Misteri: Wow! Struktur Mirip “Tembok” Lurus di Dalam Laut Utara Papua

Wow! Struktur Mirip “Tembok” Lurus di Dalam Laut Utara Papua

Jayapura Wall sepanjang 110km dilihat dari satelit. (Courtesy: Google Earth)

ENTAH MENGAPA, TIBA-TIBA “GOOGLE MAP” TELAH   MENGHILANGKAN STRUKTUR TERSEBUT SEJAK JANUARI 2012 DAN KINI TERLIHAT MENJADI BIASA

Bagi bangsa Indonesia, Nuswantara (Nusantara) dikenal juga mencakup hingga ke tanah Irian Jaya (pulau Papua). Salah satu pulau terbesar di dunia ini banyak mengandung misteri yang belum terungkap.

Ternyata di perairan utara dari salah satu pulau terbesar itu juga tersimpan suatu misteri yang menakjubkan!

Saat Bumi di zaman es ribuan tahun yang lalu, pulau Irian jauh lebih besar. Bagian selatannya masih menyambung dengan benua Australia.

Begitu juga di bagian pesisir utara pulau Papua, daratannya lebih luas dari yang sekarang. Daratannya masih jauh menghampar ke tengah laut beratus kilometer karena permukaan laut pada waktu itu masih lebih dangkal dibandingkan pada masa sekarang.

Permukaan laut yang masih dangkal atau masih rendah tersebut disebabkan karena wilayah hamparan es di kutub utara dan kutub selatan belum banyak mencair seperti sekarang.

Jayapura offshore walls dilihat dari dalam laut. (Courtesy: Google Earth)

Dilepas pantai bagian utara dari pulau besar ini diperkirakan terdapat struktur bangunan mirip “beteng” (awam: benteng) yang panjangnya 110 km dan tingginya setinggi gunung: 1860 meter, dengan lebar 2700 meter!

Jika dilihat, struktur ini lebih mirip “dinding” atau “tembok”. Dan hebatnya lagi tembok ini lurus memanjang secara sempurna sepanjang 110 kilometer!

Jika benar, jelas beteng seperti ini tidak mungkin dibuat oleh peradaban manusia kera ataupun manusia primitif, mengingat bangunan tertinggi di abad modern saat ini saja, tingginya baru sekitar 800 meter yaitu menara Dubai. Sedangkan bangunan ini sudah menjulang 1860 meter atau lebih dari 2 kali tingginya Dubai Tower!

Bangunan ini tidak mungkin dibangun oleh masyarakat yg hanya bersenjata sumpit, pedang, keris dan tombak, dan juga tak mungkin dibangun oleh masyarakat yg alat transportasinya sebatas keledai, kuda dan pedati.

Jayapura walls Indonesia, tinggi 1,86 km dan lebar 2,7 km (Courtesy: Google Earth)

Struktur itu berada dilaut lepas tak jauh dari kota terbesar dan juga ibukota Papua, Jayapura. Oleh karenanya untuk sementara ini struktur tersebut dinamai Jayapura Wall atau Tembok Jayapura.

Dengan menggunakan google map, koordinat beteng menakjubkan tersebut terlihat berada di samudera Pasifik, yaitu di bagian utara dari pulau Papua (Irian Jaya) pada 1°59’46.9”S dan 141°29’24.6239”E (lihat melalui satelit)

Bandingkan lebarnya Ibukota Irian, Jayapura (di kiri bawah) dengan panjangnya tembok raksasa ini.

Sekilas Tentang Papua

Papua adalah pulau terbesar kedua di dunia. Pada sekitar Tahun 200 M , ahli Geography bernama Ptolamy menyebutnya dengan nama LABADIOS. Pada akhir tahun 500 M, pengarang Tiongkok bernama Ghau Yu Kua memberi nama TUNGKI, dan pada akhir tahun 600 M, Kerajaan Sriwijaya menyebut nama Papua dengan menggunakan nama JANGGI.

Tidore memberi nama untuk pulau ini dan penduduknya sebagai PAPA-UA yang sudah berubah dalam sebutan menjadi PAPUA. Pada tahun 1545, Inigo Ortiz de Retes memberi nama NUEVA GUINEE dan ada pelaut lain yang memberi nama ISLA DEL ORO yang artinya Pulau Emas. Robin Osborne dalam bukunya, Indonesias Secret War: The Guerilla Struggle in Irian Jaya (1985), menjuluki provinsi paling timur Indonesia ini sebagai surga yang hilang.

