Misteri Bola Cahaya Aneh Sebelum Gempa Bumi

gempa earthquake banner

Terkuak, Misteri Bola Cahaya Sebelum Gempa Bumi

cahaya gempa-earthquake light balls

Bola cahaya di Cina sebelum terjadi gempa.

Selama bertahun-tahun, banyak orang yang menjadi saksi cahaya misterius di langit yang muncul sebelum dan ketika gempa Bumi terjadi. Kini, terungkap sudah penyebab munculnya cahaya misterius tersebut.

Selama ini, kemunculan cahaya berbentuk bola api di langit sebelum terjadi gempa Bumi selalu menjadi misteri besar bagi para ilmuwan.

Kemunculannya sering salah dikira sebagai UFO, atau bahkan halusinasi. Baru-baru ini para ahli geologi mengumpulkan daftar nyaris definitif terkait fenomena langka yang masih jadi misteri dan perdebatan para ilmuwan sebagai ‘cahaya gempa’.

Jika memang secara ilmiah demikian, maka salah satu fenomena UFO Lights Ball atau “UFO Bola Bercahaya” akan terpecahkan.

Beberapa jenis gempa bumi di daerah tertentu memang dapat memicu terjadinya kilatan cahaya yang terjadi beberapa detik. Bahkan berhari-hari, sebelum terjadinya gempa.

Bentuknya bermacam-macam. Dari bola cahaya yang melayang, kolom kebiruan yang seakan keluar dari Bumi, atau bentuk sebaliknya dari kilat – dari tanah ke langit. Akhirnya, tim ilmuwan dari NASA Ames Research Center dan San Jose State University serius mencari jawabannya.

UFO light balls Yukon Kanada Earthquake

Earthquake lights shine near Tagish Lake in Canada’s Yukon territory. “Bola Cahaya Gempa” bersinar dekat Danau Tagish di wilayah Yukon Kanada (Photo: Jim Conacher)

Untuk menelusuri asal-muasal cahaya misterius itu, para ilmuwan meneliti 65 penampakannya selama 400 tahun terakhir (sejak tahun 1600). Lalu, ditemukan jawaban bahwa cahaya misterius itu berasal dari dalam kerak Bumi, melansir Science Recorder, Sabtu 4 Januari 2014.

 Para ilmuwan mengidentifikasi adanya arus listrik yang mengalir ke luar dari beberapa jalur patahan gempa Bumi. Kemudian, masing-masing listrik dari sisi patahan itu saling tarik-menarik dan menciptakan bola api di langit.

Untuk diketahui, rata-rata gempa Bumi terjadi pada zona subduksi—tempat tabrakannya lempeng samudera dan lempeng benua. Tapi, kemunculan listrik itu bukan dari zona subduksi, melainkan dari jalur patahan yang ada di lempeng benua.

“Di jalur patahan lempeng benua sangat rawan terjadi gesekan ekstrem, karena akan membentuk palung yang sangat curam. Gesekan ekstrem itu membentuk listrik yang mengalir sampai permukaan Bumi dan menciptakan kilatan cahaya setelah terionisasi di udara,” jelas Friedemann Freund peneliti dari NASA Ames Research Center.

Sebelumnya, para ilmuwan tidak yakin adanya cahaya misterius yang muncul sebelum terjadi gempa Bumi, dan belum ada laporan ilmiah yang menjelaskan tentang itu.

Tapi, pandangan itu berubah ketika pada tahun 2007 lalu sebuah kamera berhasil merekam kemunculan dua bola cahaya di langit kota L’Aquila, Itali, dan di kota Pisco, Peru, sesaat sebelum terjadi gempa.

bola cahaya light ball L'Aquila, Italy

Foto amatir cahaya misterius berbentuk bola yang muncul sebelum terjadi gempa bumi di langit kota L’Aquila, Itali.

Sesaat sebelum bumi berguncang, pejalan kaki menyaksikan cahaya terang mirip api melayang 4 inchi, di atas trotoar Francesco Crispi Avenue, di pusat kota bersejarah itu.

Selain itu, di tempat yang sama seorang marinir melihat kolom cahaya berwarna biru pucat yang menyembul empat kali berturut-turut dari air pada 15 Agustus 2007, saat gempa berkekuatan 8 skala Richter terjadi. Kamera CCTV di kota juga menangkap penampakan cahaya itu.

