Misteri “Marfa Ghost Lights”, Daerah Munculnya Bola Cahaya Terbanyak Di AS

Misteri “Marfa Ghost Lights” Yang Melegenda:
Marfa, Wilayah Tempat Munculnya Bola-Bola Cahaya Terbang Misterius Dan Terbanyak Di Amerika Serikat

Marfa adalah nama sebuah kota kecil yang berada di sebelah barat dari negara bagian Texas di Amerika Serikat dekat perbatasan Mexico. Daerah ini sangat terkenal akan fenomena misterius, yaitu munculnya benda-benda terbang berupa bola-bola cahaya yang tak dikenal.

Namun yang paling menakjubkan adalah, dari benyak tempat atau titik lokasi terlihatnya fenomena bola-bola terbang ini di Amerika Serikat, di Marfa inilah telah tercatat sebagai tempat penampakan bola cahaya melayang yang paling banyak di seluruh Amerika Serikat.

Fenomena kemunculan objek-objek terbang tak dikenal atau UFO (Unidentified Flying Object) yang berupa bola cahaya, atau dalam Ufology dikategorikan sebagai lights ball atau ball of lightings, ditempat ini kemudian disebut sesuai dengan nama daerahnya sebagai Marfa Lights (Cahaya Marfa).

Sign of Marfa’s Mystery Lights Viewing Area.

Sejak pertamakali dilaporkan pada tahun 1883, Marfa Lights disebut dalam banyak nama selama bertahun-tahun.

Selain penamaan Marfa Lights ada pula yang menamakannya “Marfa weird lights” atau “Marfa mystery lights” atau “Chinati lights” atau “The Marfa Lights of West Texas”, bahkan ada penamaan yang lebih seram, yaitu “Marfa ghost lights” atau lampu hantu Marfa.

Fenomena misterius ini dapat diamati di Marfa Lights Viewing Center (MLVC) yaitu sebuah pondok untuk melihat fenomena itu. Pondok itu berada di sebelah timur Marfa, yaitu berada di jalan Highway 90 yang berjarak sekitar 15 kilometer dari Marfa. Padahal menurut laporan, sebagian besar penampakan justru berada di selatan Marfa, antara Marfa dan Presidio.

Lokasi Marfa Light yang paling banyak terlihat berada di selatan kota Marfa (wilayah berwarna coklat). Sementara Marfa Lights Viewing Center (MLVC) justru berada di sebelah timur Marfa.

Daerah ini mendapatkan ketenaran namanya yaitu “hantu sinar Marfa” dari para pengunjung yang telah menganggapnya sebagai fenomena paranormal seperti hantu, UFO, will-o’-the-wisp, atau lainnya. (baca juga: 10 Misteri Cahaya Aneh Dari Langit Yang Anda Musti Tahu).

Mystery of Marfa Lights Revealed, by Robert and Judy Wagers.

Sebagian berpendapat bahwa cahaya yang paling sering tampak dan terlihat agak jauh sebagai “lampu melayang” ini adalah berasal dari lampu peternakan dan lampu depan mobil di jalan raya Highway-67 ke arah selatan, antara Marfa dan Presidio, terutama oleh gerakan mobil mereka ketika melewati jalan yang berbelok.

Pembuat buku “Mystery of Marfa Lights Revealed” Robert dan Judy Wagers menyatakan bahwa “Classic Marfa Lights” tersebut juga terlihat di bagian selatan dan juga di barat daya dari Tempat Melihat Cahaya Marfa atau Marfa Lights Viewing Center (MLVC).

Mereka telah meneliti dan menentukan bahwa pada sisi kiri di area penampakan adalah sejajar dengan menara perusahaan telepon Big Bend (Big Bend Telephone Company) seperti yang dilihat dari MLVC.

Sementara pada sisi kanan didefinisikan sebagai lampu-lampu di Chinati Peak, seperti yang dilihat dari MLVC. Mengacu pada Marfa Lights View Park (MLVC) yang berada di sebelah timur Marfa, seorang pembuat buku “Hunting Marfa Lights“, James Bunnell menyatakan dalam bukunya:

Hunting Marfa Lights, by James Bunnell

“Anda mungkin hanya melihat bola cahaya misterius yang tiba-tiba muncul diatas padang pasir.

Bola cahaya ini mungkin tetap tidak bergerak saat mereka berkedip dengan intensitas yang bervariasi, dari redup sampai terang.

Kemudian lagi, ‘cahaya hantu’ ini bisa melesat atau bergerak melintasi padang pasir… atau melakukan perpecahan dan penggabungan.

