[Photo] Cahaya Misterius Malam Hari Diatas Langit Bandung

fenomena alami natural phenomenon

[Photo] Cahaya Misterius Malam Hari Diatas Langit Sebelah Timur Kota Bandung

Cahaya Misterius Diatas Bandung  banner

Fenomena alami yang menggemparkan telah terjadi dan terlihat diatas wilayah Bandung dan sekitarnya pada hari Rabu malam, 7 Januari 2015 lalu. Cahaya yang terlihat berwarna jingga itu merekah diatas langit sebelah timur Bandung yang terjadi sekitar pukul 19:00 hingga pukul 21:30 malam.

Kejadian alam itu disaksikan ribuan orang karena tak dari kota Bandung dan sekitarnya saja cahaya dilangit itu terlihat namun juga terlihat di beberapa daerah sekitarnya, misalnya seperti daerah wilayah Sumedang dan wilayah Subang. Fenomena tak biasa itu memperlihatkan cahaya terang yang kadang disusul oleh kilatan-kilatan cahaya mirip petir, namun tak terdengar dentuuman guntur dari hasil pijaran kilatannya.

Kejadian yang sama pernah terjadi dua tahun lalu di bulan yang sama

Sebelumnya, pada hari Sabtu malam 11 Januari 2013 atau hampir genap dua tahun lalu, warga kota Bandung, Garut dan Sumedang juga pernah dikejutkan kehadiran kilat yang sama selama dua jam dari arah timur. Kilat yang menyambar-nyambar ke berbagai arah itu mulai berlangsung pada Sabtu (11/1/2013) pukul 18.00 sampai 20.15 WIB, dan menarik perhatian ribuan warga.

Seorang pengawas pos vulkanologi di Gunung Papandayan, membantah sumber kilat tanpa guntur berasal dari gunung yang baru saja meletus. Kilat itu datang dari arah timur Sumedang dan Majalengka. Beberapa sumber di kawasan tersebut, menyebut tidak ada satupun gunung yang sedang aktif termasuk Gunung Ciremai dan Gunung Tampomas.

Perlu diketahui di siang pada hari yang sama Sabtu (11/1) pukul 10.30 WIB hingga siang, telah terjadi gempa ringan di Bandung. Tidak diketahui, apakah gempa di siang itu itu berkaitan dengan kilat misterius pada malamnya ini. Para pengamat cuaca menjelaskan fenomena alam tersebut disebabkan bertemunya kandungan negatif dan positif dalam awan cumulonimbus di atas kawasan Bandung. Dan ini ekses musim penghujan. Peristiwa kilat sambung menyambung ini, bukanlah hal aneh untuk cuaca di musim hujan. Namun, karena pertama kali dilihat masyarakat awam, jadi hal yang aneh.

Kemungkinan adanya fenomena cahaya dilangit pada saat gelap atau malam hari

Ada beberapa kemungkinan terlihatnya cahaya berikut kilatan cahaya atau petir yang terjadi dilangit pada malam hari, diantaranya:

1. Upper-atmospheric lightning (Ionspheric Lightning)

https://i0.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/c4/Upperatmoslight1.jpg

gambar grafis fenomena upper-atmospheric lightning dan fenomena electrical-discharge. (wikipedia)

Upper-atmospheric lightning atau Petir Ionspheric (petir atmosfer bagian atas) adalah istilah yang digunakan oleh para peneliti untuk merujuk kepada keluarga fenomena yang terlihat seperti kilatan petir yang menghujam seketika (short-lived electrical-breakdown phenomena).

Fenomena itu terjadi jauh di atas ketinggian biasanya jika dibandingkan dengan awan petir dan badai yang normal.

Petir yang terjadi pada atmosfer bagian atas ini diyakini sebagai elektrik yang terinduksi berbentuk plasma dan bercahaya.

Penggunaan istilah yang lebih disukai oleh para ilmuwan adalah TLE atau “Transient Luminous Event” atau peristiwa kilatan bercahaya yang terjadi pada ketinggian diatas atmosfir dan terjadi secara sekejap, karena berbagai jenis fenomena “pelepasan listrik” pada bagian atas atmosfer terjadi akibat kekurangan beberapa karakteristik dari jenis petir troposfer (tropospheric lightning.)

