidak tumbuh dengan sempurna pada gusi.

Gusi yang menutupi gigi dapat menyebabkan penumpukan sisa makanan dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dan sakit pada gigi. Oleh karena itu, gigi bungsu yang merepotkan bagi manusia di era modern seperti sekarang, sebagian darinya justru akan dicabut karena sudah tidak begitu berguna.

Pada beberapa kasus, gigi bungsu dapat tumbuh secara vertikal yang menyebabkan sulitnya proses pencabutan. Namun sebagian kecil orang sudah tidak lagi mengalami pertumbuhan gigi bungsu ini. Mirip otot palmar panjang atau long palmar muscle (pada poin 9), gigi bungsu atau “Wisdom tooth” sudah tidak tumbuh lagi.


6. Garis Mata Ganda (double lash line)

Garis bulu mata ganda atau “double lash-line” atau “double eyelashes”, adalah kelainan genetik atau genetically disorder langka yang disebut disticaisis. Double lash line adalah garis kelopak mata yang terdiri dari dua lapisan atau ganda.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/37/Elizabeth_Taylor_1.JPG/190px-Elizabeth_Taylor_1.JPG

Elizabeth Taylor 1953 (wikimedia)

Salah satu orang ternama yang memiliki kelainan “double eyelashes” ini adalah  aktris Hollywood, Elizabeth Taylor.

Mata Taylor khususnya menarik perhatian, selain berwarna biru sampai ke tingkat munculnya ungu, namun juga karena dibingkai oleh bulu mata ganda berwarna gelap atau double lash-line yang disebabkan oleh mutasi genetik.

Manusia dengan fitur tidak biasa ini, sebagian diantaranya mungkin memiliki kasus hanya memiliki beberapa bulu mata tipis yang tumbuh di “kelopak mata kedua” itu (seperti foto diatas sebelah kanan).

Hal itu membuat membran bernama mucos membrane yang sangat dekat dengan mata, dapat tergesek, dan membuat iritasi pada mata secara intens.

Dalam kasus double lash line lainnya, bulu mata tetap tumbuh pada garis bulu mata pertama seperti biasa, namun membuat bulu mata terlihat jauh lebih tebal (foto kiri). Kasus terakhir ini dialami aktris Hollywood, Elizabeth Tailor.


5. Lubang kecil dekat telinga (a hole near the ear)

Ada yang aneh pada sebagian kecil orang di dekat daun telinganya. Pada beberapa orang, terdapat sebuah lubang kecil dekat daun telinga atau dalam bahasa Inggris “a hole near the ear”.

Pada beberapa orang, terdapat sebuah lubang kecil dekat daun telinga atau dalam bahasa Inggris “a hole near the ear”.

Lubang sangat kecil itu mirip bekas “tindikan” anting atau tertusuk jarum, namun berada diluar daun telinga, atau lebih tepatnya berada di atas lubang telinga diantara daun telinga dan jambang. Lubang kecil ini disebut sebagai “orikila fistula” adalah bawaan sejak lahir atau congenital.

Lubang ini diwariskan secara genetis dan memiliki kemungkinan turunan genetik dengan perbandingan yang sama, yaitu 50/50.

Selama penelitian yang terjadi di lapangan, kasus lubang kecil dekat daun telinga ini hanya terdapat 5% saja dari yang tercatat. Di Amerika Serikat, kasus ini hanya kurang dari 1% saja. Sementara di Asia dan sebagian Afrika, kasus ini lebih tinggi, yaitu sekitar 5% sampai 10%.

Hal ini oleh para peneliti dianggap sebagai bukti bahwa pada masa lalu, yang mengingatkan fakta bahwa nenek moyang semua makhluk hidup pada masa lampau pernah memiliki insang.

Lubang kecil ini dapat ditemui hanya pada satu telinga, namun ada yang didapati pula pada kedua telinga. Lubang kecil ini bisa dihilangkan dengan cara pembedahan, namun jika dibiarkan saja tidaklah berbahaya.


4. Tulang rusuk berlebih (additional ribs)

Sebagian kecil manusia memiliki tulang rusuk yang lebih atau tambahan atau additional ribs. Satu orang dari setiap 5000 orang dewasa memiliki tulang rusuk tambahan ini. Setiap orang memiliki 12 pasang tulang rusuk, atau 24 buah tulang rusuk.

Sedangkan dalam kasus ini seseorang dapat memiliki sebanyak 25 atau 26 buah tulang rusuk dalam tubuhnya. Rusuk yang berlebihan ini lebih sering ditemukan pada wanita.

Rusuk seperti itu juga disebut tulang serviks, karena berada pada daerah tulang belakang serviks (cervical spine area), atau dekat tulang selangka (collarbone). Besarnya tulang rusuk tambahan pun berbeda karena kecil dibanding dengan rusuk yang normal.

