Misteri Batu Mulia di Jari Para Presiden dan Pejabat

rare-minerals

Misteri Batu Mulia Di Jari Para Presiden dan Pejabat

misteri batu mulia akik dan presiden pejabat header

Semua jenis batu yang berukuran nilai keras tujuh setengah ke atas berdasarkan pembagian Mohs, batu itu dinamakan batu mulia atau stenen. Batu-batu yang bernilai keras enam setengah sampai tujuh setengah digolongkan ke dalam kelompok batu mulia tanggung (half-delstenen) dan batu lain yang nilai kerasnya enam setengah ke bawah dinamakan batu perhiasan (sierstenen).

Batu Permata atau Batu Mulia yang dalam bahas Inggris disebut Gemstone dan di Indonesia lebih awam disebut sebagai Batu Akik, kadang selalu tersemat di jari para pejabat negara, pengusaha besar, artis dunia, aristocrat seperti pangeran, puteri, raja dan ratu bahkan presiden sedunia. Keberadaan mineral-mineral langka yang hanya sebesar kuku dikalangan petinggi dengan harga selangit itu kadang dapat membuat para pencinta batu mulia dan publik ikut serta mencari dan memburunya.

Batu Mulia dan Batu Akik merupakan salah satu unsur perhiasan yang terkadang menjadi domain dalam setiap jenis dan pernik dari perhiasan yang berupa gelang, cincin, giwang, dan kalung. Sudah menjadi sesuatu yang biasa bila rakyat biasa, baik petani, pelajar, sampai pejabat di Indonesia ini memakai perhiasan yang mengikutkan unsur Batu Mulia dan Batu Akik.

Batu Mineral Dijari Para Pemimpin

sby batu cincin

Batu cincin dijari presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.

Para Presiden Republik Indonesia dan para pejabat pemerintah lainnya juga gemar menggunakan Batu Mulia dan Batu Akik dalam agenda kegiatan kesehariannya.

Ada sesuatu yang cukup unik bila kita memiliki waktu luang untuk memikirkan dan membayangkannya.

Seorang Presiden yang pasti diliputi kesibukan yang sangat luar biasa, masih menyempatkan diri untuk menggunakan Batu Mulia dan Batu Akik yang melingkar dijari kiri atau sebelah kanan sebagai pelengkap penampilan sehari-hari.

Yang menjadi pertanyaan adalah hanya sekedar pelengkap penampilan, atau ada “sesuatu” dibalik batu cincin yang dikenakan oleh Para Presiden kita?

Coba kita tengok penampilan dari Presiden RI pertama, yaitu Soekarno. Menurut infonya beliau memiliki beberapa koleksi Batu Mulia dan Batu Akik, dan mungkin sekarang masih tersimpan rapi di Blitar. Kemudian Presiden RI kedua yaitu Soeharto.

Presiden yang berkuasa 32 th ini rupanya juga mengenakan cincin yang melingkar di jari manisnya, Habibie, sebagai seorang scientist yang juga cendikiawan serta pakar teknologi juga tak luput dari kelengkapan penampilan dengan cincin Batu Mulia yang melingkar apik di jari manis sebelah kanan.

gusdur-batu-zamrud

Batu cincin dijari presiden Indonesia ke-4, Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Kita tengok juga penampilan Mantan Presiden Gusdur, Megawati, dan SBY. Semua pemimpin Negara Indonesia ternyata menggunakan Batu Mulia dan Batu Akik dalam penampilan sehari-hari.

Belum lagi para Wakil Presiden seperti Adam Malik, Umar W, Hamzah Haz, serta para calon presiden, seperti Agum Gumelar, dan Wiranto.

Kembali kita bertanya, ada apa dengan Batu Mulia dan Batu Akik yang ternyata tidak hanya memiliki tempat di hati rakyat, tapi juga para pemimpinnya.

Jika diperhatikan fakta dari sejumlah foto, dijari Gus Dur kini ada satu cincin berwarna hijau (mungkin Zamrud) sewarna dengan Organisasi yang mengusung beliau menjadi Presiden yaitu PKB.

Sedangkan Ibu Megawati cenderung menggunakan batu cincin yang berwarna hitam (bisa jadi safir hitam). Dan Presiden SBY memiliki beberapa batu cincin diantaranya seperti Tapak Jalak, Bacan, Sungai Dare dan juga Cat’s Eye.

Namun pemakaian batu-batu mulia oleh para pemimpin tak hanya terpaut pada pengaruh kewibawaan atau kharisma saja, tapi juga bisa sebagai bentuk strata atau tingkat sosial dari individu itu dan juga dapat digunakan sebagai perhiasan.

sby_cincin

Mineral Berharga Yang Mahal

Sudah menjadi berita umum, bahwa yang namanya Batu Mulia atau Batu Akik tidak hanya dipergunakan sebagai perhiasan, tapi juga memiliki suatu aura tertentu yang dapat mempengaruhi si pemakai saat berhadapan dengan khalayak ramai. Maka dengan analisis singkat tersebut, cukup beralasan para pemimpin Indonesia juga senang dan berkenan memakai Batu Mulia dan Batu Akik menjadi bagian dari penampilan sehari-hari.

megawati cincin

Batu cincin dijari presiden Indonesia ke-5, Megawati Sukaroputeri.

Selain dari khasiat dan mitos yang menyertainya, pastilah para pemimpin tentu saja memiliki strata ekonomi yang berada di level-1, tak heran bila cincin yang dikenakan oleh para pemimpin kita pasti bukan sembarang cincin dan yang jelas harganya sangat mahal.

Bayangkan, sebuah batu permata jenis kelas satu seperti Mirah Delima (ruby) atau Safir (blue saphhire) yang kualitasnya bagus, harganya tidak akan kurang dari US$200 per karat.

Ukuran mata cincin yang dipakai pada umumnya tidak kurang dari 10 karat. Jadi minimal aksesoris tersebut berharga $2000 atau ekuivalen Rp.14.000.000.

Bayangkan, sebuah batu permata jenis kelas satu seperti Mirah Delima (ruby) atau Safir (blue saphhire) yang kualitasnya bagus, harganya tidak akan kurang dari US$200 per karat.

Ukuran mata cincin yang dipakai pada umumnya tidak kurang dari 10 karat. Jadi minimal aksesoris tersebut berharga $2000 atau ekuivalen Rp.14.000.000. Harga itu belum termasuk tatahan berlian, dan logam yang digunakan untuk pengikatnya (biasanya emas putih, atau emas).

mustika_batu cincin presiden_soeharto

Batu cincin dijari presiden Indonesia ke-2, Soeharto.

Ditambah lagi fakta bahwa, harga suatu batu permata tidak hanya bergantung dari kualitas standard (warna, cacat dan kebeningan atau clarity), tapi juga tergantung pada hal-hal yag sifatnya sangat-sangat subyektif, misalnya: “star” atau sering disebut oleh orang Indonesia sebagai “ster” yaitu pola bergaris pada pemantulan cahaya natural atau alami.

Juga pola “strand” atau garis “urat” atau guratan pada batuan yang terkadang secara alamiah membentuk “gambar” tertentu, kepercayaan pemakai terhadap “khasiat” batu permata tersebut dan seterusnya.

Dipengaruhi Mitos dan Klenik

Negara Indonesia ini cukup unik, dan hal ini tidak lepas dari perjalanan sejarah Indonesia sejak jaman Prasejarah – Jaman Kerajaan – sampai dengan Jaman Reformasi seperti sekarang ini. Sejak jaman dulu yang namanya Indonesia memiliki cerita-cerita panjang tentang hal-hal yang bersifat supranatural, tengoklah Keris Mpu Sendok, Tombak Kiai Plered, dan sebagainya. Rupanya hal-hal supranatural itu tidak bisa lepas dari aktivitas beberapa elemen aktivitas walaupun tidak sepenuhnya hal itu diyakini.

https://i2.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/20/AEW_diamond_solo_white.gifBisa jadi ini mungkin sisa-sisa kultur dinamisme yang masih eksis dimasyarakat kita. Hebatnya, justru karena unsur-unsur subyektif ini, harga batu permata bisa berlipat-lipat dari harga yang ditaksir secara “standard”. Tidak heran bila ada seseorang yang “gila” terhadap batu permata tertentu, berani membayar milyaran rupiah terhadap batu permata yang disukainya. Walaupun secara “standard harga”, batu permata tersebut mungkin harganya”cuma” puluhan juta misalnya.

Masih ingat anak bernama Ponari yang memiliki “batu bertuah” dan dianggap berkhasiat dapat menyembuhkan penyakit? Seketika ribuan warga kesana dan berharap penyakitnya dapat sembuh oleh kekuatan magis oleh batu yang dianggap bisa menyembuhkan penyakit itu.

Begitu banyaknya warga yang mengunjungi rumah anak itu setiap harinya, hingga membuatnya malas untuk melakukan ritual “celup batu” yang hanya sepersekian detik ke setiap wadah yang dibawa oleh ribuan simpatisannya setiap hari. Maka ketika anak itu malas melayani, terpaksa ia digendong hanya untuk mencelupkan batu itu.

batu ponari 01

Ponari dan batu ajaibnya.

Bahkan jika anak itu “tutup praktek” untuk sementara, warga kecewa dan tetap menunggu anak itu mandi hanya untuk mengambil air di got kotor yang mengalir dari kamar mandinya dan berharap air itu dapat menyembuhkan penyakit yang di dideritanya.

Jelas cara musyrik seperti ini pastinya akan mengundang jin atau syaitan yang justru akan menghuni di batu yang dianggap ajaib dan berkhasiat itu, lalu akan melakukan tipu dayanya dengan berbagai cara agar menyesatkan manusia dan lupa akan keagungan Tuhan.

Jadi wajar saja mendadak berita aneh bagi sebagian masyarakat dunia itupun merebak seantero jagad. Situs-situs di internet, surat kabar hingga televisi dibanyak negara juga ikut memberitakan fenomena kepercayaan dinamisme dan anemisme ini yang ditonton oleh milyaran orang di dunia dan menganggap orang Indonesia masih tolol.

Lain lagi pada saat Presiden Soeharto dulu berkuasa, sudah menjadi rahasia umum, bahwa Soeharto adalah seorang yang percaya terhadap kekekuatan-kekuatan Supranatural. Ini direpresentasikan lewat adanya beberapa penasehat “spiritual” yang kebanyakan adalah “dukun-dukun” kejawen.

Batu Obat ponari

Batu ajaib Ponari.

Orang yang percaya pada kekekuatan Supranatural , umumnya juga percaya bahwa cincin batu “tertentu” akan punya “khasiat” tertentu. Yang jelas sewaktu Soeharto berkuasa, cincin mirah delima yang sering dipakai dijarinya adalah batu permata dengan kualitas kelas satu yang harganya jelas mahal. Karena bagi seorang nomor satu di Indonesia tidak akan memakai barang sembarangan terkait harga apalagi kekuatan yang meliputinya.

Menjelang wafatnya mantan presiden Soeharto lalu, bahkan sampai beredar informasi bahwa Kyai Enung, nama aslinya Nurjaya, ahli spiritual dari Desa Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, meminta anak-anak Soeharto untuk mencari dan menemukan guru spiritual yang memberikan batu akik Ki Alip Cukur kepada Soeharto. Jika guru itu sudah meninggal, harus dicari pewaris ilmu sang guru.

”Kasihan beliau. Secara medis, seharusnya beliau sudah berpulang ke Rahmatullah (meninggal – red). Tetapi kepulangannya itu terhalangi batu akik yang telah menyatu dengan beliau. Batu akik ini harus dicabut oleh yang memasangnya atau pewaris ilmu guru tersebut,” demikian Kyai Enung menganalisis.

batu keris klenik

Beberapa benda klenik ala Indonesia yang dipercaya memiliki khasiat.

Menurut penerawangannya, Soeharto punya sejumlah guru spiritual, namun yang paling berpengaruh pada kondisi kesehatannya adalah batu akik ‘Ki Alip Cukur’ yang konon berwarna hitam. ”Batu ini diperoleh dari seorang guru spiritual di Jombang, Jawa Timur. Cobalah cari ke sana. Memang perkataan saya ini irasional, tetapi lebih baik anak-anak Pak Harto mencobanya seraya mengikhlaskan kepergian beliau,” katanya.

Dia memperkirakan Soeharto tidak memegang Batara Karang yang berpengaruh seperti mampu membuat segan pihak lawan atau orang-orang di sekitarnya dan ampuh untuk menghindari ”serangan-serangan gaib”. Konon mitos mengenai Batara Karang juga mempunyai ciri pemegangnya sulit meninggal, jika tidak dilepas oleh gurunya. Jelas ini adalah kerjaan Jin Iprit penyesat manusia.

Batu akik yang dikenal dengan nama Ki Alip Cukur ini bisa dipakai sebagai perhiasan di cincin. Tetapi paling ampuh jika batu akik ini dijadikan bahan sebagai susuk yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia. Karena digunakan bertahun-tahun, batu tersebut akhirnya menyatu dengan tubuh yang bersangkutan. Lagi-lagi jelas ini adalah kerjaan bangsa Jin penyesat manusia dengan berbagai macam cara.

Dunia Sains: Semua Banda Termasuk Batu Mengandung Mineral Yang Memiliki Energi Alami,  Bukan Dari Jin Atau Khodam

Terlepas dari apa “khasiat” supernatural cincin Soeharto, Habibie, Gus Dur, Ibu Mega, sampai dengan SBY, dan sederet pejabat papan atas lainnya, yang jelas batu permata sendiri cuma sekedar ikatan kimia antara beberapa elemen mineral batuan dan beberapa elemen logam, yang tersusun dalam struktur tertentu.

batu cincin akikSecara sains, semua batu alam memang mengandung mineral alami. Dan semua banda alami pastinya memiliki energi, dan energi itu akan memancarkan aura. Selama sebuah batu alami itu dekat atau menempel atau dikenakan di bagian badan tertentu, maka kekuatan energi dari mineral yang dipancarkan oleh auranya akan mempengaruhi psikologi sang pemakai bahkan yang berjarak dekat dengannya.

