Joplin Spook Light, Misteri Bola Cahaya Sejak 150 Tahun Lalu

“Joplin Hornet Spook Light”, Bola Cahaya Melayang Misterius Yang Sudah Terlihat Sejak 150 Tahun Yang Lalu

Sebuah wilayah di negara bagian Missouri, Amerika Serikat, menjadi misterius jika malam sudah tiba. Jika Anda beruntung, maka di sana Anda dapat melihat fenomena yang masih misterius dan paling terkenal di AS, dijuluki Joplin Hornet Spook Light atau Joplin Spook Light.

Terletak di jalan antar kota Joplin, yang bernama Hornet Road yang jika malam tiba sangat gelap karena belum adanya lampu penerangan ini,  Anda dapat menyaksikan bola cahaya yang masih misterius. Bola cahaya itu terkadang berada diatas tanah, dan kadang melayang diam, dan kadang pula berkedip-kedip ajaib.

Kesan cahaya atau “light” yang menakutkan bagai hantu atau “spooky” ini pun, akhirnya menjadi julukan namanya yang disematkan diantara nama jalan itu, menjadi “Hornet Spooklight Road”.

Tri-State Spook Light booklet cover, circa 1955. Scanned by Celtic Caper. Licence: fair use (cf. Wikipedia).

Menariknya. fenomena lampu atau bola cahaya di daerah ini sudah terjadi sejak 150 tahun yang lalu! Oleh karena sudah lama terjadi, mana namanya pun menjadi banyak.

Pada awalnya, fenomena di daerah ini dinamakan “Seneca Light”, kemudian “Joplin Light” lalu “Hornet Light” dan berturut-turut berubah namanya sesuai masanya, menjadi “Hornet Spook-light”, “Joplin Spook-light”, “Hornet Ghost-Light”, “Tri-State Light”, “Tri-State Spook-light”, “Neosho Spook-light”, “Joplin Ghost-Light”, “Seneca Ghost-Light”, “Neosho Light”, nah terserah Anda mau pakai penamaan yang mana.

Namun pada masa kini, julukan yang lebih ringkas untuk fenomena di kawasan ini adalah “The Spooklight” atau “Joplin Spooklight” karena dekat kota kecil bernama Joplin.

Dalam Ufology fenomena ini disebut sebagai The Lights Ball atau Ball of The Lights yang salah satunya kesimpulannya bisa terjadi akibat gas rawa yang menghasilkan Will-o’-the-wisp.

Kini, jalanan kecil yang panjang dan sepi serta masih membuat banyak orang ketakutan jika melintasinya pada malam hari yang berada di Southwest Missouri’s West 50 ini, bernama Spooklight Road.

Location of Joplin / Hornet Spook Light, Missaouri, USA

Fenomena mistik yang sudah ada sejak 150 tahun lalu

Joplin Spooklight adalah fenomena “cahaya menakutkan” (Spooklight), yang masih misterius, yang sudah diketahui keberadaannya sejak 150 tahun lampau. Lokasinya berada wilayah sebuah jalan terpencil sekitar 20 km di barat daya kota Joplin, Missouri, AS.

Karena keberadaaannya yang sudah lama inilah, penamaanya berkembang menjadi banyak, tak hanya Joplin Hornet Spook Light atau Joplin Spook Light saja, tapi ada beberapa lainnya seperti The Spooklight, Hornet Spooklight atau Hollis Light.

Di dekatnya ada tempat yang dijuluki sebagai “Devil’s Promenade”, julukan yang berarti tempat setan berjalan-jalan. The Devil’s Promenade berada di daerah tenggara Missouri dekat perbukitan Ozarks.

The Hornet Spook Light appears as a yellow-orange ball of light atop the road. The light, which contrasts with a red light on a nearby telecommunications tower.

Sudah sejak 1866 fenomena ini muncul bola cahaya sebesar bola basket atau bahkan lebih besar lagi. Seorang penduduk Miami, Oklahoma, bernama Steve Hale merasa penasaran dan sudah sering ke tempat itu beberapa kali.

Tapi ketika ia membawa alat perekam, ‘bola cahaya’ itu tak pernah muncul. Akhirnya pada bulan Juli 1998 silam, ia berhasil melihatnya dan mendokumentasikannya.

Bola cahaya misterius ini seperti hidup karena dapat “berperilaku” bermacam-macam. Kelihatannya seperti lentera besar, tapi tidak ada yang membawanya.