2. Sprite

Sprite adalah fenomena alam bermuatan listrik berskala besar yang terjadi tinggi diatas awan badai atau cumulonimbus, sehingga menimbulkan berbagai variasi bentuk visual yang terlihat bagai cahaya yang berkedip-kedip diatas langit malam.

Mereka dipicu oleh pembuangan petir bermuatan ion positif yang biasa terjadi antara awan hujan dan tanah, namun ini terjadi antara awan dan awan yang bermuatan ion berbeda. Sprite muncul sebagai cahaya berkedip berwarna oranye kemerahan. Mereka sering terjadi dalam kelompok dalam rentang ketinggian 50-90 km (31-56 mil) di atas permukaan Bumi.

Sprite_seen_from_space

Sprite terlihat dari luar angkasa. (wikipedia)

Laporan visual sprite yang sporadis berawal pada tahun  1886, tetapi pertama kali fenomena alam ini berhasil difoto pada tanggal 6 Juli 1989 oleh ilmuwan dari University of Minnesota dan pada masa ini fenomena itu telah ditangkap rekaman video sebanyak ribuan kali.

Sprite kadang-kadang disalah-artikan sebagai upper-atmospheric lightning atau “petir di atmosfer bagian atas” seperti yang dijelaskan pada poin satu.

Namun, sprite adalah fenomena kilatan plasma dingin yang tidak memiliki saluran bersuhu panas dan menimbulkan petir troposfer (tropospheric lightning), sehingga mereka lebih mirip pelepasan energi pada tabung florosen (fluorescent tube) mirip neon, daripada sebagai petir.

Ada 3 jenis kilatan Sprite yang telah dikategorikan oleh Matthew ‘Geoff’ McHarg Ph.D. (U.AK) dari Akademi Penelitian Angkatan Udara AS dan NASA. Menggunakan gambar intensifier didepan kamera selang waktu super lambat, McHarg dan penelitinya telah menamakan  Sprite berdasarkan penampilan visual mereka.

  • Jellyfish sprite (sprite ubur-ubur), ukurannya sangat besar hingga 30 mil (48 km)
  • Carrot sprite atau Sprite Wortel.
  • C  atau Column sprite (C atau Sprite Kolom), adalah muatan listrik skala besar di atas bumi yang masih belum benar-benar dipahami.

Sprite kadang-kadang didahului sekitar 1 milidetik oleh Halo Sprite didaerah yang berbentuk mirip kue panekuk. Sprite berwarna oranye kemerahan dan didaerah atasnya menggantung mirip sulur ke arah bawah yang berwarna kebiruan dan biasanya didahului oleh Halo berwarna kemerahan. Mereka bertahan lebih lama dari fenomena pembuangan-elektrik pada stratosfir yang biasanya berlangsung pada atmosfir yang lebih rendah.

sprites lighting

3. St. Elmo’s fire

St. Elmo’s fire atau St. Elmo’s light atau Api Santa Elmo adalah sebuah fenomena cuaca langka dimana sebuah lucutan plasma yang sangat terang terbentuk akibat lucutan korona yang berasal dari objek dasar yang berlistik yang terbentuk atmosfer. Fenomena ini mirip seperti dalam badai petir atau badai listrik yang terbentuk akibat letusan gunung berapi.

St. Elmo's fire in the cockpit

Di dalam kokpit pesawat, St. Elmo’s fire ukuran kecil juga bisa terjadi.

Nama St. Elmo’s Fire berasal dari Erasmus dari Formiae, yang juga dikenal sebagai St. Elmo, seorang santo pelindung dan pelaut.

Fenomena ini muncul diatas kapalnya yang sedang berlayar lalu dihadang badai petir, ia melihat fenomena ini dengan takjub, sehingga ia menamai fenomena ini dengan nama Api Santa Elmo atau St. Elmo’s Fire.

Namun fenomena ini berbeda dengan “kilat bola” yang kadang disalah artikan sebagai Api Santa Elmo (St. Elmo’s Fire). Walaupun kedua fenomena peristiwa alam itu sebenarnya berbeda, namun sama-sama merupakan fenomena meteorologi yang langka.