Tidak diketahui apakah pada peradaban kuno sebelum masehi di Papua telah terdapat kerajaan. Bisa jadi zaman dahulu telah terdapat peradaban maju di Papua. Pada sebuah konferensi tentang lampu jalan dan lalulintas tahun 1963 di Pretoria (Afrika Selatan), C.S. Downey mengemukakan tentang sebuah pemukiman terisolir di tengah hutan lebat Pegunungan Wilhelmina (Peg. Trikora) di Bagian Barat New Guinea (Papua) yang memiliki sistem penerangan maju.

Para pedagang yang dengan susah payah berhasil menembus masuk ke pemukiman ini menceritakan kengeriannya pada cahaya penerangan yang sangat terang benderang dari “beberapa bulan” yang ada di atas tiang-tiang di sana. Bola-bola lampu tersebut tampak secara aneh bersinar setelah matahari mulai terbenam dan terus menyala sepanjang malam setiap hari. Kita tidak tahu akan kebenaran kisah ini tapi jika benar itu merupakan hal yang luar biasa dan harus terus diselidiki.

Raja Ampat, Papua, Indonesia (pict: Natgeo)

Papua telah dikenal akan kekayaan alamnya sejak dulu. Pada abad ke-18 Masehi, para penguasa dari kerajaan Sriwijaya, mengirimkan persembahan kepada kerajaan China. Di dalam persembahan itu terdapat beberapa ekor burung Cendrawasih, yang dipercaya sebagai burung dari taman surga yang merupakan hewan asli dari Papua.

Dengan armadanya yang kuat Sriwijaya mengunjungi Maluku dan Papua untuk memperdagangkan rempah – rempah, wangi – wangian, mutiara dan bulu burung Cenderawasih. Pada zaman Kerajaan Majapahit sejumlah daerah di Papua sudah termasuk dalam wilayah kekuasaan Majapahit. Pada abad XVI Pantai Utara sampai Barat daerah Kepala Burung sampai Namatota ( Kab.Fak-fak ) disebelah Selatan, serta pulau – pulau disekitarnya menjadi daerah kekuasaan Sultan Tidore.

Majapahit Empire

Tanah Papua sangat kaya. Tembaga dan Emas merupakan sumber daya alam yang sangat berlimpah yang terdapat di Papua. Papua terkenal dengan produksi emasnya yang terbesar di dunia dan berbagai tambang dan kekayaan alam yang begitu berlimpah.

Papua juga disebut-sebut sebagai surga kecil yang jatuh ke bumi. Papua merupakan surga keanekaragaman hayati yang tersisa di bumi saat ini. Pada tahun 2006 diberitakan suatu tim survei yang terdiri dari penjelajah Amerika, Indonesia dan Australia mengadakan peninjauan di sebagian daerah pegunungan Foja Propinsi Papua Indonesia.

Di sana mereka menemukan suatu tempat ajaib yang mereka namakan “dunia yang hilang”,dan “Taman Firdaus di bumi”, dengan menyaksikan puluhan jenis burung, kupu-kupu, katak dan tumbuhan yang belum pernah tercatat dalam sejarah. Jika dikelola dengan baik, orang Papua pun bisa lebih makmur dengan kekayan alam yang melimpah tersebut.

Beberapa Raja-Raja di Papua

Raja Said Arobi Uswanas dari Kerajaan Fatagar, Papua

Kerajaan Fatagar pada tahun 1880-an adalah salah satu kerajaan yang paling penting dari Onin atau daerah Fak Fak.

Pada saat itu orang papua berhak pergi untuk tinggal di pulau Seram, di mana mereka juga mempunyai keluarga disana.

Kemudian nenek moyang dari raja Fatagar kembali dan dinobatkan sebagai raja. Semua raja-raja yang berkuasa Fatagar dikenal sebagai raja yang cukup baik dan bijaksana.

Kini dia adalah politisi penting di kabupaten Fak Fak, yaitu Raja Said Arobi Uswanas dari kerajaan Fatagar.

Sebagian besar kerajaan di sini diperintah oleh dinasti keturunan dari dinasti Rumbati, atau dibuat secara lokal semi-kerajaan (kemudian independen) oleh Rumbati. Fatagar adalah salah satu akar kerajaan dan dinasti turunan dari dinasti Rumbati.

Raja Patipi, Achmad Iba

Kerajaan Rumbati. Salah satu raja mantan raja dari kerajaan Rumbati adalah Patipi. Beliau sudah memerintah sejak lama. Beliau dikenal karena keinginannya memperkenalkan dan membawa Islam kepada orang-orang disekitarnya. Keberadaan dinasti raja ini adalah dinasti kedua yang mana pernah memerintah di Patipi.