Aura yang dipancarkan mineral alami berupa batu berbeda-beda, dari gelombang frekuensi yang rendah berwarna merah, hingga gelombang frekuensi tinggi berwarna ungu bahkan nila. Dengan pancaran energi itu, bisa jadi sebuah mineral yang tersemat di jari akan memancarkan energi itu kesegala arah dan akan memengaruhi siapapun yang melihat sosok yang memakainya, misal akan memancarkan keanggunan dan kharisma.

Begitu pula dengan manusia yang memakainya juga memiliki energi pancaran atau aura tertentu. Biasanya aura itu memancar dari chakra yang ada disetiap manusia. Aura yang dipancarkan manusia pun berbeda-beda, dari gelombang frekuensi yang rendah berwarna merah, hingga gelombang frekuensi tinggi yang berwarna ungu bahkan nila.

gemstones energy healing Meditation

Gemstones energy healing meditation.

Nah, masalahnya, bagaimana kedua aura, yang ada di diri manusia dan yang ada di mineral alam itu dapat bersatu (matching) atau bahkan saling memberikan energi positif yang baik atau bahkan menggenjotnya, layaknya booster atau penguat signal.

Masalah akan terjadi jika tidak adanya kesatuan frekuensi atau tak matching diantara kedua energi aura itu kadang akan membuat si pemakai mineral tadi menjadi tak nyaman atau bahkan merasa dirinya “berbeda” dibanding jika tak mengenakannya.

Hal-hal negatif itu bisa terjadi dikarenakan ada ketidak-cocokan antara energi keduanya, apalagi jika energinya negatif. Keberadaan energi negatif biasanya terjadi jika energi sang pemakai jauh lebih rendah daripada energi mineral alami negatif yang dikenakannya yang jauh lebih tinggi dan bersifat “menyerap” energi disekitarnya.

Maka energi sang pemakai akan terserap oleh mineral tersebut dan membuatnya justru menjadi malas, lelah, temprament bahkan mempengaruhi mentalnya yang kadang disebut kesurupan. Sedangkan di dunia sains kesurupan itu tidak ada, karena itu hanyalah gangguan psikologi yang dipengaruhi oleh energi dari luar atau energi dirinya sendiri yang tak stabil.

Dunia ilmu pengetahuan juga tak mengenal adanya kekuatan “khodam” atau jin penunggu atau penghuni sebuah mineral batuan alami. Kekuatan energi sebuah mineral juga dapat terjadi jika mineral itu sudah tua umurnya misalnya ribuan atau jutaan tahun. Energi yang terpancarkan dalam mineral alami memang ada yang dapat membuat manusia yang memakainya menjadi merasakan kesejukan hati, tenteram atau damai bahkan dapat menyembuhkan (gemstones energy healing).

Sepuluh batu mineral yang memiliki energi terbaik untuk semua orang dan sangat cocok untuk metode penyembuhan (Healing Gemstones) adalah Rose Quartz, Florite, Lapis Lazuli, Hematite, Jade, Amethyst, Turquoise, Kyanite, Obsidian dan Citrine. Tapi juga ada yang justru membuat manusia menjadi mudah marah, kecewa, tempramental bahkan terasa menjadi pemberani. Namun tak hanya itu, energi aura dari mineral juga dapat menghancurkan fisik dan psikologis manusia bahkan mematikan. Misalnya mineral yang kita kenal sebagai mineral yang memancarkan energi berupa radiasi kuat yaitu plutonium, uranium dan sejeninsnya.

Chakra-Healing-Gemstones

Chakra Healing Gemstones

Jenis-Jenis Mineral Alam Berupa Batu Cincin Yang Awam Dipakai Manusia

Mineral alam atau di Indonesia lebih dikenal dengan Batu Akik dapat membantu untuk hal-hal yang berhubungan dengan kepribadian secara fisik dan emosional. Batu Akik dipercayai dapat menyembuhkan penyakit Insomnia (kesulitan untuk tidur yang parah), memberikan mimpi indah dan memberi kontribusi bagi keseimbangan tubuh. Berikut jenis-jenis akik dengan kemampuannya :

Alexandrite : juga dibsebut sebagai chrysoberyl adalah mineral yang mengandung aluminate dari beryllium dengan rumus kimia BeAl2O4 dipercaya dapat menolong orang untuk memusatkan pikiran pada diri sendiri, meningkatkan rasa percaya diri dan memperbesar kemampuan untuk merasakan kebahagiaan. Di Rusia, Alexandrite dipercaya sebagai pembawa pertanda baik. Alexandrite juga dapat menstimulasi kekuatan sexual serta mengatasi rasa tidak cukup ada cinta didalam hidup seseorang.

Amethyst: yang di Indonesia disebut batu Kecubung merupakan jenis batuan mineral kuarsa, penamaannya berasal dari bahasa Yunani a-methustos, “a” artinya tidak, dan “methustos” artinya mabuk, berarti “tidak memabukkan”. Pada zaman Yunani kuno, bangsa Romawi dari golongan bangsawan yang kaya raya membuat cawan-cawan angur dari batu kecubung ini bukan dikarenakan kepercayaan bahwa tak akan bisa mabuk, melainkan dimaksudkan untuk mencegah racun yang menyelinap dalam cawan-cawan.

Batu kecubung biasanya berwarna ungu sampai merah muda, namun tidak semua batu Amethyst ini berwarna ungu (lembayung), ada pula yang berwarna ungu muda, ungu semu merah, semu biru, dan ungu tua, bahkan ada yang nyaris hitam. Sebenarnya batu ini adalah Purple Sapphire atau Batu Safir Ungu.

https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/e2/Amethyst._Magaliesburg%2C_South_Africa.jpg/320px-Amethyst._Magaliesburg%2C_South_Africa.jpg

Kecubung mentah (rough Amethyst)

Batu ametis ungu tua sering disebut orang dengan nama kecubung duwet. Batu ini cocok untuk kaum ulama, kaum yang beribadah, karena warna ini melambangkan langit yang bersifat welas asih (kasih sayang dan Maha Kuasa sebab letaknya diatas Bumi).

Karena batu Amethyst ini mudah didapat, sesungguhnyn tidak ada gunanya orang memalsukan. Namun kadang-kadang orang masih menemukan batu Amethyst tiruan yang berasal dari Tiongkok. Yang ditawarkan itu adalah batu Kalsedon ungu yang bukan merupakan batu Amethyst, walaupun termasuk dalam satu keluarga kwarsa. Ada  pula jenis batu ini yang dinamakan Amethyst Oriental.

Batu kecubung merupakan batu lahir bagi seseorang yang lahir di bulan Februari. Dalam sejarah, ungu merupakan warna yang digunakan oleh raja, ratu, dan anggota keluarga kerajaan lain. Karena itulah, para penguasa sering memiliki berlian yang terbuat dari batu kecubung.

Amethyst digunakan untuk meningkatkan kekuatan bathin/spiritual serta kewaspadaan intuitif seseorang. Juga digunakan untuk meredakan sakit kepala. Legenda mengatakan, menggunakan Amethyst atau minum dari cawan yang terbuat darinya, akan mencegah terjadinya keracunan. Kcubung ada yang berwarna sangat gelap seperti hitam dan dinamakan batu Kecubung Wulung.

Kecubung wulung

Kecubung wulung

Kecubung Wulung, atau Batu Wulung atau Amethyst berwarna lebih gelap dan pekat (seperti hitam) ini kebanyakan juga berasal dari Kalimantan. Harga pasaran kecubung wulung yang dipercaya bisa memikat wanita ini mencapai jutaan rupiah.

Ini dia ciri-ciri batu Kecubung Wulung:

  1. Berwarna hitam mengkilap dengan kemilau tersendiri di banding kecubung lain.
  2. Jika di senter ataupun diterawang akan ada warna kemerah-merahan atau keungu-unguan tergantung asal dari si wulung tersebut.
  3. Tingkat kekerasan cukup tinggi di banding batu akik pantai seperti topaz, limau manis, kinyang, dan lainnya.
  4. Batunya agak sedikit berat.
  5. Setiap kecubung wulung akan tembus jika disenter.
  6. Tidak mudah gores.
  7. Jika diteteskan dengan air, air itu akan menggumpal di atas batu akik ini.
  8. Dilihat dari jarak 5 cm, kita dapat sedikit bercemin di mata wulung.

Batu kecubung wulung ini dipercaya dapat untuk memikat wanita pujaan hati.

https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/9d/Aigue-marine_Pakistan_180308.jpg/428px-Aigue-marine_Pakistan_180308.jpg

Aquamarine (Beryl) asal Pakistan

Aquamarine (Biru Laut): Aquamarine atau beryl adalah mineral yang mengandung beryllium aluminium cyclosilicate dengan rumus kimia Be3Al2(SiO3)6 sering digunakan untuk suatu harapan baik didalam menjalani percintaan dan berbelas kasih.

Dikatakan dapat menolong meredakan depresi dan kesedihan. Selain itu juga dipercaya dapat membangkitkan kembali rasa cinta pada pasangan yang telah lama menikah dan membantu mendapatkan teman-teman baru.

Menurut legenda, memakai Aquamarine sebagai anting/giwang akan membawa cinta dan pengaruh baiknya. Kegunaan lainnya yaitu membantu mata/ pengelihatan, mengurangi retensi cairan tubuh serta memberi keamanan dalam perjalanan melalui lautan.

Bloodstone (Batu Darah): Batu Darah atau bloodstone mempunyai nilai kekerasan 6 Mohs. Warna batu darah ini hitam dan berkilau seperti logam, sedangkan susunan kimianya pun mengandung unsur unsur besi. Jika di pegang , batu ini terasa berat. Batu ini dinamakan batu darah karena menurut kepercayaan batu ini dapat menghisap darah dari luka-luka yang darahnya mengalir tak henti hentinya. Bahkan apabila batu ini di kenakan air sedikit , lalu di gosokkan pada tangan akan meninggalkan benda cair seperti darah.

https://indocropcircles.files.wordpress.com/2014/10/124ba-darah4.jpg?w=267&h=206

Batu Darah atau bloodstone mempunyai nilai kekerasan 6 Mohs.

Kegunaan utamanya adalah menstimulasi aliran energi untuk semua penyembuhan, memerangi trauma phisik, menghilangkan pembatasan-pembatasan emosi dan menstimulasi peredaran darah, memperpanjang umur, mendatangkan rejeki, penawar sakit hati, pengobar semangat berjuang hingga mencegah keracunan karena upas binatang serangga.

Bloodstone juga dipercayai dapat menghentikan perdarahan hanya dengan sentuhan belaka. Selain fungsinya untuk pengobatan tradisional, selama ini Bloodstone digunakan juga untuk menambah wawasan pandang seseorang terhadap dunia.

Untuk mengetahui asli atau tidaknya batu darah mudah sekali caranya yaitu, gosokkan batu pada porselin yang kasar misalnya bagian belakang dari sebuah piring nasi yang dibuat dari porselin . jika piring itu terlihat goresan berwarna merah darah , pastilah batu itu asli .jika tak tampak gores darah merah ,batu itu hanya kaca belaka.

https://i2.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/12/Carnelian_sard_%28mineral_specimen%29.jpg/320px-Carnelian_sard_%28mineral_specimen%29.jpg

Polished carnelian/sard pebbles. Scale is in millimeters

Carnelian (Cornelian): sering juga diucapkan Cornelian, adalah mineral merah kecoklatan yang biasa digunakan sebagai batu permata semi mulia yang umumnya lebih keras dan lebih gelap (perbedaan tersebut tidak didefinisikan secara kaku, dan dua nama yang sering digunakan secara bergantian). Mineral silika ini diwarnai oleh kotoran oksida besi. Warnanya dapat sangat bervariasi, mulai dari oranye pucat ke warna nyaris hitam yang intens.

Mineral ini paling sering ditemukan di Brazil, India, Siberia, dan Jerman. Carnelian digunakan untuk menjernihkan pikiran (tidak mampu untuk melihat kenyataan). Dapat menyeimbangkan proses berpikir dan kreatifitas serta meningkatkan level/tingkat energi. Sekitar tahun 1700 an, Carnelian dikatakan dapat memberikan kekuatan dan perlindungan, membawa keberuntungan serta kenyamanan. Di tahun 1800 an, Carnelian dianggap mampu menolong orang yang memerlukan keberanian untuk berbicara.

https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/16/Chrysoprase_stone_with_white_background.jpg/300px-Chrysoprase_stone_with_white_background.jpg

A polished Chrysoprase stone

Chrysoprase (Krisopras): sering dikenal juga sebagai Chrysoprasus, adalah varietas batu permata dari kalsedon (bentuk silika crypto-crystalline) yang mengandung sejumlah kecil nikel. Warnanya biasanya Hijau Apel hingga Hijau Tua yang gelap.

Varietas hijau gelap dari batu ini juga disebut sebagai prase. Namun, istilah “prase” ini juga termasuk digunakan untuk menggambarkan kloritkuarsa atau quartz dan sampai batas tertentu adalah warnadescriptor, daripada berbagai mineral didefinisikan secara ketat.

Mineral ini digunakan untuk perlindungan spiritual dan mengatasi kelelahan jiwa/emosi. Sering disebut juga sebagai Batu Kemenangan (“Victory Stone”).

fauzi-bowo_cincinPada tahun 1800 an, Chrysoprase dikatakan dapat membantu pencuri untuk menjadi hilang dari pandangan (invisible).

Khasiat lainnya yaitu memperkuat jantung dan mata, membantu konsentrasi dalam bekerja, mencegah mimpi buruk, mengusir iblis dan menghilangkan keruwetan pikiran. Batu ini baik dipakai oleh orang yang banyak bekerja dengan menggunakan otak (pengarang, pencipta lagu).

Citrine (Sitrin): termasuk mineral jenis Quartz, yang warnanya berkisar dari kuning pucat sampai coklat karena kotoran besi (ferric impurities). Citrine di alam sangat jarang dan kebanyakan citrines komersial dibuat dari amethysts akan memiliki garis-garis kecil dalam kristal (smokey) sebagai penampilan citrine alami ini. Hampir mustahil untuk memotong citrine topaz kuning secara visual ini karena berbeda dalam tingkat kekerasannya.

https://i2.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/32/Citrin_cut.jpg

Citrine

Brazil adalah produsen utama citrine, dengan banyak produksi yang berasal dari negara bagian Rio Grande do Sul. Nama ini berasal dari bahasa Latin “Citrina” yang berarti kuning” dan juga dari kata “citron”.