Ia terkadang menggelinding cepat di tengah jalan berkerikil, lalu naik, melompat-lompat, naik-turun, melesat ke kanan-kiri, kadang menjadi lebih dari satu, atau terkadang hanya melayang diam dan berkedip-kedip.

Gilanya, cahaya itu pernah dilaporkan muncul dalam kabin beberapa kendaraan, lalu kemudian menghilang. Atau terkadang terlihat ditengah jalan, tetapi menjauh kalau dikejar. Namun tidak seorang pun pernah dicederainya.

Cuma saja orang menjadi takut untuk lewat di jalan itu ketika malam sudah mulai tiba, sebab “si bulat terang yang menakutkan,” bisa muncul dengan tiba-tiba.

Alhasil, berita ini tersebar secepat angin, berbagai dongeng pun timbul terhadap bola cahaya miterius itu sejak dulu kala. Nyaris semua cerita menyangkut hal mistis dan supernatural.

Joplin Spooklight.

Susah untuk diteliti dan masih misterius

Sejak diketahui tahun 1866, sudah lama cahaya itu ingin dilihat dari jarak dekat untuk diteliti. Namun ketika muncul, dikejar, dipotret, dan bahkan ditembak pun, hasilnya nihil karena tidak dapat didekati. Satu-satunya kemungkinan adalah, bola cahaya itu sendiri yang akan mau mendekati kita, bahkan hingga masuk ke dalam kendaaraan.

Apakah bola cahaya itu terbakar atau berpendar akibat gas rawa? Tampaknya bukan, sebab angin kencang pun tidak mengganggunya.  Atau, apakah bola cahaya itu adalah mineral yang bercahaya dari tambang-tambang yang ada di daerah itu?

Joplin / Hornet Spook Light Museum.

Patut disangsikan juga, karena munculnya tidak selalu di tempat yang sama.

Atau, apakah bola cahaya itu terjadi karena adanya induksi magnet yang terbentuk akibat pergerakan tanah karena pernah terjadi gempa? Hmm, bisa jadi.

Pada tahun 1811 – 1812 empat gempa bumi memang pernah memorak-porandakan kawasan ini.

Namun keberadaan Spookylight ini baru dilaporkan setelah jumlah penduduknya berkembang, sekitar zaman Perang Saudara di AS. Beberapa orang dan peneliti ada yang yakin kalau cahaya itu adalah pantulan lampu mobil yang lewat di jalan tol antar kota, yang terletak sekitar 8 km sebelah timur Devil’s Promenade.

Namun, bola cahaya itu sudah muncul dan dilaporkan sejak tahun 1866 silam, lebih dari 150 lalu! Mana ada jalan bebas hambatan dan mobil lalu-lalang di waktu itu? Jelas tidak ada.

Joplin Town near Hornet Spook Light Area (yellow circle)

Penelitian Spooklight di Amerika Serikat

Fenomena “Spooklight” atau “Ghost lights” di Joplin Spook Light, Hornet, Missouri ini, bukan satu-satunya tempat dimana sering munculnya bola bercahaya di AS. Masih ada beberapa tempat lainnnya di Amerika yang juga terkenal, seperti:

Dan beberapa tempat terkenal lainnya yang ada di luar Amerika Serikat:

  • Hessdalen Lights, Norwegia.
  • Peakland Spooklights, Peak District National Park, Derbyshire, Inggris.

Maco Lights,

Pemilik bar dan hotel setempat kadang memang sering memanfaatkannya untuk menarik turis, apalagi di Marfa Lights yang merupakan tempat terbanyak munculnya fernomena “bola cahaya” di AS. (baca juga: Marfa Lights, Daerah Munculnya Bola Cahaya Misterius Terbanyak Di AS)

Selain tempat-tempat tersebut diatas, ada pula penampakan bola cahaya yang lokasinya “agak unik”, yaitu di Wet Mountain Valley, Colorado.

Dikatakan cahaya ajaib juga muncul hampir setiap malam sejak lebih dari 100 tahun yang lalu. Dan mantapnya, tempat itu adanya di… kuburan!

Wartawan New York Times khusus datang ke pemakaman Silver Cliff pada 1967 untuk menyaksikannya dengan mata kepala sendiri. Dua tahun kemudian giliran Edward J. Linehan, asisten editor National Geographic ke sana, ditemani penduduk Westcliffe bernama Bill Kleine.

