NASA Rilis Foto Struktur “Kepala Alien” Misterius di Planet Mars

NASA Rilis Foto Kawah Berbentuk Kepala Alien di Planet Mars Yang Masih Misterius, Tapi di Peta Permukaan Mars Disamarkan!

Planet Mars memang masih menyimpan misteri bagi para peneliti NASA. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memang sudah beberapa kali berhasil merekam penampakan-penampakan aneh di planet Mars yang masih misterius.

Mulai dari objek mirip dua ekor ular dan beberapa sosok mirip binatang lainnya, juga alien, meriam, batu bentuk piramida hingga sendok terbang. Namun kemisteriusan planet tetangga Bumi ini belum berakhir.

Belum lama ini, NASA melaporkan temuan baru lainnya yang misterius di planet Mars yang berada pada lokasi tak terlalu jauh dari tempat penyelidikan oleh kendaraan angkasa luar (probe) Viking-1 yang mendarat di sana pada tahun 1975.

Chryse Alien Head / NASA’s image code number: PIA07304. (credit: NASA)

Temuan yang mistrius nan unik itu adalah sebuah kawah besar yang bentuknya misterius, dinamakan Chryse Alien Head.

Temuan terbaru NASA ini pada tanggal 26 Maret 2004, dan baru dipublikasikan pada 26 Januari 2005.

Penamaan tersebut karena bulatan kawah itu mirip kepala alien berikut kedua matanya yang besar, atau mirip juga seperti kepala serangga.

Foto dari NASA berukuran 712 x 935 pixel ini diberi kode gambar PIA07304: Chryse “Alien Head” yang diambil oleh Mars Orbiter Camera (MOC) di atas Mars Global Surveyor Orbiter (MGS).

 Kawah disebabkan tabrakan Asteroid

Gambar menunjukkan sebuah kawah bekas hantaman asteroid (impact crater) di Chryse Planitia, tidak terlalu jauh dari tempat Viking 1 mendarat di sana pada tahun 1975.

Dua cekungan aneh di ujung utara kawah (“mata”) mungkin terbentuk oleh angin atau erosi air. Wilayah ini telah dimodifikasi oleh kedua proses, dengan aksi air yang terjadi di masa lalu melalui banjir yang mengalir melintasi Planisi Chryse barat dari Maja Valles , dan kejadian umum angin beraksi dalam sejarah yang lebih baru.

Gambar itu diberi label Chryse “Alien Head” oleh NASA dan diterbitkan pada 26 Januari 2004. Gambar itu merupakan bagian dari Photojournal Jet Propulsion Laboratory, untuk 26 Januari 2005. NASA menyebut temuan tersebut kemungkinan disebabkan oleh dampak tabrakan asteroid.

Objek berupa kawah yang sebagian peneliti meyakini bekas hantaman asteroid dengan kode gambar PIA07304 ini, kemudian dijuluki sebagai Chryse “Alien Head” kerena mirip kepala alien dan berada di zona Chryse Planitia di planet Mars.

“Mata” disebabkan oleh angin atau erosi air

Dalam websitenya, NASA memberi caption pada gambar tersebut:

26 January 2004

This Mars Global Surveyor (MGS) Mars Orbiter Camera (MOC) image shows an impact crater in Chryse Planitia, not too far from the Viking 1 lander site, that to seems to resemble a bug-eyed head. The two odd depressions at the north end of the crater (the “eyes”) may have formed by wind or water erosion.

This region has been modified by both processes, with water action occurring in the distant past via floods that poured across western Chryse Planitia from Maja Valles, and wind action common occurrence in more recent history. This crater is located near 22.5°N, 47.9°W. The 150 meter scale bar is about 164 yards long. Sunlight illuminates the scene from the left/lower left.

Image Credit: NASA/JPL/Malin Space Science Systems

Lokasi gambar PIA07304 Chryse Alien Head di planet Mars (titik kuning) dengan kordinat 22.5°North ; 47.9°West atau 22,5 ° Lintang Utara ; 47,9 ° Bujur Barat atau 22.5° ; -47.9°. (map: NASA Mars map).

Atau dalam terjemahan Bahasa Indonesia tulis NASA sebagai berikut:

26 Januari 2004

Gambar dari Mars Global Surveyor (MGS) Mars Orbiter Camera (MOC) menunjukkan bekas kawah hantaman asteroid di Chryse Planitia, tidak terlalu jauh dari situs pendarat Viking-1, yang tampaknya menyerupai kepala serangga bermata dua yang besar. Dua cekungan aneh di ujung utara kawah (“mata”) mungkin terbentuk oleh angin atau erosi air.