Kadang-kadang citrine dan amethyst dapat ditemukan bersama dalam kristal yang sama, yang kemudian disebut sebagai Ametrine (Amethyst Citrine)

Citrine dikatakan dapat membantu orang untuk berhubungan dengan arwah/spirit, membantu asimilasi dari makanan, membantu orang yang tidak cakap dalam berkomunikasi secara terbuka serta mengembangkan ketenangan mental.

Diamond (Intan/Berlian): atau kadang disebut Berlian atau Intan, adalah mineral yang secara kimia merupakan bentuk kristal, atau alotrop, dari karbon. Batu intan dalam bahasa Belanda di sebut diamant dan dalam bahasa Inggris di sebut diamond. Nama ini sesungguhnya berasal dari bahasa Yunani Adamas yang berarti “tak dapat di taklukkan”. Mula-mula sebutan Adamas ini digunakan untuk menamai baja yang dianggap sebagai barang yang terkeras pada masa itu. Namun setelah orang menemukan intan yang lebih keras dari baja, maka nama Adamas diambil alih oleh intan. Nilai keras intan ditetapkan sempurna, 10 Mohs, dan berat jenisnya 3,5 sampai 3,52.

Pada abad-abad kemudian nama Adamas itu diubah menjadi Adamant dan dalam pembicaraan sehari-hari huruf ‘a’ di depan Adamant hilang lalu tinggal Damant, dan akhirnya menjadi Diamant sampai dewasa ini.

https://i0.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/36/Diamond.jpg

A round “brilliant cut” diamond set in a ring.

Intan adalah jenis batu satu-satunya yang terdiri atas koolstof atau zat arang (carbon) yang tulen. Karena kekerasannya, di Eropa sampai abad pertengahan hanya sedikit orang yang dapat menghaluskan Intan. Barulah pada tahun 1456 di Brugge Belgia, Lodewijk van Bergehem dapat menggosok intan dengan bubuk intan.

Intan terkenal karena memiliki sifat-sifat fisika yang istimewa, terutama faktor kekerasannya dan kemampuannya mendispersikan cahaya. Sifat-sifat ini yang membuat intan digunakan dalam perhiasan dan berbagai penerapan di dalam dunia industri.

Intan terutama ditambang di Afrika tengah dan selatan, walaupun kandungan intan yang signifikan juga telah ditemukan di Kanada, Rusia, Brasil, dan Australia. Sekitar 130 juta “carat” (26.000 kg) intan ditambang setiap tahun, yang berjumlah kira-kira 9 miliar dollar Amerika Serikat. Selain itu, hampir empat kali berat intan dibuat di dalam makmal sebagai intan sintetik.

Berlian dapat meningkatkan kualitas diri dan kemampuan untuk melihat sesuatu dengan lebih jelas baik positif dan negatif, langsung dan jujur. Juga membantu mengatasi rasa ketidak-amanan secara material. Semakin baik kwalitas Diamond, semakin baik daya bantunya. Merupakan lambang dari keberanian yang tidak terkalahkan. Di masa kini diamond dengan kualitas paling rendahpun (misalnya warnanya buruk), masih digunakan untuk keperluan industri.

https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/27/Beryl-130023.jpg

A 5-carat emerald from Muzo, Colombia.

Emerald (Zamrud): atau di Indonesia sering disebut Zamrud, memiliki rumus kimia (Be3Al2SiO6) adalah batu permata atau batu mulia yang berwarna hijau sampai hijau tua. Zamrud termasuk mineral silikat beril (mengandung beryllium) dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium.

Adanya vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium akan menyebabkan ragam zona pada warna hijau tersebut.

Kekerasan zamrud termasuk tinggi 7,5 dalam skala Mohr. Penghasil zamrud kualitas tinggi adalah Muso di Kolombia dan di Jakatrinemburg di pegunungan Ural Rusia.

Selain itu zamrud juga ditemukan di Siberia Rusia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Australia, dan Brasil, India, Birma, Vietnam, Siam (Thailand), Venezuela, Salzburg ( Jerman) dan Mesir (Tambang Cleopatra).

Zamrud digunakan untuk penyembuhan fisik dan emosional yaitu mengatasi penyakit di syaraf dan tidak adanya persepsi maupun kejernihan bathin. Di Persia dan sekitarnya dikatakan bahwa “Siapa yang memiliki pesona ini akan menikmati perlindungan khusus dari Tuhan”. Menurut legenda, Emerald berfungsi menguatkan memori dari pemiliknya, mempercepat daya pikir maupun kreativitas dan menolong untuk memprediksi masa depan.

Pada zaman dahulu orang mengenakan batu zamrud sebagai bandul kalung yang diikat pada cincin agar dapat menolak segala pikiran jahat dan menjaga diri supaya tetap suci-murni (terutama bagi gadis-gadis). Apabila batu zamrud yang sedang dipakai terjatuh, maka ini menjadi suatu tanda akan terjadi hal yang tidak menyenangkan atau merugikan pemiliknya.

https://i2.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/53/GarnetCrystalUSGOV.jpg/480px-GarnetCrystalUSGOV.jpg

Rough Garnet atau Batu Delima alami

Garnet (Batu Delima): atau dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai “Batu Delima” adalah sejenis mineral silikat. Terdapat sejumlah jenis batu delima yang berbeda, tergantung pada logam yang dikandungnya.

Kristal batu delima yang ditemukan seringkali berukuran besar dan terlihat cantik. Warna batu delima paling umum merah atau ungu, namun bisa juga ditemukan dalam berbagai warna dan sering digunakan sebagai perhiasan.

Di Amerika Serikat, batu delima adalah batu zodiak bagi orang-orang yang lahir di bulan Januari. Kehadiran batu ini di suatu daerah menunjukan disekitar tempat tersebut terdapat intan. Walau belum ada penelitian yang pasti, Garnet dapat menyeimbangkan gangguan di kelenjar Thyroid, mengatasi kurangnya toleransi terhadap orang lain, mengurangi kekerasan hati dan perasaan yang tidak mempunyai cukup popularitas.

Goldstone (Pasir Emas): atau di Indonesia sering disebut sebagai “Pasir Emas”, adalah jenis kaca yang berkilauan dan dibuat dalam ruang beroksigen rendah untuk mengurangi tekanan atmosfir. Produk jadinya diakhiri dengan melapisinya dengan lapisan cat halus dan diukir sedemikian rupa menjadi manik-manik, patung-patung, atau artefak lainnya yang cocok untuk batu semi mulia. Goldstone sering dikelirukan atau disalahpahami oleh banyak orang sebagai mineral atau batu berbahan alami.

https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/92/Goldfluss_%28Aventuringlas%29.jpg/551px-Goldfluss_%28Aventuringlas%29.jpg

Goldstone atau Pasir Emas

Nama lain yang umum dari Goldstone adalah Aventurine Glass, berdasarkan bahasa Italia,avventurina” (dari avventura, “adventure” atau petualangan”, atau juga “chance” atau kesempatan”). Batu ini juga kadang-kadang disebut Stellaria,”  “sang-e sitara” atau “sun sitara” (Sang berarti ‘batu’ dan Sitara berarti ‘bintang’ dalam bahasa Persia) untuk merefleksikan internal perbintangan, atau “monk’s gold” atau Monkstone” dari asosiasi folkloric dengan perintah monastik yang tidak disebutkan namanya.

Material ini kadang-kadang disebut juga Batu Pasir (sandstone) bila dilihat dengan mata telanjang. Anehnya, kaca Aventurine” ini adalah salah satu dari beberapa simulan sintetis untuk memberikan eponim untuk batu alam serupa. Nama mineral Aventurine” digunakan untuk bentuk feldspar atau kuarsa dengan inklusi mika yang memberikan penampilan serupa yang berkilauan sebagai istilah teknis untuk fenomena optik ini. Goldstone dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap pelawat/pengembara dan merupakan salah satu batu para petualang.

Jade (Giok): atau di Indonesia dikenal sebagai Giok, adalah sejenis batu “permata hijau” adalah salah satu dari jenis batu permata yang di dalamnya terdiri dari banyak unsur mineral yang telah ditemukan dan digunakan oleh bangsa timur selama beribu-ribu tahun lalu. Pada saat ini batu giok banyak yang berasal dari daerah Tibet, Tiongkok dan Birma sebagai komoditas ekspor.

Batu Giok merupakan salah satu batu mulia yang sudah dikenal khususnya di kalangan Tionghoa / Tiongkok pada  kira-kira 4000 tahun sebelum masehi, batu ini dalam bahasa asing di namakan batu nephriete (nephriet).

https://i0.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/00/Jadestein.jpg

Rough Jade atau Giok mentah alami.

Batu Giok memiliki banyak macam warna, yaitu ada yang berwarna putih susu, hijau-kelabu, kemerah-merahan, merah-coklat, abu-abu, hijau rumput agak biru. Sedangkan jenis batu giok yang paling dihargai dan yang paling dicari adalah yang berwarna hijau tua rumput dan bersinar bening.

Selama perjalanan sejarah setelah ditemukan, giok telah dikenal sebagai asesoris dan perhiasan selama ribuan tahun yang lalu oleh peradaban manusia. Bahkan juga diagungkan sebagai “batu penyelamat” bahkan sebagai “batu kesehatan” oleh suku-suku bangsa di Asia Timur dan di benua Afrika ataupun Amerika termasuk oleh suku Maya dan Inca.

Jade atau Giok dikatakan dapat membantu seseorang untuk relax dan bijaksana. Disebut pula sebagai batu dengan keseimbangan yang sangat baik, menolong seseorang untuk menyelaraskan pikiran dan tindakan serta mengatasi kekurang praktisan cara berpikir. Jade adalah intisari dari cinta, dihargai sebagai batu yang spesial. Dipercayai bahwa beberapa rahasia kebajikan akan menyerap ke dalam tubuh. Legenda mengatakan bahwa penjelajah Spanyol ke Amerika Tengah menggunakan jimat dari Jadeit untuk mencegah serta menyembuhkan sakit pinggul dan ginjal.

Jadeite cabochons are very classical. Some high quality cabochons are worth a fortune.

Jadeite cabochons are very classical. Some high quality cabochons are worth a fortune.

Bahkan dalam dunia medis dewasa ini juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan yang juga telah dipakai dalam peradaban manusia pada ribuan tahun lalu. Hal ini banyak tercatat dalam banyak buku kesehatan kuno dan diakui sebagai salah satu sumber energi alam.

Dalam dunia kesehatan, batu ini banyak digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah, anti penuaan dini, meningkatkan kekebalan tubuh dan menghilangkan keletihan. Batu giok juga banyak dipakai pada saat terapi pijat ceragem.

Selain itu dalam penyelidikan menunjukkan bahwa batu giok mengandung banyak elemen penting seperti kalsium, potasium, besi dan magnesium. Batu Giok dipercaya dapat melindungi diri dari bencana, mengobati penyakit ginjal, mencerdaskan otak, menolak racun, membawa rasa sejuk, rasa bahagia, dan perdamaian, meningkatkan intuisi dan membangkitkan kekuatan gaib, lambang kesetiaan dan keteguhan. Kegunaan lain bagi kesehatan yaitu meningkatkan penyembuhan pada organ-organ vital.

biggest jade batu giok

Bongkahan batu Giok (Jade)

Jade Hijau dapat meringankan gangguan pencernaan, membantu fungsi hati dan mengurangi kerusakan pada mata.

Jade Merah membantu memerangi penyakit kewanitaan, terutama pada organ kandungan. Giok juga dipercaya berkhasiat membuat ketenangan, kegembiraan dan kesehatan, keselamatan.

Menurut kepercayaan Tionghoa, jika batu Giok jatuh dan pecah menjadi dua potong maka tidak akan terjadi malapetaka atau musibah yang akan  menimpa si pemilik, akan tetapi apabila terjatuh dan pecah menjadi empat bagian atau hancur berserakan maka ini pertanda bahwa malapetaka akan datang dan mengancam jiwa si pemilik. Batu Giok dapat ditemukan di negara-negara yaitu Tiongkok (Provinsi Shensi, Junnan dan di Pegunungan Kun Lun), Birma, Mesir, Amerika (tepi Sungai Amazon), Tibet, Turkestan dan Selandia Baru.

https://i2.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/88/Jasper.pebble.600pix.bkg.jpg

Red Jesper

Jasper: adalah kalsedon buram silika murni yang terdiri berbagai warna biasanya merah, kuning, coklat atau hijau dan biru namun jarang. Warna merah pada umum adalah karena besi dari inklusi.

Mineral ini memiliki permukaan halus dan digunakan untuk hiasan atau sebagai batu permata, vas, segel atau stempel bahkan kotak tembakau.

Berat jenis batu Jasper biasanya 2,5-2,9Seiring dengan Heliotrope (bloodstone), Jasper adalah salah satu batu kelahiran tradisional untuk bulan Maret.

Jaspilite terbentuk dari pembalutan dari pembentukan batuan besi yang sering memiliki band khas jasper.

Jasper dipercaya dapat mengusir arwah jahat dan melindungi terhadap ular maupun gigitan laba-laba. Bagi kesehatan, Jasper membantu proses penyembuhan dari lambung, menyeimbangkan kerja kelenjar endocrine. Di abad ke 4, Jasper dikenal sebagai pembawa hujan yang hebat. Jenis-jenis Jasper dan bantuan yang dapat diberikan :

Jasper kulit Leopard, dikatakan dapat memberikan orang apa yang mereka butuhkan.
Poppy Jasper, membantu memberi kebahagiaan didalam hidup.
Opalite Jasper, dapat membantu untuk tidur nyenyak.
Jasper Coklat, membantu fungsi hormonal wanita dan mengatasi rasa tidak aman.
Jasper Hijau, membantu fungsi usus kecil, mencegah sembelit, mengurangi kejang pada usus serta memerangi luka di lambung, selain itu juga mengurangi Stress/rasa tertekan yang parah maupun meningkatkan perilaku mental secara positif.
Jasper Merah, menyeimbangkan kerja lambung dan pancreas, meningkatkan energi serta memberikan perlindungan terhadap tekanan dari pihak luar

https://i0.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/a/a6/Lapis_lazuli_block.jpg

Lapis Lazuli

Lapis Lazuli: pengucapan: [ˈlæpɪs ˈlæzjʉlaɪ] atau [ˈlæzjʉli] LAP-iss LAZ-ew-lye/lee) (kadang-kadang disingkat lapis) adalah batu permata langka yang dihargai sejak zaman kuno karena warna birunya.