Raja pertama masih dalam pemerintahan di abad ke-20 bahkan sempat diperintah olehnya selama dua kali periode raja pada wakktu itu, ketika dinasti kedua memerintah. Raja yang memerintah kini adalah sebatas wilayah Raja Bupati, yaitu Raja Patipi ketika Raja Bupati, Ahmad Iba dianggap sebagai penguasa ke 16 kerajaan Patipi.

Ketika saudara kandungnya Raja Usman Iba meninggal, ia menjadi bupati karena anak raja mewariskannya sebagai penerus atau ahli waris (putra raja almarhum) disaat ia masih mempelajari yaitu Raja Muda Atarai Iba. Hal ini tidak diketahui, ketika ahli waris tahta akan dinobatkan sebagai raja baru. Bupati adalah pensiunan pegawai dari departemen perikanan kabupaten Fak Fak. (icc.wp.com)

Video Jayapura Wall – Mysterious Enigmatic Undersea Structures [HD 720p / Re-Upload]

VIDEO: SUKU DANI – IRIAN JAYA (INDONESIA) | PART-1 | PART-2 |

Unity in Diversity – Bhinneka Tunggal Ika – Berbeda Namun Satu

Artikel Lainnya:

Dusner, Bahasa Langka Dari Papua, Coba Diselamatkan Para Ilmuwan

Konspirasi: “Mystery of The National Treasures of Indonesian Kingdoms”

Setelah Libya, Target AS Selanjutnya Adalah: Papua?!

Ilmuwan Kaget!! Fosil di Siberia “Kerabat” Orang Papua!

*****

http://wp.me/p1jIGd-sa

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Arkeologi Indonesia, Misteri Indonesia. Tandai permalink.

53 Balasan ke Misteri: Wow! Struktur Mirip “Tembok” Lurus di Dalam Laut Utara Papua

  1. Ahmad Samantho berkata:

    Mungkinkan itu Tembok Dzul Qarnain (yang diceritakan dalam al-Qur’an) untuk menblokade Yajuj dan Ma’juj???

    • Sally Sety II berkata:

      Bukan Pak. Tembok yng dibangun DzulQarnain itu adalah tembok cina.
      Yajuj & Majuj itu tidak lain adalah orang2 Mongol. Ya = Asia. Ma = Kuda. Jouj = Bangsa.
      Maka arti kata Yajuj & Majuj adalah bangsa berkuda, bangsa dari asia.

      Kalo misalnya tembok di Jayapura itu tembok Dzulqarnain, pertanyaannya mau membentengi dari siapa? karena didepannya juga masih kepulauan. Dan pernah ada kisah dalam peradaban bhw orang2 Molukas adlh pengendara kuda yg handal.

      Tapi pengendara kuda yg handal bahkan mampu menaklukkan 2/3 dunia, memerintah dari punggung kuda, hanyalah MONGOL. Dan hingga kini kehebatan mereka berkuda masih belum ada yg menandingi.

    • dekka berkata:

      sally anda jangan buat pernyataan yang menyesatkan,tembok ya’ju’ dan ma’ ju’ ada di daerah kaukasan benua eropa yang di bangun oleh raja Dzulkarnaen atas ijin Allah, bukan tembok cina dan bukan bangsa mongol. anda jngn membuat fitnah2 seperti itu, tanpa di dasari pengetahuan, bisa menyesatkan.

      • rule berkata:

        setuju!!!

      • betul, jangan memastikan sesuatu hal tanpa ilmu dan bukti yg tak terbantah, nyatanya Ya’juj & Ma’juj sampai kini belum diketahui, tembok china spt kita tahu skrg tidak membentengi apa-apa…. mudah dilewati, dibongkar dan dilalui
        dimanapun mereka, mudah2an pd saat mereka keluar kita tidak mengalaminya lagi

  2. ICHAL berkata:

    sepertinya bekas peradaban Bangsa LEMURIAN, krn daerah itu masuk daerah tetorial Benua Bangsa LEMURIAN

  3. Check this out !
    saya nemu 2

  4. embii berkata:

    so amazing ..! coba laporkan ke Mr.Graham Hancock siapa tahu beliau bersedia meneliti.

