Masih Misteri, Bagaimana Meramal Gempa Bumi? Peneliti Mengklaim Ada Teori Baru

gempa earthquake banner

Masih Misteri, Bagaimana Meramal Gempa Bumi? Peneliti Mengklaim Ada Teori Baru

Selama Bumi masih berputar, maka lempeng tektonik dan kerak Bumi juga akan terus bergerak. Lempeng tektonik Bumi sudah bergerak dari sejak awal Bumi terbentuk hingga akhir hayatnya sang Bumi.

Gempa bumi terjadi karena bergesernya lempeng-lempeng tektonik pada permukaan luar Bumi dan itu terjadi puluhan kali setiap hari. Namun karena intensitasnya yang lemah, maka tidak dapat dirasakan oleh indera manusia karena terlalu kecil getarannya.

Selain gempa tektonik karena pergeseran lempeng tektonik, gempa juga terbentuk karena adanya aktifitas vulkanik (gunung api) yang dinamakan gempa vulkanik, namun sangat jarang dan sedikit persentasenya.

earth2_e

Beginilah terjadinya pergesaran lempeng tektonik yang menyebabkan gempa bumi.

Selama Bumi masih berputar maka pikiran manusia juga akan terus berfikir, salah satunya adalah bagaimanakah cara mengetahui atau meramalkan suatu gempa bumi?

Suatu kejadian alam pastilah ada sebab dan akibatnya. Dan suatu kejadian alam pastilah ada tanda-tandanya.

Masalahnya selama ini adalah, belum terkuaknya bagaimanakah cara memprediksi suatu gempa bumi…

Ilmuwan dapat memprediksi gempa besar menggunakan pergerakan lempeng di dalam Bumi. Teori ini muncul pada tahun 1960-an dan dikonfirmasi pada tahun 1970-an. Mereka juga bisa menerka lokasi kemungkinan gempa dengan melihat sejarah gempa di daerah tertentu serta mendeteksi tekanan di sepanjang garis patahan.

Contohnya, apabila sebuah daerah pernah mengalami empat kali gempa berkekuatan 7 magnitude atau lebih selama 200 tahun terakhir, ilmuwan dapat menjelaskan kemungkinan akan ada gempa berkekuatan kurang lebih sama dalam waktu 50 tahun lagi.

indonesia_seismicity_map

Indonesia earthquake activity

Meskipun demikian, prediksi tidak dapat diandalkan. Selain akurasinya hanya 50 persen, tegangan pada sebuah bagian patahan dapat meningkatkan tekanan pada bagian lain juga. Pada akhirnya, prediksi gempa oleh manusia selalu samar-samar.

Gempa yang dapat diprediksi dengan akurasi lebih tinggi adalah gempa-gempa susulan setelah gempa utama.

Prediksi gempa susulan dilakukan berdasarkan riset panjang dari pola gempa.

Untuk gempa utama, seismolog memberikan risiko kerusakan yang akan terjadi pada suatu daerah. Seismolog mengukur gerakan kerak bumi di sekitar daerah patahan untuk mengukur tegangan yang terjadi.

Pengukuran biasanya dilakukan dengan alat GPS dengan tingkat akurasi yang tinggi. Alat lain, seperti pemindai laser untuk mengukur perubahan bentuk tanah, juga pernah digunakan.

Peta daerah rawan gempa diseluruh dunia ditandai dengan titik htam. Titik-titik hitam juga menandakan bahwa di daerah tersebut pernah terjadi gempa bumi. Semakin banyak dan padat titik-titik tersebut, berarti semakin sering dan semakin tinggi intensitas dan aktifitas gempa bumi.

Peneliti juga mengaitkan gempa bumi dengan medan magnet dan listrik dalam bebatuan. Beberapa ilmuwan membuat hipotesis: medan elektromagnetik berubah sebelum gempa bumi.

Selain itu, ilmuwan juga mencari tahu hubungan kebocoran gas dengan gempa bumi. Pada tahun 2009, misalnya, teknisi asal National Institute for Nuclear Phusucs di Italia mengklaim diirnya berhasil memprediksi gempa di L’Aquila dengan mengukur gas di kerak bumi. Temuan teknisi bernama Giampaolo Giuliani masih dianggap kontroversial.

Giuliani dianggap tidak pernah menerbitkan laporan yang teruji secara ilmiah yang berkaitan dengan metode pengukuran, analisis data, eliminasi gangguan, dan hubungan statistika. Padahal untuk urusan genting seperti gempa bumi, hal-hal seperti itu sangat penting (NatGeo).

peta gempa dunia

World earthquake map

Video:

Video pergerakan lempeng tektonik pada awal bumi terbentuk hingga kini (Nat Geo):

650 Million Years in under 2 minutes

Video animasi terjadinya gempa dan tsunami di Sumatera:

26-12-2004 Sumateran Tsunami

Artikel Lainnya:

Prediksi Gempa: Inilah Cara Hewan Dapat Mengetahui Akan Terjadi Gempa Bumi

Gila! HAARP Senjata Canggih, Mengatur Pikiran, Gempa dan Iklim Dunia! Termasuk Gempa dan Tsunami di Indonesia!

*****

http://wp.me/p1jIGd-ck

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Fenomena Alami, Ilmu & Teknologi dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Masih Misteri, Bagaimana Meramal Gempa Bumi? Peneliti Mengklaim Ada Teori Baru

  1. TheSnowBall berkata:

    Bukan Teori, tapi lebih tepatnya Hipotesa (dugaan). Teori itu sekumpulan data-data dan dapat diuji di lapangan, sedangkan Hipotesa itu sekumpulan data-data dan belum dapat teruji di lapangan. Jikalau saya keliru mohon sarannya. Thanks..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s