Batu ini telah ditambang dari provinsi Badakhshan, Afganistan, selama lebih dari 6.000 tahun. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Lapis Lazuli dapat ditemukan jauh di timur hingga daerah sekitar Danau Baikal di Siberia. Pada zaman kuno, Lapis Lazuli diperdagangkan hingga ke Mesir Kuno, bahkan sampai ke Mauritania.

Lapis Lazuli dipercaya memiliki energi aura yang membantu seseorang untuk lebih memahami diri sendiri dan meluaskan sudut pandang.  Sepertinya batu ini cocok untuk orang Indonesia karena Lapis Lazuli juga membantu ketidakmampuan seseorang untuk memerima kepemimpinan orang lain.

Lapis Lazuli juga baik untuk menentukan pilihan antara kata hati dan nalar, memberikan kebijaksanaan dan kejujuran. Menurut legenda, Lapis melindungi pemakainya dari kekuatan jahat. Merupakan obat untuk kemurungan jiwa dan demam tertentu serta menguatkan tubuh selama mengalami kesadaran spiritual.

https://i2.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/fe/AdulaireSuisse2.jpg/320px-AdulaireSuisse2.jpg

Moonstone is a sodium potassium aluminium silicate, with the chemical formula (Na,K)AlSi3O8

Moonstone (Batu Bulan): atau yang berarti “Batu Bulan” adalah mineral yang mengandung aluminium silikat natrium kalium (sodium potassium aluminium silicate), dengan rumus kimia (Na,K)AlSi3O8. Namanya berasal dari efek visual, atau kemilau, disebabkan oleh difraksi cahaya dalam ukuan mikro yang terdiri dari suksesi reguler lapisan feldspar. Moonstone telah digunakan dalam perhiasan selama berabad-abad, termasuk peradaban kuno.

Bangsa Romawi mengagumi “Batu Bulan” ini karena mereka percaya bahwa mineral ini tercipta dari sinar bulan yang disatukan. Kedua bangsa Romawi dan Yunani mengaitkan Moonstone dengan dewa bulan mereka. Dalam sejarah yang lebih baru, batu bulan itu menjadi populer selama periode Art Nouveau. Moonstone ditambang di Australia, Pegunungan Alpen di Austria, Meksiko, Madagaskar, Burma, Norwegia, Polandia, India, Sri Lanka dan Amerika Serikat

Moonstone dikatakan dapat menyeimbangkan yin/yang, mengatur fungsi kelenjar Pituitary, menjernihkan dan meningkatkan panca indera. Juga membantu orang yang kurang sensitif/tanggap terhadap diri sendiri dan orang lain (mengurangi keegoisan). Di India, moonstone dihargai sebagai batu suci/keramat. Dipercaya akan membawa masa depan yang baik. Legenda mengatakan bahwa Moonstone adalah hadiah yang sangat berharga untuk kekasih karena akan membangkitkan gairah kelembutan dan biasa disebut sebagai batu yang menimbulkan cinta kasih.

https://i2.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/en/1/14/Black_Onyx.jpg

Mineral jenis Onyx (Black Onyx)

Onyx (Oniks): Mineral Onyx adalah salah satu banded dari jenis kalsedon. Warnanya yang berkisar dari putih hingga ke hampir setiap warna (menyimpan beberapa warna, seperti ungu atau biru). Umumnya, spesimen onyx berjenis hitam dan / atau putih. Onyx terbentuk dari band Chalcedony dalam warna yang beragam. Dalam hal ini cryptocrystalline yang terdiri dari intergrowths halus dari mineral silika kuarsa dan moganite.

Garis guratannya adalah sejajar satu sama lain, yang bertentangan jika dibanding yang sering terjadi pada jenis Agate yang lebih kacau.

Sedangkan jenis Onyx Sardonyx adalah varian di mana guratannya berwarna sard (warna merah) dan bukan hitam. Onyx hitam adalah varietas yang paling terkenal, tetapi tidak biasa seperti onyx dengan guratan yang berwarna-warna. Perawatan buatan telah digunakan sejak zaman kuno untuk menghasilkan baik warna hitam onyx hitamdan merah dan kuning di sardonyx. Kebanyakan onyx hitam” di pasar artifisial berwarna.

Onyx dan Sardonyx dapat membantu koordinasi tubuh, memberi perlindungan dari pengaruh buruk lingkungan sekitar serta dapat mengendalikan diri. Onyx Hitam digunakan untuk merubah suatu kebiasaan buruk. Onyx Mexico (chalcedony putih dan coklat) menolong agar tidur nyenyak. Sard adalah pelindung terhadap mantera atau ilmu sihir. Juga dapat menajamkan rasa humor dari pemakainya.

https://indocropcircles.files.wordpress.com/2014/10/01649-opalc2.jpg?w=276&h=213Opal (Kalimaya): Opal di Indonesia disebut juga sebagai Kalimaya atau Biduri Kluwung atau Opal Wulung, berwarna putih, abu-abu, ungu-putih seperti awan yang diselimuti mega dan terlihat bintang-bintang warna emas. Batu Kalimaya termasuk dalam golongan batu mulia tanggung atau sela aji naaya (halfedelsteen) dan memiliki nilai kekerasan 5,5 sampai 6 Moch.

Warnanya yang beraneka ragam dan luar biasa ini ternyata memiliki susunan kimia sederhana, yaitu Kiezelzuur dan air dengan bercampur bermacam-macam logam yang menyebabkan terjadinya warna-warna yang seakan hidup dan berganti-ganti. Pada zaman dulu, batu Opal itu diberi nama “Pederos” yang berasal dari kata “Puer” yang artinya ‘anak’. Hal ini dikarenakan sifatnya sederhana namun mempesona bagaikan anak yang mungil.

Opal dapat ditemukan di India, Tiongkok, Mesir, Sri Lanka, Mexico, Australia, Philipina, Vietnam, Birma, Amerika, Eropa, Machuria, dan Indonesia (Opal Putih ditemukan di daerah Garut dan Pelabuhan Ratu (Sukabumi).

Para ahli batu-batuan berpendapat, bahwa sejak berjuta-juta tahun, bagian utara dari New South Wales (Australia), Victoria, dan Australia selatan dimana terdapat banyak batu Opal yang berkualitas, diliputi telaga yang dangkal. Di sanalah orang menemukan sisa pohon-pohon dan tulang-tulang yang membatu/fossil dari binatang-binatang purbakala, tulang geraham, dan gigi-gigi buaya yang berlapis Opal.

https://indocropcircles.files.wordpress.com/2014/10/f7b9b-opal4.jpg?w=278&h=208Menurut Empire Review, satu-satunya tempat di dunia dari Kalimaya Hitam adalah parit atau tambang batu di Lighting Ridge, dekat Darling, wilayah New South Wales, Australia. Disini banyak berkeliaran binatang kangguru. Batu Opal Hitam ini memang mempunyai dasar hitam, tetapi memancarkan aneka warna bianglala/ pelangi sehingga mirip dengan warna-warna bulu merak yang indah.

Opal hitam yang terbesar di sebut “Pandora” dan harganya ditaksir beberapa ribu poundsterling. Berbagai pendapat orang yang berbeda-beda mengenai khasiat batu Opal, ada yang mengatakan batu ini tidak baik, hanya menimbulkan nafsu birahi saja pada pemakainya, membuat pikiran kacau, menggoncangkan urat syaraf. Perempuan yang alim jika memakai batu ini dalam waktu dua atau tiga bulan bisa berubah menjadi genit, suka berbuat serong, congkak, dan malas. Tapi kebalikannya ada yang menganjurkan orang memakai Batu ini untuk membahagiakan si pemakai, menyembuhkan penyakit lemah zakar (impotensi), memberi kekuatan ingatan, memberi penawar dalam kesusahan.

Opal hitam adalah pembawa kebahagiaan, tetapi jika orang tidak cocok memakainya bisa membawa kesialan/kecelakaan. Opal digunakan untuk melihat posibilitas, membantu seseorang memiliki kapasitas untuk berbagi rasa cinta dan meningkatkan kestabilan psikis. Orang Arab percaya bahwa opal jatuh dari surga saat banyak petir, dari situ Opal mendapat warnanya yang berapi. Zaman dulu Opal dianggap sebagai lambang kejujuran dan percaya diri.

https://i0.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/60/Rainbow_Shield_Mintabie_Opal_Pendant.jpg/480px-Rainbow_Shield_Mintabie_Opal_Pendant.jpg

The “Rainbow Shield,” an opal pendant made with Australian gem opal. (wikipedia)

Opal sangat kuat pengaruhnya dalam ritual sihir. Karena Opal berkualitas mengandung semua warna dari batu kelahiran lain, dapat dipergunakan atau diisi dengan energi serta kekuatan dari kombinasi semua batu kelahiran, juga digunakan untuk menggantikan batu kelahiran lain didalam menyebut mantra, ritual atau keperluan lain dari kekuatan sihir.

Sering dihubungkan dengan alam maya dan penonjolan astral, juga digunakan untuk memanggil kembali kehidupan yang lalu (tiap warna mewakili sebuah kehidupan dari masa lalu).

Opal Hitam adalah alat pilihan tukang sihir/sulap, digunakan untuk meningkatkan penerimaan terhadap sulap/sihir mereka dan juga menonjolkan kekuatan mereka. Opal Hitam yang dikenakan dekat jantung sebagai kalung dan terbuat dari emas dikatakan dapat mengusir setan, melindungi orang dari mata setan, melindungi pengembara dalam perjalanan menuju tempat yang jauh. Opal juga telah digunakan sebagai ramuan ajaib untuk menyembuhkan tubuh, mengusir mimpi buruk dan sebagai alat untuk meningkatkan energi.

Opal Putih kalau digunakan pada ritual disaat malam bulan purnama, dikatakan membawa kekuatan dari Dewi Bulan bagi tercapainya harapan bagi orang yang melaksanakannya. Opal sangat dihargai pada abad pertengahan, disebut sebagai “ophthalmios” atau “Batu Mata,” dikarenakan kepercayaan yang luas bahwa Opal bermanfaat bagi indra pengelihatan dan menyembuhkan penyakit mata. Wanita berrambut pirang memakai kalung Opal untuk melindungi dari hilangnya warna rambut mereka. Opal Hitam dihargai sebagai batu yang sangat membawa keberuntungan.

Opal juga memiliki kemampuan untuk penyembuhan, terutama meningkatkan kapasitas mental seperti imajinasi yang kreatif, kekuatan pikiran lain yang belum digunakan selama ini. Dari segi kesehatan Opal dipercaya dapat membantu proses asimilasi protein. Fire Opal sering digunakan didalam kegiatan pengumpulan dana bagi yang membutuhkan, biasa dikenakan sebagai liontin dengan kalung emas yang dikelilingi 10-12 Diamond, dipercaya mempunyai kekuatan untuk mengumpulkan uang yang hebat.

https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/af/White_pearl_necklace.jpg/360px-White_pearl_necklace.jpg

Kalung dari Mutiara

Pearl (Mutiara): atau bahasa Inggrisnya disebut Pearl, adalah suatu benda keras yang diproduksi di dalam jaringan lunak (khususnya mantel) dari moluska hidup. Sama seperti cangkang-nya, mutiara terdiri dari kalsium karbonat dalam bentuk kristal yang telah disimpan dalam lapisan-lapisan konsentris.

Mutiara yang ideal adalah yang berbentuk sempurna bulat dan halus, tetapi ada juga berbagai macam bentuk lain. Mutiara alami berkualitas terbaik telah sangat dihargai sebagai batu permata dan objek keindahan selama berabad-abad, dan oleh karena itu, kata “mutiara” telah menjadi metafora untuk sesuatu yang sangat langka, baik, mengagumkan, dan berharga.

Mutiara sangat mahal harganya kalau di jual dan dijadikan perhiasan sangat bagus untuk dunia fashion. Mutiara berharga terdapat di alam liar, tapi dalam kuantitas yang sangat jarang. Mutiara budidaya atau mutiara yang berasal dari tiram merupakan mayoritas dari mutiara-mutiara yang dijual di pasaran. Mutiara laut dihargai lebih tinggi dari mutiara air tawar. Yang banyak dijual dengan harga murah adalah mutiara imitasi, tapi kualitasnya biasanya jelek.

Mutiara dipercaya dapat menolong seseorang untuk lebih mengenal diri sendiri dan meningkatkan penghargaan terhadap dirinya. Mutiara membuat pemakainya dapat merasakan cinta dari orang yang memberi mutiara tersebut serta meningkatkan feminitas. Kegunaan lain yaitu membantu terbentuknya antibodi dan melawan infeksi serta membantu ketidakmampuan seseorang dalam mendidik orang lain.

Cara membedakan batu mutiara asli dan sintetis (imitasi): Gosok batu mutiara pada permukaan gigi atau digigit, apabila terasa kesat atau berpasir dan tidak rata bahkan bila gigi kita sensitif akan terasa ngilu saat di gosokkan berarti mutiara ini asli. sedangkan apa bila saat di gosokkan pada permukaan gigi terasa halus dan licin sudah dapat dipastikan bahwa mutiara ini sintetis (imitasi). Pada mutiara asli memiliki kilau sinar dari dalam dan permukaan yang alami sehingga mutiara terlihat bening, sedangkan yang imitasi memiliki permukaan yang merata dan bisa dilihat seperti semprotan pewarna pada permukaannya. Batu mutiara asli memiliki berat sesuai dengan ukurannya, dan lebih berat dari mutiara sintetis (imitasi).

https://i0.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/ee/Peridot2.jpg/435px-Peridot2.jpg

Peridot

Peridot: adalah permata berkualitas olivin. Olivine adalah mineral silikat dengan rumus (Mg, Fe)2SiO4. Sedangkan mineral Peridot adalah mineral yang kaya magnesium (forsterite) dengan rumus pendekatan Mg2SiO4.

Peridot adalah salah satu dari beberapa batu permata yang hanya satu warna, hijau zaitun. Intensitas dan warna hijaunya tergantung pada seberapa banyak zat besi yang terkandung dalam struktur kristal, sehingga warna permata peridot individu dapat bervariasi dari kuning, hijau zaitun, hingga hijau kecoklatan. Warna yang paling berharga adalah hijau zaitun gelap.