Warnanya terang, biasanya berwarna kuning oranye namun kadang berbeda, termasuk hijau, biru dan merah juga terlihat.

Marfa Mystery Lights (MLs) biasanya terbang diatas vegetasi gurun atau terbang lebih rendah dengan berlatar belakang tebing.”

Marfa Lights yang melayang (kiri) tampak bersinar terang dalam kejauhan.

Sejarah Marfa Lights

Pada pondok Marfa Lights View Park (MLVC) dimana fenomena Marfa Lights bisa dilihat, terdapat sebuah prasasti yang bertuliskan sepotong sejarah tentang asal mula penampakan cahaya lampu yang misterius ini, dilihat untuk pertama kali:

The Marfa Mystery Lights are visible on many clear nights between Marfa and Paisano Pass as one looks towards the Chinati Mountains. The lights may appear in various colors as they move about, split apart, melt together, disappear and reappear.

Robert Reed Ellison, a young cowboy, reported sighting the lights in 1883. He spotted them while tending a herd of cattle and wondered if they were Apache Indian campfires. 

Apache Indians believed these eerie lights to be stars falling to the earth. 

Many viewers have theories ranging from science to science fiction as they describe their ideas of aliens in UFO’s, ranch house lights, St. Elmo’s fire or headlights from vehicles on US 67, the Presidio highway. Some believe the lights are an electrostatic discharge, swamp gases, and moonlight shining on veins of mica, of ghosts of Conquistadors searching for gold.

An explanation as to why the lights cannot be located is an unusual phenomenon similar to a miracle, where atmospheric conditions produced by the interaction of warm and cold layers of air bend lightso that it can be seen from afar, but not up close. 

The mystery of these lights still remains unsolved.” 

Sepotong sejarah tentang asal mula Marfa Lights pertamakali dilihat tampak tertulis pada prasasti di Marfa Lights View Park (MLVC).

Atau dalam terjemahan bahasa Indonesia, berbunyi:

“Misteri Cahaya Lampu Marfa dapat terlihat di hampir setiap malam yang cerah antara jalur Marfa dan Paisano saat seseorang melihat ke arah Pegunungan Chinati. Cahaya dapat muncul dalam berbagai warna ketika mereka bergerak, berpisah, bersatu, hilang dan kemudian muncul kembali.

Robert Reed Ellison, seorang koboi muda, melaporkan penampakan cahaya lampu ini pada tahun 1883. Dia melihat cahaya ini ketika merawat sekawanan ternak dan bertanya-tanya apakah cahaya itu adalah api unggun Indian Apache.

Orang Indian Apache percaya bahwa cahaya yang mengerikan ini adalah bintang yang jatuh ke bumi.

Banyak pengamat mempunyai teori mulai dari ilmu pengetahuan hingga fiksi ilmiah yang mereka gambarkan dalam ide mereka sebagai alien pada UFO, sinar St. Elmo atau lampu depan kendaraan di US-67, yaitu jalan raya Presidio. Beberapa percaya bahwa cahaya lampu itu adalah pelepasan muatan elektrostatik, gas rawa, dan sinar bulan yang bersinar pada pembuluh mika, dari hantu Conquistador yang sedang mencari emas.

Sebuah penjelasan mengapa cahaya lampu ini tidak dapat ditemukan lokasinya adalah akibat fenomena tidak biasa yang serupa dengan keajaiban, dimana ketika kondisi atmosfir menghasilkan interaksi lapisan hangat dan dingin pada udara dibiaskan memantul sehingga bisa dilihat dari kejauhan, tapi tidak dalam jarak yang dekat.

Misteri cahaya lampu ini masih belum terpecahkan.”

“Marfa Ghost Lights” atau “Hantu Cahaya Marfa”.

Laporan pertama tentang misteriusnya lampu cahaya yang melayang atau terbang nan aneh ini, muncul di majalah Coronet edisi Juli 1957 yang kemudian menjadi terkenal.

Pada tahun 1976, kisah Elton Miles dari Big Bend mencakup cerita tentang bola cahaya ini yang sudah pernah diceritakan sejak dari abad ke-19 berikut juga dengan sebuah foto Cahaya Marfa yang berhasil diambil pertamakali oleh seorang peternak setempat.

Marfa Lights Viewing Center (MLVC).

Anekdot paling awal yang biasa dikutip untuk pengamatan Cahaya Marfa adalah foto koboi Robert Reed Ellison pada bulan Maret 1883, saat dia menggembalakan ternak melalui jalur selatan Paisano Pass melintasi dataran Marfa. 

