Gegerkan Warga: Cahaya Vortex Hijau Diatas Groningen Belanda

Unidentified flying object (UFO)

Gegerkan Warga: Cahaya Vortex Hijau Misterius Diatas Groningen Belanda

ufo Groningen green vortex header

Warga di wilayah Groningen, Belanda, sempat dibuat geger. Sebuah fenomena berbentuk vortex berwarna hijau terlihat diatas kota itu. Vortex adalah bentuk pusaran yang berbentuk bulat, namun karena tak teridentifikasi maka warga menyebutnya juga sebagai UFO, atau benda terbang tak dikenal (Unidentified Flying Object).

Hal yang serupa juga pernah terjadi beberapa tahun lalu, saat sebuah UFO dalam bentuk yang sama, dilaporkan telah terlihat melayang diantara Aurora Borealis. Dan penampakan UFO tersebut telah membuat gempar dunia maya dengan menciptakan sebuah perdebatan yang sangat sengit diantara barisan pendukung yang pro UFO dan yang kontra.

Namun kali ini cahaya hijau misterius ini tertangkap basah saat refleksi matahari berada di sudut yang salah.

Fenomena aneh yang masih penuh tanda tanya ini terjadi pada hari Sabtu, tanggal 16 Mei 2015 lalu, di Kota Groningen, Belanda. Penampakan cahaya hijau misterius yang terlihat sangat jelas dan besar ini direkam oleh seorang blogger asal Belanda bernama Harry Clipperton.

ufo Groningen green vortex 01

Penampakan cahaya hijau misterius yang terlihat sangat jelas dan besar ini direkam oleh seorang blogger asal Belanda bernama Harry Clipperton.

Dalam blog pribadinya, Groninganus, Harry menceritakan bagaimana awalnya ia hanya berniat untuk mengabadikan beberapa objek menarik seperti halnya pepohonan, bangunan tinggi dan pemandangan indah matahari di sore hari di sepanjang jalan Onlanden, perbatasan antara Provinsi Groningen dan Drenthe.

Menurutnya, ia tidak pernah menyangka jika salah satu gambar yang ia potret itu, terdapat sebuah objek aneh dengan cahaya berwarna hijau yang muncul di atas langit.

“Pada awalnya saya berpikir itu adalah kesalahan kamera, kotoran atau setitik air pada lensa kamera saya, tapi ternyata itu tidak”, tulis Harry.

Dalam foto tersebut, Anda bisa melihat dengan jelas bahwa putaran pada pusat benda terbang aneh itu, telihat seperti mengeluarkan efek “Sonic Boom”, sama seperti yang sering terlihat pada pesawat tempur militer.

Namun yang jadi pertanyaan adalah, apakah benar itu adalah pesawat tempur militer?

ufo Groningen green vortex 02

Sebuah fenomena berbentuk vortex berwarna hijau terlihat diatas kota Groningen di Belanda.

Berbagai respon pun langsung berdatangan setelah foto yang diunggah Harry itu, mulai menyebar di berbagai jejaring sosial dan situs berita lokal seperti Telegraph.nl.

Sebagian orang percaya jika objek terbang itu adalah sebuah UFO berbentuk cakram berwarna putih. Sedangkan yang lainnya berpendapat bahwa itu merupakan refleksi cahaya matahari atau kesalahan pada lensa kamera.

Ada juga yang menganggap jika itu merupakan pesawat tempur militer yang melintas di balik awan dan menciptakan efek sonic boom.

“Saya ingat ada semacam flash pada saat saya mengambil gambar sehingga saya memutuskan pasti petir atau mungkin itu adalah UFO”, jelas Harry.

Edek "Donic Boom" pada pesawat jet terjadi jika pesawat sudah melampaui kecepatan suara.

Efek “Sonic Boom” pada pesawat jet terjadi jika pesawat sudah melampaui kecepatan suara.

Namun, ternyata Harry tidak sendiri. Beberapa orang lainnya yang berada di wilayah tersebut juga mengklaim telah melihat hal yang serupa.

“Saya juga melihat hal itu di posisi A28 pada 19 Mei antara Hoogeveen dan Assen sekitar pukul 0:00-00:45, objek itu berada di arah barat laut dengan cahaya hijau yang melayang di bawah awan. Kami pikir itu helikopter atau sejenisnya, tapi itu benar-benar melayang dengan sangat tenang”, tulis Gerard Heidotting.

“Sayangnya saya tidak bisa melihat dengan jelas ketika ‘UFO’ itu muncul pada Minggu lalu, saat saya sedang duduk santai di dekat mobil saya. Awalnya saya melihat sekitar matahari, lalu tiba-tiba saya melihat kilatan di awan. Saya bertanya-tanya apakah itu, yang pasti fenomena aneh itu mungkin sama”, tulis Carina.

“Mungkin fotografer belum mendengar kabar ini. Di Veendam bahkan telah terlihat juga oleh warga setempat. Dan mereka tidak melihat ada pesawat tempur yang melintas atau mendengar suaranya”, tulis Veendammer.

Fenomena misterius semacam vortex juga pernah terjadi diatas langit Norwegia pada 6 Desember 2009 silam. Penampakan yang juga dijuluki sebagai “neon spiral” itu sempat membuat geger tak hanya di Norwegia, tapi juga warga dari beberapa negara tetangganya.