Wilayah ini telah dimodifikasi oleh kedua proses, yaitu akibat aksi air yang terjadi di masa lalu melalui banjir yang mengalir melintasi sebelah barat Chryse Planitia dari Maja Valles, dan proses selanjutnya umumnya adalah akibat aksi angin yang berlanjut hingga dimasa kini.

Kawah ini terletak di dekat 22,5° LU, 47,9° BB, berskala 150 meter dan panjang sekitar 164 meter. Sinar matahari menerangi pandangan dari kiri / kiri bawah.

Lokasi gambar PIA07304 Chryse Alien Head di planet Mars dengan kordinat 22.5°North ; 47.9°West atau 22,5 ° Lintang Utara ; 47,9 ° Bujur Barat atau 22.5° ; -47.9°. (map: NASA Mars map).

Menuai perdebatan dan kontroversi

Bagian mirip mata alien yang bisa jadi terbentuk selama banjir misterius dalam sejarah masa lampau di planet Mars, atau bisa juga akibat terukir oleh angin atau erosi air, menuai kontoversi. Gambar yang diterbitkan pada tahun 2005 lalu, namun baru menuai perdebatan belakangan setelah muncul artikel yang ditulis seorang pemburu UFO bernama Scott C Waring.

Ia mengklaim, penampakan tersebut tak alami alias adalah bentuk buatan atau ukiran monumental makhluk angkasa luar atau alien. “Guratan disepanjang dahi tengah menunjukkan fitur unik dari alien yang jarang terlihat,” tulis Scott C Waring.

PIA07304 Chryse Alien Head / 1200 pixel. (credit: NASA)

“Kawah di Mars ini disebut ‘Chryse Alien‘. Ya kan. NASA menamakannya alien! Mereka melihat wajah alien di situ! Pengukuran di kiri atas foto memberi tahu kita bahwa panjangnya 150 meter dengan bentuk menyerupai kepala berukuran sekitar 350 meter x 400 meter,” kata dia.

Scott C Waring memang dikenal sebagai pemburu UFO namun sekaligus sebagai hoaxer karena setiap penampakan mirip UFO atau alien dan hal misterius atau sejenisnya, selalu dihubung-hubungkan dengan UFO atau alien.

Ia memang bukan peneliti dan pakar UFO yang seharusnya meneliti lebih mendalam dalam suatu kasus. Oleh karenanya tak semua sepakat dengan pendapat Waring. Dari sudut pandang skeptis, bisa jadi itu adalah pareidolia, sebuah fenomena ketika otak menipu mata untuk melihat objek atau bentuk yang dikenal dalam pola atau tekstur acak, misalnya di permukaan batu atau awan.

Lokasi objek

Untuk mengetahui dimana tepatnya posisi keberadaan atau kordinat objek tersebut di planet Mars pada posisi 22.5° North ; 47.9° West (atau 22,5 ° Lintang Utara ; 47,9 ° Bujur Barat / atau 22.5° ; -47.9°), banyak pengamat astronomi dan penyuka misteri tak menemukannya.

Dari kordinat yang ditulis pada situs NASA memang kurang tepat dan tak akurat. Itu sebabnya banyak peneliti yang mencarinya, namun tak dapat menemui letak objeknya berdasarkan kordinat dari NASA.

Kordinat 22.5°North ; 47.9°West atau 22,5 ° Lintang Utara ; 47,9 ° Bujur Barat atau 22.5° ; -47.9°. lokasi gambar PIA07304 Chryse Alien Head di planet Mars direkayasa / diubah / diganti / ditindih / dihapus. (map: NASA Mars map).

Namun IndoCropCircles berhasil menemukan kordinat kawah mirip wajah alien tersbut yang sangat akurat, yaitu diantara dua kawah bernama Charleston dan Savvanah, pada kordinat 22.25° N ; 47.82° W, atau lebih tepatnya berada di selatan kawah Charleston dan di utara kawah Savvanah.

Atau lebih tepat dan lebih akuratnya lagi, yaitu pada kordinat 22.256737292706696° N ; 47.82656111854213° W (untuk mengaksesnya, lihat daftar pustaka dibawah artikel).

Sementara itu dari pengukuran mistar pada peta, garis tengah atau diameter kawah berbentuk “kepala alien” ini lebih besar, yaitu sekitar 350-400 meter.

Namun ada kecurigaan kepada NASA, karena kordinat tersebut sepertinya telah sengaja tidak tampak jelas, bahkan ditindih, di-edit atau diubah gambar permukaannya.

