Misteri Bola Cahaya Listrik Dapat Terlihat Akibat Pengaruh Otak?

Misteri Bola Cahaya Listrik Dapat Terlihat Akibat Pengaruh Otak

Selama ratusan tahun, saksi mata melaporkan pandangan singkat mengenai benda berupa cahaya elektrik seukuran bola tenis. Namun peneliti tidak mampu memahami mengapa benda bersinar ini muncul.

Bola cahaya ini dilaporkan sering muncul selama badai dan diketahui beberapa petir kuat berturut-turut dapat menciptakan medan magnet yang besar.

A 1901 depiction of ball lightning. (amog.com)

Joseph Peer dan Alexander Kendl dari University of Innsbruck, Austria, bertanya-tanya apakah bola bercahaya ini benar-benar halusinasi yang disebabkan stimulasi magnetik terhadap korteks penglihatan pada otak ataupun retina mata?

Di eksperimen sebelumnya, beberapa peneliti telah menggunakan medan magenetis yang kuat dan berubah cepat dengan mesin medis yang disebut Transcranial Magnetic Stimulator (TMS).

Mesin magnetik ini cukup kuat untuk menginduksi arus listrik di sel otak manusia tanpa membahayakan.

Akibat dari stimulasi otak menggunakan TMS ini, maka otak dapat dimanipulasi. Karena adanya medan magnet yang diterima otak, maka otak akan membuat info yang terdistorsi atau salah kepada indera lainnya.

Misalnya, kita dapat melihat sinar, mendengar sesuatu, bahkan menggerakkan tangan, kaki atau mata secara spontan. Medan magnet di korteks penglihatan pada otak bisa menyebabkan subyek dapat melihat obyek cakram ataupun garis.

Saat fokus tersebut bergerak di dalam korteks visual, subyek melaporkan telah melihat perpindahan cahaya.

Dalam makalah mereka yang muncul di situs penelitian fisika arXiv.org, Peer dan Kendl berargumentasi bahwa “ladang magnetis” ini membuat pencahayaan yang memiliki efek yang sama saat menggunakan mesin TMS pada manusia.

Penelitian mendapatkan argumen yang meyakinkan bahwa beberapa bola bersinar yang dilaporkan, adalah dorongan dari halusiniasi, kata John Abrahamson, seorang ahli kimia dan bola bersinar di University of Canterbury, Selandia Baru, yang tidak ikut serta dalam penelitian ini.

Namun saya tidak dapat percaya bahwa sebagian besar gambar yang dilaporkan adalah bola bersinar akibat pengaruh otak, kata Abrahamson lewat emailnya. (source: physicsworld)

Masih Misterius

Petir bola adalah fenomena listrik atmosfer hipotetis yang sedikit diketahui. Istilah ini mengacu pada laporan tentang cahaya, objek biasanya berbentuk bola yang bervariasi dan diameternya berukuran beberapa meter.

Fenomena ini biasanya berhubungan dengan badai, tetapi berlangsung lebih lama dari kilat yang terbagi kedua dari petir.

Banyak laporan awal mengatakan bahwa bola akhirnya meledak, kadang-kadang dengan konsekuensi yang fatal, dan meninggalkan bau belerang.

Ada catatan bola bercahaya bebas-mengambang yang terjadi dalam total ketiadaan awan.

Hal ini terjadi umumnya di lembah Hessdalen, Norwegia. Salah satu teori baru-baru ini menunjukkan bahwa bola cahaya (Cahaya Hessdalen) yang dihasilkan oleh ionisasi udara dan debu oleh partikel alfa selama peluruhan radioaktif di atmosfer berdebu. (wiki/ icc)

UFO Light Ball REAL – Hessdalen, Norway – Most Mysterious Nature Light Phenomena in The World!!

Deactivate ur Brain’s Selected Parts, Use Transcranial Magnetic Stimulation

*****

((( IndoCropCircles.wordpress.com )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Ilmu & Teknologi dan tag , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Misteri Bola Cahaya Listrik Dapat Terlihat Akibat Pengaruh Otak?

  1. bro_ berkata:

    saya setuju dengan Abrahamson…bola cahaya itu datang bersamaan dengan petir…semasa kecil saya salah seorang tetangga saya pernah pernah kesamber bola cahaya tsb..bola cahaya tersebut katanya datang setelah petir menembus atap rumah(genteng) KEMUDIAN kena kusen pintu kamar (kusen kayu tsb hancur seperti kita membelah kayu dgn kapak), kemudian menmbus lantai rumah (lantai pc semen) meninggalkan lubang sebesar genggaman tangan…

  2. bro_ berkata:

    nyambung dikit gan, tetangga saya itu pakainnya sampai terbakar..tp tidak sampai meninggal..sampai sekarang masih hidup..ketika itu sedang hamil bahkan anaknya yg lahir diberi nama Muhamad Guntur (karena waktu hamil kesamber petir)…

  3. Rey Adreyan berkata:

    klo menurut gue!!! bola cahaya itu menyimpan energi listrik yang besar. pertemuan antara proton dan elektron di udara menyebabkan petir. bentuk dan pola petir tidak menentu. bisa saja berbentuk bola, dan sifat listrik jika terkena tanah maka akan menghilang. pada saat suatu benda terkena hantaman dari sebuah energi besar berbentuk apapun maka benda itu akan hancur. mungkin pada saat elektron dan proton bertemu energi yang dihasilkan berbentuk sebuah lingkaran. lingkaran listrik itu juga yang telah menghantam tiang warung sebelah rumah gue, dan membuat lantai semen yang keras berlubang sebesar uang loogam dan melempar seorang anak sejauh 2 meter, dan membuat sebagian tubuhnya jadi merah.

  4. R.I.P berkata:

    istri saya pernah bercerita, sewaktu dia masih sekolah SMP sering mengalami melihat bola cahaya di tengah perjalanan pulang menjelang maghrib. bola tsb melayang, diam tak bergerak, berukuran sebesar bola sepak. pada waktu itu rumahnya masih di tengah sawah, surabaya masih tidak seramai sekarang. setelah semakin banyak rumah di daerah tsb. bola cahaya tsb tidak pernah muncul lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s