  5. mahmud haris berkata:

    kemungkinannya malah dajjal. y cuma felling

  6. santoso berkata:

    ternyata sejarah mulai terbongkar sedikit demi sedikit bahwa nuswantara adalah pusat peradapan yang besar ! mungkin kah akan tergenapi lagi ? mari kita buka tabir lebih dalam lagi lewat sejarah para nabi/rosul serta keberadaan kerajaan-kerajaan dengan raja-rajanya !

  7. agung berkata:

    Tembok Zulkarnain di Al-Qur’an itu terbuat dari “besi” dan “tembaga” yang dicairkan… memang tingginya setinggi gunung, tetapi bahannya adalah “besi” dan “tembaga”, dan tembok cina atau tembok papua itu kelihatannya bukan terbuat dari “besi” dan “tembaga”.

  8. edjie berkata:

    Numpang copas ya mas. maturnuhun 😀

  9. Keyla berkata:

    Numpang Copas Gan…..

  10. irfan berkata:

    posisinya pas banget dengan batas lembar peta.., itu kayaknya artefak dari citra nya gan. Di data2 lain ga ada tuh struktur kayak gitu. Lagian kalo ada struktur gede seperti itu .. masa ga ada yang ribut sih? padahal posisinya deket sama jayapura kan?

  11. Muh Zaini berkata:

    mas struktur yang agan jelaskan masih ada di youtube dengan nama enigmatic undersea structure, kala agan ingin melihatnya coba buka youtube.

  12. herkris berkata:

    Sinar terang benderang, boleh jadi perusahaan raksasa yang sedang beroperasi dimalam hari….? he he kok bisa ya?

  13. mimil aja berkata:

    Wahhh,,,,,,kok saya yg d jayapura gak tw ttg struktur sebesar itu. Apa itu gunung berapi bawah laut,,,,,.??? Habis d sini sering skali terjadi gempa en isu tsunami.

    • Jejen berkata:

      kok yah mirip yg di cirikan plato yah tentang ciri2 peradaban atlantis : letaknya di khatulistiwa, panen padinya 2x dalam setahun, banyak gunung berapi (artinya sering terjadi gempa2 karena aktivitas vulkanis) blum lagi ada 2 grup peneliti kapal nabi Nuh menyatakan berdasarkan artefak dan fosil yg ditemukan disekitar dugaan kapal nabi Nuh terebut ternyata kapal tersebut dibuat dari kayu Jati yg hanya ditemukan di negara2 tropis seperti Indonesia…rupanya masih banyak rahasia masa lalu yg masih misteri dan menarik

  14. ari mayang berkata:

    teori tembok yajuj majuj di kaukasia adl teori lama, blm jg dtemukan temboknya lengkap dengan baj2 dll. dengan adanya bukti baru di papua ini semua bs berubah. spt teori darwin

  15. Ferdian yudi krnwn berkata:

    Ini lah surga kecil tp masarakat papua tak pernah merasakannya
    Sungguh menyedihkan:-(

  16. iwanhaku berkata:

    Pelajaran-pelajaran yang harus kita ketahui dalam menghadapi dunia yang sangat dinamis ini. Izin nyimak sob..

  17. andhika berkata:

    makin terkuak semua misteri dunia ya.

  18. donal franky berkata:

    mungkinkah itu merupakan jejak peninggalan benua atlantis yg di sebut2 di indonesia????? wallahualam…

  19. rwq berkata:

    masih banyak hal yang misteri dipapua…..laut maupun di darat, banyak cerita org tua kita hal-hal seperti manakmaker, kuri pasai hal ini ada hubungannya dengan tembok dilaut jayapura…….

  20. ogahaah berkata:

    Sekarang emas papua dicuri amerika……..makin tenggelam deh..mode sedih on.

  21. Darwin berkata:

    Peradaban yang masih misteri……

    • Gregory berkata:

      menurut pengamatan ane:
      1. Acquisition foot print, semacam tool error, makanta dihapus
      2. Sejenis barrier reef, pertanyaannya, apakah laut disitu sebegitu dalamnyakah? hampir 2 km book. ada yg punya bathymetrinya nggak?
      3. Objek tsb sepertinya mengambang diatas topografi dasar lautannya. Aneh.

  22. deden esquilo berkata:

    bekas dari peradaban waktu masih ada dangkalan Sahul kali tuh gan

  23. AKBAR berkata:

    logikanya begini, kenapa orang2 dulu bisa membangun tembok begitu tinggi? krna orang2 dulu itu tinggi juga,kalian thu tidak tinggi orang2 dulu berapa? sangat ebih tinggi dari yg sekrang2

  24. zaenal berkata:

    the great solomon wall, the amazing indonesia.