Dalam kebanyakan kasus, hal ini tidak mempengaruhi kesehatan seseorang tapi kadang-kadang keberadaan tulang rusuk tambahan ini dapat mencapai ukuran yang menyebabkan ketidaknyamanan karena dapat membuat tekanan pada saraf dan pembuluh darah yang dapat menyebabkan sakit bahu dan leher, bahkan kehilangan rasa pada anggota badan lainnya.


3. Kemampuan melihat warna yang “tak terlihat”
(ability to perceive “invisible” colors)

Fitur lainnya yang sangat jarang dimiliki manusia adalah kemampuan melihat warna yang “tak terlihat” atau ability to perceive “invisible” colors atau tetrachromacy.

Pada kasus ini lebih banyak dimiliki oleh wanita, yaitu kemampuan dapat membedakan warna yang lebih mendekati karena terlihat perbedaannya dengan lebih baik daripada kebanyakan manusia.

Misalnya jika kebanyakan orang melihat bunga berwarna kuning polos, maka pada orang tetrachromacy akan mampu melihatnya dengan lebih detail, kadang dimatanya, bunga kuning polos pada beberapa bagiannya terdapat warna yang berbeda, misalnya pada tepian kelopaknya berwarna sedikit oranye atau kehijauan.

Namun bagi orang normal, bunga kuning polos hanya berwarna kuning saja. Hal ini dapat terjadi akibat mutasi dalam kromosom X yang diturunkan kepada orang dengan fitur tetrachromacy tersebut.

Dari hasil riset, bagi orang normal, perbedaan warna yang dapat dibedakan atau di deteksi paling banyak tak lebih dari 1 juta warna. Namun bagi orang yang memiliki kemampuan tetrachromacy yang dapat melihat warna yang “tak terlihat”, dapat mendeteksi sebanyak lebih dari 99 juta warna yang berbeda!

Kebanyakan manusia memiliki warna favorit, yaitu putih. Namun bagi mereka, warna putih sangat banyak sekali. Seorang aktris asal Australia, Concetta Antico, yang merupakan seorang tetrachromacy membagi pengalamannya kepada publik bagaimana dunia dilihat olehnya.

Jika orang melihat hanya warna abu-abu saja, maka dimatanya, terdapat berbagai warna lainnya, yaitu oranye, kuning, biru dan hijau. Dimatanya, warna abu-abu bagaikan mosaik yang indah.

Fakta dari mutasi kromosom X ini hanya dimiliki oleh 12% populasi wanita yang mana mereka dapat melihat begitu kayanya warna-warna di dunia ini dengan mosaik yang luar biasa indah dan mereka sangat menikmatinya.


2. Waktu tidur yang sedikit (small need to sleep)

Waktu tidur yang sedikit atau “small need to sleep” dialami oleh sebagian kecil manusia. Orang seperti ini bisa mengembalikan kekuatan dua kali lebih cepat dari kebanyakan kita hanya dengan tidur yang singkat.

Salah satu tokoh yang memiliki kemampuan ini adalah PM Inggris pada masa lalu, Margaret Thatcher, juga tokoh lainnya yang terkenal seperti Salvador Dalli, Winston Churchill, dan Nikola Tesla.

Namun ini bukan hanya tentang resimen tidur yang baik seperti pada tokoh diatas, namun karena terjadinya mutasi kecil pada gen “Dec2” yang ditemukan pada orang yang memiliki kemampuan tidur sedikit oleh ilmuwan dari University of California.

Tak hanya memiliki kemampuan sedikit tidur, namun para ilmuwan disana juga menyimpulkan bahwa orang-orang dengan mutasi gen Dec2, juga dapat melakukan semua tugas yang sama dalam waktu yang lebih singkat dibanding semua orang.

Bisakah Anda bayangkan, hanya memiliki empat jam tidur setiap hari, Anda akan mendapatkan 60 hari waktu luang setahun. Dengan tidur pendek, mereka tidak pernah merasa lelah atau lesu seperti seakan-akan mereka tidak pernah tidur nyenyak seperti yang dilakukan orang yang biasa bangun pada jam 4 atau 5 pagi.

Sementara, orang-orang seperti ini tidurnya tidak pada jam 9 malam, tapi pada jam 12 malam atau 1 dini hari, dan tetap bangun pada jam 4-5 pagi dan tak tidur lagi hingga dini hari. Namun orang-orang ini tetep sangat bersemangat, sehat dan sangat optimis.

Dalam beberapa kasus, ada juga yang tidurnya tidak pada waktu dini hari, tapi pada jam-jam lainnya, tapi tetap hanya tidur selama 4 jam saja. Tidur mereka tak dapat dipaksa untuk lebih karena sudah mereka alami sejak kecil.

Salah satu jenis “small need to sleep” yang lebih populer adalah “Polyphasic Sleep”, yaitu tidur sedikit-sedikit, bisa hanya satu jam, 30 menit, atau bahkan kurang. Namun beberapa jam kemudian tidur lagi dengan waktu yang singkat pula.