Cahaya berikutnya dilaporkan pada tahun 1885 oleh Joe dan Anne Humphreys. Kedua cerita tersebut muncul dalam buku Cecilia Thompson History of Marfa dan Presidio County, Texas 1535-1946. (Wagers, Robert (2012). Mysteries of the Marfa Lights Revealed. R&J Books Unique. pp. 75–79).

Bunnell mencantumkan ada 34 penampakan Cahaya Marfa dari tahun 1945 sampai 2008. Stasiun pemantau dipasang mulai tahun 2003. Dia telah mengidentifikasi “rata-rata ada 9,5 penampakan Marfa Light’s pada 5.25 malam per tahun”.

Namun menurut perkiraan stasiun pemantau hanya menemukan setengah dari penampakan Marfa Light’s di Mitchell Flat. (Bunnell, James (2009). Hunting Marfa Lights. Lacey Publishing Company. pp. 14–15).

Pondok Tempat Melihat Cahaya Marfa atau Marfa Lights Viewing Center (MLVC).

Beberapa Penjelasan

Dari beberapa teori untuk dapat menjelaskan hal yang masih misterius ini, terdapat beberapa penjelasan, diantaranya:

  • Fenomena Atmosfir (Atmospheric phenomena)

Penulis skeptis Brian Dunning menulis bahwa “taman tempat melihat” (View Park) untuk cahaya ini berada pada sebuah taman pinggir jalan di sisi selatan Rute 90 di AS, sekitar 9 mil (14 km) sebelah timur Marfa, terletak di lokasi Marfa Army Airfield, dimana puluhan ribuan personil ditempatkan antara tahun 1942 dan 1947, melatih pilot Amerika dan Sekutu.

Hamparan luas ini kemudian digunakan selama bertahun-tahun sebagai bandara regional yang melayani penerbangan harian. Antara AAF Marfa dan bidang-bidang disekelilingnya, yang masing-masing terus dipatroli oleh penjaga, namun mereka tidak perduli dengan fenomena yang tak biasa ini dan menganggapnya biasa saja.

Maka menurut Dunning, penjelasan yang dominan adalah bahwa cahaya-cahaya ini adalah sejenis fatamorgana yang disebabkan oleh perbedaan suhu yang tajam antara lapisan udara dingin dan hangat.

Marfa terletak pada ketinggian 1.429 meter diatas permukaan laut, dan perbedaan suhu antara 22-28 °C, dimana antara suhu tinggi dan rendah sangat umum terjadi fatamorgana akibat fenomena atmosfir.

Ketika matahari mulai tenggelam, tampak para pengunjung dan turis sedang melihat fenomena Cahaya Marfa atau Marfa Lights di pondok Marfa Lights Viewing Center (MLVC).

  • Lampu mobil (Car lights)

Pada bulan Mei 2004 silam, sebuah kelompok dari Society of Physics Students di University of Texas di Dallas menghabiskan empat hari untuk menyelidiki dan merekam bola-bola cahaya melayang ini, yang diamati dari sebelah barat daya Marfa Lights View Park (MLVC) dengan menggunakan peralatan pemantauan volume lalu lintas (traffic volume-monitoring), kamera video, teropong, dan mobil untuk pengejaran. Laporan mereka membuat kesimpulan berikut:

  • Jalan besar US Highway 67 terlihat dari lokasi MLVC Lampu Marfa / Marfa Lights.
  • Banyaknya frekuensi cahaya di barat daya lokasi MLVC berkorelasi dengan frekuensi lalu lintas kendaraan di jalan besar US Highway 67.
  • Gerak lampu yang diamati berada dalam garis lurus, sesuai dengan kendaraan di US Highway 67.
  • Ketika kelompok itu memarkir kendaraan di US Highway 67 dan menyalakan lampu depannya, lampu itu terlihat di lokasi MLVC dan tampak seperti Lampu Marfa / Marfa Lights.
  • Sebuah mobil yang melintasi kendaraan yang sedang diparkir sebagai uji coba itu, lampunya ikut muncul melintasi, saat satu Cahaya Marfa dari mobil yang diparkir terlihat dari lokasi MLVC.

Maka, mereka sampai pada kesimpulan bahwa semua lampu yang diamati selama empat malam di barat daya lokasi MLVC, dapat pastikan berhubungan dengan lampu mobil yang melaju di sepanjang jalan besar US Highway 67 antara Marfa dan Presidio, Texas.

Tampak sebuah Marfa Ghost Lights yang berkedip dan diam dari lokasi MLVC, sementara sebuah bola cahaya lainnya melintas, yang kemudian dihubungkan berasal dari lampu depan mobil yang sedang melaju di jalan besar Highway 67.