Sementara, pada 12 November 1988, bola cahaya ungu bercampur pink bergerak di langit di atas Sungai St. Lawrence, dekat Kota Quebec, Kanada 11 hari sebelum gempa dahsyat mengguncang.

Pada 18 April 1906, cahaya biru melayang di dasar kaki bukit sebelah barat San Francisco, sesaat sebelum lindu dahsyat terjadi. Di selatan kota, di San Jose, sebuah ruas jalannya seakan menyala dalam samar tapi indah warna pelangi.

“Mekanisme yang menyebabkan fenomena itu hanya terjadi dalam kondisi tertentu dan langka,” kata Friedemann Freund, profesor fisika dari San Jose State University sekaligus ilmuwan senior Ames Research Center NASA di Mountain View, California, seperti dikutip dari USA Today, 2 Januari 2013.

UFO light balls Japan Earthquake

Screenshot tampilan video di Youtube, tampak benda terbang tak dikenal atau UFO yang berbentuk beberapa Bola Cahaya (UFO Lights Ball) saat gempa bumi di Sendai, Jepang, yang menimbulkan gelombang tsunami pada tahun 2011. (lihat video dibawah).

Batuan seperti basal dan gabro, yang terbentuk jauh di dalam mantel Bumi, memiliki cacat kecil dalam kristalnya. Saat batuan seperti itu mendapat tekanan hebat, cacat tersebut menghasilkan muatan listrik.

“Saat gelombang seismik merambat melalui tanah dan menghantam lapisan batuan tersebut, menekan batuan dengan tekanan yang kuat dan cepat, menciptakan kondisi di mana sejumlah besar muatan listrik positif dan negatif tercipta,” kata Profesor Freund. Daya tersebut bisa bergerak bersamaan, mencapai kondisi yang disebut plasma, yang bisa ‘meledak’ ke luar dan memancar ke udara.

Komponen lain yang diperlukan untuk membentuk cahaya gempa diproduksi secara alami, adalah patahan vertikal jauh di dalam kerak bumi — yang dalamnya bisa mencapai 60 mil atau 96 kilometer, bahkan lebih. Magma yang membeku menjadi gabro atau basal naik dari patahan-patahan itu, membentuk tumpukan mirip tanggul yang tebalnya puluhan hingga ratusan meter.

“Kami berspekulasi bahwa tumpukan tersebut berperilaku seperti corong, memusatkan muatan listrik hingga menjadi plasma terionisasi yang solid,” kata Robert Theriault, ketua tim studi sekaligus geolog dari Quebec Ministry of Natural Resources, Kanada. “Saat plasma meledak ke udara, ia akan menghasilkan cahaya,” tambah dia.

Kejadian itu yang kemudian langsung menginspirasi tim ilmuwan dari NASA Ames Research Center dan San Jose State University untuk mencari tahu asal-muasal cahaya misterius tersebut. Akhirnya hasil penelitian ini diterbitkan di Jurnal Seismology Research Letters pada 2 Januari 2014 lalu. (Science Recorder / dailymail.co.uk).


Video:

UFO – SOME SPIRIT UFO LIGHTS BALL CAUGHT ON TAPE

UFO Light Ball REAL – Hessdalen, Norway – Most Mysterious Nature Light Phenomena in The World!!


Artikel Lainnya:

HAARP? Meteor? Kilat Gempa? Warga Melihat Cahaya Hijau Misterius Di Langit Saat Gempa Di Pulau Lombok

[Photo] Cahaya Misterius Malam Hari Diatas Langit Bandung

Gegerkan Warga: Cahaya Vortex Hijau Diatas Groningen Belanda

10 Misteri Cahaya Aneh Dari Langit

Misteri Kilatan Cahaya Oranye Besar Di Langit Russia Yang Membuat Warga dan Saintis Terpaku!

Ditemukan Aurora Jenis Baru: Inilah Penampakan “Aurora Steve” Jenis Aurora Baru Di Langit!

Misteri “Marfa Ghost Lights”, Daerah Munculnya Bola Cahaya Terbanyak Di AS

Joplin Spook Light, Misteri Bola Cahaya Sejak 150 Tahun Lalu


Misteri Bola Cahaya Aneh Sebelum Gempa Bumi

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Fenomena Alami. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.