Peneliti pada masa itu membuat kesimpulan bahwa bentuk vortex yang terlihat diatas langit Norwegia adalah hasil dari jatuhnya sebuah roket pendorong setelah habis bahan bakarnya dari sebuah misi luar angkasa rahasia milik Rusia.

The Norway neon spiral vortex that occurred on December 8, 2009

The Norway neon spiral vortex that occurred on December 8, 2009.

Namun Rusia membantah bahwa mereka tak melakukan misi luar angkasa pada saat itu.

Jika bentuk vortex hijau diatas Groningen Belanda itu adalah benar pesawat tempur yang menembus kecepatan suara dan menghasilkan “sonic boom” pastilah terdengar suara mesin jetnya.

Namun jika dilihat dari arahnya yang membentuk efek sonic boom, maka pesawat jet dengan kecepatan suara itu justru menukik ke bawah! Lagi pula tak boleh seorang pilot pesawat tempur membuat kecepatan suara hingga tercipta “sonic boom” pada ketinggian rendah. Hal itu sangat berbahaya karena dapat memecahkan kaca-kaca jendela, satu lagi yang menjadi pertanyaan, mana ada “sonic boom” berwarna hijau?

Sebagai info tambahan, perlu diketahui juga bahwa wilayah Groningen adalah penghasil gas alam di Belanda dan walaupun jarang, adalah wilayah satu-satunya yang selalu dilanda gempa bumi, sedangkan wilayah Belanda lainnya nyaris tidak pernah.

Hingga kini penampakan vortex hijau mirip ubur-ubur diatas Groningen pada foto itu, masih misterius walau ada yang menyakini bahwa vortex hijau itu yang berada disebelah kiri atas adalah hasil refleksi lensa kamera yang disebabkan oleh cahaya matahari yang berada disebelah kanan bawahnya.

Efek flare camera ini menyebabkan terbentuknya sosok yang sebenarnya tak berwujud atau tak ada (camera’s ghosting flare) yang berlawanan pada sisi kanan atas kamera.  (Groninganus /Telegraph.nl / ICC/ berbagai sumber)

ufo Groningen green vortex banner

Artikel Lainnya:

Puluhan Laporan Mengenai UFO dan Alien Yang Jatuh Dari Seluruh Dunia

“Battle of Los Angeles 1942″ Penampakan UFO Paling Misterius Hingga Kini

“Triangle UFO” Spyplane TR-3 milik AS, Atau Buatan Alien?

Ini Dia! Kisah Penampakan UFO & Penculikan Pertama Alien

Misteri UFO Jatuhkan “Angel Hair” (Rambut Peri) Tahun 1959

Airbus Nyaris Tabrak UFO di Glasgow Inggris

Diduga Tabrak UFO: Hidung Pesawat Air China Penyok di Ketinggian 8 Km!

Pilot Airbus saksikan UFO di atas Heathrow Inggris

Selandia Baru Ikuti Inggris dan Rusia: Ribuan Halaman Dokumen Rahasia UFO Dirilis ke Publik

Memo FBI Ungkit Kembali Misteri Jatuhnya UFO Berisi Alien di Roswell

Misteri UFO di Amerika: Obama Dituntut Ungkap Rahasia UFO dan Alien

UFO Sebesar Kapal Induk Nyaris Dirudal!

UFO di Inggris Tahun 1995: Besarnya 20 Kali Lapangan Bola!

[VIDEO] UFO Seukuran Lapangan Bola Tertangkap Kamera di Atas Mississippi AS

[VIDEO] Penumpang Pesawat Berhasil Rekam UFO Diatas Alborz Iran

UFO Disekitar Matahari, Bukti Ada Peradaban di Luar Bumi?

Objek UFO Misterius Bentuk Kubus Mengorbit Matahari

Wow! Terekam Video: Dua UFO Muncul di Tengah Badai Pasir di Amerika

[VIDEO] 7 UFO Muncul Saat Tornado Oklahoma Mei 2013

[Video] UFO Nyata : Di Seattle, UFO Tak Sengaja Terekam Kamera “Selang Waktu”

[VIDEO] Dilihat Puluhan Saksi Mata: UFO Di Pampanga Filipina Hebohkan Warga

7 Klasifikasi dan Bentuk Pesawat UFO

Andrew Danziger, Mantan Pilot Barack Obama Pernah Papasan dengan UFO

10 Tokoh Penting Yang Percaya UFO

10 Negara Yang Paling Banyak Dikunjungi Alien (Termasuk Indonesia)

13 Penampakan USO (Objek Bawah Air Tak Dikenal) Dengan Saksi Terbanyak

TOP SECRET: Terungkap! Dokumen Albert Einstein Ini Akui Keberadaan UFO

UFO is REAL: Ilmuwan Kuak Misteri Puluhan Tahun Penyelidikan UFO

=>Puluhan Artikel Terkait Misteri UFO Dunia<=

=>Puluhan Artikel Terkait Misteri UFO Indonesia<=

=>Puluhan Artikel Terkait Misteri Aliens dan E.T.<=

Artikel ini juga di forward oleh forum viva.co.id

*****

Gegerkan Warga: Cahaya Vortex Hijau Diatas Groningen Belanda

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Misteri UFO Dunia. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.