4. Badai petir dibawah ufuk

Penampakan cahaya diatas langit dimalam hari, salah satunya karena adanya fenomena badai petir yang terjadi dibawah cakrawala atau dibawah ufuk. Karena Bumi ini berbantuk bulat, maka trjadinya badai petir yang berada dibalik cakrawala tidak terlihat.

Namun tetap masih terlihat jika kita berada diawan yang sedang berpendar itu. Oleh karenanya terlihatlah pendaran cahaya pada awan tersebut hingga berupa kilatan-kilatan cahaya pada bagian atas awan yang masih terlihat oleh kita sebagai efek mirip fatamorgana. Namun karena badai petir itu jauh, maka suara guntur dari halilintar atau petir menjadi tak terdengar.

awan aneh diatas bandung anim animasi

Memang masih ada beberapa fenomena alam yang belum begitu kurang diteliti secara mendalam akibat kelangkaan fenomena itu. Namun semua hanyalah soal waktu yang tepat untuk dapat menjelaskan dan membuktikannya secara ilmu pengetahuan. Hal ini adalah biasa dan selalu dan selalu terjadi dalam peradaban manusia.

Mirip semua fenomena alamiah yang berawal pula dari ketidak-tahuan manusia sesuai zamannya. Seperti fenomena pelangi, guntur, petir dan lainnya. Dulu peradaban manusia juga tak tau, fenomena apakah itu. Bahkan di Indonesia peristiwa yang jika tak kuat nalar mereka untuk berfikir, langsung dianggap klenik.

Seperti pohon yang dapat mengeluarkan air, kuburan yang berasap, pohon pisang yang berbuah sangat panjang, kupu-kupu berbentuk wajah manusia, ikan yang berbentu buaya dan lainnya. Biasanya tak lama, maka akan ada serpihan bunga berikut menyan yang ditaburkan disekitar tempat dimana keanehan yang tak masuk akal itu terjadi, biasanya plus kotak amal.

Berikut foto-foto cahaya misterius dilangit sebelah timur kota Bandung Rabu malam, 7 Januari 2015 lalu:

Cahaya Misterius Malam Hari Diatas Langit Sebelah Timur Kota Bandung  01Cahaya Misterius Malam Hari Diatas Langit Sebelah Timur Kota Bandung  02Cahaya Misterius Malam Hari Diatas Langit Sebelah Timur Kota Bandung  03Cahaya Misterius Malam Hari Diatas Langit Sebelah Timur Kota Bandung  04

Artikel Lainnya:

Terkuak, Misteri Bola Cahaya Sebelum Gempa Bumi

[PHOTO] 8 Jenis Awan Yang Manakjubkan

[VIDEO] 7 Misteri-Misteri Alam Yang Sulit Diterima Nalar

Misteri Hisapan Ombak Aneh Pantai Yogyakarta Dibuktikan Secara Ilmiah

[FOTO] Wow! Danau Misterius Ini Ubah Hewan Mati Jadi Batu!

Terkuak: Letusan Samalas (Rinjani), Lebih Besar Dari Krakatau Bahkan Tambora!

Masih Misteri, Bagaimana Ramal Gempa Bumi? Peneliti Mengklaim Ada Teori Baru

[BUKTI VIDEO & FOTO] Gempa Jogja 2006: Akibat Bom Besar di Tengah Laut??

Aneh! Seismograf Jogja Bergoyang Hebat Tapi Laporan Gempa Sangat Sedikit?

Aneh Tapi Nyata: 2 Buah Sungai di Polandia Ini Saling Memotong Tapi Aliran Airnya Tak Bercampur!

Gempar! Ada Kuburan Semburkan Api

Misteri Fenomena “Bun Upas” di Dataran Tinggi Dieng

Misteri Batu Mulia di Jari Para Presiden dan Pejabat

*****

http://wp.me/p1jIGd-5Zy

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Fenomena Alami dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke [Photo] Cahaya Misterius Malam Hari Diatas Langit Bandung

  1. icg berkata:

    Mohon analisisnya om

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s