Mereka tiba di pemakaman saat hari sudah gelap. Linehan melihat “bercak-bercak cahaya suram berwarna biru keputihan” di atas setiap makam. Ketika ia mendekat, cahaya itu lenyap lalu perlahan-lahan muncul lagi.

Ia menyorotkan lampu senternya. Yang kelihatan cuma batu nisan. Lima belas menit lamanya mereka main kucing-kucingan dengan cahaya itu diantara makam-makam.

Joplin / Hornet Spook Light Area, Missouri, USA

  • Bukan akibat bijih beradioaktif

Linehan mengumpulkan teori-teori, tetapi satu demi satu gugur. Ada yang mengira cahaya itu dikeluarkan oleh bijih beradioaktif. Tetapi ketika diuji dengan geiger counter, ternyata di seluruh kawasan itu tidak ditemukan radioaktif.

  • Bukan akibat gas metana

Dugaan bahwa ada penipu yang memberi cat pada nisan-nisan juga tidak terbukti. Tidak mungkin pula cahaya itu dikeluarkan oleh gas metana dari jenazah yang membusuk sebab sejak pergantian abad  ini tidak ada lagi jenazah dikuburkan di sana.

  • Bukan akibat efek lampu

Ada yang menyatakan bahwa cahaya itu timbul sebagai “efek khusus” cahaya lampu sorot merkuri pada sisi bukit. Kenyataannya, cahaya itu ada sebelum instalasi lampu dipasang dan tetap ada saat beberapa kali aliran listrik mati.

Fenomena "will-o'-the-wisp".

Fenomena “will-o’-the-wisp” yang terlihat di daerah padang berumput.

Cahaya yang melayang ini mirip “Cetusan Api” yang berbentuk bola cahaya, kadang berkedip atau konstan, biasanya berwarna biru pucat (pale blue) dan berada dekat dengan tanah, disebut Will-o’-the-wisp merupakan cahaya remang-remang yang keberadaannya juga sudah dilaporkan sejak berabad-abad lalu.

Fenomena Will-o’-the-wisp ini lebih sering terjadi di daerah rawa-rawa yang berada jauh dari keramaian manusia. Cahaya ini biasanya menghilang setelah beberapa menit.

Sudah banyak peristiwa ajaib bisa dijelaskan secara ilmiah. Namun, bola cahaya sampai sekarang masih merupakan fenomena yang belum bisa diterangkan secara rasional, walaupun sudah dilaporkan lebih dari 1.000 tahun yang lalu!

Kala itu, ketika St. Gregorius (538 M – 593 M) dari Tours menyaksikan dengan rasa kaget dan terheran-heran, ketika sebuah bola api yang cemerlang dan menyilaukan muncul diatas iring-iringan orang, termasuk sejumlah pembesar yang akan meresmikan sebuah tempat ibadat. Sejak saat itulah fenomena misterius “bola cahaya” mulai diperbincangkan, bahkan hingga saat ini. (©IndoCropCircles.com).

Pustaka:


Video:

Joplin Hornet Spook Light:

The Joplin Hornet Spook Light – Best Video Footage: 


Artikel Lainnya:

Misteri “Marfa Ghost Lights”, Daerah Munculnya Bola Cahaya Terbanyak Di AS

[UFO Jakarta 2017] Tiga Bola Cahaya Misterius Melayang Diatas Jakarta

[Photo] Cahaya Misterius Malam Hari Diatas Langit Bandung

[USO Indonesia] Misteri Penampakan Cahaya Dalam Laut di Wediombo Gunungkidul

Heboh: Wow! Misteri Kilatan Cahaya Oranye Besar Dilangit Russia Membuat Warga dan Saintis Terpaku!

Misteri Bola Cahaya Aneh Sebelum Gempa Bumi

Misteri Bola Cahaya Listrik Dapat Terlihat Akibat Pengaruh Otak?

Wow! Cahaya Misterius Terdeteksi di Pusat Galaksi Bimasakti

10 Misteri Cahaya Aneh Dari Langit

Stephen Hawking: Dengan Kecepatan Cahaya, Hanya Bisa Menjelajah Masa Depan Saja


https://wp.me/p1jIGd-8qW

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Fenomena Alami, Misteri UFO Dunia dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Joplin Spook Light, Misteri Bola Cahaya Sejak 150 Tahun Lalu

  1. Jamael Saragih berkata:

    dikampong saya juga ada seperti itu. Antara siantar dengan Danau Toba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.