HAARP? Meteor? Kilat Gempa? Warga Lihat Cahaya Hijau Di Langit Saat Gempa Di Lombok

Gempa Pulau Lombok Agustus 2018:
HAARP? Meteor? Kilat Gempa? Warga Melihat Cahaya Hijau Misterius Di Langit Saat Gempa Di Pulau Lombok

Selama bertahun-tahun dari seluruh dunia, banyak orang yang menjadi saksi cahaya misterius di langit yang muncul sebelum dan ketika gempa Bumi terjadi, itu pun jika Anda beruntung dapat melihatnya.

Warga di Pulau Lombok melihat kilauan cahaya berwarna hijau di langit utara Kota Mataram NTB (Nusa Tenggara Barat) saat terjadi gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter pada 5 Agustus 2018 silam pukul 19.46 Wita.

“Saya lihat langit di utara, keluar cahaya hijau seperti petir menyambar,” kata Mallias, warga Perumnas Mataram yang ketika gempa bumi terjadi berada di Perumahan Lingkar Asri Kota Mataram, Minggu malam.

Titik episenter gempa-gempa di Pulau Lombok sepanjang tahun 2018.

Hal serupa disampaikan warga lainnya, Slamet Prabowo yang berhasil menyelamatkan anaknya yang sedang tidur lelap di kamar lantai dua rumahnya.

Dia menyatakan melihat kilauan hijau di langit utara. “Apa mungkin itu, hijau terang bercahaya dari arah utara?” tanya Slamet retoris.

Mallias dan Slamet bersama warga lainnya di Perumahan Lingkar Asri Kota Mataram berhamburan keluar rumah ketika terjadi guncangan hebat. Bahkan, usai gempa bumi, aliran listrik dengan seketika padam.

Apakah cahaya di langit itu? Tidak dapat diperinci lebih spesifik oleh para saksi mata tentang cahaya misterius di langit saat terjadi gempa bumi pada malam itu. Apakah itu efek HAARP? Ataukah ada meteorid yang jatuh ke Bumi? Ataukah Kilat Gempa?

Misteri Bola Cahaya Sebelum Gempa Bumi

Selama ini, kemunculan cahaya berbentuk bola api di langit sebelum terjadi gempa Bumi selalu menjadi misteri besar bagi para ilmuwan. Beberapa jenis gempa bumi di daerah tertentu memang dapat memicu terjadinya kilatan cahaya yang terjadi beberapa detik. Bahkan berhari-hari, sebelum terjadinya gempa.

Bentuknya bermacam-macam. Dari bola cahaya yang melayang, kolom kebiruan yang seakan keluar dari Bumi, atau bentuk sebaliknya dari kilat, yaitu memancar dari tanah ke langit. (lanjutannya baca di sini: Terkuak, Misteri Bola Cahaya Sebelum Gempa Bumi).

UFO light balls Yukon Kanada Earthquake

Earthquake lights shine near Tagish Lake in Canada’s Yukon territory. “Bola Cahaya Gempa” bersinar dekat Danau Tagish di wilayah Yukon Kanada (Photo: Jim Conacher)

Apakah cahaya itu adalah efek HAARP?

High Frequency Active Auroral Research Program atau disingkat HAARP, merupakan suatu program penelitian gabungan yang dilakukan dan dibiayai oleh Angkatan Udara AS, Angkatan Laut AS, Universitas Alaska dan Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA). Proyek penelitian HAARP dimulai pada tahun 1993. Salah satu stasiun bumi HAARP milik Amerika ada di Alaska.

HAARP “menembakkan” gelombang radio frekuensi dari yang sangat rendah hingga yang sangat tinggi keatas atmosfir. Salah satu efeknya akan mempengaruhi ionosfir dan stratosfir menjadi hangat, menciptakan awan dan merubah iklim dunia.

Jika diubah dengan frekuensi lainnya, maka gelombang radio frekuensi  tersebut dapat terpantul oleh ionosfir dan kembali lagi ke Bumi untuk menciptakan gempa bumi, atau bahkan dapat mempengaruhi pikiran manusia. Dan masih ada beberapa kemampuan HAARP lainnya.

HAARP before big eartquake and tsunami hits Banda Aceh in Indonesia.

Dalam penelitian oleh pakar konspirasi terkenal dunia, Jesse Ventura dalam serial Conspiracy Theory denagn judul “HAARP”, timnya mencurigai bahwa HAARP yang membuat gempa bumi besar di Aceh yang selanjutnya memicu gelombang tsunami.

Hal itu disimpulkan karena tampak dalam foto stasiun HAARP di Alaska, AS, tampak dinyalakan sebelum terjadinya gempa Aceh (lihat video: HAARP Cause Earthquake and Tsunami in Indonesia).

Terlihat dalam foto yang ditunjukkan oleh tim Jesse Ventura, langit di atas stasiun HAARP tampak nyala berpendar. (lanjutan baca: Gila! HAARP Senjata Canggih, Mengatur Pikiran, Gempa dan Iklim Dunia! Termasuk Gempa dan Tsunami di Indonesia!)

Apakah cahaya itu adalah Earthquake Lights atau Cahaya Gempa Bumi?

Cahaya Gempa Bumi Koseismik, yang terjadi pada saat gempa bumi merupakan ledakan cahaya yang keluar dari tanah pada sebuah bidang tanah dengan area sebesar beberapa kilometer. Cahaya ini naik sampai ketinggian 200-300 meter menuju langit malam dalam waktu sepersekian detik saja, mirip lampu blitz pada kamera.