Energi dari mineral Peridot digunakan untuk membantu agar impian seseorang dapat jadi kenyataan. Legenda menyatakan bahwa bajak laut menyayangi Peridot karena melindungi dari kuasa kegelapan/setan. Jika Peridot diikat dengan emas (menjadi perhiasan emas), akan melindungi pemakainya dari teror di malam hari. Untuk kesehatan, Peridot membantu fungsi dari kelenjar adrenal, memberikan keseimbangan energi fisik dan membantu orang yang terlalu sering mengalami ketegangan emosional/stress.

https://i0.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/4a/Quartz_oisan.jpg/477px-Quartz_oisan.jpg

Quartz atau Kuarsa

Quartz: atau Kuarsa adalah salah satu mineral yang umum ditemukan di kerak kontinen bumi. Mineral ini memiliki struktur kristal heksagonal yang terbuat dari silika trigonal terkristalisasi (silikon dioksida, SiO2), dengan skala kekerasan Mohs 7 dan densitas 2,65 g/cm³.

Bentuk umum quartz atau kuarsa adalah prisma segi-enam yang memiliki ujung piramida yang juga segi-enam. Energi dari mineral Quartz digunakan untuk keseimbangan, meningkatkan energi, memerangi pikiran negatif, menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk dan berbagai penyembuhan.

Quartz juga mengatasi perasaan tidak diinginkan atau penolakan yang diterima seseorang. Quartz bening tanpa warna yang dibentuk sebagai bola kristal, telah digunakan oleh peramal sejak abad pertengahan untuk melihat dan memperkirakan masa depan. Jenis-jenis Quartz dan bantuan yang dapat anda terima adalah :

– Druzy Quartz : Membantu seseorang yang tidak memiliki kecakapan untuk memahami persoalan (tidak mempunyai pengertian yang mendalam)
– Rutilated Quartz : Mengurangi cara berpikir yang negatifnya saja.
– Smokey Quartz/Kwarsa Coklat : Memberi dukungan emosional
– White Quartz/Kwarsa Putih : Meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri.l
Rose Quartz: Digunakan untuk keseimbangan emosi bagi seseorang, untuk hati yang terbuka dan untuk meminta maaf/pengampunan. Rose Quartz juga dipercaya dapat mempertahankan keremajan kulit serta mengatasi rasa rendah diri yang parah.

https://i2.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/0d/Ruby_cristal.jpg/344px-Ruby_cristal.jpg

Rough Rubi atau Rubi mentah alami

Ruby: atau dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai batu Mirah Delima (lihat dibawah pada Merah Delima) atau Merah Delima, adalah batu permata berwarna merah yang dapat bervariasi antara merah muda hingga merah darah dan merupakan salah satu jenis dari mineral korundum (aluminium oksida). Sedangkan warnanya terutama disebabkan oleh kromium. Nama “Ruby” berasal dari kata Yunani “ruber” yang artinya merah. Jika di Indonesia namanya “merah delima”, berasal dari buah delima yang isinya berwarna merah.

Rubi alami sangat jarang, tetapi rubi buatan dapat difabrikasi dengan cukup murah. Rubi dianggap merupakan salah satu dari empat batu berharga bersama dengan safir, zamrud, dan intan. Harga batu rubi terutama ditentukan oleh warna.

Warna merah paling berkilau dan paling bernilai dapat berharga sangat tinggi melampaui rubi lain dengan mutu yang sama.

Setelah warna, berikutnya adalah kejernihan: batu yang jernih menandakan harga tinggi. Batu Ruby umumnya dikenal dengan nama “Rubby Sapphire“ dan Batu Ruby disebut juga sebagai “King of Gemstone“.

Energi dari mineral Ruby dikatakan akan membuka hati seseorang terhadap rasa cinta, mengatasi rasa takut menjadi jelek dan tidak dicintai serta menghilangkan kekurang beruntungan. Batu Ruby juga dipandang sebagai pembawa kesehatan, menghentikan pendarahan dan menjadi pelindung terhadap kelicikan orang lain dan nasib buruk. Ruby juga dipakai untuk perlindungan terhadap perilaku sensitif dan menghindari perilaku menyimpang (mencegah terjadinya schizophrenia). Menurut legenda zaman dahulu, Ruby mampu untuk merujukkan/mendamaikan sepasang kekasih.

Pada masa lampau Ruby digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk penawar racun atau untuk meracuni,untuk menghindarkan orang dari wabah, untuk membuang duka cita, untuk menindas sikap sombong,dan untuk mengalihkan pikiran dari berfikir untuk berbuat jahat bahkan dapat mengubah logam jadi emas. (Sumber: Kamus Brewer’S).

https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/f0/Ruby_gem.JPG

Ruby

Dalam dunia astrologi, Ruby diyakini sebagai batu kelahiran untuk bulan Juli. Nilai kekerasan Ruby adalah 9 dalam skala Mohs atau setingkat dibawah berlian serta memiliki berat jenis  3,99 sampai 4.

Ada banyak mitos yang beredar luas di masyarakat, bahwa batu Merah Delima dapat mengeluarkan cahaya bila ditaruh dalam gelas berisi air, maka air tersebut akan menjadi merah sesungguhnya, namun sebenarnya tidak demikian.

Batu Merah Delima asli memang mengeluarkan cahaya merah ketika ditaruh dalam air, namun air tersebut tidak serta merta berubah menjadi merah. Fakta sebenarnya ialah bahwa air tersebut nampak menjadi merah karena pantulan cahaya yang berasal dari batu Merah Delima tersebut, sedangkan airnya sendiri tetap berwarna bening. Seringkali dilakukan uji keaslian dan kekuatan rambatan cahaya merah dengan meletakkan gelas berisi air lalu dimasukkan batu Merah Delima ke dalam gelas tersebut, kemudian gelas tersebut diletakkan berdempetan dan sejajar lurus dengan gelas lain (gelas kaca), maka nampak air yang di gelas lain turut berwarna merah.

Sapphire (Safir): atau Safir, adalah mineral berbentuk kristal tunggal aluminium oksida (Al2O3), suatu mineral yang dikenal sebagai korundum. Dalam bahasa Yunani (Griek) batu ini di namakan Zafiros, dalam bahasa latin Sapphirus, bahasa Ibrani (Yahudi) Sapphir dan dalam bahasa Persia di sebut Yakut-i-asarak.

Safir dapat ditemukan secara alami sebagai batu permata atau difabrikasi pada boule kristal besar untuk berbagai keperluan, termasuk komponen optik inframerah, permukaan jam, jendela yang kuat, dan wafer untuk deposisi semikonduktor seperti nanorod GaN. Safir adalah kelompok korundum yang termasuk aluminium murni. Sejumlah kecil unsur lain seperti besi, titanium, dan kromium memberikan warna biru, kuning, merah muda, ungu, jingga, atau kehijauan terhadap safir.

https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/be/Logan_Sapphire_SI.jpg

Blue Shappire

Safir termasuk semua variasi kualitas mineral korundum kecuali yang memiliki warna merah jenuh yang penuh, yang dikenal sebagai rubi.

Batu-batu Safir yang pertama di impor ke Eropa berasal dari Arabia dan Persia. Sekarang kebanyakan Safir di datangkan dari Birma dan Sri Lanka.

Selain batu Safir yang biru, juga ada yang berwarna pinang masak semu kuning coklat dan diberi nama Safir Padpa Radsja.

Ada pula safir yang berwarna hijau Zambrud kuning muda, kuning tua, biru hijau yang di namakan Batu Nilam.

Dari energinya, Safir dipercaya dapat menjernihkan pikiran, meningkatkan kedamaian, kebahagiaan serta meningkatkan motivasi dan orientasi tujuan hidup, pembawa bahagia dalam perdagangan dan asmara, mempertinggi gaya, memberi kesehatan dan kepuasan jiwa, memberikan ketentraman hidup, melindungi diri dalam kejahatan, menolak racun, penyakit menular, penyakit kulit, dan melindungi mata dari perusakan sakit cacar dan menuntun orang menjadi mempunyai pengelihatan ajaib. Dipercaya juga bahwa cahaya pada batu akan pudar atau menghilang, bila si pemakai berbuat hal tidak senonoh atau cabul.

Raja-raja mengenakan Sapphire di leher mereka sebagai pertahanan yang kuat terhadap bahaya (tolak bala). Batu ini akan melindungi pemakainya dari rasa sirik dan membuat mereka merasa dekat ke Tuhan. Batu dipercaya dapat membantu seseorang yang merasa tidak memiliki kesempatan untuk tujuan/akhir yang lebih baik.

Untuk kesehatan Sapphire dapat meningkatkan kadar potassium, magnesium, calcium dan melepaskan depresi mental. Batu Safir (sapphire) dapat ditemukan di negara-negara, seperti India, Pakistan, Birma, Siam (Thailand), Vietnam, Australia dan di Pegunungan Ural Rusia. Skalakekerasan sapir adalah Mohs 9.

https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/35/Topaz-2.jpg/440px-Topaz-2.jpg

Colorless topaz, Minas Gerais, Brazil

Topaz (Daud, Mirah Cempaka, Ratna Cempaka, Batu Selong, dan kadang-kadang orang menamainya Yakult): Batu Topaz dikenal di Indosesia dengan beramacam-macam nama, misalnya Daud, Mirah Cempaka atau Ratna Cempaka, Batu Selong, dan kadang-kadang orang menamainya Yakult. Akan tetapi nama Yakut juga dipakai untuk batu-batu yang lain yang berwarna kuning, terutama batu Zircon atau Hyacinth yang berwarna kuning menyerupai pinang masak.

Topaz adalah mineral silikat yang terdiri dari aluminium dan fluorin dengan formula kimia Al2SiO4(F,OH)2.

Topaz mengkristal dalam bentuk ortorombik dan sebagian kristalnya berbentuk prisma berujung piramida atau bentuk lain. Topaz murni tidak berwarna dan transparan namun biasanya diwarnai oleh impuritas; topaz biasa berwarna kuning, abu-abu muda atau jingga kemerahan, dan biru cokelat. Selain itu ada juga warna putih, hijau muda, biru, emas, merah jambu (langka), kuning kemerahan atau opak sampai transparan.

Namun batu Topaz tidak selalu berwarna kuning melulu, tetapi juga ada yang tidak berwarna, warna biru dan merah. Batu Topaz yang terbaik mempunyai kilau yang sangat tinggi, terang, bening dan dingin jika dipegang. Batu Topaz biru muda dinamakan Topaz Siberia, biru lebih tua disebut Topaz Brazilia, dan yang berwarna merah jambu di namakan Topaz Merah Jambu.

Konon batu Topaz seperti batu Mirah/Ruby dapat bersinar atau bercahaya di tempat yang gelap, dan ada juga yang mengatakan bahwa batu Topaz itu sekonyong-konyong luntur warnanya kalau ditetesi racun. Jika batu Topaz dipakai sebagai loentin kalung atau gelang, dipercaya dapat mengenyahkan rasa sedih. Pemakai tetap tenang dalam menghadapi bahaya. pelaut-pelaut sering sekali membawa batu topaz sebagai tumbal atau jimat untuk menolak mara-bahaya dalam pelayaran.

https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/34/Large_Topaz_Gemstones.jpg

Berbagai jenis warna dari mineral Topaz

Apabila Topaz digosok dengan keras, batu ini dapat mengeluarkan api atau hawa listrik statis yang dapat menarik potongan-potongan kertas kecil.

Topaz sering dikaitkan dengan batuan beku silisik jenis Granit dan Riolit. Mineral ini mengkristal di dalam pegmatit granit atau lubang uap di aliran lava riolit seperti di Pegunungan Topaz di barat Utah.

Nama “Topaz” berasal dari nama Pulau Tapasos di Laut Merah, dahulu ditempat ini memang banyak terdapat batu-batu yang berwarna kuning, batu Topaz termasuk golongan batu mulia yang memiliki nilai kekerasan 8 Moch, terdiri dari campuran Kiezelzuur dengan Aluminium Okside (Oxyde).

Topaz dapat ditemukan bersama fluorit dan kasiterit di berbagai daerah termasuk Pegunungan Ural dan Ilmen di Rusia, Afghanistan, Sri Lanka, Republik Ceko, Jerman, Norwegia, Pakistan, Italia, Swedia, Jepang, Brazil, Meksiko, Pulau Flinders, Australia, Nigeria, dan Amerika Serikat.

Energi dari mineral Topaz digunakan untuk menambah kekuatan, mencegah terjadinya penyakit ginjal dan kandung kemih. Beberapa khasiat batu Topaz lainnya yakni, memberanikan hati untuk mengambil tindakan yang tegas, pengelihatan yang tajam, cara berpikir yang logis, memberi kesabaran, menggembirakan hati yang sedih, menolak macam-macam penyakit yang berbahaya, melindungi si pemakai dari mara-bahaya dalam perjalanan hingga mencegah terserang penyakit gila.

Zaman dahulu, ukiran burung elang di batu Topaz digunakan untuk menyatakan niat baik dari seorang raja, ratu dan hartawan. Orang Yunani mempercayai Topaz memberikan kekuatan. Topaz juga membantu mengatasi rasa marah (menenangkan emosi) dan melindungi terhadap tekanan pihak luar.

Schorl Tourmaline

Tourmaline (Turmalin): adalah kristal silikat dengan unsur-unsur mineral seperti aluminium, besi, magnesium, natrium, litium, atau kalium.Turmalin diklasifikasikan sebagai semi-batu berharga. Turmalin berasal dari bahasa Sinhala “turamali” atau “toramalli” yang berarti batu permata Sri Lanka. Tourmaline digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit jaringan lymphatic dan anemia.

Tourmaline juga digunakan untuk meningkatkan kesuksesan dan keberhasilan. Tourmaline Pink untuk perlindungan dan meningkatkan keseimbangan pada wanita, sedang Tourmaline Hijau meningkatkan keseimbangan pada pria. Menurut legenda, pemakainya akan diperingatkan dari adanya bahaya dan kekurang beruntungan.

https://i0.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/4b/Turquoise_Cerillos_Smithsonian.jpg/320px-Turquoise_Cerillos_Smithsonian.jpg

Turquoise

Turquoise (Pirus): atau dalam bahasa Indonesia sering disebut Pirus, ada dua macam batu pirus, yaitu keluaran Timur dan Keluaran Barat. Pirus merupakan mineral tidak tembus cahaya berwarna Biru Toska yang dianggap sebagai batuan berharga karena warnanya yang unik. Pirus terdiri dari susunan kimia: aluminium, phosphorzuur, air, tembaga, dan besi. Istilah pirus berasal dari kata bahasa Arab Fairuz (فيروز).