Analisis spektroskopi

Selama 20 malam di bulan Mei 2008 silam, para ilmuwan dari Texas State University juga menggunakan peralatan spektroskopi untuk mengamati lampu dari lokasi MLVC.

Mereka mencatat adanya sejumlah lampu yang tak berkaitan dengan lampu mobil yang “bisa saja salah untuk lampu yang tidak diketahui asalnya” itu, namun dalam setiap kasus, pergerakan lampu dan data dari peralatan mereka dapat dengan mudah menjelaskan bahwa “cahaya-cahaya melayang yang misterius” itu, juga sebagai lampu depan mobil atau yang berasal dari nyala api kecil.

Walau tidak semua, namun dari penelitian ilmiah menunjukkan bahwa sebagian besar fenomena “penampakan bola-bola cahaya” itu terjadi akibat adanya refleksi atmosfer terhadap lampu depan mobil atau api unggun.

Itu artinya bahwa masih ada sebagian kecil dari bola-bola cahaya yang melayang secara misterius lainnya, memang belum diketahui darimana asalnya.

Kemudian juga dari laporan pada masa lalu yang terdapat pada prasasti disana, dimana Cahaya Marfa terlihat oleh koboi bernama Robert Reed Ellison di bulan Maret 1883, saat dia menggembalakan ternak melalui jalur selatan Paisano Pass melintasi dataran Marfa.

Apakah pada masa lalu sudah ada yang membakar api di tengah gurun yang sunyi dan sepi tersebut? Mungkin saja benar ada Suku Indian, namun berikut terdapat mobil-mobil yang bergerak dengan lampu depannya yang kemudian “membentuk” Cahaya Marfa… di tahun 1883?

Fenomena itu terjadi akibat refleksi atmosfer terhadap lampu depan mobil atau api unggun.

Penelitian terakhir

Kisah misteri cahaya hantu Marfa ini sudah ada sejak akhir abad ke-19. Tanpa ada penjelasan ilmiah, sejumlah pihak menduga bahwa cahaya itu adalah kendaraan yang berjalan di kejauhan. Ahli fisika dari Universitas Texas pun mengatakan bahwa mereka sudah menemukan bukti yang kuat untuk mendukung argumen tersebut.

Jadi, apakah misteri “cahaya hantu” Marfa sudah terjawab? Bagaimana dengan cahaya yang bisa berubah warna, arah, hilang dan muncul kembali, atau seperti meredup? Adakah lampu kendaraan yang seperti itu?

James Bunnell, yang juga pensiunan insinyur kedirgantaraan akhirnya menyatakan bahwa cahaya hantu Marfa bukanlah lampu mobil. Setelah melakukan penelitian selama delapan tahun lamanya, Bunnell menemukan jawaban atas misteri cahaya hantu Marfa.

Cahaya tersebut ternyata adalah gelembung plasma hidrogen yang diproduksi jauh di dalam tanah. Gelembung yang tercipta karena anomali elektromagnetis atau magma panas ini kemudian naik ke daratan, bereaksi denagn oksigen, dan menimbulkan cahaya. Itulah yang menyebabkan munculnya cahaya hantu Marfa pada setiap malam. (©IndoCropCircles.com / berbagai sumber)

Pustaka:


Marfa Lights dan cahaya-cahaya lainnya (courtesy: jasonrweingart.com)

Marfa Ghost Lights


VIDEO:

Marfa Lights 5/18/13

The Marfa Ghost Lights Phenomenon:


Artikel Lainnya:

10 Misteri Cahaya Aneh Dari Langit Yang Anda Musti Tahu

Heboh: Misteri Kilatan Cahaya Oranye Besar Dilangit Russia Membuat Warga dan Saintis Terpaku!

Gegerkan Warga: Cahaya Vortex Hijau Diatas Groningen Belanda

[Photo] Cahaya Misterius Malam Hari Diatas Langit Bandung

[UFO Jakarta 2017] Tiga Bola Cahaya Misterius Melayang Diatas Jakarta

[USO Indonesia] Misteri Penampakan Cahaya Dalam Laut di Wediombo Gunungkidul

Misteri Bola Cahaya Aneh Sebelum Gempa Bumi

Misteri Bola Cahaya Listrik Dapat Terlihat Akibat Pengaruh Otak?

Stephen Hawking: Dengan Kecepatan Cahaya, Hanya Bisa Menjelajah Masa Depan Saja


http://wp.me/p1jIGd-8qo

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Fenomena Alami, Misteri UFO Dunia dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.