Sejumlah rekaman terbaik terjadi di Peru. Seorang teman di universitas setempat mendapatkan video gempa bumi berkekuatan delapan skala Richter mengguncang selatan kota Lima. Gelombang guncangan berlomba menerjang, dan ketika gelombang berikutnya datang, ada ledakan,” kata Freund. (lanjutannya baca di sini: 10 Misteri Cahaya Aneh Dari Langit)

Cahaya Gempa Bumi (Earthquake Light) Lima Peru

Cahaya Gempa Bumi (Earthquake Light) terlihat pada latarbelakang saat terjadi gempa di kota Lima, Peru

Apakah cahaya itu penampakan Meteorit?

Ratusan warga yang bermukim di utara dan selatan pesisir New South Wales hingga ke Gippsland di Victoria, Australia, juga telah melaporkan melihat seberkas cahaya yang mereka duga adalah meteor besar di langit.

Namun kilatan cahaya bergerak melintasi langit selama beberapa detik terjadi sebelum gempa di Pulau Lombok, yaitu pada Sabtu (4/8/2018) malam waktu setempat, dimana beberapa dari mereka melaporkan melihat kilatan cahaya berwarna merah, hijau dan biru.

Astronom amatir David Finlay mengatakan beberapa ratus orang di seluruh Australia melaporkan melihat meteor, dan orang-orang telah mengunggah penampakan tersebut ke media sosial. David Finlay mengatakan lebih dari 700 orang telah bergabung dengan halaman Facebook miliknya, Laporan Meteor Australia, sejak penampakan terjadi.

Cahaya hijau melesat di langit Pulau Lombok saat gempa bumi terjadi pada 5 Agustus 2018 di malam hari.

“Kami sudah mendapatkan ratusan laporan warga yang menyaksikan (penampakan) ini, dan sudah pasti meteor. Ini bukan sampah antariksa dan bukan juga pesawat jatuh dari langit, itu juga bukan UFO. Melihat kecepatan dan bagaimana benda ini berperilaku, itu adalah meteor besar – meteor yang sangat besar. Saya sangat yakin bahwa meteor ini cukup besar untuk bertahan sampai di tanah,” ujar David Finlay.

Benda itu bergerak dengan kecepatan sedang dan terbakar di bagian ekor di belakangnya. David Finlay telah mengirim beberapa rekaman meteor tersebut yang diambil dari Sydney, dan menyerukan lebih banyak orang-orang yang berada di lapangan dan menyaksikan kejadian itu dari beberapa lokasi.

David Finlay berpikir meteor itu mungkin telah mendarat di sekitar Cooma dekat pegunungan bersalju di NSW. Benda ini berwarna cerah, jadi jika anda berada di dekat lintasan benda ketika itu jatuh.. maka benda itu akan benar-benar menerangi seluruh pedesaan seperti siang hari dan meteor ‘bergerak lebih lambat dari biasanya’.

Setelah melesat, cahaya hijau juga terlihat menerangi langit Pulau Lombok saat gempa bumi terjadi pada 5 Agustus 2018 di malam hari.

Astrofisika Brad E Tucker mengatakan menilai dari kecerahan meteor, kemungkinan besar meteor itu berbentuk fragmen yang besar, panjangnya antara 30 dan 70 cm. Warna hijau kebiruan yang dilihat warga mengindikasikan zat besi dan sebagian besar meteor sebagian besar terdiri dari besi.”

Brad E Tucker, yang bekerja di Observatorium Mt Stromlo di Universitas Nasional Australia, mengatakan tidak ada satupun kamera langit di observatorium itu yang merekam meteor tersebut.

Menurutnya meteor itu bukan bagian dari hujan meteor Perseids yang aktif antara pertengahan Juli dan pertengahan Agustus, karena hujan itu sebagian besar terlihat di belahan bumi utara. (IndoCropCircles.com)

Pustaka:


VIDEO:

Cropped Dashcam footage of the meteor over Sydney tonight 

UFO Light Ball is REAL – Hessdalen, Norway – Most Mysterious Nature Light Phenomena in The World!!

[INDONESIA’S TUNGUSKA] Falling Meteorite on Bengkulu Sumatra Caught on Video


Artikel Lainnya:

Gila! HAARP Senjata Canggih, Mengatur Pikiran, Gempa dan Iklim Dunia! Termasuk Gempa dan Tsunami di Indonesia!

Misteri Bola Cahaya Aneh Sebelum Gempa Bumi

[Photo] Cahaya Misterius Malam Hari Diatas Langit Bandung

Tiga Bola Cahaya Misterius Melayang Di Atas Jakarta

“Indonesia’s Tunguska”: Ledakan Airburst Di Hutan Bengkulu Yang Misterius

Misteri Bola Cahaya Listrik Dapat Terlihat Akibat Pengaruh Otak?

Gegerkan Warga: Cahaya Vortex Hijau Diatas Groningen Belanda

10 Misteri Cahaya Aneh Dari Langit

Misteri Kilatan Cahaya Oranye Besar Di Langit Russia Yang Membuat Warga dan Saintis Terpaku!

Ditemukan Aurora Jenis Baru: Inilah Penampakan “Aurora Steve” Jenis Aurora Baru Di Langit!

Misteri “Marfa Ghost Lights”, Daerah Munculnya Bola Cahaya Terbanyak Di AS

Joplin Spook Light, Misteri Bola Cahaya Sejak 150 Tahun Lalu

Tragedi Dyatlov Pass 1959: Lihat Bola Api, 9 Hikers Tewas Misterius!


https://wp.me/p1jIGd-9kM

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Fenomena Alami dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.