Warna Biru Toska adalah warna perpaduan antara biru yang sedikit kehijau-hijauan. Warna ini merupakan warna lautan atau samudera. Kata Turquoise ini datang dari kata dalam bahasa Perancis untuk “Turkish”, karena batu Pirus aslinya diimpor bangsa Eropa melalui Turki. Catatan pertama penggunaan dari kata turqouise sebagai warna dalam bahasa Inggris yaitu pada tahun 1573.

Pada kenyataannya mineral Pirus tak terpaut hanya berwarna Biru-Hijau yang berarti didominasi warna biru, namun ada juga Pirus yang berwarna Hijau-Biru yang berarti didominasi oleh warna hijaunya. Sebenarnya yang bermutu tinggi warnanya biru. Ada juga yang berwarna ungu, agak putih-hijau dengan retak-retak seperti pecah. Retakan ini merupakan urat emas, pirus daun, dan sebagainya.

Batu Pirus cepat terasa panas, sensitif terhadap asam, mudah dipengaruhi zat cair yang menggigit. Dengan demikian harus dijauhkan dari sesuatu yang dapat merusak mutu batu itu. Sifat lain dari batu pirus, yaitu tidak tahan terhadap tekanan dan sentuhan.

https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/b8/Turquoise.pebble.700pix.jpg/434px-Turquoise.pebble.700pix.jpg

Turquoise, tumble finished, one inch (25 mm) long.

Biasanya, batu ini harus dijaga jangan sampai jatuh. Menurut orang yang mengerti, batu Pirus ini sangat peka rasa terhadap bau-bauan. Batu Pirus yang baik dapat menerima dan menyimpan bau-bauan itu lama sekali, baik itu perbuatan baik maupun untuk kejelekan.

Energi dari mineral dari Pirus dipercaya dapat membantu orang dalam memulai usaha baru. Turquoise dapat memperingatkan pemakainya dari bahaya/penyakit yang akan menyerang dengan perubahan warnanya.

Khasiat lain dari batu Pirus sangat baik sekali untuk mendamaikan persengketaan, mengobati orang yang kurang terang pandangannya (lamur matanya), jika sering memandang batu pirus akan bisa terang pandangannya, membawa kebahagiaan dan keberuntungan, penolak bahaya serta pencegah kecelakaan.

Di abad ke 13 Turquoise dikatakan melindungi pemakainya dari jatuh, terutama dari kuda. Juga digunakan bagi relaksasi tubuh, mengatasi rasa was-was/bingung, kekacauan mental, menenangkan emosi. Bangsa barat mengenal lebih mendalam mengenai bau ini, akibat prajurit-prajurit Macedonia yang merampas batu-batu ini dari Persia lalu dibawa dan dijual di Yunani (Griekland).

Orang Indian percaya bahwa jika Turquoise direkatkan di busur, maka anak panah yang ditembakkan pasti akan mengenai sasarannya.  Konon, pecahan batu Pirus jangan dibuang secara sembarangan, kumpulkan pecahan-pecahan itu dan tanam dalam tanah, supaya bisa jadi batu Pirus yang utuh lagi. Batu ini memiliki kadar kekerasan 6 Mohs.

https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/52/Zirc%C3%A3o.jpeg

Zircon crystal from Tocantins, Brazil (2×2 cm) (wikipedia)

Zircon (Yakult): adalah batu mineral dengan beberapa macam warna, di Indonesia lebih dikenal dengan nama “Yakult”. Dengan rumus kimia ZrSiO4 (zirkonium silikat), bobot jenis 4-4,8, kekerasan 7-7,5 Mohs, mempunyai kemampuan mendispersikan cahaya sehingga kelihatan berkilauan yang hanya kalah dari kilauan intan.

Batu Yakut/Zircon terdiri atas Zirkonium dan Kiezelzuur, dan yang memberi warna adalah Ijerroxyde. Jika ada yang berwarna agak bening di namakan Zirkon Mulia atau Hyacinth.

Warna Zircon macam-macam, ada yang merah tua seperti batu Garnet (granaat) atau Biduri Delima (Berjat), kuning dan sebagainya. Batu yang tergolong Yakult/Zircon jika dipanaskan berganti-ganti warnanya, misalkan Zirkon Yakult yang berwarna kuning dan dalam bahasa asingnya disebut Hyacinth, jika dipanaskan menjadi biru. Jika terus dipanaskan menjadi semu hijau.

Terdiri sari berjenis-jenis warna, maka orang dapat memikirkan, semuanya terdapat pada batu ini. Zircon yang menguning sampai tak berwarna tampaknya di dapatkan dari Sri Lanka. Dari berjenis-jenis Zircon ada batu Zircon yang mempunyai warna merah darah dan yang berwarna hijau Zambrud. Sedangkan batu Zircon yang berwarna biru, beningnya semacam kristal dan kilaunya tinggi.

Di Amerika dinamakan Starlite Zircon. Batu Zircon jika diserdi faset lalu jadi Intan Matura. NamA ini diambil dari nama tempat Matura di Sailan dan intan ini hampir tak dapat dibedakan dengan dengan intan tulen. Oleh karena itu, orang harus berhati-hati membeli intan jangan sampai keliru membeli Zircon Matura.

https://indocropcircles.files.wordpress.com/2014/10/580fb-yakut6.jpg?w=260&h=194

Starlite Zircon.

Seperti Crystal, Zircon digunakan untuk berbagai penyembuhan. Zircon membantu seseorang untuk berdamai dengan dirinya sendiri dan mengatasi perasaan negatif atau rasa frustasi serta meningkatkan perilaku positif.

Beberapa khasiat lain dari batu Zircon, hati merasa tenang, mencegah iri hati dan cemburu, menolak energi negatif, memberi rasa bahagia dan kepuasan hati pemiliknya.

Zircon juga membuat pemakainya lebih bijaksana, terhormat dan kaya. Hilangnya cahaya/kilau dari sebuah Zircon dikatakan memperingatkan akan adanya bahaya bagi pemiliknya. Batu Zircon dapat ditemukan di Friedrichswarn, sebelah selatan Norwegia, Siberia (Rusia), Sri Lanka, Pegu (Birma), Madras (India), Bohemen, Saksen, Italia, Swiss, Pegunungan Ural (Rusia), Amerika Utara, dan Australia. Dengan demikian dapat dikatakan batu-batu zircon tersebar di segala sudut dunia.

Batu Akik Khusus

Akik Lumut : dapat meningkatkan hubungan dengan alam sekitar. Lumut Hijau membantu menghilangkan racun dalam darah dan menyeimbangkan energi emosional. Lumut Merah membantu membersihkan darah serta menambah stamina fisik.

Akik pohon : menolong dalam melakukan introspeksi diri dengan lebih jelas, melihat dunia melalui sudut pandang yang lebih luas dan menurunkan demam serta kadar racun.

Akik Garis/Pita : membantu dalam menarik kekuatan energi, mengatasi rasa tidak mempunyai cukup kekuatan atau keberanian.

Akik Renda/Jalinan : mengatasi keputus-asaan dan depresi, menimbulkan kegembiraan serta relaksasi dari tegangan otot serta kejang. Akik Renda Biru membantu menyeimbangkan cairan tubuh dan memberi ketenangan emosi.

Akik menyerupai bulu burung : menguatkan pembuluh darah dan mengatasi rasa takut tanpa sebab yang jelas. Berguna untuk mengurangi rasa takut dalam berburu atau menemukan arah.

Akik bintik-bintik : perlindungan ekstra terhadap pelawat/pengembara, salah satu batu cincin para petualang.

Akik Mata : melindungi dari kerusakan pada tubuh dan menghilangkan pikiran negatif.

Akik Dendrite :
menyeimbangkan kadar gula darah. Merupakan batu para petualang untuk memberikan keamanan dan kekuatan.

Akik India: memberikan kekuatan jasmani, mengatasi perasaan tidak aman/tidak sejahtera dan menghilangkan kelemahan fisik serta emosional

Akik Botswana : mengatasi ketidakpastian dari arah dan tujuan pribadi

Batu Badar BesiBadar Besi (Magnetsteen / Batu Pati Ayam): Seringkali Batu Badar Besi dipanggil juga dengan nama Batu Pati Ayam atau secara ilmiah adalah Magnetsteen karena jika didekatkan pada besi magnet, batu bada besi akan bergerak berputar-putar.

Kandungan yang ada dalam batu badar besi adalah unsur Besi atau Ferum (Fe) dengan kandungan Oksigen (O2) yang tinggi sehingga memiliki warna abu kehitaman dan memiliki kekerasan 5-6 skala Mohs.

Batu akik Badar Besi banyak ditemukan di daerah Brazil, Mexiko, Australia dan Amerika yang mana dekat dengan wilayah pegunungan yang sering terjadi banjir lahar beratus-ratus tahun yang lalu. Batu ini juga di temukan di wilayah Indonesia.

https://indocropcircles.files.wordpress.com/2014/10/ddcb9-widuri.jpg?w=250&h=205Biduri Bulan (Maansteen/Adular/Widuri Bulan): Dalam bahasa asing batu ini selain dinamai Maansteen, juga Adular. Di Indosesia terkenal dengan nama Biduri Bulan karena cahayanya seperti sinar bulan purnama.

Batu Widuri Bulan tergolong pada batu mulia tanggung (hallf edelsteen) yang memiliki nilai kekerasan Moch 6 dan mempunyai aneka warna, akan tetapi yang banyak adalah bening air dan tidak berkilau.

Pujangga Arab, Al Kwazini, mengatakan bahwa batu Biduri Bulan mempunyai pengaruh saling tarik-menarik antara perempuan dan laki-laki. Wanita-wanita yang ingin dicintai oleh pria sering memakai cincin bermata Biduri Bulan.

Batu Biduri Bulan bisa ditemukan negara-negara antara lain Sri Lanka, Birma, Brazilia, Pegunungan Alpen di Eropa. Khasiat dari batu Biduri Bulan adalah untuk memberi kegembiraan, mendatangkan rasa welas asih, membuat perasaan tajam, menolak penyakit menular, melindungi diri dari mara-bahaya namun juga dipercaya membawa banyak kesenangan dalam bidang asmara.

batu mata kucingChrysoberyl Cat Eye (Mata Kucing): batu ini dinamakan Mata Kucing atau ‘Cats Eye’ karena jika terkena cahaya, maka akan muncullah segaris sinar pada batu ini mirip mata seekor kucing.

Batu Mata Kucing di Indonesia bermacam- macam namanya, misalnya Biduri Pandan Wulung, Benang Sebelas, Intan Tetulas Kendit, Dunyo (pancer papat, artinya berlian mengelilingi dunia berapa kali dan terpancang pada empat penjuru).

Bentuknya seperti separuh telur, warnanya keruh (tidak terang) semu-semu hijau, abu-abu ungu dengan satu sinar terang lurus di tengah-tengah yang dapat bergerak ke kanan ke kiri. Namun yang asli justru jika di dalam gelap dimana tak ada sinar cahaya sama sekali, maka segaris sinar itu menghilang akibat tak adanya sinar yang dapat dipantulkannya. Sedangkan yang palsu, di dalam gelap justru tetap bersinar.

Hal inilah yang menjadi keunikan batu ini sehingga banyak orang yang menyukainya akibat kealamiahannya. Batu Cat’s Eye ini banyak yang berwarna coklat kehitaman, kuning madu dan warna hijau muda. Batu Cats Eye mempunyai kekerasan pada ukuran 8-9 pada skala Mohs. Batu Mata Kucing yang tulen dinamai juga batu Simopan (cymophaan). Jika berwarna hijau zaitun bersemu dinamai batu Biduri Anggur.

Khasiat Batu Mata Kucing dipercaya dapat memberanikan hati berjalan di tengah malam, memberi kebahagiaan kebendaan (materil), menguatkan batin dari pengaruh-pengaruh jahat, memberanikan diri mengadu untung (spekulasi), mencegah mabuk laut, memberi tanda datangnya ancaman bahaya dengan pertanda sinar terang dari batu itu tak bergerak seperti biasa dari kanan ke kiri atau sebaliknya.

batu akik combongCombong: Adalah batu akik antik yang memiliki cirikhas: berlubang pada bagian bilah atau sisi batu. Ukuran lubang bisa seukuran jarum atau lebih besar. Salah satu ciri keaslian batu ini memiliki lubang tembus walau hanya kecil.

Batu combong banyak diburu orang karena dipercaya memiliki tuah untuk pengasihan atau pelet, sama seperti Batu Kecubung Wulung.

Para pakar supranatural berpendapat, dibalik keindahan lubang combong ini, ada kekuatan yang terpancar darinya yang bersumber dari kekuatan alami batu combong, diantaranya: Menambah karismatik, berfungsi sebagai pengasihan, disukai banyak orang (pergaulan), membuka aura kecantikan bagi wanita dan ketampanan bagi pria, menutupi kekurangan seseorang, benci berubah menjadi rindu, keharmonisan, meningkatkan perasaan cinta, kasih sayang dan karismatik/kewibawaan. Akibatnya, batu akik combong banyak dipalsukan dan sulit untuk dibedakan dengan yang aslinya.

Berikut ciri-ciri batu combong asli: Mempunyai bobot yang lebih berat, mempunyai serabut atau urat batu atau alur pada batu yang nampak jelas, lubang yang ada kasar, tidak seperti dibor atau sengaja dibuat, pada sisi lubang biasanya terlihat seperti bekas kikisan air, tajam dan lancip (bisa menggunakan kaca pembesar) dan pada sisi bagian dalam pada permukaan juga terlihat kasar dan tidak halus.

Batu HakikatHakikat (Badar Lumut): Asal batu hakikat adalah dari batu-batu gunung yang sudah berusia ribuan tahun. Batu ini juga dikenal dengan sebutan Batu Badar Lumut, karena mempunyai sejumlah tumbuhan lumut atau serat-serat lumut yang berada di dalamnya.