  25. ganef Sukardi berkata:

    Yang perlu dipikirkan & diharuskan adlah orang2 dri negara usa itu bgaimna harus pergi dri papua &indonesia terutama krena merekalah bangsa kita jdi bangsa miskin & mental pengemis.itu yg patut diperjuangkan hingga titik darah penghabisan mereka pergi pasti indonesia maju&makmur.

  26. franc berkata:

    tembok itu nyata….klw memang sengaja dihilangkan oleh google, semata-mata hanya untuk melindungi kekayaan ilmu pengetahuan dr org2 yang serakah. Tembok itu adalah batas dr benua mu dan australia. krn orang2 benua MU lebih maju dan mereka tdk mau ada pemberontak yang masuk utk mengacaukan teknologinya. makanya mereka membuat pagar setinngi itu…

  27. farhan shidiq berkata:

    mungkin itu dibangun oleh jin zaman nabi sulaiman…

  28. yan mahardika berkata:

    qt ketuhi brsama ini adlh mistery… qt hnya me reka2 tnp kpastian mslh tembok zulqarnain qt jg blm bs scara lgsg tmbok tu trbuat dr tembaga ato tdk…, mgkn bs jd titik terangnya bgini aja… klo seseorang mmbwt tmbok stinggi itu brarti ato pasti apa yg dia lindungi sungguhlah sgt amat brharga wlpun klo diitung2 org jaman dulu bs jd tinggi2 tp tembok ini lbh tinggi dr yg shrusnya dia buat…. bs jd bhwa di irianjaya memang trdpt seseuatu yg diincar buanyak tokoh penting tuk keuntungan dirinya sndri krn klo dliat struktur tmboknya jg brbentuk tembok prtahanan… stiap meter tembok ada cekungan tuk mengintai musuh…, klo dilat dr crita majuj yajuj ntar pd suatu masa dia akan terlepas dan dpt merampas apa saja, bkn bgitu…? mgkn bs saja yajuj dan majuj udh trlepas dan udh bs melampui tembok tsb dan mengambil uranium slama kontrak 60th dr soeharto dulu…. freeport uranium hrgnya 100x hrg emas dpasar gelap… ini hnya pandangan lho mz… bkn suatu kebenaran yg mutlak

  29. Ahli Logika berkata:

    Saya setuju dengan Google yg menghapus gambar tersebut,karena dari pemikiran saya tembok tersebut seperti tidak asli/kesalahan pemetaan satelit.Jadi,ngga usah berteori yang aneh2.

  30. dedi haryanto berkata:

    mungkin tembok itu di bangun oleh saya ….
    he he he he he he 😀 😀 😀 😀

  31. Habil Out JFail berkata:

    Kalo diliat-liat dr atasnya sepintas mirip-mirip tulisan bismillah…

  32. unknown berkata:

    mungkin aja ulah para yahudi google untuk bikin bingung bangsa kita

  33. oon berkata:

    pendapat gw yag nyata itu karya hasil google map…setidaknya

  34. Abdillah Daulay berkata:

    BANGUNAN DILAUT LEPAS DILAUT ARAFURA ITU ADALAH BANGUNAN YANG DIBANGUN OLEH TENTARA JIN NABI SULAIMAN A.S YANG DIBANGUN UNTUK MEMENJARAKAN PARA JIN DAN SETAN YANG MEMBANGKANG DAN MENOLAK PERINTAH NABI SULAIMAN YANG MANA HINGGA DETIK INI TIDAK ADA DIDUNIA INI YANG MELEBIHI KEBESARAN DAN KEKAYAAN KERAJAAN NABI SULAIMAN A.S DAN HANYA DIA SATU-SATUNYA RAJA DAN NABI YANG BISA MENGUASAI SELURUH MAHKLUK DIMUKA BUMI INI TERMASUK JIN DAN SETAN PADA MASA DIA BERKUASA, DAN BANGUNAN DINAMAI PARA ILMUAN BARAT DENGAN SOLOMON WOLL. WALLOHU ‘A’LAM.

  35. sony sudarsono berkata:

    Tembok itu peninggagalan nabi sulaiman ..tidak jauh dari situ ada pulau king solomon..yg bangun bukan hny manusia tp jg dari golongan jin..atas ijin Allah..dibwh pengawasan nsbi sulaiman..

  36. Abel berkata:

    Klo menurut penelitian KH Fahmi Basya itu tempt dmna para setan di penjara yg mmbuat benteng itu adlh jin dri pasukan,a nabi Sulaiman ada ko video,a di youtube

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s