[CoViD-19 Var.3] Tambah Geger! Varian Virus CoViD-19 Ketiga Setelah Inggris dan Afsel, Muncul Di Nigeria!

Tambah Geger! Setelah Di Inggris Dan Afrika Selatan, Varian Virus CoViD-19 Ketiga Muncul Di Nigeria!

Setelah di Inggris dan Afrika Selatan, lagi-lagi varian baru dari virus Corona CoViD-19 yang ketiga tampaknya muncul di Nigeria, Afrika. Hal itu disampaikan Kepala Pusat Pencegahan dan Pengontrol Penyakit (CDC) Afrika, John Nkengasong, Kamis (24/12/2020).

Nkengasong menegaskan perlu adanya penyelidikan lebih lanjut terkait munculnya varian baru COVID-19 di Nigeria. Peringatan tentang varian baru yang tampak didasarkan pada dua atau tiga urutan genetik, kata Nkengasong, tetapi peringatan varian dari Afrika Selatan pada akhir pekan lalu cukup untuk mendorong pertemuan darurat CDC Afrika pada minggu ini.

Varian tersebut ditemukan dalam dua sampel pasien yang dikumpulkan pada 3 Agustus dan pada 9 Oktober 2020 di negara bagian Osun, Nigeria, menurut makalah penelitian yang dilihat oleh kantor berita The Associated Press.

Tidak seperti varian yang terlihat di Inggris, “kami belum mengamati peningkatan garis keturunan yang begitu cepat di Nigeria dan tidak memiliki bukti yang menunjukkan bahwa varian P681H berkontribusi pada peningkatan penularan virus di Nigeria.

Nigeria

Namun, perbedaan relatif dalam skala genomic surveillance di Nigeria vs Inggris mungkin menyiratkan penurunan kekuatan untuk mendeteksi perubahan tersebut, ”kata surat kabar itu.

Berita itu muncul setelah Inggris dan Afrika Selatan sama-sama melaporkan varian baru virus SARS-CoV-2 yang tampaknya lebih menular dan ganas.

Di sisi lain, Inggris sebelumnya telah melaporkan adanya varian virus Corona baru yang bermutasi dan diduga 70 persen lebih menular.

Penelitian lebih mendalam tengah dilakukan untuk meneliti varian baru virus Corona di Inggris ini. (baca juga: [CoViD-19 Var.1] Varian CoViD-19 Inggris 70% Lebih Menular Dan Lebih Mematikan)

Sedangkan kasus varian kedua dari CoViD-19 lainnya ditemukan di Afrika selatan. (baca juga:[CoViD-19 Var.2] Varian CoViD Kedua “501.V2” Nan ‘Ganas’ Ditemukan di Afrika Selatan)

Asal Varian Virus Yang Berbeda Dari Inggris dan Afsel

Munculnya varian-varian virus Corona baru ini menyebabkan pembatasan perjalanan di wilayah itu. Beberapa negara bahkan melarang keluar-masuk ke Inggris maupun Afrika Selatan terkait dengan dugaan munculnya varian baru Corona, Indonesia termasuk salah satunya.

“Asal virusnya berbeda, dari virus yang ada di Inggris dan di Afrika Selatan,” kata John Nkengasong, kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika (CDC Afrika), kepada wartawan, Kamis (24/12/2020).

Nkengasong mengatakan, sebagai upaya untuk mendeteksi varian virus Corona baru di Nigeria dan Afrika Selatan, CDC Afrika akan menggelar pertemuan darurat minggu ini. Informasi mengenai varian baru COVID-19 muncul setelah melonjaknya kasus terkonfirmasi Corona di Nigeria dan Afrika.

Lonjakan Kasus Infeksi

Dalam sepekan terakhir, Nigeria melaporkan peningkatan kasus sebesar 52 persen dan Afrika Selatan meningkat 40 persen. Namun Nkengasong menjelaskan tidak ada bukti bahwa varian baru berpengaruh pada peningkatan penularan COVID-19 di Nigeria, tetapi ia memperingatkan bahwa negara tersebut melakukan pengawasan genom yang lebih sedikit daripada Inggris.

Menteri kesehatan Afrika Selatan pada Rabu malam mengumumkan “tingkat penyebaran yang mengkhawatirkan” di negara itu, dengan lebih dari 14.000 kasus baru dikonfirmasi pada hari terakhir, termasuk lebih dari 400 kematian. Hal itu merupakan peningkatan kasus terbesar dalam satu hari.

Ia pun menyampaikan bahwa CDC dan African Centre of Excellence for Genomics of Infectious Diseases di Nigeria akan mempelajari lebih banyak sampel dari virus.

“Beri kami waktu. Ini masih sangat awal,” ujarnya saat menanggapi pertanyaan tentang varian virus tersebut.

Nigeria memiliki lebih dari 950.000 infeksi dan COVID-19 yang “tak henti-hentinya”, kata Menteri Kesehatan Zwelini Mkhize. (IndoCropCircles)

Pustaka:


Video:

Another new coronavirus variant found in Nigeria, says Africa CDC

Africa CDC reports new coronavirus variant in Nigeria

Artikel Lainnya:

[CoViD-19 Var.1] Dunia Geger! Varian Baru Virus Corona Ditemukan di Inggris

[CoViD-19 Var.1] Varian CoViD-19 Inggris 70% Lebih Menular Dan Lebih Mematikan

[CoViD-19 Var.2] Varian CoViD Kedua “501.V2” Nan ‘Ganas’ Ditemukan di Afrika Selatan

[CoViD-19 Var. 4] Peringatan WHO: Varian Baru COVID-19 Jepang “B.1.1.248” Bisa Tingkatkan Persoalan

[Long CoViD] Usahakan Jangan Kena Covid-19, Inilah Efek Jangka Panjangnya!

[Vaksin CoViD-19] Jangan Beli Vaksin Corona Buatan Bill Gates!

CoViD-19 “Made in” Laboratorium Amerika Serikat

CoViD19 Mutasi! Serangan Senyap: Ribuan Positif CoViD19 Tanpa Gejala Infeksi

CoViD-19 Belum Usai, Muncul Virus H7N3 Yang Ancam Amerika

Misteri CoronaVirus CoV-2019: Mengangkat Misteri Virus “Mahkota Baru” Secara Ilmiah

Di Tengah Wabah CoViD-19: Ada Sinyal Misterius Dari Langit Dikirim Tiap 16 Hari


[CoViD-19 Var.3] Tambah Geger! Setelah Inggris dan Afsel, Varian Virus CoViD-19 Ketiga Muncul Di Nigeria!

https://wp.me/p1jIGd-aaw

Pos ini dipublikasikan di Penyakit & Kesehatan dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.