Banyak orang mencoba cara ini, namun mereka hanya dapat bertahan dalam beberapa minggu saja, dan dengan efek samping seperti badan yang ridak fit, terlihat lesu, mata kadang mengantuk, terjadi pusing atau pening, dan efek samping lainnya.

Jadi orang-orang seperti ini bukanlah orang yang dikategorikan susah tidur atau yang dikenal sebagai insomnia, namun karena terjadinya mutasi pada gen dalam tubuhnya, yang bernama gen “Dec2”.


1. Tak bertambahnya kolesterol
(impossibility of cholesterol growth)

Fitur terakhir ini sepertinya diharapkan semua orang, namun terjadinya “kemustahilan pertumbuhan kolesterol” atau impossibility of cholesterol growth. Memang ada sekelompok kecil orang beruntung yang bisa makan apapun tanpa mengkhawatirkan naiknya kolesterol dalam tubuhnya.

Resiko mereka untuk terkena penyakit jantung berkurang sebanyak 90%, sementara pada rata-rata orang Amerika yang berusaha keras untuk mencapai hasil yang sempurna untuk memenuhi takaran seratus miligram kolesterol jahat per desiliter dalam darah mereka.

Sementara orang dengan mutasi kolestrol tak dapat bertambah ini hanya memiliki sekitar 15 miligram kolesterol per desiliter dalam darah mereka. Alasannya adalah: mereka tidak memiliki cukup banyak salinan gen “PCSK9”.

Maka, beberapa perusahaan farmasi mulai memutuskan untuk memanfaatkan hal ini. Mereka mulai menciptakan obat yang akan dapat memblokir gen PCSK9 agar dapat menurunkan kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh manusia.

Demikianlah penjabaranm singkat dari  fitur-fitur unik dan menarik dari hanya sedikit manusia, yang masih ada dan juga sudah mulai tidak terdapat lagi dalam tubuh manusia. Manusia selalu berusaha untuk beradaptasi di sepanjang perjalanan peradaban selama ribuan tahun.

Padahal mereka tidak pernah minta kepada Sang Maha Kuasa untuk dapat mengubah ini-itu dalam tubuhnya. Semoga manusia dapat berfikir dan semoga artikel ini bermanfaat. (©2018 IndoCropCircles.com)

Pustaka:


Video:

10 Body Features Only 5% of People Have


Artikel Lainnya:

12 Manusia Dengan Kebiasaan Aneh

Inilah 10 Manusia “Super Human” Di Dunia Nyata (Diantaranya Dari Indonesia)

9 Seksual Phobia Teraneh Yang Pernah Ada

11 Anak Luar Biasa Unik Dalam Sejarah

5 Pasang Kembar Yang Aneh & Berbeda

10 Fobia Teraneh di Dunia

Ditemukan 2 Jenis Golongan Darah Baru Akibat Kebocoran Nuklir Jepang

Ilmuwan Berhasil Temukan Letak Indra Keenam Pada Manusia

Kasus Super Langka! Wanita Ini Hamil Lagi Saat Sedang Hamil

Wanita Ini Tak Memiliki Vagina, Kandungan, dan Leher Rahim!

Hah?? Wanita Ini Memiliki Dua Vagina?

Ini Dia, Penampakan Wanita Yang Miliki Tiga Payudara!

Misteri “Clairvoyance”, Kemampuan Melihat Sesuatu yang Jauh

Natasha Demkina si “Gadis X-Ray”: Bisa Lihat Tembus Tubuh Manusia

Ilmuwan: Nenek Moyang Manusia Memiliki Indra Keenam!

Misteri Etnik “Basque”: DNA & Bahasanya Tiada Yang Menyamai, Siapa Leluhur Mereka?

Sejarah: Mengapa Bangsa Eropa Berkulit Putih, Bermata Biru dan Berbadan Besar

Misteri Suku Lingon: Bermata Biru di Belantara Hutan Indonesia

[Foto & Video] Warga Gempar: Akmal, Bocah 12 Tahun Asal Gowa Sulsel ini Benar-Benar Bertelur!

Epigenetika, Penyebab LGBT Yang Salah Satunya Berasal Dari Makanan

Anak Indigo vs Reptilian dan Project Camelot

Misteri Bawah Sadar: Bisa Menjadi Salah Satu Penyebab Kesulitan Mental


https://wp.me/p1jIGd-8Up

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Keanehan Manusia, Yang Paling dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Inilah 15 Fitur Tubuh Langka, Ada Yang Hanya Dimiliki 40 Orang! Anda Termasuk?

  1. Kasamago berkata:

    Saya malah punya Belah Dagu, dan adik saya punya lobang tindik disebelah telinga nya..

    Luar biasa..

  2. mnk berkata:

    dlu pas kecil punya tman yg punya lubang didekat telinga. agak geli sih dulu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.