Hal ini dapat terjadi karena batu itu pada awal pembentukannya berada di tempat yang berair, sehingga lumut-lumut telah masuk atau menjalar ke dalamnya.

Oleh karenanya Batu Hakikat ini dipercaya bersifat sejuk, maka batu unik ini termasuk yang digemari oleh para penggemar batu cincin karena sifat kesejukannya yang dapat membuat orang itu menjadi bersifat kalem namun disukai dan terkesan berwibawa.

Batu Junjung DrajatJunjung Drajat: Motif batu akik Junjung Drajat ini kebanyakan bermotif garis-garis bersiku, mirip pangkat pada militer. Mungkin dari sinilah awal-muasal namanya diberikan.

Seperti namanya ‘Junjung Drajat’, maka batu Akik Junjung Drajat dipercaya sebagian orang bahwa Batu Junjung Drajat ini memiliki khasiat untuk dapat meningkatkan derajat kewibawaan.

Selain itu, dipercaya juga bahwa Batu Junjung Drajat ini dapat meningkatkan derajat perekonomian dan meningkatkan derajat status sosial. Oleh karenanya batu ini termasuk yang digemari para penggemar batu cincin.

Kresna Dana (Krishna): Batu Kresnadana merupakan batu permata dengan nilai kekerasan batunya 9 mohs dan batu ini sangat langka atau jarang ditemukan. Batu Kresna merupakan salah satu permata alam yang memiliki ciri khas berwarna hitam gelap. Namun, permata ini  memiliki keistimewaan yakni tembus cahaya dan apabila disinari maka warna hitam gelap akan berubah menjadi berwarna hijau.

batu krisna kresna danaPermata jenis ini khususnya berasal dari Bali dan masih sangat sulit ditemukan sehingga keberadaannya di pasaran masih langka. Konon batu permata Kresnadana milik Raja Badung di Bali yang diyakini sebagai anugrah dari Ida Bhatara atau Hyang Kuasa yang beristana di Pura Puncak Mangu yang membuat leluhur Raja Badung dapat menahan panas lahar dari Gunung Agung ketika dengan sengaja masuk kekawahnya dan tembus di Pura Goa Lawah, lalun pada akhirnya beliau mendapat anugrah sebuah wilayah yang dinamai Badung.

Oleh karenanya batu ini dipercaya membawa khasiat yaitu dapat menahan panasnya api, berwibawa dan bijaksana, meredam kerusuhan, menentramkan pikiran dan meredam amarah. Saat ini, Batu Kresna hanya bisa diperoleh di daerah Unggahan Kecamatan Busungbiu-Buleleng tepatnya di salah satu bukit yang namanya “Bukit Celebung” sehingga di pasaran biasanya orang menyebut batu ini dengan nama Batu Celebung.

batu merah delima asliMirah / Merah Delima: Ada yang menyebutkan Ruby (lihat juga pada keterangan diatas) atau batu delima merah, dikenali karena warna merahnya yang melambangkan perasaan cinta, kuasa dan kemegahan.

Batu merah delima terkenal karena kecantikan fisiknya. Selain berwarna merah cerah, ada juga batu merah delima yang berwarna merah jambu (pink) dan merah hati (merah tua). Kekerasan batu Merah Delima sebagai batu permata adalah sangat keras yaitu pada ukuran 9 pada bacaan skala Mohs.

Obsidian (Batuan Lava): Sesungguhnya bukan batu tambang melainkan sejenis batu lahar berawal dari lava yang dimuntahkan dari kawah gunung berapi. Warnananya bening seperti kaca. Batu ini memiliki kekerasan antara 6-7 mohs, dan batu Obsidian termasuk batu mulia tanggung. Warnanya kadang-kadang hitam mulus, merah tua, agak hijau, atau abu-abu. jarang yang berwarna kuning atau merah, putih atau biru. Sebenarnya batu ini termasuk golongan batu Sulaiman.

https://indocropcircles.files.wordpress.com/2014/10/6cdc9-obsidian.jpg?w=222&h=234Penamaan Obsidian berasal dari nama seorang Romawi (Italia Kuno) yang membawa batu itu ke Roma dari kerajaan Ethopia di Afrika. Kala itu barang siapa yang memakai batu Obsidian maka akan mempunyai kekuatan gaib dan dirinya akan terlindung dari penyakit kulit sehubungan dengan jenis batu yang berasal dari batu lahar gunung api ini. Selain di Ethiopia, tempat penemuan batu ini juga ada di Mexico, Hongaria dan Islandia. Di Indonesia batu Obsidian juga ada, seperti batu Gunung Kelud, batu ini cahayanya bening, warnanya hijau dan ungu.

Dikatakan pada waktu Gunung Kelud meletus pada 11 November 1911, terlontarlah dari kawah gunung itu batu besar. Setelah batu dihancurkan, lalu ditemukanlah 11 butir batu mustika yang semuamya sama besarnya, demikian juga bentuk dan warnanya. Khasiat batu Obsidian atau jenis batu lahar yang dimuntahkan dari kawah gunung berapi ini dipercaya dapat menolak bahaya kebakaran, pencurian, ilmu hitam, energi negatif dan penyakit menular.

panca warnaPanca Warna: Adalah batu akik dengan corak berwarna-warni. Manfaat dari Batu Panca Nur sudah diakui sejak dulu.

Banyak yang meyakini jika Batu Pancawarna memiliki kekuatan mistik yang sulit dijelaskan secara logika.

Diantaranya, sering mendapatkan sesuatu hal yang dapat membantu dalam kehidupan, kewibawaan, dan tentunya untuk menarik lawan jenis.

Pandan (Batu Biduri Pandan/Malasit): Batu Biduri Pandan telah dipakai manusia sejak jaman dahulu kala sebagai salah satu batu hiasan tertua yang pernah ada, untuk membantu mewujudkan keinginan-keinginan mereka. Orang-orang Mesir kuno menggunakan kekuatan batu ini untuk kecantikan dan juga untuk penyembuhan.

Selain itu, orang Mesir kuno juga menghaluskan batu ini menjadi bubuk untuk dijadikan eye shadow, karena selain warnanya yang indah, batu ini juga dipercaya dapat menjernihkan pengelihatan. Akhirnya orang Mesir memakai batu ini sebagai perhiasan, seperti cincin, liontin, kalung, ataupun anting-anting, hingga akhirnya diketahui oleh dunia barat, termasuk Belanda.

asal muasal nama batu akik pandan

Asal muasal nama batu akik Pandan (Batu Biduri Pandan/Malasit)

Pada saat Belanda datang ke Indonesia, banyak diantara mereka memakai liontin besar sebagai perhiasan dari jenis batu Pandan ini.

Ciri khas orang-orang Belanda yang memakai liontin besar dari batu alam tersebut sebagai perhiasan, kemudian diadopsi oleh penduduk lokal termasuk jawara (jagoan/preman) lokal yang ikut memakainya sebagai cincin dengan ukuran besar, mirip ukuran liontin dijari mereka.

Namun hal itu justru membuat orang Belanda heran dan bingung pada masa itu, karena bukannya dipakai sebagai kalung liontin, tapi batu itu justru mereka pakai sebagai cincin dengan ukuran yang sebesar liontin.

Ukuran liontin yang lebih besar daripada batu cincin yang justru disematkan di jari jawara-jawara ini kemudian dipakai hingga sekarang dan membuat ciri khas sebagai “batu jawara” dengan ukuran yang besar.

Kata dari penamaan batu akik “Pandan” ini tak ada hubungannya dengan tumbuhan pandan atau daun pandan, namun kata “Pandan” diambil dari bahasa Belanda “Pendant”, yang berarti Liontin.

Sulaiman: Batu cincin akik Sulaiman, sesuai namanya, batu akik ini merujuk pada batu cincin Nabi Sulaiman. Dalam banyak riwayat disebutkan, bahwa Nabi Sulaiman memiliki sebuah cincin sakti yang dapat membuat pemakainya berwibawa dan mengubah pemakainya menjadi siapapun karena tuah yang terkandaung di dalamnya.

batu-akik-sulaimanJenis batu Sulaiman diidentikkan dengan batu berwarna merah dengan serat alami dengan beraneka ragam corak, sehingga nama batu ini menjadi beragam sesuai pamor atau warna yang terdapat pada batu. Batu akik ini susah-susah gampang kalau dicari. Tapi, biasanya yang membeli batu ini harus memesan dulu. Harganya ada yang Rp. 2 juta-an, ada yang Rp. 6 juta hingga Rp. 8 juta juga ada.

Beberapa jenis Batu Akik Sulaiman diantaranya: Batu Akik Sulaiman Daud, Batu Akik Sulaiman Wulung, Batu Akik Sulaiman Madu, Batu Akik Sulaiman Combong, Batu Akik Sulaiman Mata, Batu Sulaiman Pancawarna, Batu Sulaiman Junjung Derajat, Batu Akik Sulaiman Kurung, Batu Akik Sulaiman Susu, Batu Akik Sulaiman Hitam, Batu Akik Sulaiman Kuning, Batu Akik Sulaiman Hijau, Batu Akik Sulaiman Biru dan Batu Akik Sulaiman Emas.

Sedangkan khasiat batu akik Sulaiaman, diantaranya: Sebagai perlindungan diri dari serangan baik secara fisik maupun mental, Menguatkan daya kerja otak dan kecerdasan, Menambah kekuatan jasmani dan mengatasi perasaan tidak aman, Jauh dari pengaruh pikiran yang bersifat buruk, Untuk ketengan batin dan ketentraman, Mencegah pencurian, perampokan dan terhindar penyakit menular, Dapat menetralisir racun dan terhindar dari binatang berbisa, Baik untuk semua kelahiran baik wanita atau pria
– Menumbuhkan rasa welas asih, kejujuran, keadilan dan menarik rasa simpati dari orang lain.

Terlepas dari kepercayaan sebagian orang terhadap khasiat batu akik Sulaiman, batuan alam yang terkristal secara alami diyakini memiliki energi magnetis sehingga akan membawa pengaruh bagi pemakainya baik pengaruh yang sifatnya negatif maupun positif.

tapak jalakTapak Jalak: adalah batu yang secara alami memiliki motif garis silang (+). Karena motifnya menyilang menyerupai tanda tapak kaki burung Jalak, maka batu ini disebut sebagai Batu Tapak Jalak.

Batu dengan motif menyilang ini tentu banyak ragamnya. Oleh karenanya tak ada pakem dari jenis batuan apa.

Selama batu itu memiliki motif menyilang, maka dinamakan juga sebagai Batu Tapak Jalak. Batu Tapak Jalak dipercaya oleh sebagian orang dapat memberi kewibawaan dan keselamatan. Batu ini diyakini beberapa orang dapat menangkal santet, teluh, dan lainnya.

https://indocropcircles.files.wordpress.com/2014/10/b2a98-tiger1.jpg?w=640Tiger Eye / Mata Harimau: Batu Mata Harimau ini masuk dalam kelompok Quartz / Kwarsa/Kinyang. Dinamakan Tiger Eye karena warna dan jaluran cahaya yang meliputinya jika dipandang seolah-olah seperti mata harimau.

Batu Tiger Eye memiliki susunan kimia SiO2, tercampur sedikit unsur-unsur besi dan mangaan.

Batu ini memiliki warna kuning, coklat dan warna-warni, ada yang agak merah tua dan berkilau seperti emas dan bergaris-garis seperti harimau loreng, garis-garis itupun bermacam-macam.

batu mata harimauOrang menyebutkan bila berwarna kuning muda dinamakan mata harimau sedangkan apabila garis-garis putih biasanya disebut dengan Mata Garuda.

Warna yang paling menonjol pada batu ini adalah kuning yang bercampur dengan hitam dan campuran coklat serta orange.

Batu Tiger Eye memilki kemiripan dengan Batu Mata Kucing, efek mata kucing pada batu ini memang ada, tetapi jarang terjadi dalam bentuk yang sempurna dikarenakan sifat serat dari batu ini bergelombang.

Tingkat kekerasan batu ini pada skala mohs adalah 7 skala Mohs, yang banyak dijumpai di negara Afrika Selatan, Rusia, Australia Barat, India, Thailand, negara Germany dan China. Tiger’s Eye cocok dipakai oleh semua golongan dan berbagai lapisan masyarakat.

https://indocropcircles.files.wordpress.com/2014/10/093df-yaman2.jpg?w=239&h=240Yaman: Batu ini keluaran dari Mekah dan banyak di bawa oleh jemaah haji yang kembali dari tanah suci untuk dihadiahkan kepada sanak saudara.

Berdasarkan cerita kuno batu ini berasal dari seorang Nabi. Sewaktu kembali ke Mekkah, ia mengambil pasir dan ditebarkan ke setiap sudut kota agar terbebas dari macam-macam halangan. Kemudian butir-butir pasir itu menjadi batu yang kini diberi nama Batu Yaman.

Batu Yaman juga memiliki banyak macamnya, misalnya Yaman Darah, Yaman Susu, Yaman Jaya, Yaman Kencono, Yaman Welas, Yaman Tiban, Yaman Wulung. Masing-masing batu itu memiliki khasiat tersendiri. Banyak batu Yaman digunakan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit.

Yaman Kencono, khasiatnya yaitu membawa keberuntungan, sebab dari nama Kencono, orang paham diartikan dengan emas yang menjadi simbol dari kekayaan dan keagungan.

Yaman Wulung, yang berwarna merah sawo matang serta kilauannya bening dengan satu urat warna coklat merip dengan ular yang melingkar seperti huruf  S atau Z. Batu ini khasiatnya dapat menolak pengaruh setan, iblis, memberi pamor dan ulas muka yang terang. Yaman Wulung sangat cocok dipakai oleh petani, pegawai biasa, anggota angkutan perang, pedagang dan pelaut, namun kurang baik pagi perempuan. Adalagi semacam batu Yaman, yaitu Yaman Mega Mendung yang menuntun si pemakainya suka beribadah, gemar bersemedi dan menentramkan hati yang gelisah.

Berat Jenis dan Kadar Karat Batu Mulia

Emas adalah 19 kali lebih berat daripada air. Jadi berat emas adalah 19. Berat jenis perak 10,5 berarti bahwa perak 10,5 lebih berat daripada air karena dengan berat jenis 10,5 berarti juga tiap-tiap satu sentimeter kubik, berat perak itu 10,5 gram. Berat jenis intan tiga setengah berarti tiap-tiap sentimeter kubik intan, beratnya tiga setengah gram.