Seperti biasanya, jika peta (map) planet Mars yang dikeluarkan NASA ke publik, berwarna coklat kemerahan, namun pada wilayah tersebut diubah menjadi hitam-putih saja. Ya hanya pada wilayah dimana kawah tersebut berada.

Lokasi “kepala alien” wilayahnya berbeda, tak berwarna dan hanya berwarna hitam-putih.

Memang jika disorot dekat (zoomed) semua wilayah planet Mars akan berwarna hitam-putih, namun pada wiulayah ini belum begitu di-zoomed sudah diubah menjadi hitam-putih. Hal itu membuat para peneliti kecewa, kenapa NASA “menindih” wilayah itu pada peta planet Mars di website mereka.

Sementara salah satu tabloid Inggris menyamakannya dengan Cerne Abbas Giant, yaitu goresan berukuran besar yang membentuk gambar relief raksasa di batuan kapur di sebuah bukit dekat Desa Cerne Abbas di Dorset, Inggris.

Kendati demikian, sejauh ini pihak NASA belum memastikan bahwa foto tersebut adalah bukti  soal alien yang dapat berkembang di planet Mars. Mengutip laman Express.co.uk, Waring bersikeras mengatakan bahwa itu adalah alien. (©IndoCropCircles.com)

Pustaka:

Struktur PIA07304 Chryse Alien Head (titik kuning) berada di selatan kawah Charleston dan di utara kawah Savvanah. (credit: mars.nasa.gov)

Struktur PIA07304 Chryse Alien Head terkadang kini disamarkan oleh NASA. (credit: NASA)

PIA07304 Chryse Alien Head (credit: NASA)

Bentuk rupa struktur asli PIA07304 Chryse Alien Head yang berhasil IndoCropCircles dapatkan di permukaan Mars, sebelum kemudian disamarkan oleh NASA (credit: NASA)

Bentuk rupa struktur asli PIA07304 Chryse Alien Head yang berhasil IndoCropCircles dapatkan di permukaan Mars, sebelum kemudian disamarkan oleh NASA (credit: NASA)

Lokasi kordinat PIA07304 Chryse Alien Head (credit: NASA)

Lokasi kordinat PIA07304 Chryse Alien Head disamarkan dengan warna hitam-putih (credit: NASA)

Lokasi kordinat PIA07304 Chryse Alien Head disamarkan dengan warna hitam-putih (credit: NASA)

Lokasi gambar PIA07304 Chryse Alien Head di planet Mars dengan kordinat 22.5°North ; 47.9°West atau 22,5 ° Lintang Utara ; 47,9 ° Bujur Barat atau 22.5° ; -47.9°. (map: NASA Mars map).

Permukaan planet Mars, tampak lokasi gambar PIA07304 Chryse Alien Head di planet Mars (titik kuning).

Foto PIA07304 Chryse Alien Head resolusi lebih tinggi. (credit: NASA)


VIDEO:

Giant Alien Head Found On Mars And Labeled By NASA As “Chryse Alien”


Artikel Lainnya:

Diluar Imajinasi: Inilah Foto-Foto Asli Permukaan Planet Mars Yang Disembunyikan NASA!

Planet Mars Basah? Curiosity Temukan Keberadaan Air!

Astrobiologist: Ditemukan Gas Methana dan Air di Mars, Bukti Terkuat Ada Alien Disana

Unsur Batu “Piramida” Mars Mirip di Bumi

Curiosity Rover, Robot NASA Temukan UFO di Mars!

Ilmuwan Ini Katakan Bahwa NASA Sembunyikan Bukti Fosil Alien di Mars

Misteri Struktur Bangunan ditemukan di Mars!?

Misteri Dua Sosok Manusia Berjalan di Mars Pada Tahun 1979?

Meteorit Dari Mars Ini Lebih Mahal 10 Lipat Dari Sebongkah Emas

Gara-gara Planet Jupiter, Ukuran Planet Mars Jadi Kerdil

Hah?? Nenek Moyang Manusia Dari Mars, Dan Kapitalisme Memusnahkan Mereka?

Seorang Anak Mengaku Dari Mars, Melihat 2012 Lalu Memang Tak Akan Kiamat

Ilmuwan Temukan Detektor Gerak Mikro Untuk Temukan Alien

Trumbull County UFO Incident 1994: Disaksikan Warga dan Para Polisi


NASA Rilis Foto Struktur “Kepala Alien” Misterius di Planet Mars

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Misteri Alien & E.T., Misteri Planet dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.