Tiap batu mulia yang dikenal, dicari dan dihitung berat jenisnya. Sesudah mengetahui nilai keras batu, berat batu dapatlah dihitung dari batu mulia itu. Karat adalah satuan berat yang setimbang dengan seperlima gram. Satuan ini dipakai di seluruh dunia. Oleh karena itu, disebut karat metrik. Jika kita timbang berat intan, kita tidak mengatakan berat intan itu satu gram, melainkan kita katakan lima karat intan, batu safir dua belas karat, batu mirah tujuh karat, dan sebagainya.

Agar tidak salah faham, harap diketahui bahwa timbangan karat yang dipakai untuk batu mulia tidak sama dengan satuan karat yang dipakai untuk emas. Misalnya emas dinamai 24 karat adalah jenis emas tules (asli) atau 100% emas. Emas disebut 18 karat mengandung 18 x 100%=75% emas murni.

Elektrisitas dan Magnitisma Batu Mulia

Jika batu mulia digosok dengan kain wol atau memanaskan beberapa macam batu mulia, maka akan tampak tenaga listrik (elektrisitas) dari batu mulia itu. Artinya, batu mulia itu dapat menarik benda lain atau menolak benda lain. Terutama batu turamali (turmalijn) bahkan amber (barnsteen) juga mengandung magnitisma. Yang dimaksud dengan istilah magnitisma ialah batumulia yang mempunyai kekuatan magnit sehingga dapat menarik benda-benda lain.

Pengaruh Hawa pada Batu Mulia

Batu mulia jika dipegang atau digenggam sering kali menimbulkan beraneka ragam perasaan pada manusia. Kebanyakan batu mulia dingin rasanya, tetapi dalam iklim yang biasa batu mulia asli agak hangat bila dibandingkan dengan batu-batu mulia palsu. Juga ada batu mulia yang menyerap hawa panas.

Untuk membedakan batu mulia asli dan batu mulia tiruan, orang dapat meniup batu-batu itu. Apabila batu itu asli, maka hawa panas atau uap yang membuat kusam pada batu mulia asli akan segera lenyap. Tetapi pada batu mulia tiruan uap panas itu melekat agak lama.

Batu intan dapat menahan hawa panas, namun bila intan itu mempunyai sumbat terbuat dari emas, maka sumbatya dapat hangus. Intan, mirah, batu beril, aleksandri, sirkon, topas, turmalin dan kwarsa tidak akan rusak jika dimasukkan ke dalam zwavelzuur encer yang mendidih. Kecuali intan, kebanyakan batu permata lainnya dapat terkikis atau rusak jika terkena zoutzuur, zwavelzuur, koningswater, dan natronloog. Terlebih lagi bila zat-zat asam ini dipanasi. Batu zambrut, akuamarin, topas, hiasin (hyacinth), turmalin, khrisolit, opal, pirus, tidak dapat menahan panas. Batu-batu itu tidak bening kelihatannya. Oleh karena itu jangan sampai kena api.

Batu Mulia Untuk Keperluan Teknis

Sejak tahun 1700 poros pada arloji yang mahal harganya menggunakan batu-batu mulia yang keras. Sebab batu-batu mulia yang demikian dapat menahan pengikisan yang terjadi dari gesekan poros dengan gigi-gigi kecil dalam arloji.

Jenis batu mulia yang digunakan untuk as arloji itu adalah batu robijn (ruby) atau mirah. Akan tetapi, ada juga orang yang menggunakan batu-batu granat, topas, dan lain-lainnya. Supaya tidak terkikis, poros arloji yang dibuat dari batu-batu mulia itu harus lebih keras dari gigi-gigi dalam arloji.

Alat-alat yang lembut dibuat dari batu-batu mulia sebagai porosnya, misalnya untuk neraca kimia. Dengan demikian poros-porosnya mudah terkikis. Untuk itu umumnya digunakan batu granat. Untuk membelah kaca, membangun terowongan, membor batu-batu keras dan barang baja, juga bubuk penggosok intan, orang menggunakan intan. Sudah barang tentu intan yang digunakan adalah intan yang sudah tidak dipakai untuk perhiasan, yakni intan jenis kasar yang berwarna hitam atau yang tidak cerah.

Nilai Keras Batu

Untuk mengetahui dan menentukan keaslian batu mulia, orang berpedoman pada nilai keras batu-batu mulia itu. Tingkat kekerasan batu itu berbeda-beda, baik pada bagian luar maupun bagian dalam. Sebutir intan dapat digunakan untuk membelah kaca karena kerasnya.

Pada akhir abad ke-18, seorang ahli pertambangan bernama Drich Mohs (1772-1839) mengemukakan ukuran untuk menentukan 10 macam keras batu sampai sekarang masih berlaku.

Friedrich Mohs menemukan sistem untuk membagi nilai keras berbagai barang tambang dengan jalan amat sederhana dan praktis hingga seorang penggemar batu cincin dapat menentukan sendiri nilai keras tiap-tiap jenis batu mulia. Dari daftar nilai keras batu mulia diatas, maka intanlah yang keras dengan nilai keras 10, kemudian mirah dengan nilai 9, lalu topas dengan nilai keras 8.

Semua jenis batu yang berukuran nilai keras tujuh setengah ke atas berdasarkan pembagian Mohs, batu itu dinamakan batu mulia atau stenen. Batu-batu yang bernilai keras enam setengah sampai tujuh setengah digolongkan ke dalam kelompok batu mulia tanggung (half-delstenen) dan batu lain yang nilai kerasnya enam setengah ke bawah dinamakan batu perhiasan (sierstenen).

Nilai keras batu sebagai berikut:

No Jenis Barang Nilai Keras
1 Lemak dian (talk) 1
2 Karang batu (gips) 2
3 Kalit (calcite) 3
4 Florit (flourite) 4
5 Kaca jendela (apatite) 5
6 Feldspar atau batu kulansing (veldspaath) 6
7 Kwarsa atau kwarts atau kinyang (quarts) 7
8 Topas 8
9 Mirah dan safir (korund atau corundum) 9
10 Intan (diamant atau diamond) 10

Batu Mineral Berdasarkan Zodiak

Batu akik adalah batu alam dengan energi alam dimana setiap energi memiliki aura prositif dan negatif yang tentunya memiliki efek jika dikenakan oleh pemakainya, sebagai referensi pilihlah jenis batu yang cocok atau sesuai dengan jenis kelahiran atau zodiak kita bisa lihat dalam tabel berikut :

Tanda Bintang
Batu Kelahiran
Batu Planet
Batu Keberuntungan
Capricorn (22 Des-19 Jan) Ruby / Mirah, Garnet, Agate / Akik Lapis Lazuli Ruby / Mirah
Aquarius (20Jan-18 Feb) Garnet, Moss Agate / Akik Lumut, Opal / Kalimaya, Amethyst / Kecubung Turquoise / Pyrus Garnet, Hyacinth
Pisces (19 Feb-20 Mar) Amethyst / Kecubung, Rock Crystal, Sapphire, Bloodstone Aquamarine Amethyst / Kecubung
Aries (21 Mar-19 Apr) Bloodstone, Diamond / Intan Jasper / Hati Ayam Diamond / Intan, Jasper / Hati Ayam, Bloodstone
Taurus (20 Apr-20 Mei) Sapphire, Amber, Turquoise / Pyrus, Blood Coral, Emerald / Zamrut Emerald / Zamrut, Aventurine Sapphire, Diamond / Intan
Gemini (21 Mei-20 Jun) Agate / Akik, Pearl / Mutiara, Chrysoprase Tiger Eye / Mata Macan Agate / Akik, Emerald / Zamrut
Cancer (21Jun-22Jul) Emerald / Zamrut, Pearl / Mutiara, Ruby / Mirah, Moonstone Moonstone Emerald / Zamrut, Agate / Akik, Chalcedony
Leo (23Jul-22Agst) Tourmaline, Sardonyx, Onyx Rock Crystal Peridot, Onyx, Amber
Virgo (23Agst-22Sep) Pink Jasper / Hati Ayam Pink, Jade / Giok, Carnelian, Sapphire Citrine / Kwarsa kuning Carnelian, Sardonyx
Libra (23Sep-22Okt) Opal / Kalimaya, Lapis Lazuli, Peridot Sapphire Opal / Kalimaya, Chrysolite, Sardonyx
Scorpio (23Okt-21Nov) Aquamarine, Topaz Garnet, Ruby / Mirah Aquamarine, Beryl
Sagittarius (22Nov-21Des) Sapphire, Topaz, Amethyst / Kecubung, Turquoise / Pyrus Topaz Topaz, Pearl / Mutiar

Itulah beberapa khasiat dan kegunaan mineral alami yang sering digunakan oleh manusia. Namun janganlah anda percaya 100%, karena itu semua tergantung pula oleh mental, psikologi dan cara pemikiran anda.

Sedangkan ada tidaknya peran penting Batu Mulia secara non saintis terkait dengan dunia mistik, musyrik atau berkaitan dengan jin bisa dibilang tidak ada. Namun yang terjadi bisa lebih parah, yaitu menyekutukan Tuhan dengan meminta sesuatu kepada banda mati itu sangat tak dianjurkan, karena semua kekuatan berasal dari Allah Ta’alaa dan kembali kepada Allah Ta’alaa.  (olah artikel: IndoCropCircles/ Sumber: Pouw Kioe An/ Han Sam Kay. Rahasia Batu Permata.Mandira.Semarang 1994/ berbagai sumber)

batu berdasarkan zodiak

How It’s Made – Gemstones

How Its Made – Turquoise Jewelry

How its Made – Diamond Cutting

How It’s Made – Gold jewellery

Artikel Lainnya:

Ditemukan Mineral Jenis Baru Yang Misterius di Meteorit

5 Benda Super Langka Yang Lebih Mahal Daripada Nuklir

Trovanty, Batu Misterius Yang Bisa Tumbuh Besar

Akhirnya Terkuak! Misteri Batu Berjalan di Racetrack Playa

Unsur Batu “Piramida” Mars Mirip di Bumi

Batu Ukir Berusia 1.000 Tahun Ditemukan di Ponorogo

Wow!! Kawah Patomski, Struktur Batuan Misterius di Tengah Hutan Rusia

Ditemukan: “Batu Dolmen” dan “Bukti Piramida” Situs Gunung Padang (Gunung Padang – PART 10)

Misteri “Batu Tulis” Desa Jabranti, Kuningan, Jawa Barat

Artikel ini juga di forward oleh forum viva.co.id, forum merdeka.com, sahabatnews.com, masurai.com,

*****

http://wp.me/p1jIGd-5Hc

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Fenomena Alami, Ilmu & Teknologi, Misteri Indonesia. Tandai permalink.

17 Balasan ke Misteri Batu Mulia di Jari Para Presiden dan Pejabat

  1. Febbry Friday berkata:

    Jokowi memakai apa ya ?

  2. L4L3R IR3NK berkata:

    Salute aja untuk indocorp, banyak kajian dan pernyataan tersembunyi tetapi dibuka dengan penjelasan enak, tapi boleh saya ralat, batu akik yg dipakai fauzi bowo, bukan chrysoprase, sebab batu ini selalu berwarna hijau, tua-muda, hijau kekuningan, Hijau kebiruan, crysocola (bacan), kayaknya kilapnya batu badar besi atau onyx bos, terimakasih.

  3. antiklopedia berkata:

    thanks infonya gan, ijin untuk dijadikan referensi

  4. jepri berkata:

    Saya punya batu Combong dikasih paman pada tahun 2000.kata paman,dia mendapatkan batu tsb ketika menggali tanah untuk proyek pembangunan tower didaerah sumatera.
    Ketika saya tanya nama daerahnya,paman bilang sudah lupa tapi didaerah itu banyak sekali tanaman jeruk dan rasa jeruknya sangat manis melebihi gula,sehingga apabila paman memakan jeruk yg diberi oleh petani,gigi paman akan terasa ngilu,juga daerahnya berhawa dingin.

    • doni berkata:

      hmm.. sepertinya anda sedang stres mas krn combong jd jeruk, skedar saran perbnyaklah istrhat.. buang kejenuhan dgn refresing ktmpat pantai, hutan & tmpt hburan. mudah2an anda bs smbuh sperti sdia kala mas..

      • Jepri berkata:

        Makasih mas doni atas sarannya,.
        Tetapi kayaknya anda yg PARANOID.
        Saya hanya menceritakan yg sebenarnya bukan berarti saya penyembah batu.

  5. Obrol Batu berkata:

    Sangat menarik sekali Gan. Pembahasannya benar2 komprehensif dan mendalam. Salut buat writernya deh.. Mantaappp!!!

  6. Kecubung Asli berkata:

    Informasinya sangat bermanfaat gan, untuk batu kecubung kisaran berapa ya gan nilainya..?

  7. Lukman Fitrianto berkata:

    Lagi demam batu akik ya dimana-mana, yang patut diwaspadai kalau fenomena maraknya hobi Batu Akik ini jadi lahn “Bisnis Monyet” sama kan seperti Anthurium dan Louhan beberapa tahun silam

  8. DENI FERIANDI berkata:

    thanks banyak atas postingannya…bagi saya sebagai seorang guru bisa sebagai sumberv informasi pada mapel IPA terutama tentang BATUAN di kelas V SD

  9. giegho susanto berkata:

    …saya punya batu akik ” mata sulaeman ” , berwarna hitam dan ditengah-tengah ada lingkaran putih spt awan melingkari warna hitam bulat sebesar biji mata manusia. batu itupeninggalan org tua saya..yg ingin saya tahu. termasuk jenis batu akik apakah batu akik yg saya miliki tersebut…terimakasih sblmny atas jawaban anda…

  10. Saya kira batu akik itu peminatnya cuma kalangan masarakat biasa.
    gak sampai persiden.

  11. Sabrina Majeed berkata:

    Nice topic, makin cinta Gemstone

  12. Grosir Fitnes berkata:

    mungkin kembali ke kepercayaan masing masing paling ya gan? paling beranggapan itu peruntungan..

  13. Roni berkata:

    Thanks, istimewa super lengkap review-nya

  14. L4L3R IR3NK berkata:

    test gravatar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s